19 Tips Interview Kerja Pertama Kali agar Kamu Berhasil

Memiliki pekerjaan adalah impian untuk siapa saja, terutama untuk para wisudawan yang barusan lulus kemarin atau sudah beberapa bulan lalu. Sayangnya, mencari pekerjaan pun tidak semudah yang dibayangkan karena saingan bukan hanya teman sekampus saja. Kadang rasanya ingin kembali mengulang masa sekolah di mana hidup lebih terjamin kan?

IPK bagus ataupun aktif di berbagai organisasi bukan jaminan Anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Interview adalah momok bagi setiap pencari kerja, di mana Anda diharuskan untuk membuat first impression sebagus mungkin agar diterima oleh perusahaan. Banyak pencari kerja yang gagal pada saat interview karena kurang persiapan.

Lalu apa saja sebenarnya yang harus disiapkan untuk interview, terutama bagi Anda yang belum pernah melakukan interview sama sekali? Berikut adalah beberapa tips interview kerja pertama kali yang bisa Anda coba:

7 Hal yang Harus di Siapkan Sebelum Interview Kerja

1. Menyiapkan resume dengan matang

CV alias resume adalah senjata terpenting ketika melamar kerja. Oleh sebab itulah Anda juga harus menyiapkan resume dengan sebaik mungkin, mulai dari pemilihan font, desain, ataupun pengalaman kerja ataupun organisasi sebelumnya.

Penjabaran point di CV pun tidak perlu panjang sehingga Anda bisa menjelaskannya saat interview. Jangan lupa untuk berlatih untuk mempresentasikan resume sesuai dengan apa yang ada di kertas. Tips interview kerja pertama kali ini perlu Anda lakukan supaya apa yang tercantum di CV sama dengan apa yang Anda jelaskan saat interview berlangsung.

2. Berlatih bersama teman

Berlatih sebelum interview memang penting dan sebaiknya memang dilakukan jauh hari. Banyak dari pencari kerja yang berlatih interview dengan berdiri di depan kaca untuk tahu mimik dan menilai apakah pelafalannya sudah jelas.

Selain berlatih sendiri, Anda bisa berlatih dengan teman yang sesama pencari kerja ataupun yang sudah diterima di suatu perusahaan sekalipun. Berlatih dengan teman yang sudah bekerja akan lebih menguntungkan Anda karena akan lebih banyak mendapat feedback. Tidak ada salahnya juga untuk berlatih interview bersama saudara yang juga siap memberi feedback lho!

3. Cari tahu tentang CEO perusahaan

Tips interview kerja pertama kali yang ketiga yaitu selain membaca tentang profil perusahaan, Anda juga bisa mencari tahu tentang latar belakang dari CEO perusahaan tersebut. Dari profil CEO lah Anda bisa tahu tentang kebudayaan perusahaan yang kira-kira cocok dengan kepribadian Anda atau tidak. Jangan malas untuk mencari tahu seluk beluk perusahaan sebelum menjalankan interview, ya!

4. Persiapkan dokumen sejak awal

Meskipun saat ini Anda bisa mengirimkan berbagai persyaratan melamar kerja melalui email, bukan berarti dokumen tersebut tidak perlu dicetak. Membawa berbagai dokumen selama interview menujukkan jika Anda memang siap menjalani interview.

Jangan lupa untuk kembali mengecek dokumen yang akan dibawa ketika interview sehingga tidak ada dokumen tertingal dan interview pun akan berjalan dengan lancar. Pastikan jika dokumen dalam keadaan rapi untuk memberikan kesan jika Anda memang orang yang menomorsatukan kerapian saat bekerja ya!

5. Waktu istirahat yang cukup

Meskipun latihan interview itu penting, Anda juga harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Ketika Anda beristirahat, maka badan pun akan terasa lebih rileks dan menjawab interview bisa menjadi lebih lancar.

Pastikan jika Anda tidak bergadang pada hari sebelum interview supaya tidak terlambat bangun. Anda bisa mendengarkan berbagai musik slow ataupun melakukan meditasi untuk membuat tidur lebih nyenyak kok!

6. Hindari terlalu banyak minum kopi

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat mempersiapkan interview adalah dengan mengonsumsi kopi secara berlebihan. Banyak orang yang memilih untuk mengosumsi kopi karena tidak ingin terlihat mengantuk selama interview berlangsung dan terlihat lebih bersemangat.

Faktanya, minum kopi tidak akan membuat Anda terlihat lebih segar ataupun merasa lebih rileks lho! Justru teh hijau lah yang bisa membuat Anda lebih rileks sebelum ataupun ketika interview berjalan.

7. Memilih pakaian terbaik

Bukan hanya berlatih untuk menjawab pertanyaan, Anda juga perlu memperhatikan betul cara berpakaian ketika akan interview. Penampilan yang kurang rapi pun akan membuat interviewer mempertanyakan persiapan Anda dalam mengikuti seleksi.

Sebaiknya hindari untuk membuat warna pakaian yang terlalu gelap karena hanya akan menciptakan kesan yang muram. Anda bisa menggunakan warna pakaian yang cenderung netral dan juga akan menciptakan nuansa positif selama interview berlangsung.

12 Hal yang Dilakukan Saat Interview Berlangsung

1. Datang tepat waktu

Tepat waktu adalah point utama yang harus diperhatikan ketika interview berlangsung. Meskipun Anda hanya terlambat selama 5 menit, hal ini sudah menunjukkan jika Anda orang tidak tepat waktu dan kurang serius untuk menjalani interview.

Tidak ada salahnya berangkat dari rumah dari beberapa jam sebelumnya untuk menghindari kemacetan ataupun beberapa hal lainnya yang tidak diinginkan. Akan lebih baik lagi jika Anda datang sebelum interviewer dan hal ini akan menunjukkan jika Anda orang yang tepat waktu. Jangan lupa untuk bersikap ramah terhadap orang sekitar ya!

2. Tenang ketika menjawab pertanyaan

Meskipun kelihatannya mustahil, tenang ketika menjawab pertanyaan saat interview juga akan membuat Anda terlihat positif di mata interviewer. Sebaliknya, ketika Anda grogi ataupun terburu-buru ketika menjawab pertanyaan maka interviewer akan melihat Anda sebagai orang yang mudah panik ataupun tergesa-gesa ketika mengambil keputusan.

Memang sebagian besar interview akan berjalan dengan kaku pada awalnya, namun lama kelamaan suasana pun akan cair ketika Anda tenang ketika menjawab pertanyaan. Anda juga bisa membayangkan jika interviewer sebagai teman diskusi sehingga interview bisa berjalan lebih santai.

Mengambil nafas beberapa kali juga akan membantu Anda untuk lebih rileks dan tidak tergesa-gesa. Tips interview kerja pertama kali ini pun akan membuat interviewer lebih yakin jika Anda memang kandidat yang tepat untuk perusahaan.

3. Menjawab dengan percaya diri

Meskipun Anda bisa berlatih sampai ratusan kali untuk berbagai jenis pertanyaan, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu untuk yakin dengan diri sendiri. Misalnya saja ketika interviewer bertanya kenapa Anda menginginkan pekerjaan tersebut.

Pertanyaan sederhana ini cukup menjebak dan interviewer bisa tahu seberapa serius Anda dalam menjalani interview. Namun tenang saja karena Anda bisa menjawab dengan beberapa riset yang sudah dilakukan sebelumnya. Misalnya saja Anda menjawab karena visi misi perusahaan sesuai dengan cara kerja Anda ataupun bentuk kontribusi yang akan diberikan untuk perusahaan.

4. Tunjukkan bentuk kontribusi positif untuk perusahaan

Hampir sama ketika interviewer bertanya kenapa Anda menginginkan pekerjaan tersebut, pertanyaan “Kenapa saya harus memperkerjakan Anda” pun harus dijawab dengan tegas. Pada kesempatan inilah Anda bisa menjelaskan tentang pengalaman yang sudah didapat dari pekerjaan sebelumnya.

Sebaiknya Anda juga mencari tahu dulu tentang tanggungjawab pekerjaan dari posisi yang dilamar sehingga interviewer yakin jika Anda paham betul apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Misalnya saja untuk melamar posisi administrasi dibutuhkan pengalaman 1 tahun di bidang e-commerce dan punya laptop sendiri. Anda pun bisa menjelaskan jika pernah menjadi admin untuk toko online dan punya laptop yang masih bisa berfungsi dengan baik.

5. Menunjukkan komitmen

Pertanyaan berikutnya yang sering ditanyakan ketika interview adalah tentang seberapa komitmen Anda untuk bekerja di perusahaan. Oleh sebab itulah interviewer sering bertanya tentang rencana jangka panjang yang sejatinya untuk mengetahui seberapa serius Anda untuk berkomitmen di perusahaan tersebut.

Hindari untuk menjawab pertanyaan ini dengan rencana studi ataupun menikah karena perusahaan akan berpikir dua kali untuk mempekerjakan Anda meskipun sudah kompeten. Berikanlah jawaban yang realistis, seperti Anda ingin bekerja setidaknya selama 5 tahun di perusahaan tersebut dan tidak akan meninggalkan perusahaan 10 sampai 15 tahun ke depan.

6. Tersenyumlah senatural mungkin

Meskipun Anda tegang saat menjalani interview, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu untuk tersenyum. Tersenyum pada interviewer pun akan memberikan kesan jika Anda masih bisa berpikir positif meskipun dalam kondisi yang tidak menguntungkan. Senyuman inilah yang akan membuat suasana interview menjadi lebih akrab dan santai.

7. Menjelaskan pengalaman kerja secara runtut

Semakin interviewer tertarik dengan Anda, maka biasanya interview pun akan berjalan dengan lama bahkan bisa jadi akan lupa waktu. Interviewer biasanya akan bertanya tentang pengalaman yang Anda punya sebelum melamar di perusahaan tersebut.

Meskipun pertanyaan ini termasuk pertanyaan yang umum alias sering ditanyakan, sebaiknya Anda pun juga berlatih untuk menjawabnya. Menceritakan pengalaman kerja secara runtut dan memang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar sekarang akan menunjukkan jika Anda adalah orang yang terorganisir.

Hindari untuk menceritakan pengalaman negatif seperti bertengkar dengan teman sekelompok saat kuliah karena hal ini hanya akan membuat kesan buruk di mata interviewer.

8. Jujur selama interview berlangsung

Tidak bisa dipungkiri jika Anda perlu meninggalkan kesan positif selama menjalani inerview. Meskipun begitu, bukan berarti Anda harus berbohong selama interview, lho!

Kebohongan sekecil apapun akan ketahuan selama interview dan hal ini hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Oleh sebab itulah Anda harus menjunjung tinggi kejujuran ketika akan menjalani interview, bahkan sejak mengirimkan CV ke perusahaan.

9. Hindari overthinking

Kesalahan berikutnya yang sering terjadi ketika interview adalah overthinking dan justru menyebabkan Anda gugup ketika interview berlangsung. Oleh sebab itulah Anda sebaiknya menjauhkan diri dari pikiran negatif, seperti apakah akan diterima di perusahaan tersebut atau tidak.

Yakinlah jika Anda mampu memberikan yang terbaik selama interview dan masih banyak kesempatan lain yang bisa dicoba apabila gagal pada suatu interview.

10. Menolak makanan atau minuman

Sering kali interviewer akan menawarkan Anda makanan ataupun minuman yang biasanya dikira sebagai pencair suasana. Justru situasi ini adalah jebakan, di mana interviewer ingin tahu betapa seriusnya Anda ketika menjalani interview.

Anda pun akan terkesan kurang sopan ketika menikmati makanan ataupun minuman, terlebih jika sampai mengambil makanan beberapa kali. Sebaiknya Anda menolak tawaran interviewer dengan sopan dan kembali melanjutkan intervew dengan tenang.

11. Bertanyalah ketika diberi kesempatan

Ketika di akhir wawancara, interviewer biasanya akan mempersilakan Anda untuk mengajukan beberapa pertanyaan. Sering kali pelamar kerja tidak memanfaatkan kesempatan ini dengan baik karena takut akan menyinggung perasaan interviewer ataupun bingung mau bertanya apa. Justru kesempatan inilah yang akan membuat Anda terkesan lebih baik di mata interviewer lho!

Anda bisa bertanya pada interviewer tentang pencapaian yang sudah terbesar yang sudah dilakukan selama bekerja di perusahaan ini. Bisa juga Anda bertanya pandangan interviewer tentang perusahaan dalam jangka waktu 5 tahun ke depan yang pastinya juga akan membuat Anda semakin yakin untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Lebih bagus lagi jika Anda bertanya tentang kandidat seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan dan apabila interviewer memang tertarik dengan Anda, maka interviewer pun akan menyebutkan ciri-ciri Anda. Jangan ragu untuk bertanya ya!

12. Mengucapkan terima kasih

Meskipun kelihatannya sepele, adanya ucapan terima kasih setelah interview selesai juga akan membuat Anda terlihat lebih positif di mata interviewer. Anda bisa berterima kasih pada interviewer untuk waktu dan kesempatan yang telah diberikan. Ucapan terima kasih inilah yang akan membuat interviewer merasa lebih dihargai dan merasa jika Anda adalah orang positif yang akan membawa pengaruh positif pula terhadap perusahaan.

Penutup

Tidak sulit kan untuk mempersiapkan interview dengan tips interview kerja pertama kali yang disebutkan barusan? Mendapatkan pekerjaan impian memang perlu kerja keras, namun tidak ada yang mustahil selagi Anda terus berusaha. Yuk siapkan diri untuk interview mulai dari sekarang!

Tinggalkan komentar