Cara Menghitung Harga Emas dengan Kalkulator

Emas adalah salah satu instrumen investasi yang diminati masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh emas sebagai investasi relatif stabil dan aman. Maksudnya, harga emas dapat meningkat dari tahun ke tahun.

Saat ini, Anda mungkin tertarik untuk melakukan investasi emas. Namun, sebelum Anda mulai berinvestasi emas, Anda perlu memahami bagaimana cara menghitung harga emas dengan kalkulator terlebih dahulu. 

Keuntungan Investasi Emas

Cara Menghitung Harga Emas dengan Kalkulator

Ketika Anda menjual emas, memang Anda akan dikenakan potongan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena pada investasi emas harga beli logam mulia lebih tinggi dari harga jual (buyback).

Sebaliknya, Anda akan mengalami kerugian jika Anda membeli emas, kemudian menjualnya kembali pada hari yang sama. Maka, Anda akan mendapatkan harga jual yang lebih rendah daripada saat Anda membelinya.

Keuntungan investasi emas juga dipengaruhi oleh naik-turunnya harga emas. Hal-hal yang dapat menyebabkan harga logam mulia naik-turun meliputi harga emas di pasar internasional, keadaan perekonomian dunia, kualitas emas, pajak dan lain sebagainya. Jika Anda tertarik menjadi investor emas, misalnya untuk tabungan pensiun, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor tersebut sebelum mengambil keputusan.

Cara Menghitung Harga Emas dengan Kalkulator

Cara Menghitung Harga Emas dengan Kalkulator

Cara menghitung nilai emas dapat dilakukan menggunakan kalkulator atau manual tergantung dari jenis emas yang Anda inginkan atau miliki. Emas memiliki jenis yang beragam, seperti emas perhiasan dan emas batangan, sehingga cara menghitungnya pun bervariasi.

Cara Hitung Kadar Kemurnian Emas dengan Karat

Emas memiliki kadar kemurnian yang beraneka ragam. Jenis kadar emas tergantung pada jumlah karatnya. Adapun ukuran karat tertinggi adalah 24 karat karena mengandung sekitar 99,99% emas murni. Emas 24 karat inilah yang menjadi standar takaran emas. Berikut ini adalah rumus untuk menghitung kadar emas:

  • Kadar Kemurnian Emas = (n/24) x 100%
  • Misalnya, Kadar kemurnian emas 16 karat = (16/24) x 100 = 66,6%
  • Jadi, harga emas = persentase karat x harga emas
  • Contoh : harga emas 20 karat = (20/24) x 1.000.000 = Rp833.000
Baca juga:  15 Prospek Kerja Teknik Kimia dengan Gaji Tinggi, Wajib Tau!

Semakin kecil kadar kemurniannya, maka semakin kecil jumlah emas yang terkandung. Sebaliknya, semakin tinggi kadar kemurnian emasnya, maka semakin banyak emas murni yang ada di dalamnya.

Cara Menghitung Harga Emas dengan Kalkulator

Emas Perhiasan adalah jenis perhiasan dari logam mulia dengan bentuk yang beragam seperti  kalung, cincin, anting, gelang, liontin, dan perhiasan lainnya. Harga dan nilai barang-barang ini didasarkan pada berat, karat, dan nilai perhiasannya.

Cara Menghitung Harga Emas Beli

Cara menghitung emas tidak terlalu sulit dipahami dan sangat mudah untuk dilakukan sendiri. Adapun rumus perhitungan harga emas beli sebagai berikut ini.

Harga Emas = Jumlah gram emas x harga emas sekarang + ongkos

Mari kita lakukan perhitungan harga beli emas dengan menggunakan rumus diatas. Anda dapat melakukan simulasi perkiraan ini dengan menyiapkan kalkulator. Simulasinya sebagai berikut:

Pada tahun 2017, Anda ingin membeli Cincin emas berukuran 5 gram 24 karat dengan harga Rp 630.000 per gram. Sementara itu, Toko emas membebankan ongkos sebesar Rp 10.000. Maka, perhitungannya sebagai berikut:

Harga Beli Emas Perhiasan  = (5 x 630.000) + 10.000 = Rp 3.160.000

Dengan demikian harga satu cincin emas yang Anda inginkan senilai Rp 3.160.000.

Cara Menghitung Harga Emas Jual

Perlu Anda ketahui bahwa saat menjual emas, Anda akan dikenai biaya potongan. persentase potongan tergantung di toko mana Anda akan menjual emas. Biasanya, potongan berkisar 2,5%–10% dari harga emas. Namun, beberapa toko sudah menetapkan pemotongan berkisar dari Rp 20 ribu sampai 50 ribu per gram emas perhiasan. Rumus yang digunakan untuk menghitung harga emas jual yaitu:

Harga Jual Emas = Jumlah gram emas x harga emas sekarang – potongan

Berikut ini adalah simulasi cara menghitung harga emas dengan kalkulator untuk menghitung berapa uang yang didapatkan jika Anda menjual emas.

Baca juga:  2 Cara Membuat Slip Gaji Palsu dan Resikonya

Pada tahun 2022, Anda ingin menjual cincin yang Anda miliki dengan ukuran 5 gram ditambah ongkos senilai Rp 3.160.000. Sedangkan, harga jual emas saat sedang naik yaitu senilai Rp 750.000. Maka, berapakah uang yang akan diterima dari hasil penjualan cincin tersebut?

Harga Jual Emas Perhiasan  = (5 x 750.000) – 15% = Rp 3.188.000

Jadi, jika Anda menjual cincin maka Anda akan mendapatkan uang senilai Rp 3.188.000. Sehingga, Anda mendapatkan keuntungan senilai Rp 28.000 dari penjualan emas tersebut.

Baca juga: Tabel Kredit Emas Pegadaian

Cara Menghitung Keuntungan Buyback Emas Antam

Emas Antam merupakan logam mulia produksi PT Aneka Tambang yang menawarkan emas batangan dalam berbagai ukuran, mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram. Bagaimana Anda menghitung keuntungan dari harga jual emas antam? Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Ketahui harga beli anda.
  2. Cek harga jual atau buyback saat ini.
  3. hitung keuntungan jual emas antam dengan rumus berikut ini:

Harga Jual Emas Antam = Harga jual – Harga beli

Contohnya per hari ini harga emas Antam per gram sebesar Rp 985.000 per gram. Sementara itu, Anda pernah membeli emas pada 2016 lalu dengan harga Rp 583.000 per gram. Maka perhitungannya sebgaai berikut:

Harga Jual Emas Antam =  985.000 – 583.000 = 302.000

Secara hitungan kasar, Anda sudah memperoleh untung sebesar Rp 302.000 per gram. Namun, jika nilai emas Anda lebih dari Rp10 juta, maka akan ada ketentuan yang berbeda. 

Berdasarkan PMK No 34/PMK.10/2017, penjualan kembali  atau buyback emas batangan ke PT ANTAM Tbk dengan nominal >Rp 10 juta, dikenakan PPh 22 sebesar 1,5% (untuk pemegang NPWP dan 3 % untuk non NPWP). PPh 22 dipotong langsung dari total harga pembelian untuk transaksi pembelian kembali.

Baca juga:  6 Contoh Kalimat Promosi Diri Lamaran Kerja agar Dipanggil

Baca juga: Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Mengapa Harga Beli dan Jual Emas Berbeda?

Harga beli dan jual emas terdapat perbedaan karena adanya beban yang dikenakan. Beban tersebut terdiri dari berbagai potongan meliputi biaya operasional, mencuci perhiasan, resiko depresiasi logam mulia, dan lain sebagainya. Anda juga akan dikenakan potongan jika terdapat kerusakan pada emas.

Itulah cara menghitung harga emas dengan kalkulator beserta alasan mengapa harga jual dan harga beli berbeda. Bagi Anda yang ingin memulai investasi logam mulia, maka perlu diperhatikan toko dimana Anda beli, harga emas per hari, dan kadar emas. Saat ini, sudah banyak kemudahan yang ditawarkan salah satunya Anda dapat memulai melakukan tabungan emas di Pegadaian.

Bagikan:

Tinggalkan komentar