Ulasan Tentang Pekerjaan di Korsel Untuk Wanita Pekerja Asing, TKW Masuk!

Untuk penduduk asli Korea, pasar kerja Korea Selatan kurang begitu menarik dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini membuat Korea Selatan yang merupakan ekonomi terbesar keempat di Asia kesulitan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja yang yang memenuhi syarat untuk beberapa posisi pekerjaan yang tersedia.

Ekspatriat, di sisi lain, menjadi semakin mudah mencari pekerjaan di Korea Selatan daripada warga negara Korea. Beberapa hal tersebut menjadi alasan kenapa kerja di Korea untuk wanita merupakan salah satu opsi menarik. Beberapa alasan lain untuk Anda para wanita yang ingin bekerja di Korea selatan diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat Kerja di Korea Untuk Wanita

pekerjaan untuk wanita di korea selatan

Jadi apa untungnya kerja di Korea untuk Wanita? Banyak orang bertanya-tanya berapa penghasilan mereka, apa saja bisa dilakukan untuk bekerja di Korea, bagaimana kehidupan sosial disana, budaya mereka, bagaimana keamanan di Korea Selatan, Berikut ini ulasannya.

1. Tingkat Kejahatan Rendah

Korea memiliki salah satu tingkat kejahatan terendah di dunia. CCTV dipasang di setiap sudut setiap jalan dan di dalam gedung. Anda akan melihat mobil polisi mengemudi di sekitar jalan pada malam hari, dan bahkan ada layanan gratis, untuk wanita, di mana dua pekerja sukarela berjalan pulang bersama Anda pada malam hari. Inilah alasan utama untuk merasa aman saat kerja di korea untuk wanita.

2. Pengalaman Kerja Luar Negeri

Bekerja di luar negeri memberi Anda banyak manfaat dalam pengembangan karier Anda, karena banyak perusahaan menghargai kandidat dengan pengalaman kerja di luar negeri. Korea memiliki sistem dan lingkungan kerja yang unik, dan oleh karena itu dengan bekerja dan tinggal di Korea, Anda pasti akan menikmati masa tinggal Anda.

3. Budaya Korea

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk bersenang-senang di Korea Selatan dan Anda dapat menikmati banyak hiburan dengan biaya rendah.  Ini bisa jadi malah menjadi alasan terbesar kerja di Korea untuk wanita.

4. Gaji Tinggi

Indonesia merupakan salah satu negara yang  banyak mengirmkan tenaga kerja ke Korea Selatan dengan total TKI yang bekerja di Korea Selatan sebanyak 56.283 orang.

Menurut Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Tenaga kerja Indonesia (TKI) mampu menghasilkan pendapatan per bulan hingga mencapai Rp30 juta per bulan. Bahkan banyak diantara mereka yang memiliki tabungan di atas satu miliar rupiah. Selain gaji,mereka juga diberikan fasilitas lain berupa tempat tinggal, makan tiga kali, dan asuransi.

NoProfesiGaji ( Won Korea)Gaji (Rupiah)
1dokter hewan10,100,000 KRW100 juta rupiah
2akuntan7,500,000 KRW90 juta rupiah
3konsultan6,500,000 KRW80 juta rupiah
4Analis bisnis6,113,000 KRW76 juta rupiah
5bidang pastry & restoran5,000,000 KRW60 juta rupiah
6karyawan pabrik2,500,000 KRW30 juta rupiah

 

Jenis Pekerjaan untuk wanita yang tersedia di Korea

kerja di korsel untuk wanita

Ada beragam jenis pekerjaan di Korea Selatan tergantung dari kemampuan Anda, Diantaranya adalah

1. Pekerjaan Kerah Biru

Pekerjaan di industri kerah biru seperti otomotif, kimia, elektronik, dan baja sangat membutuhkan tenaga kerja di Korea. Selain itu, pekerjaan seperti bersih-bersih atau bertani juga sangat diminati.

Karena pekerjaan ini biasanya tidak memerlukan keterampilan bahasa Korea atau keterampilan khusus lainnya, mungkin pekerjaan tersebut adalah cara termudah bagi TKI untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak perusahaan yang ramah terhadap TKI dan bergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja, akomodasi juga disediakan.

2. Pekerja Profesional

Ada banyak perusahaan internasional di Korea Selatan yang secara agresif merekrut TKI atau 교포 (gyopos) yang juga dikenal sebagai “diaspora Korea”. Jadi jika Anda memenuhi syarat untuk suatu posisi, Anda pasti akan dianggap sebagai kandidat potensial. Selain itu, jika Anda bekerja di perusahaan global, banyak karyawan Korea yang menguasai dua bahasa atau multibahasa, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mengerjakan proyek dengan mereka.

Namun, untuk mencari pekerjaan di Korea, penting untuk diperhatikan bahwa sebagian besar pekerjaan profesional membutuhkan kefasihan dalam bahasa Korea jika bahasa pertama Anda bukan bahasa Korea. Oleh karena itu, Anda mungkin kesulitan mencari pekerjaan di Korea jika Anda tidak bisa berbahasa Korea. Anda harus memiliki cara untuk membuktikan bahwa Anda dapat berbicara bahasa tersebut, seperti skor TOPIK atau sertifikat sekolah bahasa Korea.

Persyaratan Pendaftaran Kerja di Korea

Ada kualifikasi dan persyaratan yang wajib dipenuhi bagi Anda yang mau bekerja di Korea Selatan, diantaranya adalah

Kualifikasi Umum:

  • Usia 18 – 39 tahun saat mendaftar
  • Pendidikan minimal SLTP atau sederajat, diutamakan SMK atau SMA.
  • Tidak buta warna dibuktikan dengan surat keterangan dokter
  • Tidak memiliki cacat
  • Tidak memiliki riwayat penyakit Tubercholosis (TBC), Hepatitis dan Shypilis.
  • Mantan pekerja di Korea Selatan lebih dari 5 akan
  • Lulus tes Membaca, Mendengar, Tes Kekuatan Fisik, Wawancara, Kemampuan Dasar

Persyaratan :

  • Scan KTP
  • Scan paspor yang masih berlaku
  • File Pasfoto yang diupload adalah file asli dari kamera
  • Scan Ijasah asli pendidikan terakhir.
  • Scan buku tabungan atas nama pendaftar pribadi.
  • Scan Surat Keterangan Tidak Buta Warna

Bagi yang memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi melalui alamat email: sendingg2g.bnp2tki@gmail.com.

Situs Pencari Kerja

Jika Anda salah satu dari banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan pekerjaan di Korea Selatan sebagai TKI, panduan ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mendapatkan pekerjaan di Korea Selatan.

  • JobKorea
  • Saramin
  • PeopleNJob
  • LinkedIn dan Craigslist
  • The Korea Herald
  • The Korea Times
  • The Seoul Times
  • Robert Walters
  • Incruit

Kemampuan Bahasa Korea

pekerja wanita korea selatan

Kerja di korea untuk wanita tetap menuntut persyaratan keterampilan bahasa Korea sepenuhnya. Namun, jika Anda dapat membuktikan kemampuan bahasa Anda, Anda pasti akan memiliki keunggulan di atas orang lain yang melamar pekerjaan yang sama. Untuk keterampilan bahasa Korea, Anda akan diminta untuk menunjukkan hasil tes TOPIK (Test of Proficiency in Korean — website) atau sertifikat dari 어학당 (eohakdang) yang merupakan sekolah bahasa Korea tempat Anda bersekolah.

Agar memenuhi syarat untuk bekerja di Korea Selatan, Anda membutuhkan pengetahuan tentang bahasa Korea. Meski tidak wajib, tetapi sangat disarankan. Pemberi kerja akan lebih menyukai pelamar yang tahu bahasa Korea atau tertarik untuk belajar Bahasa Korea karena akan membantu mereka berintegrasi dengan rekan kerja dan budaya kerja lebih banyak.

Sedangkan untuk perusahaan, Anda perlu menunjukkan bukti bahwa Anda bisa berbicara bahasa Korea. Mereka tidak mengharapkan Anda berbicara bahasa Korea dengan lancar, tetapi mereka pasti akan menghargai dan menganggap Anda lebih sebagai calon karyawan, karena memiliki sertifikat atau hasil TOPIK menunjukkan betapa berambisi Anda bekerja di Korea Selatan.

Tips Wawancara

Saat masuk untuk wawancara Kerja di korea untuk wanita, Anda harus datang 10—15 menit lebih awal. Memiliki salinan cetak resume dan surat lamaran Anda, dan, jika memungkinkan, miliki dalam bahasa Inggris dan Korea.

Merupakan tradisi di Korea untuk membungkuk daripada berjabat tangan ketika bertemu seseorang. Jangan mencoba menjabat tangan pewawancara kecuali mereka memulai.

Ketahuilah bahwa seluruh proses wawancara bisa memakan waktu beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan. Anda juga mungkin diminta untuk menyerahkan skor Test of Proficiency in Korean (TOPIK).

Tips Networking

Sebagai TKI, Anda akan disambut dengan hangat di Korea. Ini akan menjadi keuntungan ketika datang ke jaringan karena Anda akan menemukan banyak warga negara Korea akan senang berbicara dengan Anda. Menerima kartu nama dianggap sebagai undangan untuk menghubungi, di Korea. Jika Anda menerima kartu nama dari seseorang, pastikan untuk menindaklanjuti dengan email sesudahnya. Demikian juga, pastikan untuk selalu membawa kartu nama Anda.

Jam kerja

Hari kerja adalah standar Senin hingga Jumat yang ditemukan di seluruh dunia, tetapi ekspatriat harus menyadari bahwa jam kerja bisa (secara legal) antara 40 hingga 68 jam per minggu.

Orang Korea terkenal dengan kecerdasan dan etos kerjanya. Tidak heran mengapa negara ini memiliki salah satu jam kerja tahunan rata-rata tertinggi di dunia. Jika Anda berencana untuk bekerja di Korea Selatan, lebih baik Anda bersiap untuk meluangkan lebih banyak waktu dan tenaga Anda.

Untungnya, perubahan hukum telah menurunkan jam kerja maksimum menjadi 40 jam dan mengadopsi sistem minggu kerja 5 hari. Kecuali Anda berencana bekerja untuk perusahaan yang lebih kecil. Undang-undang baru juga berlaku untuk Anda.

Hari Libur

Orang Korea menggunakan kalender Matahari dan Bulan yang menghasilkan sejumlah hari libur. Ada 16 hari libur nasional dan sebagian besar diperingati oleh sebagian besar perkantoran dan bisnis, diantaranya:

1 Januari: Hari Tahun Baru

1 Maret: Hari Gerakan Kemerdekaan

1 Mei: Hari Buruh (Bukan hari libur resmi, tetapi bank dan sebagian besar bisnis tutup)

8 Mei: Hari orang tua

5 Mei: Hari Anak

(17 Mei 2013): Hari Lahir Buddha (Seokka Tanshin-il)

(18-20 September 2013): Harvest Moon Festival (Chuesok)

9 Oktober: Hari Hangul

25 Desember: Hari Natal

31 Desember-2 Januari: Tahun Baru (Seol-nal)

 

Referensi

  1. https://tipkerja.com/pekerjaan-di-korea-untuk-wanita/
  2. https://glints.com/id/lowongan/tips-kerja-di-korea/#.X1a1qSgza00
  3. https://www.justlanded.com/english/South-Korea/South-Korea-Guide/Jobs/Working-in-South-Korea
  4. https://www.koreanclass101.com/blog/2019/03/21/how-to-find-jobs-in-korea/
  5. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20191105095653-37-112676/gaji-tki-di-korea-selatan-rp30-juta-per-bulan-mau
  6. bisnis.com
  7. http://g2g.bnp2tki.go.id/

Tinggalkan komentar