6 Langkah Cara Memperpanjang Paspor Online 2020, Mudah Ternyata!

Cara memperpanjang paspor online –  Passport atau paspor, merupakan suatu dokumen berbentuk buku kecil, yang secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara yang berisi data diri atau identitas pemiliknya, yang berfungsi sebagai pengganti identitas seseorang (berlaku seperti pengganti KTP) ketika mengunjungi negara lain.

Bagi kamu yang pernah berlibur keluar negeri, pasti kamu memiliki paspor dan familiar dengan paspor. Nah, paspor ini, ada masa berlakunya juga guys. Masa berlaku paspor adalah 5 tahun sejak tanggal dikeluarkan. Jadi setelah 5 tahun, kamu wajib memperpanjang paspor kamu, supaya tetap bisa digunakan untuk traveling ke luar negeri.

perpanjang paspor online

Banyak orang yang menganggap proses memperpanjang paspor itu ribet, jadi lebih cenderung menggunakan jasa calo atau travel agen untuk memperpanjang paspornya yang tentu saja memerlukan budget yang lebih besar karena harus membayar biaya jasa juga. Padahal jika kamu mengurus sendiri perpanjangan paspor kamu, justru kamu akan lebih bisa menghemat budget kamu.

Cara Memperpanjang Paspor Online 2020 Terbaru

Nah, buat kamu yang mau memperpanjang paspor atau sekedar ingin tahu proses perpanjangan paspor, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Mengambil No. Antrian Online Melalui Website

Yang pertama kali perlu kamu lakukan untuk memperpanjang paspor adalah, mengambil nomor antrian secara online via Antrian Imigrasi di website resmi Dirjen Imigrasi bisa buka situs ini : https://antrian.imigrasi.go.id.

Setelah masuk ke websitenya, kamu tinggal ikuti petunjuk selanjutnya yang ada disitu. Masuk, untuk kamu yang sudah memilliki akun, atau kamu juga bisa mendaftar menggunakan akun Facebook atau akun Google kamu. Tinggal isi data diri dan ikuti petunjuk selanjutnya saja.

cara memperpanjang passport

2. Mengambil No. Antrian Online Melalui Smartphone

Kalau kamu tidak lebih suka menggunakan smartphone, kamu juga bisa mendownload aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online atau Apapo dari smartphone kamu. Malah cara ini lebih praktis bagi kaum-kaum milenial jaman now.

cara memperpanjang passport

Infokerjakuu akan menunjukkan cara-cara mudah mengambil antrian dengan aplikasi:

  1. Menyetujui ketentuan dan syarat Aplikasi Apapocara memperpanjang passportcara memperpanjang passport
  2. Melakukan pendaftaran akun pada Aplikasi Apapocara memperpanjang passport
  3. Mengisi data pribadi, jika belum mempunyai akun APAPOcara memperpanjang passportcara memperpanjang passport
  4. Mendapatkan pemberitahuan registrasi berhasilcara memperpanjang passport
  5. Mengambil No. Antriancara memperpanjang passport
  6. Memilih Kantor Ditjen Imigrasi Terdekatcara memperpanjang passport
  7. Memilih jenis permohonan. Jenis permohonan yang dapat dilakukan ada dua yaitu pembuatan paspor baru atau pergantian/perpanjangan paspor. Anda dapat memilih perpanjangan paspor.
  8. Memilih tanggal dan waktu yang tersedia. Memilih tanggal yang masih memiliki quota perpanjangan paspor dengan waktu kedatangan pagi pada jam 08.00 s.d 12.00 dan pada siang jam 13.00 s.d 15.00.
  9. Memilih jumlah pemohon
  10. Memilih masukkan data dan mengarahkan paspor pada kamera smartphone.
  11. Memilih keterangan. Keterangan yang dimaksud disini, paspor yang diperpanjang milik individu, ayah/ibu, anak, suami/istri. Jika milik individu maka pilih ‘pribadi’

3. Mendatangi Kantor Ditjen Imigrasi Terdekat

Setelah itu, kamu tinggal mendatangi Kantor Ditjen Imigrasi pada hari dan jam yang sudah kamu isikan tadi, dengan membawa nomor antrian yang kamu dapatkan.

Jangan lupa untuk menunjukkan barcode yang kamu terima saat pendftaran online, sebagai bukti untuk mencetak nomor antrian

Antre tetap dibutuhkan ya, sobat tiket, untuk mendapatkan giliran Wawancara, Verifikasi Berkas, Pengambilan Biometrik, dan Foto.

Pengambilan paspor yang sudah jadi terhitung 3-4 hari kerja setelah proses wawancara dan verifikasi berkas.

cara memperpanjang passport

 

4. Menyiapkan Dokumen Persyaratan

Ini penting nih guys. Jangan lupa, kamu siapkan dokumen-dokumen persyaratan untuk melakukan perpajangan paspor kamu, yaitu :

  • E-KTP beserta fotokopinya atau surat keterangan dalam proses bagi yang belum memiliki E-KTP
  • Paspor lama yang akan diperpanjang

5. Mengambil Aplikasi Data

Kalau sudah, kamu tinggal datang ke loket pelayanan perpanjang Paspor untuk mengambil aplikasi data. Aplikasi ini harus kamu isi dan kamu lampirkan dokumen persyaratan yaitu fotokopi KTP dan Paspor asli.

6. Meminta Kode Pembayaran

Setelah form selesai diisi, tinggal serahkan form aplikasi kepada petugas. Nanti kamu akan diberikan tanda terima dan kode pembayaran jika persyaratan sudah dinyatakan lengkap. Biaya untuk perpanjang paspor itu sendiri adalah :

  • Paspor biasa dengan 48 halaman untuk WNI/orang dikenakan biaya Rp. 300.000.
  • Paspor biasa dengan 48 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian dikenakan biaya Rp. 600.000.
  • Paspor biasa dengan 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dikenakan biaya Rp. 300.000
  • Paspor biasa dengan 24 halaman untuk WNI/orang dikenakan biaya Rp. 100.000.
  • Paspor biasa dengan 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian dikenakan biaya Rp. 200.000.
  • Paspor biasa dengan 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dikenakan biaya Rp. 100.000. Ditambah dengan jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometric Rp. 55.000
  • E-Paspor dengan 48 halaman untuk WNI/orang dikenakan biaya Rp. 600.000.
  • E-Paspor dengan 48 halaman untuk pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian dikenakan biaya Rp. 800.000.
  • E-Paspor dengan 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dikenakan biaya Rp. 600.000
  • E-Paspor dengan 24 halaman untuk WNI/orang dikenakan biaya Rp. 350.000.
  • E-Paspor dengan 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku dan disebabkan oleh kelalaian dikenakan biaya Rp. 400.000.
  • E-Paspor dengan 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dikenakan biaya Rp. 350.000. Ditambah dengan jasa penggunaan teknologi sistem penerbitan paspor berbasis biometric Rp. 55.000

cara memperpanjang passport

Untuk pembayarannya, kamu bisa baca langkahnya dibawah ini :

  1. Selanjutnya setelah kamu selesai di Kantor Imigrasi dan mendapatkan konfirmasi pembayaran, pada situs akan muncul informasi tentang Pembayaran dan Konfirmasi Permohonan.
  2. Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer ke rekening BNI, BRI, Mandiri, atau BCA. (Silakan kamu pilih salah satu untuk melakukan pembayaran)
  3. Informasi seputar pembayaran juga akan dikirim ke email yang kamu daftarkan.
  4. Selanjutnya kamu tinggal lakukan pembayaran sesuai dengan nominal dan nomor permohonan pengajuan perpanjangan paspor yang diberikan pihak Kantor Ditjen Imigrasi.
  5. Apabila kamu sudah melakukan pembayaran, kamu tinggal melakukan verifikasi pembayaran lewat akun kamu.

6. Foto, Merekam Sidik Jari, dan Wawancara

Setelah itu kamu akan direkam sidik jari serta difoto sesuai dengan jadwal yang tertera pada tanda terima dan dilanjutkan dengan wawancara verifikasi. Kemudian, petugas Kantor Ditjen Imigrasi akan memberitahukan kapan paspor baru kamu bisa diambil. Setelah paspor baru kamu jadi, tinggal cari tiket pesawat keluar negeri buat liburan deh.

Prosedur Cara Memperpanjang Paspor di Kantor Imigrasi [Update 2020]

Gimana Guys? Gampang kan perpanjang paspor sendiri? Memang kalau dilihat dari langkah-langkahnya cukup banyak ya, tapi kalau kamu praktekkan tidak akan seribet itu kok. Coba untuk perpanjang paspor kamu sendiri tanpa melalui calo ya…

Tinggalkan komentar