2 Cara Menambah Pinjaman di Pegadaian 2022

PT. Pegadaian (Persero) merupakan salah satu BUMN yang menyediakan berbagai jenis pinjaman. Menariknya jika Anda melakukan pinjaman di Pegadaian, Anda bisa menambah nominal pinjaman. Cara menambah pinjaman di Pegadaian juga bukan hal sulit.

Penambahan pinjaman ini tidak perlu menunggu pinjaman sebelumnya dilunasi. Anda tetap bisa mengajukan penambahan pinjaman selama limit pinjaman masih tersisa. Layanan yang disediakan Pegadaian ini tentunya akan membantu Anda jika sedang mengalami kesulitan uang.

Syarat Menambah Pinjaman di Pegadaian

Pegadaian menyediakan Layanan Minta Tambah Kredit (MT) ini karena nilai emas yang fluktuatif sehingga Anda tidak perlu memberikan jaminan barang kembali. Selain itu, ketika Anda menambah pinjaman tenor juga akan bertambah secara otomatis.

Jika Anda tertarik dengan layanan ini, Anda harus memenuhi beberapa syarat menambah pinjaman di Pegadaian sebelum mengajukannya. Syarat-syarat tersebut diantaranya adalah :

  1. KTP dan surat gadai yang masih aktif atau Kredit Cepat Aman (KCA) aktif yang belum jatuh tempo.
  2. Pernah melakukan pembayaran angsuran dengan riwayat yang baik dan masih memiliki limit yang belum digunakan.
  3. Bersedia membayar biaya administrasi, sewa, dan pembayaran lainnya.
  4. Barang jaminan yang digunakan merupakan barang rubrik kantor bukan berupa jaminan KCA yang bermasalah.
  5. Telah mengaktivasi G-Cash, pegadaian digital, dan akun sudah terupgrade ke premium.
  6. Sepakat dengan pembulatan pinjaman sesuai dengan ketentuan.
  7. Taksiran pada nilai jaminan akan meningkat sesuai dengan kenaikan STL.
  8. Nominal tambah pinjaman tidak boleh melebihi plafon maksimum dari nilai taksiran.
  9. Nilai tambahan pinjaman akan meningkat sesuai dengan biaya admin, sewa modal, dan transaksi.
  10. Maksimal pencairan CIF adalah Rp30.000.000 per hari.
  11. Minimal transfer ke bank yang digunakan untuk registrasi adalah Rp10.000 per transaksi.
Baca juga:  DC Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah? Yuk Intip 9 Daftarnya!

Biaya Menambah Pinjaman di Pegadaian

Ketika ingin menambah pinjaman di Pegadaian, Anda harus bersedia membayar beberapa biaya yang akan ditarik dari nominal pinjaman. Biaya ini biasanya akan ditampilkan di bagian keterangan pinjaman beserta nominalnya.

Biaya-biaya yang dibebankan kepada nasabah diantaranya adalah biaya sewa modal, administrasi, asuransi, dan jasa channel. Nominal biaya tersebut akan berbeda-beda tergantung dengan pinjaman awal dan tambah pinjaman pengguna.

Cara Menambah Pinjaman di Pegadaian Secara Offline

Ada dua cara menambah pinjaman di Pegadaian yakni langsung datang ke kantor cabang Pegadaian terdekat atau secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Bagi Anda yang merasa lebih nyaman berkomunikasi langsung dengan pegawai, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang terdekat. Kemudian Anda bisa mengikuti beberapa cara menambah pinjaman di Pegadaian langsung ke kantor cabang di bawah ini.

1. Ambil nomor antrian

Saat Anda sudah berada di kantor cabang Pegadaian dengan membawa persyaratan menambah pinjaman di Pegadaian, ambillah nomor antrian. Tunggu hingga nomor Anda dipanggil.

2. Datang ke petugas Pegadaian

Setelah nomor antrian Anda dipanggil, segera sampaikan tujuan dan serahkan berkas dokumen persyaratannya. Kemudian petugas akan menaksir jaminan sesuai harga pasar.

3. Tentukan nominal uang penambahan pinjaman

Petugas akan memberikan informasi nilai barang jaminan kepada Anda. Selanjut Anda akan diminta memutuskan berapa jumlah uang untuk penambahan pinjaman tersebut. Perlu diketahui apabila penambahan pinjaman akan dipotong dengan biaya sewa modal.

4. Pemberian surat bukti gadai baru

Ketika nominal yang Anda minta cocok dengan nilai taksiran barang jaminan, Anda akan diminta menandatangi surat bukti gadai terbaru. Anda harus menyimpan surat ini dengan baik mengingat pentingnya surat ini.

Baca juga:  Pengalaman Cara Mudah Jual Emas di Pegadaian, Simple Kok!

5. Pemberian uang pinjaman

Apabila proses tambah pinjaman sudah selesai dan pengajuan Anda disetujui, maka uang tambah pinjaman akan diserahkan. Perlu Anda ketahui apabila pembayaran angsuran akan dimulai dari awal dengan tenor baru selama 4 bulan ke depan.

Cara menambah pinjaman di Pegadaian secara online

Jika Anda ingin proses yang cepat dan mudah, Anda bisa melakukan cara menambah pinjaman di Pegadaian secara online. Untuk melakukan tambah jaminan, Anda perlu mengupgrade Pegadaian Digital ke akun premium dengan melakukan verifikasi data. Langkah yang dapat Anda la lakukan adalah :

1. Login di aplikasi Pegadaian Digital

Cara menambah pinjaman di Pegadaian

Buka aplikasi Pegadaian Digital, kemudian masukkan nomor HP atau email beserta kata sandi Anda. Selanjutnya klik Masuk.

2. Pilih menu Gadai

Cara menambah pinjaman di Pegadaian

Apabila Anda sudah berhasil masuk ke akun Anda, pilih menu Gadai yang berada di antara menu Emas dan Pembiayaan.

Baca juga: Pengalaman Menabung Emas di Pegadaian

3. Klik Tambah Pinjaman

Cara menambah pinjaman di Pegadaian

Selanjutnya akan ada tampilan sisa limit pinjaman Anda. Apabila masih terdapat sisa limit, Anda dapat menekan menu Tambah Pinjaman.

4. Pilih Kredit Gadai

Cara menambah pinjaman di Pegadaian

Lalu akan ada tampilan Tambah Pinjaman Gadai dan Anda harus memilih portofolio pinjaman mana yang ingin digunakan. Di dalam contoh hanya ada satu portofolio sehingga yang dipilih adalah Kredit Gadai.

5. Input jumlah pinjaman dan rekening bank

Cara menambah pinjaman di Pegadaian

Selanjutnya Anda bisa memasukkan jumlah tambah pinjaman yang diajukan beserta rekening penerima. Anda dapat menambahkan rekening dari bank BCA, BNI, Mandiri, BTN, atau BRI. Pastikan juga rekening bank tersebut milik Anda sendiri.

6. Klik setujui Syarat dan Ketentuan

Cara menambah pinjaman di Pegadaian

Pada tampilan menu berikutnya akan ada informasi tentang tanggal jatuh tempo, biaya-biaya, nominal pinjaman yang diterima, dan bank tujuan. Selanjutnya klik setujui Syarat dan Ketujuan. Lalu klik Selanjutnya.

Baca juga:  3 Contoh Rekening Koran BCA : Syarat, Biaya, dan Cara Cetak

7. Masukkan PIN

Cara menambah pinjaman di Pegadaian

Selanjutnya masukkan PIN yang terdiri dari 6 digit angka untuk melakukan verifikasi pengajuan tambah pinjaman.

8. Klik Selesai

Cara menambah pinjaman di Pegadaian

Selamat tambah pinjaman Anda telah berhasil. Anda bisa keluar dari menu tersebut dengan klik Selesai. Nota pengiriman uang tambah pinjaman akan dikirimkan ke email terdaftar Anda.

Baca juga: Tabel Kredit Emas Pegadaian

Keuntungan Menambah Pinjaman di Pegadaian

Setelah mengetahui cara menambah pinjaman di Pegadaian, Anda juga perlu mengetahui keuntungan layanan ini. Dibandingkan dengan mengajukan pinjaman baru, fitur menambah pinjaman di Pegadaian menjadi langkah yang tepat bagi Anda yang masih memiliki pinjaman. Sebab Anda tidak perlu melakukan proses pengajuan dari awal sehingga proses akan lebih cepat.

Syarat yang dipersiapkan tidak terlalu banyak karena beberapa syarat sudah dimiliki saat awal mengajukan pinjaman. Jadi proses tambah pinjaman di Pegadaian akan lebih praktis dan efisien.

Selain itu, pencairan dana lebih cepat dibanding pada awal pengajuan. Ini karena pihak Pegadaian sudah memiliki riwayat pembayaran angsuran. Jadi upayakan Anda bisa membayar angsuran tepat waktu.

Penutup

Itulah cara menambah pinjaman di Pegadaian yang bisa Anda ikuti ketika ingin mengajukannya. Hal terpenting saat ingin mengajukan pinjaman adalah limit pinjaman yang masih tersisa. Jadi pastikan Anda masih memiliki limit pinjaman, ya.

Bagikan: