Gaji Agen BRILink per Bulan Beserta Keuntungan Lainnya

Gaji agen BRILink – Mendengar kata agen BRILink tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Ya, karena agen dari BRI ini sudah tersebar di berbagai wilayah kota maupun desa di Indonesia. Hal ini disebabkan karena program BRILink merupakan bentuk kemitraan BRI dalam upaya berekspansi ke seluruh wilayah Indonesia.

Kehadiran program ini sangat dibutuhkan bagi masyarakat pelosok yang minim dan sulit terjangkau oleh perbankan. Dengan adanya program tersebut, masyarakat dapat melakukan transaksi keuangan dengan mudah tanpa harus datang langsung ke Bank. Selain itu, program ini juga dapat menjadi pilihan usaha yang baik bagi Anda yang ingin membangun bisnis.

Menjadi agen BRILink akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Jika diakumulasi gaji agen BRILink kemungkinan dapat melebihi gaji dari pegawai BRI sendiri. Nah, kira-kira berapa ya gaji agen BRILink? Jika penasaran, simak terus artikel ini sampai tuntas ya.

Kenapa Harus Menjadi Agen BRILink?

gaji agen BRIlink
Agen BRILink di Indonesia Foto: cnbc.com

Anda yang ingin memulai bisnis, mungkin dapat mencoba sebagai agen BRI. Terdapat beberapa keuntungan yang akan diperoleh dari program keagenan ini, yaitu:

  1. Komisi dari Sharing Fee dengan Bank BRI

Komisi dari sharing fee atau bagi hasil antara BRI dan agen BRI sebesar 50:50. Komisi ini diperoleh dari bonus setiap transaksi yang dilakukan pelanggan dengan jumlah nilai yang telah disepakati bersama. Bonus untuk setiap transaksi berbeda-beda, seperti transfer ke sesama BRI senilai Rp 600, transfer berbeda bank senilai Rp 3.500, transaksi pembayaran PLN senilai Rp 1.350, dan lain-lain. Meskipun bonus yang diterima terbilang kecil, namun jika diakumulasikan dalam sebulan akan sangat lumayan.

  1. Komisi Langsung dari Pelanggan

Agen BRI sebagai pihak yang melayani jasa transaksi perbankan kepada masyarakat, berhak menerima komisi langsung dari pelanggan. Komisi tersebut diperoleh dari tarif tiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Meskipun tarif tersebut ditentukan sendiri oleh agen, namun tetap disesuaikan dengan agen BRI lain di sekitarnya. Biasanya tarif yang dikenakan kepada pelanggan BRILink sebesar Rp 5.000 per transaksi, disesuaikan kembali dengan kebijakan masing-masing agen.

  1. Mendapat Pendampingan dalam Menjalankan Usaha

Untuk Anda yang memutuskan menjadi agen BRILink akan mendapatkan pendampingan dari BRI dan memiliki kesempatan untuk sharing bersama dengan lebih dari 2.000 tenaga pembina agen BRILink di seluruh Indonesia. Menarik bukan?

  1. Mendapat Asuransi Keagenan

Bukan hanya dari besarnya nominal gaji agen BRILink yang akan Anda dapat. Sebagai agen BRI, Anda juga akan mendapatkan keuntungan berupa asuransi apabila terjadi kecelakaan atau kebakaran pada tempat usaha.

  1. Branding BRI

Dengan menjadi agen BRI, Anda tidak perlu melakukan usaha promosi terlalu keras. Karena, BRI telah memiliki branding yang bagus dan sangat dekat dengan masyarakat.

Beberapa keuntungan di atas dapat Anda peroleh hanya dengan mengeluarkan modal sebesar Rp 3.000.000 untuk mendaftar dalam program keagenan ini serta mendapatkan mesin EDC BRI. Sedangkan modal yang diperlukan untuk mengisi saldo, disesuaikan kembali dengan budget yang Anda miliki. Saldo tersebut perlu dipersiapkan untuk memenuhi permintaan transaksi dari pelanggan.

Sebagai pengusaha, tentu Anda harus bersiap terhadap segala tantangan dan risiko yang mungkin terjadi. Dalam hal ini, Anda harus mampu mencapai target transaksi yang telah ditetapkan oleh BRI yaitu minimal 200 transaksi per bulan. Oleh karena itu, BRI akan mengenakan biaya penalti apabila Anda tidak mampu memenuhi target yang ditetapkan.

Gaji Agen BRILink

Berapakah gaji Agen BRILink? Jika ditanya tentang gaji, tentu saja gaji agen BRILink yang diperoleh antara agen satu dengan yang lainnya setiap bulannya akan berbeda-beda. Hal itu tergantung pada jumlah transaksi yang diperoleh oleh masing-masing agen. Semakin banyak transaksi yang dilakukan, maka semakin besar pula penghasilan atau gaji agen BRILink tersebut.

Berdasarkan fakta yang dikutip dari pikiranrakyat.com, agen BRILink telah berkontribusi terhadap perputaran uang sebesar Rp 843,2 triliun sepanjang periode Januari hingga Desember 2020. Hal ini membuktikan bahwa menjadi agen BRI dapat memberikan peluang keuntungan yang besar dalam bisnis.

Penghasilan atau gaji agen BRILink yang diperoleh selama sebulan dapat mencapai Rp 9-12 juta. Hal ini sangat mungkin terjadi, apabila dalam sebulan Anda mampu mendapatkan transaksi sekitar 3000 kali. Secara sederhananya, apabila dalam sehari Anda mampu mendapat keuntungan sebesar Rp 150.000, maka dalam sebulan, Anda akan mendapat penghasilan sebesar Rp 4.500.000.

Gaji yang Anda peroleh tersebut sangat mungkin melebihi gaji dari pegawai BRI sendiri. Namun, tentu saja diperlukan ketekunan dan kefokusan dalam menjalankan usaha apapun, termasuk sebagai agen BRILink. Oleh karena itu, Anda pun perlu melakukan inovasi, promosi dan menerapkan strategi marketing yang baik untuk meningkatkan transaksi dalam bisnis Anda.

Produk dan Layanan Agen BRILink

Program keagenan BRI ini menyediakan 3 jenis produk dan layanan yang dapat dinikmati oleh pelanggan. Produk dan layanan tersebut, yaitu:

  1. Lakupandai, yaitu layanan perbankan yang dapat dilakukan oleh agen BRI tanpa melalui jaringan kantor BRI. Meliputi cash in & out, report, tarik tunai, setor tunai, isi ulang pulsa, dan belanja merchant.
  2. T-Bank, yaitu layanan keuangan digital BRI yang menggunakan nomor telepon sebagai nomor rekening untuk transaksi. Meliputi setoran pinjaman dan setoran simpanan, serta tarik tunai.
  3. Mini ATM BRI, yaitu layanan transaksi non tunai menggunakan mesin EDC BRI. Meliputi transfer dan pembayaran, isi ulang pulsa, informasi rekening, setor tunai, serta registrasi mobile banking dan internet banking.

Itulah informasi seputar keuntungan dan gaji agen BRILink. Jika Anda tertarik memulai bisnis menjadi agen BRILink, mungkin artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda. Semoga bermanfaat ya!

Sumber: Situs Resmi Bank BRI

Tinggalkan komentar