3 Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Selain saham, emas juga menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak diminati masyarakat. Pasalnya emas memiliki risiko yang lebih minim sehingga lebih aman untuk disimpan dalam jangka panjang.

Tapi bagaimana cara berinvestasi di emas dengan harga emas yang mahal? Anda tak perlu khawatir karena Anda dapat membeli emas dengan sistem tabungan di Pegadaian. Bahkan Anda juga bisa mencairkan tabungan tersebut. Nah, dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara mencairkan tabungan emas Pegadaian.

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Sebelum membahas topik utama mengenai cara mencairkan tabungan emas Pegadaian, berikut akan dibahas tentang keuntungan menabung emas di Pegadaian yang perlu Anda ketahui.

  1. Harga emas cenderung stabil dari waktu ke waktu. Meskipun terkadang harga emas turun namun penurunan tersebut tidak terlalu signifikan.
  2. Risiko rugi tidak terlalu besar karena harga yang stabil.
  3. Mudah dicairkan, banyaknya peminat emas membuat emas mudah dicairkan karena akan selalu ada yang membeli jika Anda menjualnya.
  4. Dapat mulai menabung emas dengan harga yang terjangkau, Anda tidak perlu menunggu memiliki uang jutaan karena Anda bisa membeli emas di Pegadaian dengan melakukan pembelian senilai 0,01 gram emas.

Apakah Tabungan Emas Pegadaian Bisa diambil Uang?

Layanan tabungan emas disediakan untuk memudahkan masyarakat yang berminat berinvestasi emas. Tabungan emas ini memiliki berbagai kelebihan seperti lebih murah, praktis, aman, dan dapat dipercaya.

Nah, pertanyaan yang sering ditemui adalah apakah tabungan emas Pegadaian bisa diambil uang? Jawabannya, bisa loh. Layanan tabungan emas yang disediakan oleh Pegadaian memberikan opsi kepada nasabahnya untuk mengambil tabungan dalam bentuk emas atau pun uang.

Baca juga:  Tabel Kredit Emas Pegadaian 2023 : Simulasi, Syarat, & Keuntungan

Jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari tempat penukaran emas di tempat lain, loh. Tentu saja, penukaran di Pegadaian juga telah dijamin keamanannya.

Ada tiga cara mencairkan tabungan emas Pegadaian yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah :

Cara mencairkan tabungan emas Pegadaian lewat Aplikasi Pegadaian Digital

cara mencairkan tabungan emas pegadaian

Pegadaian menyediakan aplikasi Pegadaian Digital untuk memudahkan pemberian pelayanan secara online. Nah, berikut cara mencairkan tabungan emas Pegadaian menggunakan aplikasi yaitu :

1. Login Akun

Buka aplikasi Pegadaian Digital dan login dengan nomor yang Anda gunakan untuk membuka rekening.

2. Upgrade akun premium

Upgrade akun menjadi akun premium agar dapat mengakses fitur jual emas.

3. Gunakan kode OTP

Setelah Anda dapat mengakses fitur jual emas, Anda akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor yang Anda gunakan untuk membuka rekening melalui SMS. Kode OTP ini sangat penting, jadi jangan sampai orang lain mengetahuinya.

Begitu Anda mendapatkan kode OTP, masukkan kode OTP supaya Anda bisa melakukan penjualan emas dengan Pegadaian.

4. Dana pencairan masuk rekening

Setelah proses jual emas telah disepakati, uang hasil penjualan emas tersebut akan dikirimkan ke rekening Anda yang sudah didaftarkan sebelumnya saat melakukan transaksi. Umumnya, nilai penjualan yang Anda terima akan disesuaikan dengan harga jual emas pada saatitu.

Baca juga: Tabel Kredit Emas Pegadaian

Cara mencairkan tabungan emas Pegadaian di Kantor Pegadaian

cara mencairkan tabungan emas pegadaian

Selain melalui Aplikasi, Anda bisa mencairkan tabungan emas Pegadaian dengan langsung mengunjungi kantor Pegadaian terdekat. Langkah-langkahnya yaitu :

  1. Kunjungi kantor Pegadaian terdekat dan ambil nomor antrian.
  2. Kemudian, isi form pencairan tabungan emas yang diberikan kepada Anda. Saat mengisi form tersebut, Anda bisa memilih mencairkan tabungan emas dalam bentuk emas batangan atau uang tunai. Lalu, pilih pencairan dalam bentuk uang tunai.
  3. Setelah selesai, serahkan form pencairan tabungan emas kepada Customer Service.
  4. Tunggu hingga Customer Service selesai memproses pencairan. Anda akan menerima uang berdasarkan harga jual yang diperoleh dari harga pasaran yang berlaku.
Baca juga:  Pengalaman Jual Emas di Pegadaian, Simple Kok!

Mencetak tabungan emas menjadi emas fisik

cara mencairkan tabungan emas pegadaian

Cara mencairkan tabungan emas Pegadaian lainnya adalah dengan mengajukan pencairan tabungan dalam bentuk emas. Anda akan diberikan opsi berat emas fisik yang bisa dicairkan yakni 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram,  50 gram, dan 100 gram.

Simak pengalaman jual emas di Pegadaian agar kamu mudah memahami caranya.

Berapa Minimal Pencairan Tabungan Emas Pegadaian?

Pegadaian menetapkan batasan untuk pencairan emas dalam sekali waktu, yakni minimal 1 gram dan maksimal 100 gram. Nah, jika Anda ingin mencairkan lebih dari batas maksimal pencairan, Anda bisa mencairkan emas di lain hari.
Namun, Anda harus menyisakan saldo emas minimal sebesar 0,1 gram setelah buyback supaya rekening Anda tetap aktif.

Berapa Lama Pencairan Tabungan Emas Pegadaian?

Meskipun emas tidak mudah dicairkan seperti uang yang disimpan di tabungan, namun tabungan emas Pegadaian dapat dicairkan dalam waktu singkat. Anda hanya perlu menunggu Customer Service selesai memproses permintaan pencairan Anda.

Itulah pembahasan mengenai cara mencairkan tabungan emas Pegadaian. Pada dasarnya, emas memang instrumen investasi yang paling aman karena harganya akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Jadi, menabung emas bisa menjadi jalan Anda untuk berjaga-jaga di masa depan.  

Bagikan:

Tinggalkan komentar