Cara Gadai BPKB atas Nama Orang Lain Dengan Mudah

Gadai BPKB atas nama orang lain merupakan proses dimana seseorang menggunakan dokumen kepemilikan kendaraan yang terdaftar atas nama pihak lain sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan atau Pegadaian.

Pengajuan gadai BPKB atas nama orang lain memerlukan beberapa langkah dan syarat  khusus untuk memastikan legalitas dan keamanan transaksi bagi pemohon gadai atau peminjam dan lembaga keuangan yang memperi pinjaman.

Kali ini saya akan membahas tentang dimana saja Anda bisa mencoba mengajukan pinjaman jaminan BPKB atas nama orang lain serta bagaimana syarat dan proses pengajuan gadainya.

Tempat Gadai BPKB atas Nama Orang Lain

Untuk menggadaikan BPKP (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) yang terdaftar atas nama orang lain, ada beberapa tempat atau lembaga keuangan yang dapat menyediakan fasisilitas tersebut.

Pegadaian

Anda dapat mengajukan gadai BPKB motor di Pegadaian atas nama orang lain. Suku bunga flat yang ditawarkan untuk produk gadai BPKB atas nama orang lain di Pegadaian dimulai dari 0,92% per bulan, sementara suku bunga efektif dimulai dari 1,15% per bulan.

Jangka waktu peminjaman yang tersedia untuk gadai bpkb motor atas nama orang lain di pegadaian minimal selama 12 bulan dan dapat diperpanjang hingga maksimal 36 bulan.

Apabila Anda tidak mampu melunasi pinjaman dalam jangka waktu tersebut, Anda diberi kesempatan untuk memperpanjang masa pinjaman dengan syarat membayar sejumlah cicilan terlebih dahulu.

Bank BRI

Saat ini Bank BRI tidak secara langsung menawarkan produk gadai BPKB motor atas nama orang lain.

Namun, BRI bekerja sama dengan Pegadaian menyediakan layanan gadai BPKB. Sehingga, syarat gadai BPKB yang dibutuhkan menyesuaikan dengan syarat Pegadaian sebagai mitra bank BRI.

Adira Finance

Adira Finance menyediakan layanan gadai BPKB meski bukan atas nama Anda sendiri. Durasi pinjaman yang ditawarkan untuk gadai BPKB Motor nama orang lain antara 11 bulan hingga 35 bulan.

Sedangkan untuk gadai BPKB Mobil, periode pinjamannnya berkisar 11 bulan sampai dengan 48 bulan. Tingkat bunga untuk pinjamannya, berkisar antara 0,8% hingga 5% per bulan tergantung jenis kendaraannya.

Baca juga:  Daftar Harga Gadai HP di Pegadaian Semua Merek

Menariknya, dana pinjaman yang dicairkan dari hasil gadai bpkb atas nama orang lain di Adira Finance akan diberikan tanpa ada pemotongan.  

FIF Group

FIF Group tidak secara langsung menyediakan produk gadai BPKB atas nama orang lain. FIF Group memiliki produk Multiguna Gana sebagai alternatif untuk mendapatkan pinjaman dengan menjaminkan BPKB, termasuk BPK atas nama orang lain.

Jika proses pengajuan Anda diterima, tenor yang ditawarkan untuk gadai BPKB motor atas nama orang lain di FIF Group mulai dari 6 bulan sampai dengan 24 bulan.

Mega Finance

Mega Finance menawarkan solusi pembiayaan dengan pengajuan gadai BPKB nama orang lain sebagai agunan untuk memenuhi berbagai kebutuhan nasabahnya.

Jika yang dijadikan jaminan BPKB atas nama orang lain, maka pemilik BPKB harus menjadi salah satu penjamin dalam pembiayaan tersebut.

Jangka waktu pinjaman yang ditawarkan Mega Finance antara 6 bulan sampai dengan 4 tahun, dengan suku bunga mulai dari 2,5% per bulan. Tergantung pada usia dan penghasilan pemohon, serta kelengkapan dokumen yang diserahkan.

Danafina.com

Danafina.com adalah sebuah platform digital yang memfasilitasi pengajuan pinjaman antara peminjam dan lembaga keuangan, termasuk untuk produk gadai BPKB. Anda dapat mengajukan pinjaman secara online atau dengan mengunjungi cabang terdekat.

Danafina.com menonjol karena proses pengajuannya yang cepat, tidak memungut biaya apapun dari nasabah, serta bantuan jika pengajuan Anda ditolak oleh lembaga pembiayaan lain. Tapi, kendaraan yang dijaminkan harus berada dalam penguasaan Anda.

Danafina.com menyatakan bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kerugian yang mungkin dialami akibat bertransaksi dengan lembaga keuangan yang tidak terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

WOM Finance

WOM Finance menawarkan kemudahan, serta proses yang cepat dalam mengajukan gadai BPKB dengan tenor 3 tahun untuk gadai motor atas nama orang lain dan 5 tahun untuk gadai BPKB mobil atas nama orang lain.

Adapun syarat gadai BPKB atas nama orang lain di WOM Finance, yaitu pemohon harus melewati tahapan survei yang mendetail oleh tim surveyor WOM Finance.

BFI Finance

Anda memiliki peluang untuk mengajukan gadai BPKB motor atas nama orang lain di BFI Finance, dengan ketentuan bahwa jumlah dana yang dapat dicairkan mulai dari Rp1 juta hingga sebanyak 60% dari nilai pasar aset tersebut.

Baca juga:  Tabel Angsuran Gadai BPKB Motor di Pegadaian 2024

Tenor pinjaman yang ditawarkan mulai dari 12 bulan. Perlu diketahui bahwa pemohon dengan profesi yang tergolong dalam kategori APU-PPT (Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme), tidak diperkenankan untuk mengajukan layanan ini.

BAF Dana Syariah

Terakhir adalah gadai BPKB Syariah dari BAF, BAF menyediakan pinjaman dengan jaminan BPKB Mobil atau Gadai BPKB Mobil atas nama orang lain syariah.

Pembiayaan Multiguna ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan anda seperti biaya pendidikan, renovasi rumah tinggal, kesehatan/berobat maupun untuk modal usaha anda.

Prosesnya cukup mudah dan bisa dilakukan secara online dengan cara:

  1. Isi Form Pengajuan Gadai bafdanasyariah.id
  2. Konfirmasi jadwal survey
  3. Verifikasi Syarat Dokumen
  4. Setelah disetujui dana akan cair.

Syarat Gadai BPKB atas Nama Orang Lain

Menggadaikan BPKP yang bukan atas nama sendiri tentunya harus melalui persetujuan tertulis atau surat kuasa yang dibuat oleh pemilik BPKB, sekaligus menyatakan bahwa kendaraan tersebut tidak sedang dijaminkan di tempat lain.

Surat kuasa tersebut di butuhkan untuk memastikan bahwa BPKB bukan sengketa atau palsu, sehingga isinya harus jelas mencakup detail transaksi kendaraan. Sedangkan dokumen yang diperlukan untuk proses pengajuan gadai,adalah:

  • STNK dan BPKB asli kendaraan yang dijaminkan
  • Fotokopi KTP dan KK pemilik BPKB
  • Fotokopi KTP dan KK pemohon gadai
  • Slip gaji atau surat keterangan penghasilan pemohon
  • NPWP (untuk pinjaman diatas 50 juta)
  • Bukti tempat tinggal
  • Bukti cek fisik kendaraan.

Syarat dan dokumen pengajuan gadai kendaraan bisa saja berbeda pada setiap lembaga keuangan di berbagai daerah.

Cara Gadai BPKB atas Nama Orang Lain

Anda dapat melakukan gadai BPKB atas nama orang lain dengan melakukan beberapa langkah yang diperlukan, diantaranya:

  1. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan, termasuk identitas diri dan kuwitansi jual-beli kendaraan yang akan dijaminkan
  2. Pilih lembaga gadai yang mau menerima, lakukan pengajuan gadai BPKP atas nama orang lain. Pilih lembaga keuangan yang sudah terdaftar di OJK dan punya reputasi kredit yang baik.
  3. Ikuti prosedur dan proses gadainya. Anda akan diminta untuk mengisi formulir gadai yang disediakan, kemudian petugas akan melakukan proses verifikasi dokumen yang Anda bawa untuk menentukan nilai gadai kendaraan Anda.
  4. Lembaga gadai biasanya akan menawarkan sejumlah pinjaman yang bisa disetujui. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan bayar Anda.
  5. Setelah proses verifikasi selesai dan semua persyaratan telah terpenuhi, dana akan dicairkan melalui rekening Anda atau tunai sesuai dengan kesepakatan.
Baca juga:  Begini Cara Gadai Ijazah untuk Mendapatkan Pinjaman

Perlu Anda tahu, prosedur gadai di masing-masing lembaga atau daerah bisa jadi berbeda.

Jenis dan Syarat Kendaraan yang Bisa di Gadai

Jenis kendaraan yang bisa digadaikan di berbagai lembaga keuangan adalah kendaraan beroda dua dan kendaraan roda empat. Sepeda motor dari berbagai merek dan tipe seperti matic dan motor sport bisa dijadikan sebagai jaminan.

Saat ini, beberapa lembaga keuangan juga telah mulai menerima gadai motor listrik. Untuk kendaraan beroda empat, mobil dengan berbagai merk dan tipe termasuk Low Cost Green Car (LCGC), truk, dan bus pun bisa digadaikan.

Selain itu, kendaraan lainnya seperti mesin konstruksi dan alat berat (misalnya excavator dan bulldozer) juga bisa digadaikan. Ini juga berlaku untuk kendaraan yang baru maupun bekas.

Syarat kendaraan yang bisa digadai, adalah:

  • Usia kendaraan maksimal 10 tahun untuk motor dan 20 tahun untuk mobil
  • Kondisi kendaraan harus dalam kondisi baik dan tidak punya banyak kerusakan
  • Memiliki surat kendaraan yang lengkap dan asli, seperti STNK dan BPKB.

Alternatif Solusi Pembiayaan

Sebelum melakukan gadai BPKP atas nama orang lain, pertimbangkan dulu dan pahami betul-betul risiko yang mungkin bisa terjadi.

Jika memungkinkan, Anda bisa mencari alternatif solusi pembiayaan lain yang lebih aman dan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut adalah beberapa jenis pembiayaan lain yang lebih aman, dan bisa jadi pertimbangan untuk Anda:

Menggadaikan BPKB atas nama orang lain membawa tanggung jawab hukum dan finansial. Maka transaksi harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan dengan kesepakatan yang benar.

Informasi lengkap dan akurat terkait gadai BPKB atas nama orang lain dapat Anda ketahui melalui website resmi atau kantor cabang pada masing-masing lembaga gadai yang telah disebutkan sebelumnya di daerah Anda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar