17 Peluang Usaha Rumahan Modal 50 Ribu yang Menjanjikan

Usaha Rumahan Modal 50 Ribu – Banyak orang bermimpi ingin menjadi pebisnis sukses. Namun, banyak juga dari mimpi tersebut harus kandas sebelum waktunya. Ya, calon pebisnis sukses sudah kalah sebelum berperang, karena ketiadaan modal yang digunakan untuk berbisnis.

Sebenarnya, meskipun modal menjadi pertimbangan utama untuk berbisnis. Tetapi, tekad kuat lah yang bisa menjadi sahabat setia memperjuangkan impian menjadi pebisnis sukses loh. Banyak pebisnis sukses yang tidak seterkenal Mark Zuckerberg memulai bisnisnya dari bawah dan berhasil mencapai omset puluhan hingga ratusan juta per bulan.

Shelly, pebisnis makanan dan minuman dari olahan salak di rumah, memulai bisnisnya dengan modal Rp 50 ribu. Namun kini, omset per bulannya sudah mencapai Rp 20 jutaan. Rusdi Raisa, owner brand D’Russa memulai bisnis kerajinan kulit dengan modal cekak, Rp 50 ribu. Namun kini, omset per bulannya sudah mencapai Rp 250 jutaan. Mau memperjuangkan mimpi seperti mereka? Simak artikel di bawah ini!

Peluang Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Agar mimpi tidak kandas sebelum waktunya, coba dulu yuk usaha rumahan modal 50 ribu di bawah ini. Siapa tahu Anda bisa mendapat rezeki dari sini dan bisa menjadi pebisnis sukses seperti Shelly, Rusdi, serta pebisnis sukses lainnya di luar sana yang tidak terekspos media.

1. Bisnis Preloved

bisnis preloved

Preloved menjadi ide usaha rumahan modal 50 ribu yang pertama. Preloved adalah barang yang sudah dimiliki sebelumnya dan akan berpindah tangan kepada orang lain. Bisnis preloved menjadi booming sejak munculnya influencer di sosial media menjual barang-barang miliknya yang sudah tidak dipakai.

Bisnis preloved memang menjadi ide menarik yang bisa Anda coba. Bahkan, bisa jadi bisnis ini tidak memerlukan modal sama sekali. Anda cukup mencari baju, tas, sepatu, atau barang lainnya yang selama ini dikoleksi dan menjualnya kepada orang lain dengan harga miring.

Perlu digaris bawahi, usahakan jangan sekedar menjual barang yang sudah tidak dipakai. Perhatikan juga kelayakan pakai atas barang-barang tersebut. Apakah memang masih layak dijual atau tidak.

2. Jasa Setrika

jasa setrika

Semakin sibuk seseorang dengan pekerjaan utamanya, mengurus kerapihan pakaian rasanya sudah tidak sanggup. Maka tak heran, khususnya di kota-kota besar yang notabene bekerja di kantor berangkat pagi pulang malam sering mencari jasa setrika.

Anda bisa memanfaatkan momen seperti ini untuk turut menambah penghasilan. Modalnya tidak banyak. Hanya perlu setrika, yang pasti di rumah sudah punya. Juga pewangi pakaian dan kemampuan menyetrika dengan baik serta rapi. Enaknya lagi, usaha ini bisa dijalankan dari rumah.

3. Jasa Jahit Rumahan

Khusus jasa jahit rumahan bisa dikatakan usaha rumahan modal 50 ribu jika memang  sebelumnya Anda sudah memiliki mesin jahit. Sebab, Anda hanya perlu mengandalkan kemampuan menjahit, membeli benang dan perlengkapan lain yang biayanya murah, serta tidak perlu menyewa ruko yang biayanya mahal.

Biasanya, usaha ini menjadi incaran para ibu rumah tangga. Yang meskipun fokus utamanya pada keluarga, tetapi ingin juga mengasah hobi menjahit dan mendapat penghasilan sampingan dari usaha rumahan yang satu ini. Lumayan kan jika usaha ini ditekuni?

4. Jualan Keripik

Keripik menjadi camilan yang disukai oleh banyak orang. Biasanya, keripik dijadikan teman nonton film kesukaan atau berbincang ringan dengan rekan bisnis. Tidak ada salahnya Anda menjajal usaha ini dengan mencari supplier keripik yang Anda suka dan eksekusi segera.

Pilihlah keripik yang memang berpotensi laris di pasaran. Anda bisa memperhatikan dari segi kesediaan bahan, rasa yang disajikan, hingga kemampuan dalam melakukan inovasi. Sebab, banyak juga penjual keripik di pasaran. Sehingga, Anda harus memiliki keunikan “apa yang menjadi nilai tambah dari usaha keripik rumahan Anda.”

Di zaman yang serba online ini, memasarkan keripik ke luar daerah domisi secara online menjadi peluang yang menjanjikan. Jadi, walaupun modalnya masih ringan untuk membuka cabang ke luar daerah, pasar Anda bisa dikenal masyarakat luas dengan mengandalkan marketing online.

5.Cuci Motor Kecil-Kecilan

Usaha cuci motor menjadi usaha rumahan modal 50 ribu yang tidak akan ada matinya. Sebab, seiring bertambahnya waktu, bertambah pula pemilik motor. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha sampingan. Cukup bermodal sabun, usaha tersebut bisa dijalankan. Apalagi saat musim hujan tiba, pasti usaha ini akan laris.

6. Jual Beli Barang Bekas

Setiap rumah tangga pasti memiliki banyak barang bekas yang masih menumpuk di gudang. Anda bisa menjadi penadah barang bekas tersebut untuk kemudian dijual kembali ke pengepul yang lebih besar. Jual beli barang bekas bisa menjadi solusi ide usaha rumahan modal 50 ribu yang harus segera dieksekusi.

Niatkan juga untuk membantu mengelola barang bekas orang banyak agar bisa dikelola dengan baik, tidak menjadi sampah begitu saja. Pun bisa juga dengan mengumpulkan sendiri bekas botol minuman, plastik, maupun kardus bekas di jalan-jalan.

7. Jualan Kue

Kue tidak hanya menjadi ide usaha saat ramadhan, tetapi juga bisa menjadi ide usaha rumahan modal 50 ribu yang dijalankan setiap hari. Usaha ini banyak dijadikan sampingan oleh ibu rumah tangga maupun remaja putri yang memang gemar membuat olahan kue.

Iseng-iseng berhadiah, Anda bisa mencoba membuat kue untuk dinikmati sendiri. Baru kemudian, jika rasanya enak dan potensi laris di pasaran, Anda bisa membuka peluang bisnis ini dari rumah dengan sistem pre order. Sehingga, juga akan menghemat modal yang dikeluarkan dan meminimalisir kerugian.

8. Bisnis Kuliner

Jangan sampai Anda menyia-nyiakan kesempatan emas yang satu ini. Ya, memasak! Banyak orang yang pandai memasak, tapi hanya untuk diri sendiri atau keluarga sendiri. Ternyata, dengan Anda mengembangkan keahlian memasak dan menjual hasil masakan Anda yang lezat itu bisa berpeluang untuk mendapat tambahan penghasilan, loh.

Jika Anda pandai mengelola keuangan, maka usaha rumahan modal 50 ribu yang satu ini akan cepat balik modal. Omset bisnis kuliner bisa tinggi dan mendapat untung 2x dari modal yang dikeluarkan. Apalagi, ada layanan Grab Food, Go Food, Shopee Food, yang bisa membantu Anda menjadi merchant layanan delivery online dan meluaskan pasar secara digital.

9. Laundry Sepatu

Usaha laundry sepatu berbeda dengan laundry pakaian yang sudah lebih dulu booming di pasaran. Usaha satu ini memang masih tergolong jarang, namun memiliki prospek yang sangat baik. Anda bisa mencoba membuka peluang usaha ini dengan segera.

Ini menjadi usaha rumahan modal 50 ribu yang menjanjikan. Sebab, Anda cukup membeli sabun dan perlengkapan cuci sepatu, yang tentu biayanya cukup murah. Namun, kudu dipastikan juga bahwa kualitas cucian Anda harus terjaga, bersih, walaupun harus mencuci secara manual.

10. Jual Bros, Gelang, Kalung, dan Aksesoris Lainnya

Jualan aksesoris sering dianggap kurang laku, sebab aksesoris adalah kebutuhan tersier. Namun, yang namanya rezeki tidak akan kemana. Banyak loh pebisnis aksesoris yang sukses. Nurlaela atau biasa disapa Olla merupakan seorang pengusaha aksesoris sukses dari Depok. Lantaran kesuksesannya, Olla sering dianggap sebagai Crazy Rich Depok.

Anda bisa mengikuti kesuksesan Olla tanpa mengeluarkan banyak modal. Buatlah sistem pre order yang mengharuskan pelanggan membayar sejumlah uang, baru kemudian Anda membuatkan pesanan atau membeli pesanan tersebut dari supplier. Namun jangan sampai apa yang Anda jual antara foto yang dipajang dengan aslinya berbeda.

11. Buka Kursus Online

Jalan ninja usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya adalah dengan membuka kursus online. Di zaman sekarang, kursus online cukup beraneka ragam dan mudah dilakukan. Asalkan Anda memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni di suatu bidang tertentu dan bisa membagikannya dengan cara yang menyenangkan.

Jika tidak ingin mengeluarkan uang promosi, tentu biayanya akan lebih murah. Anda bisa memiliki audiens sendiri dengan menjual kursus online di media sosial atau website pribadi. Tetapi, audiensnya tidak bisa banyak dibanding jika Anda mampu untuk mengeluarkan biaya promosi yang mampu menyasar pasar secara lebih luas.

12. Jasa Mengetik

Jika Anda mempunyai kemampuan mengetik cepat 10 jari, cobalah untuk membuka usaha jasa mengetik. Target pasar Anda bisa menyasar kepada pelajar dan mahasiswa yang mempunyai banyak tugas.

Anda cukup mengeluarkan modal kertas untuk ngeprint ketikan tersebut dan memanfaatkan jejaring sosial media atau bisa juga promosi dari mulut ke mulut kepada teman-teman. Baiknya lagi, usaha ini bisa dijalankan dari mana saja.

13. Menjadi Penulis Artikel Online

Berbeda dengan jasa ketik, menjadi penulis artikel online mengharuskan Anda untuk lebih mengasah keterampilan menulis. Namun, bagi Anda yang memang tertarik di dunia kepenulisan, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha ini dan mempelajari ilmunya secara otodidak.

Kedepannya akan banyak website dan blog yang membutuhkan konten artikel. Anda bisa mencoba usaha ini sebagai usaha sampingan, hingga menjadikannya sebagai penghasilan utama.

14. Kerajinan Tangan atau DIY

Usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya adalah DIY. Memang terlihatnya usaha ini mengeluarkan banyak modal dan kurang laku layaknya bisnis aksesoris. Siapa sangka, dengan kreatifitas yang Anda punya, Anda bisa menyulap aneka kerajinan tangan bermodal ringan, namun memiliki nilai jual tinggi.

Banyak juga barang-barang bekas yang awalnya sudah menjadi rongsokan, berhasil disulap menjadi barang bernilai jual tinggi. Misalnya, memanfaatkan ban mobil yang sudah tidak dipakai untuk membuat meja maupun kursi unik yang dipajang di taman. Asalkan memiliki kreatifitas tinggi, apapun bisa Anda sulap menjadi duit.

15. Jual Foto Online

Telah banyak media online yang bisa menjadi wadah fotografer menjual karyanya. Seperti Shutterstock, Fotolia, iStockphoto, Bigstockphoto, dan lain-lain. Hasilkan karya sebanyak mungkin dengan kualitas yang baik dan tidak blur agar karya-karya tersebut tidak hanya memenuhi memori kamera maupun perangkat Anda, melainkan bisa diubah menjadi duit.

16. Ternak Ayam

Siapa sangka ternak ayam menjadi ide usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa Anda coba. Usaha ini tidak boleh dianggap remeh. Sebab, dengan bermodal 50 ribu, Anda bisa mendapat dua ekor ayam yang bisa Anda rawat dan kembangkan menjadi banyak.

Seluruh bagian tubuh ayam pasti berguna. Mulai dari daging hingga telur. Ayam juga, menjadi hewan yang banyak peminatnya. Anda bisa menarget ibu-ibu rumah tangga di sekitar rumah terlebih dahulu. Baru kemudian, jika ayam-ayam Anda berkembang biak dengan baik, Anda bisa menjual ke daerah lain.

17. Menjadi Mitra Bisnis Sebagai Dropshipper dan Reseller

Usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya adalah menjadi mitra bisnis sebagai dropshipper dan reseller. Banyak brand owner yang membuka peluang bisnis kepada para mitranya dengan sistem ini. Bahkan, tak jarang Anda hanya disyaratkan membayar biaya pendaftaran yang murah atau justru Rp 0.

Penutup

Itulah 17 jenis usaha rumahan modal 50 ribu yang bisa Anda coba. Sesuaikan dengan keahlian dan kelonggaran waktu Anda. Apalagi usaha yang memang mengharuskan Anda berpikir dalam menghasilkan karya dan mengolah barang mentah menjadi barang jadi, tentu akan membutuhkan lebih banyak waktu. Jangan takut untuk memulai. Sebab, banyak pebisnis sukses yang juga memulai dari modal kecil, bahkan minus.

Tinggalkan komentar