Syarat dan Cara Menukar Uang di Money Changer Terlengkap

Cara menukar uang di money changer lebih mudah daripada di bank konvensional. Itu pendapat banyak orang. Kalau memang lebih mudah, lalu apa syaratnya juga lebih mudah daripada di bank konvensional ? Bagaimana caranya ? Silakan baca terus artikel ini yang akan membantu menjawab rasa penasaran Anda.

cara menukar uang di money changer

Syarat Menukar Uang Di Money Changer

Sebelum kamu berangkat ke money changer untuk menukar uangmu, perhatikan tata cara menukar uang di money changer berikut yang akan membantu kelancaran penukaran uang kamu.

 

  • Pastikan kamu sudah punya e-KTP atau SIM. Karena semua money changer maupun bank konvensional akan meminta data atau identitas diri penukar uang yang bertransaksi di tempatnya.

 

  • Periksa uang yang akan kamu tukar, apakah kondisinya lusuh, terlipat, ada sobekan atau masih baik. Mata uang yang biasanya menerapkan standar “kemulusan” tinggi adalah Dollar Amerika. Memang tidak semua money changer mengharuskan uang yang diterimanya dalam kondisi bagus, tetapi lebih baik kamu mengantisipasinya daripada harus balik lagi karena ditolak oleh money changer. Kalau di bank konvensional memang lebih ketat dalam pemeriksaan fisik uang yang akan ditukar cutomer.

 

  • Cari informasi kurs mata uang yang ter-update saat itu. Kamu bisa mencarinya di website Bank Indonesia atau bank-bank konvensional. Tujuannya untuk memperkirakan berapa kisaran harga jual/beli mata uang yang akan kamu lakukan saat itu. Meskipun sedikit berbeda dengan nilai yang ada di money changer tapi langkah untuk membandingkan ini akan sangat membantu kamu untuk menyiapkan uang dan menyiapkan hati saat menerima mata uang yang kamu kehendaki. Paling tidak agar kamu tidak kaget dan heran saat menerima uang hasil penukaran kamu nantinya.
    Sedikit tips di langkah ini. Apabila tidak terpaksa untuk segera menukar uang, lebih baik memantau pergerakan pertukaran nilai mata uang yang sekirany menguntungkan bagi kamu.

 

  • Cari money changer yang lokasinya terdekat dengan tempat kamu. Tetapi pastikan money changer yang akan kamu tuju sudah mempunyai ijin resmi. Kamu bisa cek informasinya di website Bank Indonesia. Biasanya money changer yang sudah mempunyai ijin resmi akan memasang dan menampilkan logo seperti di bawah ini. Perlu kamu ketahui, PVA adalah Penukaran Valuta Asing.Syarat Menukar Uang Di Money Changer

 

  • Kalau perlu kamu bisa kontak money changer tersebut, apakah menerapkan adanya komisi dan berapa komisi yang harus ditanggung Kalaupun diberlakukan adanya komisi, biasanya dalam kisaran 3%-7%. Jadi nanti jangan kaget kalau uang yang kamu terima ada selisih dengan perhitungan kamu sebelumnya.
  • Untuk mengetahui Jumlah Minimal Tukar Uang Di Money Changer.

Cara Menukar Uang Di Money Changer

Apabila syarat atau hal-hal yang perlu disiapkan di atas sudah kamu lakukan, sekarang saatnya kamu melangkah ke money changer tujuan. Saat sudah tiba, ikuti urutan langkah-langkah di bawah ini untuk menukarkan uang kamu.

cara menukar uang di money changer

  • Ambil nomor antrian yang disediakan. Apabila di money changer tersebut tidak ada sistem nomor antrian, ikuti saja petunjuk dan ketentuan di tempat itu untuk mengantrenya.cara menukar uang di money changer
  • Saat menunggu antrian, kamu bisa melihat di papan nilai tukar uang di money changer itu. Papan informasi ini harus ada di setiap money changer sebagai informasi ter-update nilai jual/beli mata uang.
    cara menukar uang di money changer
  • Saat tiba nomor antrian kamu dipanggil, sampaikan ke kasir bahwa kamu akan menukar uang dari mata uang apa ke mata uang apa dan berapa yang akan kamu tukar.  Setelah itu kasir akan menghitung kurs yang sesuai dengan data yang dimiliki money changer pada menit itu. Kasir juga akan menyesuaikan dengan uang pecahan yang tersedia di money changer untuk mata uang yang akan kamu terima. Karena bisa jadi nilai uang yang akan kamu tukar memerlukan ragam uang pecahan yang lebih kecil untuk mata uang yang kamu kehendaki. Apabila tidak tersedia ragam uang pecahan yang cukup, biasanya kamu akan diberi dua pilihan, mau menambah atau mengurangi nilai mata uang yang akan kamu tukar. Ini perlu dikonfirmasi agar kamu dapat menerima uang sesuai dengan nilai dan ketersediaan mata uang yang kamu kehendaki.
    Pada tahap ini kamu juga jangan heran atau kaget kalau nilai yang disampaikan kasir berbeda dengan hitungan kamu. Selisih nilai itu bisa disebabkan karena ; adanya komisi yang harus dibayar customer atau bisa juga karena ada pergerakan fluktuasi nilai mata uang secara global saat itu.

  • Setelah kasir menyampaikan berapa nilai yang akan kamu terima, dan kamu setuju dengan nilai itu, maka kasir akan menyodorkan lembar isian atau form pengajuan penukaran uang.

  • Sembari kamu akan mengisi lembar pengajuan, oleh kasir kamu akan diminta untuk menyerahkan identitas diri (e-KTP atau SIM) dan uang yang akan kamu tukar.

  • Saat menyerahkan uang kamu ke kasir, pastikan kamu dan kasir menghitung uang yang akan kamu tukarkan.cara menukar uang di money changer

  • Isi lembar pengajuan itu dengan baik dan benar sesuai dengan data yang ditanyakan dalam lembar pengajuan itu. Lalu serahkan kembali lembar pengajuan itu ke kasir bila sudah selesai.cara tukar uang di money changer

  • Kasir akan menyiapkan uang kamu. Tunggu beberapa saat di tempat tunggu atau tetap di depan loket. Ini tergantung money changer dalam melayani customer.

  • Kasir akan memanggil kamu dan akan menyerahkan uang dalam mata uang yang kamu inginkan dan juga akan menyerahkan kembali kartu identitas kamu.cara menukar uang di money changer

  • Hitung kembali uang yang kamu terima. Periksa, apakah sudah sesuai dengan kuitansi / struk / nota yang diberikan kasir kepada kamu.cara menukar uang di money changer

  • Selamat, kamu sudah menerima uang kamu dalam mata uang yang kamu inginkan.

Mudah bukan penukaran mata uang di money changer ? Bila penukaran di lakukan di bank konvensional biasanya memang relatif lebih lama, karena prosedurnya memang lebih ketat. Tapi, nilai penukaran mata uang di bank konvensional akan lebih tinggi daripada di money changer. Semua tergantung dari pilihan kamu.

Tinggalkan komentar