Rincian Biaya Pembuatan Lapangan Futsal Indoor Atau Outdoor

Peluang bisnis penyewaan lapangan futsal memang masih cukup menjanjikan mengingat peminatnya yang notabene hobi bermain sepak bola tidak pernah surut. Tidak heran jika mulai banyak persewaan lapangan futsal yang dibangun sebagai bisnis pribadi.

Meski begitu, jika Anda ingin memulai bisnis ini, informasi terkait biaya pembuatan lapangan futsal wajib diketahui terlebih dahulu untuk memperkirakan keuntungan dan perkiraan waktu balik modal. 

Banyak hal yang perlu dicari tahu untuk mulai membangun lapangan futsal, mulai dari konstruksi lapangan futsal untuk pembuatan lapangan futsal indoor hingga estimasi biaya pembuatan lapangan mini soccer tersebut.

Namun, jika Anda tidak ingin direpotkan dengan perkiraan biaya lapangan futsal dan hal-hal detail lain dalam proses pembuatan lapangan futsal, menggunakan jasa pembuatan lapangan futsal bisa dipilih sebagai solusi terbaik.

Meski sebenarnya dana membuat lapangan futsal tetap menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya, tetapi setidaknya proses pengerjaan di lapangan tidak terlalu rumit karena ada tenaga profesional yang meng-handle hingga selesai.

Sebagai gambaran umum, berikut  rincian kisaran biaya pembuatan lapangan futsal indoor dan outdoor sampai jadi yang harus Anda keluarkan jika ingin menjajal peluang bisnis di bidang olahraga ini.

Budget Membuat Lapangan Futsal Indoor dan Outdoor Sederhana

ukuran Lapangan Futsal

Umumnya, biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan lapangan futsal bergantung pada banyak aspek, seperti ukuran, fasilitas, dan lokasinya.

Untuk ukuran, lapangan futsal dengan standar nasional memiliki ukuran panjang 25 – 42 meter dan lebar 15 – 25 meter. Sedangkan lapangan futsal dengan standar internasional harus menggunakan ukuran panjang 38 – 42 meter dan lebar 19 – 25 meter.

Baca juga:  Harga Briket Ekspor per Ton Terbaru 2024

Sedangkan lokasi lapangan futsal, biasanya dibuat dalam tiga tipe pilihan, yaitu indoor, outdoor, atau semi outdoor.

Terkait fasilitas lapangan futsal yang dimaksud, umumnya meliputi material bahan yang digunakan, mulai dari gawang, jaring keliling, dan flooring atau lantai lapangan futsal yang akan digunakan. 

Khusus flooring, lantai dasar sendiri harus cor dengan kualitas K200 setebal 12 – 15 cm untuk ketahanan jangka panjang.

Namun, jika budget minim dan ingin menggunakan cor manual, usahakan melakukan cor ulang yang lebih kuat untuk tiang-tiang sling demi memaksimalkan tarikan sling besi pada jaring futsal.

Pemilihan material flooring sendiri ada tiga macam. Anda bisa memilih sesuai lokasi lapangan yang akan dibuat dengan harga yang berbeda-beda, yaitu material interlock, vinyl, dan rumput sintetis.

Terlepas dari detail fasilitas tadi, secara keseluruhan budget yang harus dianggarkan bisa dibilang tidak murah, sekalipun untuk pembuatan lapangan futsal sederhana.

Jadi, informasi terkait anggaran biaya pembuatan lapangan futsal memang harus dicari tahu secara lengkap dan diperhitungkan dengan detail agar bisa membuat lapangan futsal dengan standar yang tepat. 

Berikut rincian anggaran pembuatan lapangan futsal sampai jadi sebagai acuan kisaran biaya yang perlu Anda keluarkan, baik untuk biaya pembuatan lapangan futsal indoor, outdoor, maupun semi outdoor.

Estimasi biaya konstruksi baja

Jika ingin membuat lapangan futsal sederhana, ukuran minimal yaitu 25 x 15 meter dan tambahan space untuk penonton 2 meter. Maka luas bangunan 27 x 17 meter menjadi 459 m2.

Rincian biaya borongan dengan konstruksi baja ada di kisaran Rp 600.000/ m2.

Total biaya pembuatan GOR futsal = 459 x 600.000 = Rp 275.400.000

Estimasi biaya pemasangan untuk lapangan futsal semi indoor 

Namun, jika Anda ingin membangun lapangan futsal semi indoor tentu akan ada biaya yang lebih minim. Kisaran biaya pembuatan lapangan futsal semi indoor kurang lebih Rp23 Juta – Rp25 Juta.

  1. Estimasi biaya jaring futsal keliling Rp23 Juta – Rp25 Juta
  2. Estimasi biaya pembuatan gawang futsal Rp5 Juta – Rp6 Juta
  3. Estimasi biaya ongkos pasang Rp4 Juta – Rp5 Juta
  4. Biaya flooring lapangan futsal disesuaikan dengan pilihan material
Baca juga:  Cara Menarik Uang di Hago Tanpa Undang Teman

Rincian Biaya Flooring Lapangan Futsal

Selain pengeluaran besar untuk konstruksi bangunan, modal pembuatan lapangan futsal juga dipengaruhi anggaran yang dikeluarkan untuk pemilihan material lantai. Berikut rincian biaya flooring lapangan futsal berdasar jenis materialnya.

Biaya Pembuatan Lapangan Futsal Interlock

Penggunaan material interlock dalam pembuatan lapangan futsal umumnya digunakan pada lokasi indoor dan semi outdoor.

Material interlock sendiri terbuat dari plastik polypropylene dengan bentuk seperti puzzle hingga mudah dipasang dan dirawat. Hanya saja, dalam proses pemasangannya membutuhkan underlayer atau lapisan sebelum interlock. 

Material ini memiliki harga yang lebih terjangkau. Biaya pembuatan lapangan futsal interlock berukuran 26 x 16 akan memakan biaya di kisaran Rp77 Juta.

Sayangnya, interlock rawan kena sinar matahari langsung dan berpotensi menggelembung jika digunakan untuk lapangan semi outdoor.

Solusinya, Anda bisa menggunakan interlock khusus outdoor yang bentuknya berlubang-lubang di atas lantai cor sederhana atau paving block lengkap dengan saluran pembuangan air.

Biaya Pembuatan Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Flooring dengan material rumput sintetis dari monofilamen memang sempat populer sebelum diterapkan standar lantai interlock.

Lumrah saja, sebab sensasi seperti bermain di lapangan sepak bola dengan rumput asli bisa didapatkan dengan material ini. Untuk flooring lapangan futsal, rumput sintetis sendiri memiliki ketinggian sekitar 5cm. 

Namun, flooring dengan material ini membutuhkan bahan tambahan seperti pasir silica dan rubber untuk mengisi rongga-rongga demi menjaga ketahanan rumput agar bisa lebih lama.

Perawatannya juga membutuhkan perhatian khusus dan wajib dilakukan pengecekan flooring setiap 4 atau 6 bulan sekali.

Sedangkan biaya pembuatan lapangan futsal rumput sintetis, kisaran anggaran untuk ukuran 26 x 16 kurang lebih Rp95 Juta.

Biaya Pembuatan Lapangan Futsal Vinyl

Lebih banyak motif dan hasilnya lebih dekoratif, material vinyl terbuat dari polyvinyl carbonate yang nyaman, empuk, dan juga lebih aman jika terjatuh saat bermain. Terkait pemasangan, material vinyl menggunakan lem dan disambung dengan mesin khusus. 

Baca juga:  14 Ide Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia

Namun, penggunaan material ini lebih ditujukan untuk lapangan futsal full indoor dan harganya jauh lebih mahal dibanding dua material lainnya.

Kisaran biaya pembuatan lapangan futsal vinyl dengan ukuran 26 x 16, anggaran yang harus dikeluarkan kurang lebih Rp140 Juta.

Estimasi Biaya Pembuatan Lapangan Futsal

Berdasar rincian anggran sesuai kebutuhan, mulai dari konstruksi bangunan sampai fasilitas lapangan, berikut estimasi biaya pembuatan lapangan futsal keseluruhan yang harus Anda keluarkan.

KebutuhanBiaya
BangunanRp. 275.400.000
Material lantaiRp. 140.000.000
Jaring keliling lapangan RP. 25.000.000
2 gawangRp. 6.000.000
Ongkos pemasangan gawangRp. 5.000.000
6 Bola @Rp. 150.000Rp. 900.000
TotalRp. 452.300.000

Sebagai catatan tambahan, anggaran membuat lapangan futsal dalam tabel di atas sifatnya masih perkiraan. Anda bisa menyesuaikan harga bahan baku dan biaya lain-lain di lapangan saat akan membuat lapangan futsal outdoor ataupun outdoor.

Namun, kemungkinan besar total biaya pembuatan lapangan futsal sampai jadi tidak akan meleset jauh hingga panduan di atas bisa dijadikan acuan kisaran modal membuat lapangan futsal indoor yang harus Anda keluarkan untuk memulai bisnis penyewaan lapangan futsal.

Bagikan:

Tinggalkan komentar