14 Ide Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia

Banyak ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia. Semuanya cukup unik, bahkan menurut kami beberapa diantaranya out of the box. Tidak pernah terbayangkan bahwa ide usaha tersebut bisa menjadi sebuah bisnis.

Di artikel ini, kami akan memberikan ulasannya untuk Anda. Meskipun beda budaya, beda negara, tetapi harapannya ide ini bisa Anda duplikasi. Lebih baik lagi jika Anda bisa menciptakan ide baru dengan proses ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia Modal Kecil

1. Peluang Usaha Cuci Motor atau Mobil Panggilan

usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia

Usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia berikutnya adalah usaha cuci motor/ mobil panggilan. Ya, Anda tidak salah dengar.

Usaha ini menjadi salah satu inovasi bisnis di luar negeri yang cukup menguntungkan. Pelanggan tidak perlu antri untuk mencuci motor/ mobil dalam waktu yang lama. Cukup via telepon, pihak penyedia jasa yang akan menghampiri lokasi Anda untuk mencuci motor/ mobil.

Anda pun bisa menduplikasi peluang usaha ini. Lebih lagi jika di lokasi Anda cukup banyak orang yang ingin mencuci motor/ mobil, namun tidak ada waktu untuk datang ke doorsmeer (tempat cuci motor/ mobil).

2. Menjadi Penguji Kasur Profesional

usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia

Terakhir dari kami, usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia berikutnya adalah tenaga ahli urusan tidur.

Usaha ini ada di Finlandia. Cukup aneh memang, sebab usaha ini memang meminta orang untuk tidur dan beristirahat di hotel. Setelah bangun keesokan harinya, orang-orang tersebut akan menuliskan ulasan mengenai kenyamanan beristirahat di hotel tersebut. Benar-benar dibayar tinggi, hanya untuk tidur.

3. Peluang Usaha Makanan Duka Cita

Apa yang Anda pikirkan mengenai peluang usaha makanan duka cita? Sebenarnya peluang usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini hampir mirip dengan usaha catering yang ada di Indonesia. Hanya saja, usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini memiliki makna tersendiri, bukan sekadar jual beli makanan.

Orang luar negeri sering menganggap bahwa karangan bunga untuk ucapan duka cita sering tidak berguna. Alih-alih bisa memberikan manfaat untuk orang yang ditinggal pergi selamanya, justru karangan bunga ini bisa menjadi sampah.

Jadi, cara orang luar negeri dalam menunjukkan rasa simpati kepada keluarga yang berduka adalah dengan mengirim atau membawakan makanan untuk mereka. Makanan ini tentu lebih bermanfaat untuk keluarga yang berduka, juga tamu yang datang untuk mengucap belasungkawa.

4. Peluang Usaha Jasa Mempelajari Teknologi

Ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini cukup unik, yaitu memberikan pelatihan kepada orang tua maupun orang-orang yang kurang memahami perkembangan teknologi.

Modalnya juga cukup terjangkau, hanya ilmu yang Anda miliki dan beberapa barang elektronik yang bisa terhubung dengan internet. Anda bisa mengajarkan kepada orang-orang tersebut sesuatu hal yang kekinian, seperti memanfaatkan sosial media.

Oleh karena sasaran bisnis ini adalah orang tua dan orang-orang yang kurang memahami perkembangan teknologi, Anda pun harus menyiapkan waktu dan kesabaran yang tinggi untuk menjalankan bisnis ini.

Baca juga: Peluang Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

5. Buka Jasa Teman Curhat

Tidak semua masalah bisa diselesaikan sendiri. Terkadang, seseorang pun juga membutuhkan bantuan orang lain untuk menyelesaikannya. Seperti halnya saat ingin curhat, tapi tidak ada teman atau keluarga yang merasa cocok dijadikan tempat curhat. Padahal dengan curhat, itu bisa menyeimbangkan kembali antara kondisi mental dan kejiwaan seseorang.

Baca juga:  Mitra Agen Aice: Berapa Biaya Jadi Agen Ice Cream Aice?

Maka, peluang jasa teman curhat yang satu ini bisa menjadi solusi untuk usaha baru Anda. Khususnya jika memang Anda memiliki latar belakang yang sesuai, seperti seorang lulusan Psikologi. Anda bisa membuka jasa teman curhat dengan mendengarkan curhatan banyak orang dan memberikan feedback terbaik atas permasalahan mereka.

Di Indonesia sebenarnya sudah ada beberapa jasa teman curhat seperti ini, hanya belum banyak. Contohnya adalah Sleepcallmu dan Curhatinaja.idn. Melalui platform ini, timnya telah membantu banyak orang yang tengah dilanda kegalauan. Mulai dari masalah asmara, hingga pernah menggagalkan upaya bunuh diri yang dialami kliennya.

Untuk tarifnya juga beragam. Anda bisa mematok mulai dari Rp 10.000 atau Rp 37.000 hingga Rp 120.000 per 30 menit. Tergantung dengan tim dan metode seperti yang Anda berikan kepada klien.

7. Jasa Permintaan Maaf

Anda tidak salah membaca. Memang jasa permintaan maaf adalah jenis usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia. Tepatnya usaha ini ada di negara Jepang.

Usaha ini hadir bukan karena ingin menghindari permintaan maaf, melainkan karena ingin menjadi perantara orang lain meminta maaf. Entah itu minta maaf kepada orang terdekat, kantor, atau lainnya, yang selama ini klien merasa sungkan untuk minta maaf secara langsung sendirian.

Agensi jasa permintaan maaf di Jepang ini menawarkan tarif yang beragam. Misalnya, di agensi Shazaiya Aiga Pro menawarkan tarif 25 ribu untuk untuk jasa minta maaf secara langsung atau tatap muka dan 10 ribu yen untuk jasa minta maaf secara online via email atau telepon.

Sementara, di Nihon Shazai Dikokai menawarkan tarif 3.500 yen untuk permintaan maaf standar. Terakhir, di Yokohama Benriya Netchan menawarkan tarif yang lebih tinggi, karena menawarkan layanan minta maaf sambil menangis.

Meskipun hanya beberapa orang yang enggan untuk minta maaf ketika ada masalah dengan orang lain dan di Indonesia belum ada jasa serupa, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba usaha ini. Karena di Jepang sendiri usaha ini cukup banyak kliennya. 40% diantara kliennya adalah wanita berusia 20 sampai dengan 40 tahun.

Baca juga: Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan

8. Bisnis Pijat Wajah dengan Tamparan

Mungkin Anda sedikit kaget membaca usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini. Lantaran, umumnya memang memijat wajah dengan cara ditekan atau menggunakan alat teknologi canggih. Sementara, bisnis ini justru menggunakan tamparan.

Akan tetapi, faktanya memang ada bisnis pijat wajah dengan tamparan. Teknik ini adalah teknik kecantikan yang dipraktekkan oleh sebuah salon di San Fransisco, Tata Massage. Awalnya, teknik pijat wajah dengan tamparan ini ditemukan di Thailand yang diyakini memiliki tujuan untuk menghilangkan kerutan di wajah.

Berhubung di Indonesia belum ada usaha ini dan jika diterapkan sangat menjanjikan, maka tidak ada salahnya untuk Anda menjajal peluang usaha luar negeri yang belum ada di Indonesia ini. Berdasarkan hasil penelitian, 87,50% responden menyetujui usaha ini layak untuk dikembangkan di Indonesia dan 56% responden tertarik untuk menggunakan jasa ini. Bagaimana menurut Anda?

9. Jasa Bridesmaid

Sering melihat orang yang menikah dengan adat Barat, tapi tidak punya bridesmaid? Tenang saja, Anda bisa mencoba menyewakan bridesmaid untuk menjadi pendamping di atas panggung pernikahan.

Baca juga:  5 Distributor Alat Kesehatan Terbesar di Indonesia 

Ya, usaha luar negeri yang belum ada di Indonesia ini memang unik. Yang biasanya bridesmaid berasal dari teman atau keluarga dekat calon pengantin, justru kali ini berasal dari orang asing yang didapat dengan cara sewa.

Jan Glantz, salah seoarang yang memelopori usaha ini. Cewek berusia 29 tahun ini adalah bridesmaid profesional pertama di dunia yang bisa direkrut untuk menemani kliennya selama upacara pernikahan dan melakukan aktivitas layaknya seorang bridesmaid. Mulai dari mengantarkan ke panggung suci, mengawal gaun pernikahan, hingga berpidato saat acara makan-makan.

Kira-kira kalau diterapkan di Indonesia, laku atau tidak ya? Kunci suksesnya usaha ini juga Anda harus bisa meyakinkan calon pengantin di situasi pernikahan yang pelik kalau semuanya akan berjalan lancar dan baik-baik saja dan tidak terlihat bahwa bridesmaid didapat dengan cara sewa.

Baca juga: Ide Usaha Franchise Non Makanan

Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia Modal Besar

1. Peluang Usaha Pom Bensin Berjalan

Pom Bensin Berjalan

Di Indonesia sebenarnya sudah ada pom bensin berjalan, hanya saja masih terbatas. Dilansir dari bisnis.tempo.co, pada 31 Mei 2012 silam, PT Pertamina meluncurkan pom bensin berjalan (SPBU mobile) untuk melayani pembelian BBM non subsidi bagi kendaraan BUMN, BUMD, pemerintah, industri pertambangan dan perkebunan di Indonesia.

Jika Anda mau, Anda bisa juga mencoba membuka peluang usaha pom bensin berjalan ini dengan mengadopsi usaha yang telah ada sebelumnya, baik di luar negeri maupun Indonesia. Hanya saja, peluang usaha ini awalnya memang membutuhkan modal banyak berupa mobil tangki untuk berkeliling dan bahan bakar kendaraan itu sendiri. Bahkan pemasarannya tidak bisa langsung laris.

Akan tetapi, jika Anda ingin membuka peluang usaha pom bensin berjalan dan gencar melakukan promosi, meningkatkan layanan pesan antar BBM secara online, maupun strategi lainnya, tentu peluang ini akan sangat menguntungkan.

2. Peluang Usaha Ruang Marah

usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia

Orang yang biasanya marah dan melampiaskan kemarahan tidak pada tempatnya, bisa menimbulkan kerugian atau kerusakan di sekitarnya. Contohnya jika pelampiasan marah tersebut harus berteriak atau dengan melempar barang yang ada di rumah.

Berawal dari ini, Rage Ground sebagai perusahaan pertama yang ada di Los Angeles, Amerika Serikat, menghadirkan ruang pelampiasan marah. Siapapun yang ingin melampiaskan kemarahannya, baik itu dengan berteriak maupun melempar barang-barang, bisa datang ke tempat ini.

Ruang marah menyediakan banyak benda, seperti mobil, kaca jendela, TV LED, dan lain-lain untuk dihancurkan para konsumen. Meskipun terdengarnya bisnis ini merugikan, tetapi masih bisa diantisipasi dengan menyediakan benda-benda yang memang sudah rusak.

Apakah ide usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini cukup out of the box dan bisa Anda pertimbangkan? Pasalnya, di luar negeri tempat ini cukup banyak peminatnya. Sebelum menduplikasi bisnis ini, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu.

3. Peluang Usaha Tanaman Menggunakan Listrik

Usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia berikutnya adalah usaha tanaman menggunakan listrik. Terdengarnya aneh, bukan?

Akan tetapi, usaha ini memang benar adanya. Tanpa perlu repot menyiapkan pot dan tanah untuk menanam tanaman, di Amerika proses menanam tanaman bisa menggunakan listrik.

Cara menanamnya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan air setiap hari dan menyambungkannya ke listrik untuk kemudian mengalirkan air ke dalam kapsul pintar yang didalamnya sudah ada biji tanaman dan pupuk. Proses seperti ini bisa hemat lahan dan bisa dilakukan di ruangan tertutup.

Baca juga:  Pengalaman Bisnis Tote Bag Custom, Simak Ceritaku!

4. Peluang Usaha Tukang Potong Rambut Panggilan

Sudah pernah menjumpai usaha tukang potong rambut panggilan di Indonesia? Jika belum, Anda bisa menduplikasi inovasi usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini, tepatnya yang berasal dari Jepang sebagai bisnis Anda kedepannya, loh.

Sama seperti usaha cuci motor/ mobil panggilan, usaha tukang potong rambut panggilan ini mengharuskan Anda sebagai penyedia jasa datang ke lokasi konsumen untuk memotong rambut. Tentunya dengan penawaran tarif yang berbeda dengan saat konsumen datang ke tempat Anda.

5. Bisnis Udara Segar

Usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini tergolong unik. Sebab, konsep usahanya memang kreatif, yaitu bisnis udara segar.

Bisnis ini dijalankan oleh seorang pria asal China bernama Chen dan juga sepasang pengusaha asal Kanada bernama Troy Paquette dan Moses Lam atas faktor semakin tingginya tingkat polusi udara dan menipisnya persediaan udara di daerah perkotaan.

Chen mengambil udara fresh dari daerah yang masih jauh dari polusi udara. Kemudian mengemasnya ke dalam bentuk kaleng dan dijual kepada masyarakat.

Sementara Troy Paquette dan Moses Lam membuat prototipe pertama dengan mengambil udara fresh dari Canadian Rocky Mountains dan mengemasnya memakai kantong plastik.

Semakin berkembang usahanya, akhirnya pada 2014 Troy dan Moses melegalkan usaha jual udara segar dalam kemasan dengan menamai produknya “Vitality Air”. Harganya cukup beragam, mulai dari Rp 208.000 – Rp 640.000 per kemasan yang bisa dinikmati minimal 150 kali tarikan nafas.

Kalau di Indonesia, kira-kira daerah mana yang cocok untuk menjalankan bisnis ini ya? Tertarikkah Anda untuk menduplikasinya?

6. Bisnis Rental Hewan Peliharaan

Usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia ini maksudnya bukan Anda membuka jasa penitipan hewan peliharaan ya. Justru sebaliknya, Anda yang menyewakan hewan peliharaan kepada orang lain.

Di Indonesia mungkin memang belum terdengar bahwa hal seperti ini bisa dijadikan bisnis. Akan tetapi, di luar negeri tepatnya di Traverse City, Chicago, seorang yang memiliki nama Leslie Suitor dan di Australia, seorang yang memiliki nama Joy Baines menjalankan bisnis ini.

Leslie membuka penyewaan hewan peliharaan ayam petelur kepada orang-orang yang ingin punya ayam peliharaan untuk menghasilkan telur. Baik itu untuk komersial maupun menu makan sehari-hari. Jika sewaktu-waktu penyewa merasa bosan atau kesulitan merawat, penyewa bisa mengembalikan ayam petelur kepada Leslie.

Sementara, Joy menyewakan kucing peliharaan di Gumtree dengan masa sewa setidaknya 1 tahun ke depan. Alasan Joy menyewakan kucing peliharaan karena butuh pemasukan lebih untuk menutupi biaya hidup di kota. Ia tidak memiliki investasi lain, selain menyewakan kucing, menjual perabotan, dan menyewakan mobil. Dengan bisnis ini, Joy bisa menghasilkan sekitar Rp 258.000.000.

Demikian informasi mengenai 14 peluang usaha di luar negeri yang belum ada di Indonesia. Dari 14 peluang usaha di atas, mana nih usaha yang akan Anda duplikasi? Jangan lupa untuk selalu melakukan pertimbangan dan melihat perilaku lingkungan sekitar, ya?

Bagikan:

Tinggalkan komentar