9 Bisnis Sampingan yang Cocok Buat Driver Ojol, Prospeknya Bagus Loh!

Seiring berkembangnya jaman, melakukan usaha sampingan adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi perjalanan ekonomi yang semakin runyam. Apalagi untuk kita yang hanya memiliki pendapatan kurang untuk memenuhi kebutuhan. Bisnis sampingan driver ojol adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ekonomi saat ini, terutama di waktu covid-19 mulai melanda perekonomian Indonesia khususnya.

Cerita Pengalaman Bisnis Sampingan Saya

Saya ini seorang driver ojol Grab. Tahu sendiri kan sekarang penghasilan sudah mulai nggak menentu. Ditambah lagi, orderan mulai sepi akhir-akhir ini. Ya, mungkin karena adanya wabah virus corona alias covid-19 ini. Jadi orang mulai takut bepergian atau pesan makanan dari luar.

bisnis

Tapi hal itu tidak memurungkan niat saya untuk mencari penghasilan. Mengingat istri hamil 6 bulan, membuat saya membulatkan tekad untuk mencari penghasilan lebih dari driver ojek online ini.

Untungnya, istri bisa membuat jamu atau ramuan anti corona. Dengan adanya bakat dari sang istri tercinta, saya menulis di secarik kertas tertulis ‘Jual Jamu Anti Corona dan Hand Sanitizer’ dan saya tempel di helm saya. Siapa tahu ada customer atau penumpang yang baca tulisan itu dan tertarik untuk beli. Apalagi kalau sambil saya ceritain histori driver akhir akhir ini. Hehehe…

Alhasil, syukurlah banyak juga yang minat beli jamu hasil racikan istri saya. Ups bukan maksud promosi loh. Saya cuma mau kasih cerita pengalaman saya sebagai driver ojek online saja. Yang mana kita bisa memiliki penghasilan tambahan selain sebagai driver ojol. Asal ada niat dan usaha, pasti selalu ada jalan.

Memang saya seorang driver ojek online Grab. Tapi hal ini tidak menutup kalau driver Gojek pun juga bisa. Karena pada dasarnya kita sama-sama berprofesi sebagai driver ojol alias pengemudi ojek online. Jadi nggak ada salahnya kita coba cari pekerjaan sampingan driver ojol. Nah, selain yang saay lakukan, ada banyak ide bisnis sampingan lagi buat driver ojek online yang terbaru di tahun 2020.

7 Tips Buat Driver Ojol Untuk Mengantisipasi Corona [Update 2020]

Khusus Driver Ojol, Ini 5 Bisnis Sampingan yang Cocok!

Bisa dibilang driver ojek online (ojol) baik grab maupun gojek memiliki pendapatan yang nggak menentu. Karena uang yang mereka dapat sesuai dengan orderan yang didapat pula. Bagaimana kalau sepi orderan? Ini yang kita takutkan.

Ketidakpastian tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Jadi tak ada salahnya kalau mencoba untuk melakukan usaha sampingan yang sekiranya masih bisa kita jalani. Apa bisa dijalani sambil ngojek? Simak baik-baik artikel ini ya.

bisnis

Ini saya lagi jualan

1. Jual Makanan Ringan

Umumnya para driver ojol punya pangkalan sendiri-sendiri sebagai tempat istirahat sambil nunggu orderan masuk. Di sini kita bisa coba tawarkan makanan atau minuman ringan ke mereka bukan?

Coba kamu letakkan dagangan mu di meja, nggak lama mereka pasti tertarik untuk beli. Setidaknya mereka pasti bakal nanya, dijual?

Gimana kalau kamu nerima orderan? Kamu bisa pakai sistim kantin kejujuran. Sediakan kotak kosong untuk mereka menaruh uang mereka setelah makan makanan dagangan mu. Tapi cara ini bisa merugikan mu kalau ada driver ojol yang tidak jujur.

Atau kamu juga bisa menawarkan makanan ringan yang kamu jual ke penumpang atau customer mu. Siapa tahu mereka minat dengan makanan yang kamu jual.

2. Jadi Tukang Pijat

Kalau kamu merasa punya bakat terpendam sebagai tukang pijat, nah kamu bisa manfaatin bakatmu itu. Barangkali kamu bisa nawarin diri sebagai tukang pijat ke teman-teman driver ojek online. Ya, pasang aja harga sewajarnya sekitar 5 ribu rupiah per 5 menit juga bisa.

Ada aktivitas, tentu ada resiko. Resikonya sih kecil. Tenagamu bisa tekuras di sini sebelum mengantarkan penumpang. Tapi kalau demi hasil, yakin deh tenagamu akan bertambah dengan sendirinya. Karena hasil tidak pernah mengkhianati usaha.

3. Jualan Pulsa

Ingat, ini adalah era globalisasi dan teknologi. Bisa dibilang pulsa dan kuota adalah kebutuhan pokok manusia jaman sekarang. Jadi, kenapa nggak coba untuk jualan pulsa? Bisa dibilang bisnis sampingan driver ojol ini bakal laris loh. Karena sebagian besar bahkan hampir semua driver ojek online membutuhkan pulsa dan kuota.

Bisa dibilang jualan pulsa memang keuntungannya sangat kecil. Tapi jangan remehkan untung recehan. Karena recehan ini kalau ditekuni bisa jadi lembaran loh.

4. Guide Dadakan

Nggak mungkin toh seorang driver ojol nggak tahu jalan. Setidaknya sebagian besar tahu jalan di area kamu bekerja sebagai ojol. Nah, kamu bisa coba jadi guide dadakan alias pemandu wisata bagi turis atau tamu dari luar kota. Kamu bisa tawarkan diri sebagai pemandu wisata mereka baik via online maupun offline.

Ingat, jadi driver ojek online adalah pekerjaan dengan waktu yang sangat fleksibel. Karena waktu jam kerja, kita sendiri yang mengatur. Kapan kita mau istirahat, berhenti, dan kerja kembali. Jadi nggak ada salahnya kalau kamu coba jadi pemandu wisata panggilan.

Tentunya menjadi pemandu wisata harus bisa bahasa asing, minimal bahasa Inggris. Siapa tahu dapat tamu turis dari luar negeri, kan lumayan dapat dollar.

5. Olshop

Tidak menutup kemungkinan, di era serba canggih ini, online shop mulai bertebaran di mana-mana. Kenapa kamu tidak mencoba menjadi salah satu dari mereka. Cukup memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, WA, dan lain sebagainya, kamu bisa coba tawarkan apa yang kamu jual.

Kamu pun juga bisa cari di Google yang menawarkan reseller atau dropshipper. Karena sekarang sudah banyak produk apapun itu, yang menawarkan orang-orang untuk menjadi reseller atau dropshipper mereka. Di sisi lain memang meningkatkan penjualan owner. Tapi, di sisi lain juga kamu kebantu untuk mencari penghasilan tambahan bukan.

Keuntungan bisnis sampingan driver ojol sebagai pedagang online ini, kamu nggak perlu repot-repot lagi manggil kurir. Karena kamu bisa jadi kurirnya juga kan sembari cari orederan ojek online.

Cara Klaim Token Listrik Gratis PLN Untuk Bulan April, Mei dan Juni 2020

6. Kurir Paket

Driver ojek online bisa mempertimbangkan untuk sekaligus menjadi kurir. Sambil mengantarkan barang, driver ojek online bisa sekalian mencari order atau penumpang online. Selain bisa dilakukan bersamaan, driver tidak perlu memikirkan tentang modal dan sarana untuk menjalankan sampingan ini lagi. Menjadi kurir menjadi pilihan yang pas untuk yang modalnya terbatas.

7. Bengkel Keliling

Membuka bengkel keliling sederhana juga bisa dijadikan pilihan kalau driver memiliki keahlian sebagai montir. Cukup bawa peralatan yang diperlukan saja. Lalu, buat brosur kecil dan sebarkan di pangkalan di antara rekan sesame driver dan orang sekitar, penumpang, dan customer lainnya. Cantumkan nomor kontak dengan jelas.

8. Surveyor

Sampingan menjadi surveyor juga bisa dipertimbangkan mengingat driver ojol selalu bertemu banyak orang. Beberapa perusahaan besar selalu membutuhkan surveyor dan posisi ini bisa dilamar secara online. Restoran dan perusahaan lokal juga bisa memanfaatkan jasa ini untuk kemajuan bisnis mereka.

Para driver ojek online kini tak perlu khawatir apabila nanti tidak bisa memenuhi target dan tidak bisa mendapatkan bonus. Mereka selalu memiliki banyak pilihan dalam bisnis sampingan driver ojek online. Mereka bisa berjualan pulsa, berdagang berbagai produk secara online, dan tentunya ide-ide bisnis lainnya.

9. Menjadi Penulis Artikel Freelance

Bisnis sampingan driver ojek online satu ini mungkin agak berbeda. Sebab menulis memerlukan konsentrasi lebih. Namun jika Anda punya kemampuan, bekerja sebagai penulis artikel freelance bisa jadi bisnis sampingan yang lumayan. Anda bisa mengerjakan tugas menulis ketika malam hari ataupun saat sambil menunggu orderan masuk. Dengan berbekal notebook yang berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana, Anda pun akan tampil beda dari driver lain. Banyak kok perusahaan penyedia jasa penulis artikel yang membuka lowongan bagi Anda. Asal punya bekal kemampuan dan lulus seleksi, Anda pun siap menambah pundi-pundi penghasilan.

Anda bisa buka projects.co.id, atau freelancer. co.id, sribulancer dan situs freelancer Indonesia lainnya

Bisnis Sampingan Driver Ojol sebagai Kurir Pribadi

Bicara soal kurir, kamu bisa juga nih coba jadi kurir pribadi alias menawarkan lewat medsos atau offline, kalau kamu siap dipanggil untuk mengantar paket sesuai jangkauan mu. Kan hitung-hitung daripada orderan sepi, mendingan cari yang offline juga bisa.

Setidaknya kamu bisa pasang tariff yang lebih besar dibandingkan dengan tariff di aplikasi kan.  Atau kamu juga bisa menjadi antar jemput anak sekolah dengan sistem langganan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *