Pengalaman Cara Mudah Jual Emas di Pegadaian, Simple Kok!

By | Februari 12, 2020

Pegadaian melayani transaksi jual dan beli emas antam. Pengalaman saya tempo hari jual emas. Diberi informasi bahwa pegadaian bisa menabung emas juga. Maksudnya menabung emas adalah bisa membeli emas dengan cara cicilan tempo 12 bulan. Seperti yang kita ketahui emas tahan terhadap krisis dan inflasi. Bahkan saat saham jatuh karena perang dagang AS dan China. Harga emas tetap berjaya.

Jenis Emas Batangan di Indonesia

Emas adalah alat tukar konvensional yang terus mengalami perkembangan investasi. Emas menjadi standar alat tukar di berbagai negara dunia termasuk Indonesia. Kandungan kadar emas pada emas antam mencapai 99,99%.

Semua emas antam yang asli memiliki nomor seri dan sertifikat keaslian. Di Indonesia sendiri ada dua jenis emas batangan yang kerap diperjual-belikan. Pertama adalah emas antam yang dikeluarkan oleh PT.Aneka Tambang. Kemudian Emas London, disebut demikian karena sertifikasi langsung dikeluarkan oleh negara Inggris.

Agar tidak merugi saat menjual kembali emas. Wajib untuk menyertakan bukti pembelian. Tanpa adanya sertifikasi kepemilikan,maka  emas akan sulit untuk dijual kembali. Emas antam yang lolos proses verifikasi, apabila tidak lengkap suratnya. Harga jualnya bisa turun. Pegadaian menggunakan alat penguji keaslian emas yang disebut avometer.

Baca juga : Pengalaman Investasi Reksadana Bukalapak, Menguntungkan?

Memilih Emas yang Tepat Agar Tidak Rugi

Menyimpan emas cenderung akan untung saat dijual kembali. Namun sayangnya keuntungan tersebut tidak didapatkan dalam waktu dekat. Karena emas pergerakannya berbeda dengan saham. Emas lebih cocok sebagai dana cadangan dikala krisis. Karena sifat emas sangat likuid dalam artian bisa dicairkan kapan saja.

Jika membeli emas dengan tujuan untuk dijual kembali atau sebagai investasi. Maka pilih emas batangan dan emas koin. Karena emas dalam bentuk perhiasan akan mengalami penurunan harga saat dijual. Mulai dari potongan biaya pembuatan perhiasan. Hingga kadar emas pada perhiasan terlalu banyak bercampur dengan material lain. Karenanya emas perhiasan memiliki kadar yang berbeda-beda.

Pegadaian selalu mengupdate harga emas. Sehingga akan memudahkan kapan waktu terbaik untuk menjual emas. Sebelum menjual emas di pegadaian. Beberapa hari sebelumnya saya terus memantau pergerakan harga emas. Tujuannya menunggu emas berada di posisi harga yang bagus pada saat dijual nanti. Waktu saya menjual ke pegadaian harga emas antam per gram nya 730.000-an, sebelumnya saya membeli emas di harga 500-an.

Baca juga : Fasih Berbahasa Inggris Hanya Bermodalkan Buku dan Film, Ini Caraku!

Proses Menjual Emas Antam

Semua proses penjualan emas dilakukan sendiri oleh saya. Salah satu pegadaian di kawasan Merdeka menjadi pilihan menjual emas. Karena lokasinya yang dekat dengan tempat tinggal.

Sesampainya di lokasi, security akan bertanya apa keperluan pengunjung. Sembari diberi nomor antrian, yang sebenarnya tidak terlalu dipergunakan. Singkatnya tiba giliran untuk dilayani. Seorang customer service yang bertugas melayani saya, kembali bertanya apa yang mereka bisa bantu.

Baca juga : Pengalaman Menabung Emas di Pegadaian, Begini Caranya!

Prosedur menjual emas di pegadaian tidak lah sesulit yang saya bayangkan. Siapkan KTP dan juga surat bukti kepemilikan emas antam. KTP atau tanda pengenal seperti SIM dan Paspor akan digunakan sebagai verifikasi data penjual. Sebagai pencegahan membeli emas hasil kejahatan. Setelahnya emas akan diperiksa kadar dan keasliannya. Total waktu yang diperlukan dari bertemu customer service hingga selesai adalah 30 menit.

Uang hasil penjualan akan diberikan secara tunai. Tetapi bisa juga di transfer sebagian ke rekening penjual. Tergantung bagaimana pembicaraan pihak penjual dengan pegadaian. Saya memilih membawa 2juta tunai dan sisanya di transfer ke rekening bank. Proses transfer tidak bisa langsung masuk. Mereka menyebutkan paling lambat 3 jam, dana akan diterima di rekening yang dituju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *