Cara Jualan di Marketplace Facebook agar Cepat Laku

Cara jualan di Marketplace Facebook dengan benar semakin diminati karena dianggap sebagai solusi yang lebih baik dan nyaman dalam bertransaksi jual beli online dibandingkan melalui grup Facebook.

Pembeli akan merasa lebih nyaman saat mencari barang di Marketplace Facebook dengan fitur pencarian yang rinci menggunakan filter lokasi, kategori, harga, tanggal terdaftar, dan lainnya.

Jika Anda tertarik mengetahui panduan langkah demi langkah berjualan di Marketplace Facebook, Simak penjelasan dalam artikel kali ini.

Mengapa Harus Jualan di Marketplace Facebook?

traffic fb marketplace
Potensi pengunjung Facebook Marketplace

Sebelum membahas tentang langkah-langkahnya, penting bagi Anda untuk mengetahui alasan harus jualan di marketplace Facebook. Berikut beberapa di antaranya yang perlu diperhatikan.

1. Menjangkau Target Pasar Lokal

Marketplace Facebook memungkinkan Anda untuk menjangkau target pasar lokal di lingkup kota, bahkan di setiap kecamatan.

Artinya, langkah jualan di Facebook marketplace akan semakin memudahkan Anda dalam menyebarkan informasi penawaran barang dan promo-promo tertentu yang diberlakukan.

Dengan begitu, target pasar akan semakin luas karena produk Anda semakin dikenal melalui berjualan di Facebook marketplace.

2. Bisa Dishare di Grup Jual Beli

Keuntungan lain dari berjualan di marketplace Facebook yaitu produk yang Anda tawarkan bisa juga dibagikan di grup jual beli yang Anda ikuti.

Grup jual beli akan menjembatani pertemuan masif antara penjual dan pembeli sehingga dapat menjadi salah satu cara menaikkan jualan di marketplace facebook yang cukup efektif.

Mudahnya, produk yang dipajang di marketplace FB memiliki kesempatan ditemukan oleh pembelinya karena disebarluaskan melalui grup jual beli hanya dengan share link.

3. Respons Cepat dari Pembeli

Bagi penjual dan pembeli, respons cepat menjadi nilai lebih dalam transaksi online, termasuk jualan di FB marketplace.

Cara berjualan di marketplace Facebook memberikan kemudahan bagi pembeli untuk langsung terhubung dengan penjual tanpa perantara sistem.

Baca juga:  Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang, Hanya Modal HP

Pembeli biasanya merespons dengan cepat dan langsung menghubungi Anda melalui pesan ke nomor kontak yang tercantum.

Karakter Pembeli Marketplace Facebook

Dalam menerapkan cara berdagang di marketplace Facebook, Anda juga harus belajar mengenali karakter pembeli yang nantinya akan dihadapi.

Untuk memudahkan pemahaman Anda, kenali beberapa karakter pembeli di marketplace Facebook berikut ini.

1. Cenderung Minta COD

Pembeli seringkali meminta penggunaan konsep pembayaran cash on delivery (COD) atau bertemu dan bayar di tempat dalam proses transaksi lanjut.

Umumnya, langkah ini dipilih oleh pembeli untuk menghindari mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan gambar atau risiko penipuan lainnya.

Namun, sebenarnya sistem COD ini juga menguntungkan penjual karena dapat langsung menerima pembayaran tunai saat barang diserahkan kepada pembeli.

2. Lebih Suka Beli Eceran

Selain gemar COD, ada juga karakter pembeli yang cenderung lebih suka membeli barang eceran karena biasanya hanya untuk pemakaian sendiri.

Jarang ada pembeli di marketplace Facebook yang melakukan transaksi grosir atau pembelian produk dalam jumlah besar meski kemungkinan tersebut bisa saja terjadi.

Baca juga: Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang

Persiapan Jualan di Marketplace Facebook

Saat memutuskan untuk jualan di Facebook marketplace, biasanya penjual sudah melakukan beberapa persiapan dasar terlebih dahulu.

Mulai dari persiapan akun sampai membuat deskripsi produk yang menarik, berikut beberapa persiapan jualan di marketplace Facebook.

1. Akun Facebook Aktif

Langkah pertama yaitu mempersiapkan akun Facebook yang sudah lama aktif sebagai ‘alat tempur’ utama. Hal ini menjadi penting karena akun baru biasanya belum ada tombol Marketplace.

Setelah akun Facebook sudah tersedia, pastikan juga untuk melanjutkan persiapan berikut ini sebelum mulai berjualan dan menawarkan langkah promosi produk milik Anda.

  • Tambahkan teman minimal 250 orang
  • Gabung di banyak grup jual beli minimal 50 grup
  • Posting foto atau penawaran dalam grup-grup tersebut.

2. Siapkan Foto Produk yang Menarik

Persiapan berjualan di Facebook selanjutnya yaitu dengan mengambil foto produk dari berbagai sisi agar tampak lebih jelas dan detail.

Baca juga:  Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana untuk Usaha

Pastikan untuk menyiapkan foto produk yang menarik agar calon pembeli yang melihat produk bisa segera memberikan respons cepat.

3. Daftar Kota Target Pasar

Anda juga harus membuat persiapan untuk mentukan kota-kota yang ingin ditargetkan sebagai pasar marketing yang disasar.

Mungkin Anda bisa membuat daftar kota yang terdekat lebih dahulu untuk menjangkau target pasar yang potensial mengingat sistem COD masih menjadi andalan.

4. Buat Deskripsi Produk yang Menarik

Anda juga harus membuat persiapan terkait deskripsi produk. Pastikan untuk membuat deskripsi menarik yang mengandung kata kunci dan kontak Anda.

Baca juga: Ide Jualan Online yang Laku Setiap Hari

Langkah-langkah Jualan di Marketplace Facebook

Menerapkan cara berjualan di marketplace Facebook agar laris memang menjadi tujuan utama penjual dalam meningkatkan target penjualan.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah jualan di marketplace Facebook berikut ini demi memaksimalkan hasil penjualan online Anda.

cara jualan di marketplace facebook
  1. Buka Akun Facebook : Langkah pertama, buka akun Facebook Anda. Jika akun tersebut menggunakan mode gelap atau mode klasik, sesuaikan tampilannya dengan preferensi Anda.
  2. Masuk ke Marketplace : Selanjutnya, klik “Lihat Lainnya” dan pilih “Marketplace”.
  3. Buat Tawaran Baru : Kemudian, klik “Buat Tawaran Baru” dan pilih “Barang Dijual” lalu unggah foto produk Anda.
  4. Tambahkan Judul dan Harga : Lalu, buat judul yang menarik dan mengandung kata kunci, misalnya: “Siap Kirim Gamis Abaya Turki Import”. Setelah itu, masukkan harga yang sesuai.
  5. Pilih Kategori dan Isi Detail : Lanjutkan dengan memilih kategori yang sesuai, kemudian isi detail lainnya seperti kondisi (baru atau bekas), merek, ukuran, dan keterangan produk.
  6. Tentukan Lokasi : Langkah selanjutnya yaitu pilih lokasi sesuai dengan kota yang ingin Anda targetkan. Dalam proses ini, Anda bisa memilih hingga ke tingkat kelurahan.
  7. Pilih Tempat Penawaran : Lalu, pilih tempat penawaran yang ingin dibuat. Di sini Anda bisa menambahkan tawaran di grup jual beli yang sudah diikuti hingga 10 grup untuk setiap produk.
  8. Terbitkan : Jika sudah sesuai semua, klik “Terbitkan”. Nantinya, tawaran Anda akan ditinjau oleh algoritma otomatis Facebook dan biasanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit.
  9. Promosikan : Setelah tawaran aktif, Anda bisa membagikannya di beranda atau menyalin tautannya. Anda juga bisa menandai sebagai habis terjual jika produk sudah laku.
Baca juga:  10 Ide Jualan Online yang Laku Setiap Hari & Banyak Diminati

Tips agar Jualan di Facebook Marketplace Cepat Laku

Di luar langkah-langkah yang dijelaskan sebelumnya, ada beberapa tips tambahan cara jualan online di marketplace Facebook yang antara lain sebagai berikut.

1. Rutin Perbarui Postingan

Tips pertama cara jual barang di marketplace FB yaitu dengan memperbarui postingan produk Anda secara rutin setiap minggu agar bisa tetap menarik perhatian pembeli.

Langkah update ini akan membuat posisi penawaran Anda berada di laman teratas dan tidak tertumpuk penawaran dari penjual lain.

2. Pakai Foto yang Berbeda

Meski pembaruan posting diperbolehkan, tetapi Anda juga disarankan untuk mengunggah foto yang berbeda sebagai trik jualan marketplace FB yang efektif.

Hal ini dikarenakan setiap foto hanya bisa diupload sekali sehingga Anda harus memiliki banyak stok foto produk yang berbeda.

3. Cantumkan Kontak

Tips jualan di Facebook marketplace selanjutnya yaitu dengan mencantumkan kontak yang bisa dihubungi pembeli jika memiliki ketertarikan pada produk yang dipromosikan.

Anda bisa menambahkan nomor WhatsApp atau kontak lain agar pembeli mudah menghubungi dan memberikan respons cepat.

Dengan mempertimbangkan tutorial jualan di marketplace Facebook di atas, semoga Anda dapat semakin terbantu dalam meningkatkan penjualan sesuai target.

Pastikan juga untuk memaksimalkan penawaran produk di marketplace Facebook dengan menggunakan gambar dan deskripsi yang menarik agar minat beli semakin meningkat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar