7 Cara Memulai Bisnis dengan Modal Kecil, Dijamin Untung!

Memiliki bisnis yang sukses terdengar menggiurkan dan menjadi cita-cita bagi sebagian orang. Namun, untuk mewujudkannya memang tak semudah yang dibayangkan, dan dalam kenyataannya tidak banyak orang yang sukses dalam menjalankan bisnis sendiri.

Bahkan banyak juga yang menyerah sebelum memulai lantaran tidak tahu harus mulai dari mana. Tidak hanya itu, kebanyakan orang masih beranggapan untuk memulai sebuah bisnis yang menghasilkan maka modal yang dikeluarkan harus besar pula.

Padahal di zaman sekarang cukup mudah untuk memulai bisnis dengan modal kecil ataupun hanya dengan bermodalkan HP Android saja, Anda sudah bisa menjalankan bisnis sendiri. Akan tetapi, supaya dapat menjalankan bisnis secara optimal, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dan dipahami. Apa saja langkah yang diperlukan? Untuk itu mari simak ulasan berikut ini.

1. Memahami Kondisi dan Kemampuan Anda Saat Ini

bisnis dengan modal kecil

Hal pertama yang perlu untuk dipahami sebelum memulai bisnis adalah kemampuan dan kondisi Anda saat ini. Dalam hal ini yang dimaksud dengan keadaan adalah keadaan ekonomi dan kemampuan berbisnis.

Memahami keadaan ekonomi adalah ketika Anda mengetahui berapa banyak uang, aset, dan sumber pemasukan yang dimiliki saat ini. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan model bisnis yang sesuai. Selain itu, Anda juga dapat memperhitungkan berapa modal yang perlu dikeluarkan untuk memulai bisnis. Hal ini penting untuk dipahami agar Anda tidak memulai bisnis secara impulsif, yang malah mengakibatkan kerugian.

Baca juga:  7 Aplikasi Baca Novel Dapat Uang Tanpa Undang Teman

Memahami  sejauh mana kemampuan berbisnis yang Anda miliki itu juga penting. Jangan sampai Anda menganggap diri sendiri mampu untuk berbisnis, padahal kenyataannya Anda tidak mengetahui apa pun tentang bisnis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mematangkan pengetahuan dan pola pikir bisnis terlebih dahulu sebelum memulai.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju

2. Memilih Jenis Usaha yang Sesuai

Saat ini banyak sekali jenis usaha yang bisa dilakukan hanya dengan modal yang sedikit, mulai dari berjualan sampai menawarkan jasa secara online. Akan tetapi, untuk memilih usaha yang tepat memang harus memerlukan riset yang mendalam serta disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan yang Anda miliki saat ini.

Anda juga tidak perlu terburu-buru dalam menentukan bisnis yang akan dijalankan. Pastikan terlebih dahulu seberapa menguasai Anda dalam bidang tersebut dan bagaimana peluang bisnis tersebut di masa depan. Anda juga bisa memilih bisnis berdasarkan dari hobi ataupun memaksimalkan peluang yang ada di sekitar.

3. Mengelola Modal dengan Cermat

bisnis dengan modal kecil

Dengan modal yang terbatas, tentu saja Anda harus mengelolanya dengan cermat. Pastikan setiap pengeluaran memang penting dan perlu untuk dikeluarkan. Agar lebih mudah mengaturnya, lebih baik untuk mengategorikan modal sesuai dengan fungsi dan prioritasnya.

Secara umum, modal difungsikan menjadi dua. Yang pertama adalah untuk membeli bahan atau alat agar Anda bisa memulai bisnis. Yang kedua adalah sebagai biaya operasional di awal, seperti bahan bakar, listrik, sewa tempat, hingga karyawan.

Dengan memahami hal tersebut, seharusnya Anda dapat  mengalokasikan modal dengan efektif. Hal tersebut juga dapat membantu Anda untuk menghitung rencana keuangan dengan lebih mudah.

Baca juga: 8 Bisnis Online Tanpa Modal

Baca juga:  Mau Daftar Franchise Mixue? ini Ketentuan dan Harganya

4. Rencanakan Segala Sesuatu Secara Detail

Agar usaha dapat berjalan dengan lancar, tentu saja Anda harus membuat rencana pengelolaan bisnis. Akan lebih baik untuk membuatnya secara detail dan memasukkan target pencapaian untuk periode tertentu.

Dalam membuat rencana ini, Anda perlu membuat rencana keuangan yang berisikan segala hal terkait dengan uang dan target keuntungan. Kemudian, Anda juga perlu membuat strategi pemasaran yang baik serta detail terkait bagaimana cara memasarkan bisnis sehingga dapat mendatangkan pelanggan.

5. Manfaatkan Segala Sesuatu Secara Efektif

Perlu diingat sekali lagi bahwa modal yang Anda miliki itu terbatas. Oleh karena itu, usahakan untuk memanfaatkan segala sesuatu secara efektif dan hindari intensi untuk membeli. Pastikan ketika terjadi pembelian itu karena memang sangat dibutuhkan dan tidak ada alternatifnya.

Tidak hanya berbicara terkait barang, memanfaatkan situasi tertentu juga perlu dilakukan agar bisnis lebih berkembang. Jangan lewatkan setiap kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Namun, yang paling penting adalah untuk memanfaatkan waktu secara efektif karena Anda perlu menghabiskan waktu yang cukup banyak di awal untuk memulai bisnis baru.

6. Mempelajari Ilmu Manajemen Dasar

Terlepas dari skala bisnis yang akan Anda jalankan, tetap saja Anda akan menjadi pemilik sekaligus founder bisnis tersebut. Pada tahap awal, laju dan arah perkembangan dari bisnis tersebut akan sangat ditentukan dari skill manajerial sang pemilik.

Agar bisnis dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan dengan cepat, tentu saja tidak lepas dari sistem pengelolaan yang baik. Oleh karena itu, akan sangat penting sebagai pemilik dari sebuah bisnis untuk memahami ilmu manajemen. Setidaknya, memahami prinsip dasar dari manajemen akan sangat membantu dalam mengelola sebuah bisnis karena berikutnya Anda dapat belajar lebih lanjut selagi bisnis sedang berjalan.

Baca juga:  2 Cara Jadi Agen AQUA Galon Beserta Syarat & Keuntungannya

7. Mencari Rekan atau Tim yang Tepat

bisnis dengan modal kecil
sumber: unsplash.com

Saat ini banyak sekali jenis bisnis yang bisa dimulai secara mandiri tanpa perlu memiliki rekan ataupun tim. Akan tetapi, saat memiliki rekan dalam berbisnis akan membuka peluang Anda untuk mendapatkan modal lebih besar, ide yang lebih beragam dan bantuan tenaga tambahan.

Menjalankan bisnis bersama rekan atau tim dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda, khususnya bagi Anda yang masih pemula dalam berbisnis. Akan tetapi, perlu diingat tidak semua orang memiliki kecocokan saat bekerja sama.

Ketika Anda salah memilih rekan dalam memulai bisnis, ada kemungkinan mereka malah akan membuat bisnis menjadi sulit untuk dijalankan. Oleh karena itu, pilihlah orang yang sudah Anda percaya dan memiliki kemampuan yang layak.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah awal yang perlu Anda tahu sebelum mencoba untuk memulai bisnis dengan modal kecil. Setelah memahami hal-hal tersebut, yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah mempraktikkannya karena sesungguhnya guru yang paling baik adalah pengalaman. Dari pengalaman Anda akan mendapat pelajaran yang sangat berharga untuk proses di masa depan. Oleh karena itu, jangan takut untuk memulai dan selamat berbisnis!

Bagikan:

Tinggalkan komentar