Cara Buka Rekening Saham Online di Perusahaan Sekuritas Terbaik!

By | September 10, 2020

“Membuka rekening saham online akan menguntungkan bagi keuangan kita untuk jangka panjang. Karena saham merupakan salah satu jenis investasi yang direkomendasikan banyak kalangan. Terutama oleh para ahli financial. Dari jenis-jenis investasi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Namun apapun pilihan investasinya, semuanya itu juga tergantung dari kenyamanan dan karakter dari investornya sendiri.”

Dalam artikel ini akan dibahas seputar berinvestasi saham, perusahaan sekuritas yang cocok bagi pemula, apa saja yang harus disiapkan dalam berinvestasi saham, hingga cara daftar rekening saham online di sekuritas terbaik. Baca sampai akhir artikel ini, agar Anda dapat segera mempunyai saham dengan mudah sebagai wujud keseriusan dalam mempersiapkan keuangan Anda untuk jangka panjang.

Pembuka: Investasi Saham

Pengertian Saham

Saham adalah bukti penyertaan modal oleh perorangan atau badan usaha ke dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Penyertaan tersebut diwujudkan dalam penyetoran modal, sehingga perorangan atau badan usaha itu memiliki hak untuk memiliki aset dan pendapatan. Pemilik saham juga berhak untuk hadir dan ikut andil dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilaksanakan oleh perseroan terbatas.

Dengan demikian, sebagai pemilik saham juga berhak untuk menentukan arah kebijakan perseroan kedepannya. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah, semua hak-hak tersebut tentunya harus sesuai dengan porsi modal yang disertakan ke perseroan.

Manfaat Investasi Saham

Banyak orang mengambil keputusan untuk menginvestasikan dananya sebagai bagian dari perencanaan keuangan di masa depannya karena saham mempunyai manfaat, yaitu :

  • Tingkat keuntungan yang relatif tinggi dibanding jenis investasi lain. Dari beberapa catatan, return saham ini dalam kisaran 20% per tahun dengan tujuan investasi jangka panjang.
  • Hanya dengan modal kecil sudah bisa memiliki saham. Bursa Efek Indonesia (BEI) mengeluarkan peraturan bahwa batas minimal pembelian saham untuk satu lot adalah 100 lembar saham. Artinya, bila harga per saham Rp 750,- maka hanya dengan Rp 75.000,- orang tersebut sudah dapat memiliki saham suatu perseroan.
  • Menjadi bagian dari pemilik perusahaan besar. Hanya dengan membeli saham mereka di pasar modal, siapapun bisa memiliki perusahaan-perusahaan besar baik perusahaan nasional maupun internasional. Tentu untuk memilikinya harus melalui mekanisme pembelian saham yang harganya bervariatif per lembarnya.
  • Pencairan dana relatif mudah. Apalagi dengan kemajuan teknologi saat ini yang serba online, maka akan lebih mudah dalam pencairannya. Dengan mekanisme jual, maka dana akan dipindahkan ke Rekening Dana Nasabah (RDN) atau Rekening Dana Investor (RDI).
  • Bisa dilakukan secara online. Baik itu pendaftaran rekening saham baru, memantau pergerakan harga saham, pembelian saham maupun penjualan saham. Teknologi saat ini sangat membantu investor untuk bertransaksi kapan saja dan dimana saja.

Perusahaan Sekuritas Saham

Pengertian Perusahaan Sekuritas

Siapapun yang ingin membeli saham tidak bisa langsung membeli saham ke perseroan yang dituju. Semua transaksi harus melalui perusahaan sekuritas. Jadi perusahaan sekuritas ini sebagai perantara transaksi jual beli atau perdagangan saham. Perusahaan sekuritas ini biasa disebut dengan pialang saham atau broker saham. Perusahaan sekuritas juga bisa memberikan saran dan pertimbangan kepada nasabahnya melalui media dan layanan yang diberikan ke nasabah. Selain saham, layanan perusahaan sekuritas juga meliputi obligasi, sukuk dan reksadana.

Meskipun sebagai perantara, keberadaan perusahaan sekuritas ini sangat penting artinya, baik untuk nasabah maupun untuk emiten (perseroan). Penting karena memang menyangkut kepercayaan pengguna dana pada layanan yang diberikan perusahaan sekuritas. Oleh karena itu ketika akan membeli saham harus dilakukan pengamatan yang cermat dan bijak untuk mempercayakan investasinya melalui perusahaan sekuritas.

Kriteria Perusahaan Sekuritas Pilihan

Banyaknya perusahaan sekuritas saat ini memaksa kita yang ingin menginvestasikan dananya ke saham untuk lebih teliti dalam memilihnya. Beberapa hal berikut ini bisa dijadikan acuan dalam mempertimbangkan dan menentukan pilihan perusahaan sekuritas yang baik, yaitu :

  • Perusahaan sekuritas harus tercatat sebagai anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memiliki ijin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Keterlibatan dua lembaga ini sangat penting bagi nasabah untuk menjaga kepercayaan dan kredibilitasnya. Silakan lihat daftar perusahaan sekuritas yang sudah tercatat BEI di Yuk Nabung Saham
  • Setoran awal yang bisa menyesuaikan dan tidak memberatkan calon investor. Masing-masing perusahaan sekuritas mempunyai kebijakan sendiri yang mengatur ketentuan ini. Mulai dari setoran nol rupiah hingga jutaan rupiah. Bagi calon investor pemula ada baiknya memilih setoran awal yang rendah
  • Menyediakan layanan jasa yang dibutuhkan oleh investor. Salah satu contohnya yaitu mempunyai tim analis handal yang bagus dalam menganalisa pasar, atau menyediakan kelas edukasi bagi investornya.
  • Biaya jasa (fee) yang dikenakan ke investor sebanding dengan layanan yang diberikan perusahaan sekuritas kepada nasabahnya. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan keuangan kita dan yang sebanding dengan layanannya.
  • Ketersediaan layanan secara online. Lebih baik lagi bila perusahaan sekuritas menyediakan online trading. Bila layanan tersedia secara online tentu akan sangat membantu investor dalam melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja.

Perusahaan Sekuritas Yang Disarankan

Bila kita melihat di situs BEI, sudah banyak perusahaan sekuritas yang resmi dan beraktivitas di pasar bursa. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya tentu ada beberapa perusahaan yang memang sudah teruji kualitas layanannya. Sehingga akan menempatkan perusahaan itu sebagai perusahaan sekuritas unggulan.

Berikut ini adalah perusahaan sekuritas yang patut dijadikan referensi sebagai tempat transaksi saham kita. Pencantuman daftar di bawah ini bukan berdasarkan urutan yang terbaik, tetapi karena memang keberadaan perusahaan sekuritas tersebut cukup diperhitungkan di pasar modal dalam hal kinerja, jumlah transaksi dan layanan yang diberikan ke investor. Selain itu, perusahaan-perusahaan sekuritas di bawah ini adalah bagian dari perusahaan sekuritas yang sudah menyediakan layanannya secara online.

Perusahaan sekuritas tersebut dengan aplikasi online-nya adalah sebagai berikut :

Perusahaan Sekuritas Yang Disarankan

Panduan Cara Mendaftar Rekening Saham

Cara Membuka Rekening Saham, Online vs Offline

Seiring perkembangan jaman cara kepemilikan saham lebih dipermudah. Tujuan utamanya adalah untuk menjaring sebanyak-banyaknya investor di bursa saham. Selain persyaratan setoran awal yang lebih ringan dan persyaratan administrasi lainnya yang lebih ringkas, cara pendaftaran rekening saham juga dipermudah. Saat ini untuk mendaftar rekening saham bisa dilakukan dengan cara :

  • Pendaftaran OFFLINE. Cara ini dilakukan dengan cara calon investor yang ingin mendaftar untuk membuka rekening datang langsung ke kantor perusahaan sekuritas yang ada di kota masing-masing. Dengan membawa persyaratan yang diperlukan calon investor bertemu dengan Customer Service untuk membuka rekening saham. Namun nyatanya, tidak semua kota ada kantor perusahaan sekuritas sebagai kantor perwakilannya di daerah.
  • Pendaftaran ONLINE. Semenjak era digitalisasi yang semakin gencar perkembangannya, perusahaan sekuritas tidak mau ketinggalan. Saat ini hampir semua perusahaan sekuritas menggunakan sarana website, desktop dan aplikasi smartphone sebagai media untuk mendekatkan diri ke calon investor. Hanya dengan mengakses media tersebut maka pendaftaran pembukaan rekening saham bisa dilakukan. Tanpa batasan waktu dan tempat.

Cara Membuka Rekening Saham Online

Sekarang saatnya untuk tahu bagaimana cara membuka rekening saham secara online. Pada artikel ini akan mengambil contoh aplikasi dari salah satu perusahaan sekuritas, yaitu Indo Premier Sekuritas. Maksud pemberian contoh ini bukan dalam kapasitas memasarkan layanan perusahaan sekuritasnya, tetapi hanya memberi edukasi dan gambaran langkah dan kemudahannya untuk membuka rekening saham.

Syarat Pendaftaran

Sebelum melakukan pendaftaran agar disiapkan dahulu :

  • E-KTP calon investor
  • Buku rekening tabungan
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Di beberapa perusahaan sekuritas, NPWP ini bukan lagi menjadi suatu keharusan
  • Tanda tangan calon invesor di atas kertas
  • Foto selfie / swafoto. Disarankan, sebelum masuk ke aplikasi untuk mendaftar, calon investor agar memakai pakaian yang rapi dan berpenampilan yang rapi pula.

Download Aplikasi

Lakukan download aplikasi IPOTGO dari PT. Indo Premier Sekuritas di PlayStore atau di AppStore.

Download Aplikasi Perusahaan Sekuritas

Proses Pendaftaran

  • Setelah ter-install di handphone, tekan icon IPOTGO seperti pada gambar.

Aplikasi Perusahaan Sekuritas

  • Tampilan menu utama seperti pada gambar berikut. Selanjutnya buka “gembok” untuk melakukan pendaftaran.
    Setelah itu tampilan di layar handphone berubah seperti gambar di bawah ini.
    Lalu tekan “REGISTER” untuk mulai mendaftarkan diri.

Cara mendaftar rekening saham online

  • Mulailah pendaftaran dengan memasukkan “EMAIL” dan “NOMOR HANDPHONE”.
    Pastikan nomor handphone yang anda masukkan adalah nomor yang aktif. Lalu tekan “LANJUT”.
    Kemudian kita diminta untuk mengkonfirmasi ulang “EMAIL” yang sudah kita masukkan tadi. Email harus sama. Lalu tekan “OK”.

Cara Membuka Rekening Saham

  • Saat itu juga kita akan menerima SMS di nomor handphone yang kita daftarkan tadi.
    Isikan kode OTP dari SMS ke pendaftaran di aplikasi.
    Lalu tekan “LANJUT”.

Cara Membuka Rekening Saham

  • Di layar handphone muncul tampilan seperti di bawah ini. Isikan “Nomor e-KTP” dan “NPWP”.
    Untuk NPWP hanya bersifat “OPTIONAL”, artinya bukan suatu keharusan untuk mengisi.
    Pastikan nomor e-KTP yang anda masukkan sudah benar. Lalu tekan “LANJUT”.
    Kemudian kita diminta untuk mengkonfirmasi “NAMA”, apakah sudah sesuai dengan nama kita berdasarkan nomor e-KTP tadi. Bila sudah benar, tekan “OK”.

Cara Membuka Rekening Saham Online

  • Langkah berikutnya adalah mengisi isian yang sudah disediakan. Ada yang berupa isian langsung dan ada juga yang berupa pilihan jawaban. Di bawah ini adalah tampilan untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut. Setiap mengakhiri tampilan satu layar, tekan “LANJUT” untuk melangkah ke tahap atau pertanyaan berikutnya.

Cara Membuka Rekening Saham Online

Cara Membuka Rekening Saham Online

Cara Membuka Rekening Saham Online

Cara Membuka Rekening Saham Online

 

  • Tahap selanjutnya adalah upload data kita yang berupa foto selfie / swafoto dengan menunjukkan e-KTP, foto e-KTP dan foto tanda tangan kita di atas kertas. Tekan “KLIK UNTUK AMBIL GAMBAR” pada tiap pengambilan foto. Dan tekan “LANJUT” setiap mengakhiri tahap upload foto ini.

Cara Membuka Rekening Saham Online

  • Berikutnya adalah membuat “USER NAME”, “PASSWORD” dan “PIN” untuk rekening kita. Perhatikan perintah yang diminta ke kita untuk mengisi pada baris yang tersedia. Untuk mengakhiri halaman, tekan “LANJUT”. “SUBMIT PIN” dan “RE-SUBMIT PIN“.

Cara Membuka Rekening Saham

  • Tampilan layar berikutnya adalah konfirmasi untuk memeriksa data yang sudah kita masukkan tadi. Periksa satu persatu isiannya. Ada tiga halaman yang perlu diperiksa lagi. Untuk mengakhiri setiap halaman, tekan “LANJUT”.

Cara Membuka Rekening Saham

  • Pada halaman berikutnya adalah lembar persetujuan terhadap pernyataan. Ada dua lembar persetujuan yang harus kita tandai sebagai tanda setuju atau tidaknya. Tekan “BUKA REKENING RDN” bila sudah menandai lembar persetujuan tersebut.

Cara Membuka Rekening Saham Online

  • Masih ada satu halaman lagi untuk menandai persetujuan kita. Setelah menandai lalu tekan “BUKA REKENING EFEK” bila sudah menandai lembar persetujuan tersebut.
    Maka proses pendaftaran kita sudah selesai, dan kita bisa kembali pada halaman utama dengan menekan tombol “HOME”.

Cara Membuka Rekening Saham

Proses Verifikasi

  • Setelah melakukan pendaftaran, periksa email kita. Konfirmasi pendaftaran akan dikirim ke email kita, dan lakukan konfirmasi balik dengan menekan “KLIK DI SINI” pada email.
    Cara Membuat Rekening Saham

Rekening Siap Dimanfaatkan

  • Tunggu beberapa saat, maka perusahaan sekuritas akan mengirimkan email lagi yang berisikan informasi rekening kita.
    Saham Online
  • Dan rekening saham kita mulai bisa dimanfaatkan.

Sangat mudah sekali untuk mendaftar rekening saham. Bila semakin mudah, maka tidak ada alasan lain bagi kita untuk tidak bertransaksi saham. Tetapkan tujuan investasi kita, pilihlah perusahaan sekuritas yang terbaik dan tepat bagi kita masing-masing, dan bijaklah dalam bertransaksi. Maka kita akan mendapatkan keuntungannya.

Video Cara Buka Rekening Saham di BNI Sekuritas

Buat yang ingin menonton versi videonya, silahkan simak video di bawah ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *