Untung Rugi Menjadi Agen Pos Indonesia

Untung Rugi Menjadi Agen Pos – Bisnis kiriman atau kurir menjadi salah satu bisnis yang cukup moncer di masa pandemi. Banyak yang melirik bisnis ini, lantaran seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat berbelanja online, jasa kiriman juga terus meningkat.

Dari hasil laporan survei perusahaan marketing InMobi yaitu, tingkat belanja masyarakat di sektor e-commerce selama pandemi Covid-19 lebih tinggi daripada tingkat belanja masyarakat saat liburan. Bukan hanya meningkat dari segi belanja, tetapi juga dari banyaknya kategori yang dibeli. Sesi belanja mingguan kuartal kedua 2020 mencapai rata-rata 30% lebih tinggi daripada kuartal pertama 2020.

Mengetahui fakta ini, Anda bisa membangun bisnis kiriman dengan menjadi mitra PT Pos. Hal ini disebabkan, keberadaan Agen PT Pos selain untuk mendekatkan diri dengan konsumen, juga untuk mengembangkan sektor ekonomi mikro yang dilakukan melalui pengembangan pola kemitraan dalam bisnis. Sebaiknya, ketahui terlebih dahulu apa untung rugi menjadi Agen Pos, khususnya saat pandemi.

Agen Pos Sebagai Peluang Bisnis Menjanjikan di Tengah Pandemi

Agen Pos merupakan suatu konsep pengembangan jaringan yang berupa kerjasama kemitraan antara PT Pos Indonesia dengan perorangan atau badan usaha untuk memberikan layanan pos dan kirim barang yang lebih luas kepada masyarakat di semua wilayah Indonesia. Mulai dari individu, pelaku UMKM, hingga perusahaan besar, baik yang ada di wilayah perkotaan maupun pelosok.

Luasnya kerjasama kemitraan yang dibangun PT Pos Indonesia ini menjadi peluang bagi calon mitra untuk mendatangkan nilai ekonomi. Apalagi di zaman pandemi, sulitnya mencari kerja, kena PHK, hingga ingin berbisnis tetapi merasa modal yang dipunya kurang cukup. Jangan sampai Anda terus-terusan seperti ini.

Ada bisnis dengan modal ringan, namun keuntungan yang didapat menjanjikan. Ya, Anda bisa membuka bisnis dengan menjadi Agen Pos. Untung rugi menjadi Agen Pos selalu ada. Tetapi, jangan khawatir lagi masalah modal. Meskipun harus membangunnya dari nol di masa pandemi, tetapi bisnis ini termasuk bisnis yang prospektif.

Cara Menjadi agen lainnya:

Untung Rugi Menjadi Agen Pos

Sekecil apapun modalnya, sebesar apapun untungnya, dalam menjalankan bisnis tentu ada yang namanya untung rugi. Sebelum Anda menjadi mitra PT Pos Indonesia (Persero), ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu untung rugi menjadi Agen Pos. Tujuannya agar Anda semakin mantap dan benar-benar tahu urgensinya Anda memilih bisnis ini.

Keuntungan dan Manfaat yang Didapat Menjadi Agen Pos

Adanya peluang usaha keagenan dari PT Pos Indonesia, pasti memberikan keuntungan dan manfaat bagi para agennya. Sebab, agen yang sejahtera dan bisnisnya berkembang, tentu akan menyokong berkembangnya usaha kantor pos itu sendiri. Berikut keuntungan dan manfaat yang didapat menjadi mitra bisnis kiriman tertua di Indonesia.

  1. Keberadaan mitra sudah diakui secara luas dengan dikelola oleh PT Pos Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu.
  2. Dalam industri jasa pengiriman barang atau kurir, PT Pos Indonesia sudah mempunyai puluhan ribu titik layanan yang sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.
  3. Tanpa harus memiliki keahlian khusus atau modal yang besar, tentunya bisnis ini dapat dikelola oleh siapapun anggota masyarakat.
  4. Jangkauan distribusi yang dimiliki PT Pos Indonesia sangat luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  5. Sharing fee yang diberikan bersifat progresif dan menarik hingga 22,5%.

Dari keuntungan dan manfaat yang didapat ketika menjadi mitra bisnis PT Pos, tertarikkah Anda untuk menekuni bisnis ini dari nol? Jika Anda serius dan tekun, Anda bisa mendapat penghasilan Rp 10 juta bahkan lebih loh per bulannya.

Kerugian Menjadi Agen Pos

Setiap usaha yang dijalankan pasti ada sisi lemah yang membuat Anda merasa rugi. Untuk itu, demi meminimalisir risiko kerugian, ada baiknya Anda mengetahui kerugian menjadi Agen Pos terlebih dahulu dari pengalaman mitra yang sudah bergabung sebelumnya.

  1. Registrasi
  • Mitra tidak mendapatkan buku petunjuk atau pedoman dalam bertransaksi secara lengkap.
  • Perusahaan tidak detail dalam memberikan training.
  1. Layanan Counter
  • Bisnisnya menggunakan sistem online. Untuk itu, ketika sedang mati listrik tentu mitra tidak dapat melakukan transaksi.
  • Untuk melihat ongkos kirim atau ongkir, Anda harus masuk ke sistem terlebih dahulu. Untuk itu, apabila ada konsumen yang menanyakan ongkir ke suatu daerah di luar jam kerja, agen akan kesulitan memberikan informasi karena tidak ada buku atau data pedoman ongkir.
  • Berat kiriman berdasarkan gram, bukan kilogram. Sehingga, akan membuat tarif ongkir cenderung lebih murah, namun membuat keuntungan agen sedikit.
  • Manajemen PT Pos kalah bagus dengan agen jasa pengiriman lain.
  • Biaya asuransi lebih murah daripada jasa pengiriman lain.
  1. Layanan Pospay
  • Umumnya pembelian pulsa HP elektrik atau voucher lebih mahal daripada counter-counter yang lain. Memang selisihnya tidak banyak, namun dapat membuat pandangan konsumen bahwa kantor pos itu mahal.
  • Keuntungan yang didapatkan dari pembayaran PLN, Telkom, hanya berkisar di bawah Rp 700. Ini jauh dengan counter pembayaran lain yang dapat mencapai Rp 1500.
  • Layanan yang diberikan kantor pos memang lebih bervariasi dan pada umumnya murah dibandingkan dengan counter pembayaran lain.

Setiap perusahaan tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Ketika memutuskan menjadi mitra Pos, tentu Anda harus siap untuk merasakan untung rugi menjadi Agen Pos. Pahami sekali lagi untung rugi menjadi Agen Pos di atas sebelum melanjutkan membaca ulasan ini.

Jenis Pelayanan di Agen Pos

Semua bisnis kiriman pasti memiliki jenis pelayanan spesifik yang berbeda satu sama lain. Begitu pula jenis pelayanan di bisnis ini. Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Jasa pengiriman barang dagangan online, paket, surat, serta dokumen meliputi: Pos Express, Pos Kilat Khusus, Q9, Qcomm, dan Express Mail Service (EMS) untuk kiriman ke luar negeri.
  2. Penjualan benda pos, seperti materai, perangko, serta benda pos lainnya.
  3. Pembayaran top up, tagihan, serta angsuran.
  4. Layanan Weselpos Instan untuk pengiriman serta pembayaran uang.
  5. Agen Pos akan dikembangkan untuk memberikan keseluruhan pelayanan Pos Indonesia lainnya.

Sebagai bisnis kiriman tertua di Indonesia, PT Pos selalu memberikan ragam pelayanan terbaik untuk para konsumennya. Bukan hanya di dalam negeri, tetapi juga di dunia internasional. Ini terbukti dari adanya kerjasama dengan badan-badan usaha negara lain, seperti Western Union.

Persyaratan Menjadi Agen Pos

untung rugi menjadi agen pos

Selain Anda mengetahui definisi, peluang menjalani bisnis ini di tengah pandemi, jenis layanan, serta untung rugi menjadi Agen Pos. Anda yang berminat untuk menjadi mitra bisnis tentu harus mengetahui berbagai persyaratan yang harus disiapkan.

  1. Mempunyai tempat untuk usaha. Meski demikian lokasi diutamakan tidak berdekatan dengan Agen atau Kantor  Pos yang sudah ada terlebih dulu.
  2. Mempunyai seperangkat komputer dengan printer serta alat komunikasi seperti telepon kabel.
  3. Menyerahkan kiriman serta laporan ke Kantor Pos penghubung di setiap harinya pada jam yang sudah disepakati.
  4. Memperoleh persetujuan dari PT Pos Indonesia melalui Kantor Pos penghubung.
  5. Menandatangani perjanjian.

Persyaratan di atas harus dipatuhi oleh calon mitra. Bagaimanapun, kunci keberhasilan kerjasama salah satunya adalah saling patuh terhadap semua persyaratan yang ditetapkan dan berbesar hati terhadap untung rugi menjadi Agen Pos.

Dukungan PT Pos Indonesia Untuk Agen Pos

Ketika Anda bergabung menjadi mitra bisnis, Anda akan mendapatkan beberapa dukungan dari PT Pos Indonesia seperti:

  1. Pelatihan petugas.
  2. Instalasi software untuk aplikasi Agen Pos.
  3. Dukungan promosi atau pemasaran.
  4. Bimbingan serta panduan manajemen usaha.
  5. Adanya pembinaan usaha.

Jadi, sudah tidak perlu khawatir jika tidak bisa menjalankan bisnis keagenannya. PT Pos Indonesia tidak melepas agen begitu saja dalam mengembangkan bisnis dan merasakan untung rugi menjadi Agen Pos.

Tahapan Menjadi Pengelola Agen Pos

Untung rugi menjadi Agen Pos haru siap Anda terima ketika memutuskan bergabung menjadi Agen Pos. Untuk menjadi agen, tentu ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui seperti:

  1. Mengajukan permohonan secara tertulis kepada Kantor Pos terdekat untuk menjadi mitra agen.
  2. PT Pos Indonesia akan melakukan survei kelayakan usaha.
  3. Persetujuan atau penolakan akan diterbitkan oleh PT Pos Indonesia secara tertulis kepada pihak pemohon.
  4. Perikatan penyelenggaraan kemitraan dituangkan dalam bentuk perjanjian kerjasama pengelolaan mitra.
  5. Pelatihan serta persiapan pengoperasian agen.

Adapun beberapa lampiran permohonan yang harus disiapkan untuk menjadi Agen Pos sehingga dapat merasakan untung rugi menjadi Agen Pos yaitu:

  1. Bagi pemohon yang berbentuk badan usaha harus melampirkan Surat Keterangan Domisili Usaha, Akta Pendirian Usaha, SIUP, NPWP, Tanda Daftar Perusahaan, Identitas dari Pimpinan, Denah Calon Lokasi, Keterangan Status Lokasi dengan denah dan izin lingkungan.
  2. Bagi pemohon Perorangan Anda harus melampirkan Identitas Diri, Keterangan Status Lokasi dengan denah dan izin lingkungan, serta NPWP.

Agen Pos Business to Business

Produk kemitraan lain yang dihadirkan oleh Pos Indonesia untuk Anda yang ingin merasakan untung rugi menjadi Agen Pos dengan kapasitas yang lebih besar adalah Agen Pos B2B.

Sesuai dengan namanya, Agen Pos yang satu ini memiliki sedikit perbedaan dalam hal kemitraan, yaitu dengan adanya minimal syarat telah mempunyai 100 outlet.

Keuntungan Bergabung Menjadi Agen Pos B2B

Dengan bergabung menjadi Agen Pos B2B, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

  • Memperoleh imbal jasa.
  • Mudahnya dalam mengembangkan layanan keagenan, karena Pos Indonesia telah mempunyai branding yang solid yang sudah dikenal luas oleh masyarakat.
  • Jaringan Pos Indonesia yang sudah tersebar di seluruh daerah di Indonesia serta layanan yang diberikan bisa sampai ke luar negeri.
  • Kerahasiaan yang aman serta terjamin, karena sistem yang digunakan telah menggunakan tingkat keamanan yang tinggi, dengan protokol secure socket layer 256 bit untuk menjaga keamanan data pelanggan.
  • Transaksi yang transparan. Produk ini juga mendukung good corporate governance.
  • Memberi keleluasaan kepada para mitra untuk mengembangkan layanan kurir melalui outlet mitra.

Syarat Menjadi Agen Pos B2B

Beberapa persyaratan menjadi Agen Pos B2B sehingga Anda dapat merasakan untung rugi menjadi Agen Pos yaitu:

  • Mempunyai sistem aplikasi dengan pola H2H yang terhubung dengan sistem Pos Indonesia.
  • Sudah mempunyai banyak outlet yaitu minimal 100 outlet.
  • Mempunyai captive market atau pasar potensial.
  • Bersedia memberikan uang jaminan kepada rekening yang telah ditetapkan oleh Pos Indonesia.

Tahapan Registrasi Agen Pos Baru 

Apabila Anda tertarik untuk mendaftarkan diri menjadi Agen Pos sehingga Anda dapat merasakan untung rugi menjadi Agen Pos, terdapat beberapa langkah registrasi mitra baru yang perlu Anda selesaikan meski tahapannya relatif sederhana serta dapat segera diselesaikan hanya dalam hitungan 1-2 hari saja.

Tentunya hal tersebut bergantung dari banyaknya permintaan yang sedang diproses oleh Pos Indonesia pada saat pendaftaran. Misalnya:

  1. Mitra B2B (business to business) mengajukan pendirian bisnis agen baru kepada Divisi Agen Pos.
  2. Divisi Agen Pos melakukan verifikasi data dan berkoordinasi dengan UPT untuk survei lokasi.
  3. Divisi Agen Pos menetapkan kode agen.
  4. Divisi Agen Pos selanjutnya menyerahkan kode agen kepada para mitra B2B.
  5. Mitra B2B menambahkan referensi kode agen sekaligus mengaktifkan agen baru.

Setelah mengetahui informasi mengenai untung rugi menjadi Agen Pos, Agen Pos B2B, persyaratan hingga langkah-langkah registrasi menjadi Agen Pos yang begitu mudah dengan biaya murah. Apakah Anda masih membutuhkan waktu lama untuk berpikir? Tentunya segala keputusan ada di tangan Anda.