Ide Usaha Sampingan di Desa, Peluang Penghasilan Tambahan

Satu hal yang menyebabkan pemuda desa beralih ke kota adalah penghasilan di desa yang tidak memadai. Sebenarnya keadaan ini dapat diatasi dengan memulai usaha sampingan di desa. Anda dapat menjalankannya dengan nyaman, karena pekerjaan utama tidak akan terganggu. Mengingat, pekerjaan sampingan tidak membutuhkan waktu panjang. Pekerjaan dapat dilakukan setelah pekerjaan utama selesai. Lantas, ide usaha sampingan di desa apa yang dapat dilakukan?

Kebanyakan orang di desa akan menghabiskan waktunya untuk bertani. Untuk itu sebagai pekerjaan sampingan, anda dapat mendukung hal-hal yang berkaitan dengan hasil tani. Sedangkan untuk usaha lainnya, dapat diketahui setelah membaca ulasannya pada bagian berikutnya. Namun adakah kiat-kiat agar usaha sampingan tersebut dapat membuahkan hasil maksimal? Semuanya akan diulas secara lengkap di bagian selanjutnya.

11 Ide Usaha Sampingan di Desa

Perlu diingat bahwa usaha sampingan tidak akan menganggu pekerjaan utama. Untuk itu, tentukan mana pekerjaan dibawah ini yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ulasannya,

  1. Ternak Lele

usaha sampingan di desa

Salah satu usaha yang dapat dijalankan di desa adalah memulai beternak. Namun tidak semua hewan dapat dijadikan hewan ternak, untuk itu disarankan memulainya dari ikan lele. Perawatan ikan lele tidak terlalu rumit, jadi anda tidak membutuhkan dana besar untuk melakukannya. Selain itu, modal untuk pembelian bibit pun tidak terlalu besar, untuk itu cocok bagi pengusaha pemula.

 

  1. Ternak Ayam

usaha sampingan di desa

Setelah usaha ternak lele dinilai membuahkan hasil, lanjutkan dengan ternak ayam. Untuk melakukannya akan dibutuhkan tenaga ekstra. Karenanya dibutuhkan pekerja tambahan untuk melakukan perawatan ayam. Anda dapat memberikan modal dan meminta beberapa pekerja melakukan pembersihan, pemberian pakan dan panen telur maupun daging.

 

  1. Ternak Kambing

Tidak tertutup pada dua jenis ternak di atas, anda dapat melakukan ternak kambing di desa. Hal ini dapat dilakukan setelah mendapatkan keuntungan dari dua jenis ternak di atas. Belilah bibit kambing yang kecil dan rawat hingga cukup besar. Saat waktunya panen, kambing dapat dijual atau dimanfaatkan dagingnya. Satu yang menguntungkan bahwa perawatan kambing tidak sulit.

 

  1. Jual Pulsa

Walaupun di desa, tidak menutup kemungkinan usaha jual beli pulsa sangat menguntungkan. Karena kini semua orang membutuhkannya, untuk pembelian paket internet atau sekedar saling menelpon. Menariknya, usaha ini merepotkan dan dapat dilakukan bersamaan dengan pekerjaan utama. Namun yang harus diperhatikan adalah bagaimana mendapatkan deposit pulsa berkala.

 

  1. Jasa Jahit

Memiliki keahlian untuk menjahit dan desain? Anda dapat memulai usaha jasa jahit di rumah. Usaha ini diperlukan di desa sekalipun, karena sulit untuk mendapatkan pakaian ke kota. Jika penduduk setempat tidak memperhatikannya, usaha dapat dipromosikan secara online. Sehingga setiap produk yang dihasilkan tetap dapat dinikmati oleh konsumen.

 

  1. Warung Kelontong

Kebutuhan sehari-hari penduduk desa dapat dipenuhi dengan kehadiran warung kelontong. Di sinilah anda dapat memanfaatkan peluang usaha dengan membuka warung kelontong. Tidak perlu terlalu besar, namun memiliki barang yang lengkap. Selain dapat memenuhi kebutuhan orang lain, saat keluarga membutuhkan semua produk tersedia di warung.

 

  1. Jual Beli Hasil Tani

Tidak semua penduduk desa memahami penjualan produk melalui online. Sebagai pemuda dengan inovasi, anda dapat menjadikannya peluang. Di mana, dapat melakukan jual beli produk dengan cara online. Tidak hanya mudah, pembeli yang datang tidak terbatas dari satu tempat. Karena penjualan secara online, dapat menjangkau seluruh wilayah di sekitar desa.

 

  1. Jual-Beli Oleh-Oleh Khas

Di beberapa toko online, saat ini sedang gencar penjualan oleh-oleh khas daerah. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan penghasilan ekstra. Selain itu, anda juga dapat berkontribusi dengan memperkenalkan produk ke masyarakat lebih luas. Artinya, usaha dapat membantu perekonomian masyarakat desa secara tidak langsung, sekali merengkuh banyak untung didapat.

 

  1. Content Writer

jadi penulis freelancer

Tidak terbatas di kota, anda dapat menjalankan pekerjaan sebagai content writer di desa. Modalnya mudah, yaitu handphone atau laptop dan koneksi internet. Setelahnya, semua pekerjaan sebagai content writer dapat dilakukan. Namun satu lagi yang dibutuhkan adalah memiliki kemampuan menulis yang baik, agar menghasilkan tulisan yang berkualitas. Anda bisa mengunjungi dan mendaftar di situs freelance seperti fiverr, Fastwork, Sribulancer, dll.

 

  1. Warnet

Peluang bahwa kini pendidikan membutuhkan internet, harus dipahami oleh seorang pengusaha. Di mana anda dapat membuka sebuah warnet untuk melengkapi kebutuhan masyarakat. Tidak perlu terlalu mahal, namun dapat memberikan keuntungan berlimpah. Karena tidak hanya dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas, warnet dapat dimanfaatkan untuk bermain game.

Semua pekerjaan di atas adalah pekerjaan yang menyenangkan. Namun tanpa niat dan bakat, jangan harap pekerjaan ini dapat dilakukan. Untuk itu, usahakan melakukannya dengan niat agar usaha sampingan dapat membuahkan hasil maksimal. Bagaimana cara melakukannya?

Tips Usaha Sampingan di Desa

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar usaha sampingan dapat membuahkan hasil maksimal. Seluruhnya dapat dijalankan, setelah menyimak ulasan dibawah ini,

  1. Tekun

Walaupun anda menjalankannya sembari melakukan pekerjaan utama, usahakan untuk selalu tekun. Ketekunan yang dimiliki akan membuahkan hasil yang maksimal. Tujuan untuk mendapatkan dana penghasilan dari usaha sampingan akan segera terwujud. Jadi usahakan untuk selalu tekun, apapun pekerjaan sampingan yang dijalankan.

 

  1. Promosi

Setiap usaha yang dijalankan harus dilakukan dengan benar bersamaan dengan promosi. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan jenis usaha yang dipilih. Contohnya, usaha jual-beli pulsa, dapat dilakukan dengan promosi berupa pengenalan melalui media sosial. Anda dapat mengirimkan post ke seluruh kontak di desa untuk menyampaikan bahwa tersedia jasa pulsa.

 

  1. Evaluasi Berkala

Usaha yan dijalankan tidak boleh dilepaskan begitu saja. Dalam hal ini, anda harus menjalankan usaha dengan melakukan evaluasi berkala. Evaluasi dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam setiap bulannya. Evaluasi perlu dilakukan untuk memberikan kualitas usaha yang memuaskan bagi pelanggan. Tanpa adanya evaluasi, kualitas dapat menurun dalam setiap waktu.

 

  1. Berkembang

Tidak hanya memperhatikan kualitas, sebagai pengusaha anda harus terus mengembangkannya. Caranya dengan memperhatikan keuntungan yang dimiliki. Setelah dirasa mencukupi, tidak ada salahnya mengembangkan usaha. Contohnya dengan mencari usaha sampingan lainnya atau membuat cabang-cabang usaha, agar keuntungan yang didapat semakin berlimpah.

 

  1. Rencana Bisnis

Walaupun pekerjaan yang dilakukan adalah pekerjaan sampingan jangan membuatnya secara asal. Anda harus membangun usaha dengan membangun rencana bisnis yang tepat. Mulailah dengan membuat analisis SWOT, untuk mengetahui dunia bisnis yang akan dijalankan. Jangan sampai kelemahan ini membuat usaha berantakan dan justru membuahkan kerugian. Untuk kalian yang ingin mengetahui cara membuat bisnis plan.

Profesional, inilah kata kunci agar kedua usaha dapat membuahkan hasil yang maksimal. Anda tidak boleh melakukannya secara sembarangan, karena dapat menyebabkan kerugian. Serta perlu diingat, sebelum memilih ide usaha samping di desa, harus sesuai dengan keadaan desa. Hal ini penting, sehingga apa yang dijalankan tidak bertentangan dengan kebutuhan dan aturan di desa.

Tinggalkan komentar