Jangan Sampai Keliru, Ini Jumlah Minimal Tukar Uang Di Money Changer!

Artikel yang akan anda baca ini akan menjawab pertanyaan anda tentang jumlah nominal minimal penukaran uang di money changer. Tapi sebelum itu, ada beberapa hal yang jauh lebih penting untuk anda ketahui (sebenarnya jumlah minimal itu tidak terlalu penting). Informasi ini tentu akan menambah wawasan anda tentang sistem penukaran uang sehingga pada akhirnya bisa dengan tepat memilih money changer dan menukarnya.

Setelah membaca artikel ini, anda akan mulai paham secara singkat dan cepat apa itu money changer, mengapa memilih money changer ketimbang bank dan hal hal yang harus diperhatikan ketika ingin menukar uang.

Apa Itu Money Changer?

Keberadaan jasa Money changer di Indonesia sudah menjamur dan mudah untuk ditemui. Memudahkan bagi mereka yang akan pergi ke luar negeri atau baru saja dapat kiriman uang dalam bentuk mata uang asing.

Namun tidak semua orang akrab dengan sistem penukaran mata uang asing ini. Untuk itu, bagi anda yang berniat untuk menukarkan mata uang, anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian hingga minimal tukar uang di money changer. Simak ulasannya.

Apa Itu Money Changer

Money changer merupakan tempat untuk menukar uang rupiah menjadi uang negara asing atau sebaliknya. Namun jika menurut pada kata dasarnya, berasal dari Money Exchange yang artinya pertukaran mata uang.

Sehingga bisa disimpulkan jika money changer merupakan bisnis yang bergerak pada bidang penjualan dan pembelian mata uang asing. Saat ini bisnis satu ini sangat mudah untuk ditemukan di beberapa titik di Indonesia.

Terutama di Bandara, Terminal, perbatasan antara dua negara hingga di pusat perbelanjaan. Untuk bisa keluar negeri, atau membelanjakan mata uang asing anda memang harus terlebih dahulu menukarkannya.

Hal ini karena nilai mata rupiah akan berbeda dengan nilai mata uang asing yang nantinya ditukarkan. Dan nilai mata uang ini bergantung pada mekanisme pasar uang secara global. Sehingga nilainya bisa naik dan juga bisa turun sesuai harga pasarnya.

Dan anda juga perlu tahu, jika selain mengetahui minimal tukar uang di money changer yang berbeda tidak semua money changer juga menyediakan semua jenis mata uang di seluruh dunia.

Contohnya seperti mata uang negara ASEAN layaknya Myanmar, Kamboja, Filipina dan Laos yang terbilang sulit untuk didapatkan di Indonesia. Sementara mata uang seperti dollar Amerika dan Euro merupakan yang paling umum dan mudah ditemukan.

Alasan Memilih Money Changer Dibanding Bank

jumlah minimal tukar uang MC

Seperti yang kita tahu, membeli atau menukar mata uang asing memang tidak hanya bisa dilakukan di money changer. Sebab anda bisa melakukan penukaran atau pembelian mata uang asing di Bank.

Meskipun demikian, bisa dikatakan jika money changer akan lebih diutamakan dalam jual beli nilai mata uang asing yang jumlahnya besar. Tak hanya itu, ada beberapa pertimbangan yang membuat Money Changer lebih banyak diminati.

  • Menukarkan atau membeli uang di money changer bisa lebih cepat dibandingkan dengan di Bank. Selain itu, Bank umumnya akan meminta seseorang untuk melampirkan beberapa berkas seperti KTP atau bahkan NPWP.
  • Proses penukaran yang jauh lebih lama di Bank mengharuskan nasabah untuk memiliki tabungan dalam bentuk uang asing. Dan tabungan yang rata rata digunakan adalah tabungan valas dan juga dollar.
  • Bukan hanya itu, bank juga akan memberikan nilai tukar yang lebih rendah jika dibandingkan Money Changer. Apabila anda ingin menukar uang asing, pihak bank umumnya akan memperhitungkan kondisi uang secara fisik. Hal ini sangat berbeda dengan money changer yang nilai minimal tukar uang di money changer sangat kecil. Anda memiliki satu buah uang asing saja sudah bisa ditukarkan langsung ke money changer.
  • Money changer juga lebih fleksibel dalam proses penukarannya, anda hanya perlu menyiapkan mata uang rupiah anda dan langsung bisa ditukar dengan yang dikehendaki. Sekalipun anda memiliki uang asing yang kondisi fisiknya tidak begitu baik juga bukanlah menjadi masalah.

Hanya saja mereka akan memberikan kesepakatan, jika nilainya akan berkurang karena kondisi uang tersebut. Namun sebelum anda pergi ke money changer ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Prosedur yg Benar Dalam Menukar Uang di Money Changer

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Money Changer

Dengan alasan yang sebelumnya disinggung, anda bisa menyimpulkan jika jasa penukaran uang asing memang lebih memberikan kelonggaran. Tetapi meskipun demikian, anda tetap harus memperhatikan beberapa hal untuk mendapatkan money changer yang terbaik.

Selain itu juga anda tidak keliru dalam melakukan penukaran nantinya. Yang pertama, sebaiknya anda mengetahui nilai mata uang asing yang ingin anda tukarkan.

Untuk mendapatkan informasi tersebut anda bisa memanfaatkan internet atau langsung menuju money changer terdekat. Mereka memang akan langsung menampilkan tabel mata uang yang saat ini sedang berlaku.

Cara membacanya juga anda harus ketahui, bukan hanya minimal tukar uang di money changer saja. Dimana untuk mata uang dari negara lain itu berjumlah satu, dan untuk kolom jual atau beli adalah nilai mata uang secara rupiah.

Perhatikan, Jangan Sampai Gagal Paham! Ini Cara Baca Tablenya!

tkar uang di money changer
Perhatikan tabel ini ketika menukar uang

Tabel rate yang ditampilkan adalah dari sudut pandang Money Changer, jadi “mereka beli” dan “mereka jual”. Ketika anda ingin membeli USD (menukarkan rupiah anda menjadi USD), maka lihat kolom Jual. Sebaliknya, ketika ingin menjual USD anda (menukar USD menjadi rupiah), maka lihat kolom Beli.

Ada baiknya jika anda membandingkan harga yang ditawarkan pada setiap money changer untuk mendapatkan harga terbaik. Dan pastikan anda tidak menukarnya di Bandara atau hotel karena nilai tukarnya lebih rendah.

Demonstrasi:

Saya punya uang rupiah sekitar 10 jt cash dan ingin ke  luar negeri, maka saya membutuhkan dolar. Saya pun pergi ke Money Changer xxx dan melihat tabel di atas, pertanyaannya berapakah dolar yang saya dapatkan? Tentu ini akan merujuk ke kolom Jual (karena saya ingin membeli USD yang artinya mereka MENJUAL USD). Akhirnya saya mendapatkan 10jt / 16 rb = 625 US dollar.

Saat pulang dari luar negeri, saya punya USD dan ingin menjadikannya rupiah, maka kolom BELI lah yang dilihat. Jika dolar saya 625, maka saya akan memperoleh 9,375,000 rupiah (sekitar 625,000 rupiah adalah keuntungan yang didapatkan oleh Money Changer atas perbedaan kurs jual beli).

Anda juga harus memilih money changer yang sudah memiliki izin. Umumnya money changer yang tidak memiliki izin akan menawarkan nilai tukar yang tinggi. Hal ini sangat penting diperhatikan, untuk menghindari adanya uang rusak, palsu dan risiko merugikan lainnya. Selain minimal tukar uang di money changer, Anda juga perlu untuk memperhatikan waktu yang tepat dalam menukarkan uang mata asing anda.

Kesimpulan: Tidak Ada Jumlah Minimal Tukar Uang!

Dari ulasan tersebut, bisa disimpulkan jika di money changer umumnya tidak ada minimal untuk penukaran. Karena jasa valusa asing ini lebih fleksibel dan mudah dalam pembelian atau penukaran mata uang asingnya. Akan lebih baik, jika sebelum membeli atau menukar anda lebih dahulu melakukan riset. Sehingga selain mendapatkan harga terbaik juga menemukan money changer yang memang benar benar terpercaya.

Tinggalkan komentar