10+ Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan

Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan – Di zaman sekarang, memanfaatkan momen Ramadhan untuk menambah cuan tidak harus keluar rumah. Terlebih Ramadhan 2021 ini bersamaan dengan masa pandemi yang belum juga usai.

Bagi pelaku usaha lama yang usahanya tidak bisa buka saat Ramadhan, jangan khawatir. Karena, kami akan memberikan 13 ide usaha rumahan di Bulan Ramadhan yang bisa Anda coba. Begitupun ide ini bisa Anda terapkan, jika Anda termasuk pelaku usaha baru dan dadakan di bulan yang penuh berkah ini. Dari rumah hunian, bermodal ringan dan bisa menambah cuan.

Penasaran apa saja 13 ide usaha rumahan di bulan Ramadhan yang akan kami ulas? Cek artikel ini sampai tuntas.

Eksekusi 13 Ide Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan

Banyak yang bertanya tentang ‘jualan apa di Bulan Ramadhan?’. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada banyak ide usaha rumahan di Bulan Ramadhan yang bisa Anda eksekusi. Mulai dari jajanan ringan, makanan berat, hingga barang-barang yang dibutuhkan di bulan mulia ini.

1. Takjil

takjil

Siapa yang tidak mengenal takjil? Semuanya pasti mengenal takjil dan memang takjil lah yang ditunggu-tunggu bagi umat Muslim untuk berbuka puasa.

Dalam bahasa Arab, takjil artinya menyegerakan untuk berbuka. Dulu, Rasulullah selalu menyegerakan berbuka saat waktunya tiba dengan minum air putih atau memakan kurma. Nah, akhirnya dari tradisi ini, muncul anjuran untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis, seperti halnya menu-menu takjil.

Anda bisa menjual aneka makanan dan minuman manis yang menyegarkan sebagai usaha rumahan di bulan Ramadhan. Seperti kolak pisang, bubur sumsum, biji salak, sup buah, es kopyor, dan lain sebagainya.

2. Katering Makanan Berbuka dan Sahur

usaha rumahan di bulan ramadhan

Walau Anda ingin memanfaarkan momen Ramadhan untuk membuka usaha dari rumah, tetapi Anda harus melihat apakah lingkungan sekitar Anda support atau tidak jika Anda membuka usaha catering.

Karena, usaha ini biasanya akan sangat laris jika Anda tinggal di kota yang notabene warganya sibuk atau di sekitar kos mahasiswa. Sementara, jika Anda tinggal di kampung, ide usaha ini kurang cocok Anda jalankan.

3. Kurma

kurma

Dari penjelasan sebelumnya juga telah kami jelaskan, bahwa Rasulullah menyegerakan berbuka dengan memakan kurma. Berarti, kurma ini menjadi  makanan ringan sekaligus sunah puasa bagi orang yang menjalankan.

Karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim, ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Pasti akan banyak orang yang membeli kurma untuk meneladani sunnah Rasulullah. Selain itu, kurma juga mengandung 60-70% gula dan serat tinggi, sebagai makanan penambah energi setelah seharian berpuasa.

Baca Juga : Cek 7 Ide Usaha Musiman di Bulan Puasa, Laris Manis

4. Buah-Buahan

Ide usaha rumahan di Bulan Ramadhan selanjutnya adalah buah-buahan. Anda bisa menjual aneka buah dari rumah untuk masyarakat sekitar. Lantaran, buah bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Saat Anda berniat menjual buah dari rumah, carilah supplier dan buah yang berkualitas. Karena, buah tidak bisa bertahan lama. Dan lebih baik lagi, jika Anda menjual buah yang memang menjadi favorit saat bulan puasa agar peluang terjualnya semakin besar, diantaranya timun suri, pisang, kolang-kaling, kurma, labu kuning, blewah dan kelapa.

5. Aneka Kue Kering dan Snack Kiloan

Menjual kue kering dan snack kiloan saat masih puasa memang lakunya lebih sedikit. Tetapi, saat menjelang lebaran nanti, peluang laku aneka kue kering dan snack kiloan akan semakin besar. Biasanya orang-orang akan membeli untuk hidangan saat lebaran nanti atau mengirim dalam bentuk hampers kepada kerabat dan teman.

Jadi, jika Anda memiliki bakat untuk membuat kue kering dan snack kiloan, asahlah untuk mengubah bakat menjadi cuan. Pun jika Anda sebagai pemula dan ingin belajar membuat kue kering, belajarlah mumpung momen lebaran masih lama.

6. Jasa Custom Toples, Amplop

Kurang lengkap rasanya jika suguhan dalam toples memiliki rasa enak, tetapi tampilan toples yang digunakan ala kadarnya. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka jasa custom toples agar tampilan meja tamu pelanggan semakin cantik dan menarik dengan toples-toples yang cantik pula.

7. Jasa Penukaran Uang

Menjelang lebaran, banyak orang mencari jasa penukaran uang untuk menukarkan uang dengan nominal besar ke uang dengan nominal kecil. Meskipun kondisinya pandemi, jasa penukaran uang ini masih banyak dicari oleh masyarakat.

Anda bisa memanfaatkan jasa penukaran uang untuk usaha rumahan di bulan Ramadhan. Namun, demi meminimalisir rantai penyebaran virus, hanya tetangga-tetangga sekitar saja atau yang daerahnya hijau yang dianjurkan.

Menurut pengamat sekaligus praktisi ekonomi syariah, Irfan Syauqi Beik dari IPB, hukum penukaran uang dalam Islam diperbolehkan, asal prinsipnya mencakup dua hal. Pertama, nilai tukarnya harus sama besar, jika menukar uang Rp 100.000, maka uang yang dibayarkan juga Rp 100.000. Kedua, transaksi tukar-menukarnya harus di lokasi (on the spot).

Karena dalam praktiknya, masih banyak dijumpai tukar menukar uang Rp 100.000 dengan Rp 110.000. Meskipun Rp 10.000 dikatakan dalih jasa uang, dalam Islam Rp 10.000 ini bisa termasuk riba dan haram. Jangan sampai amalan Ramadhan menjadi pupus akibat menghalalkan praktik seperti ini.

8. Parsel

Merintis bisnis parsel bisa berpeluang mendapatkan cuan jutaan, loh. Pasalnya, lebaran menjadi momen spesial bagi umat Muslim merayakan kemenangan di momen Ramadhan. Nah, biasanya ditandai dengan saling mengirim parsel untuk kerabat dan teman.

Jika kreativitas Anda tinggi dan menghasilkan parsel menarik pada momen Ramadhan ini, maka bisa menjadi bekal untuk terus membuka bisnis parsel di kemudian hari, tidak hanya menjadi bisnis musiman.

9. Baju Lebaran

Menjual baju lebaran saat Ramadhan bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Banyak orang membeli baju baru untuk lebaran. Tak jarang, satu keluarga pun mengenakan baju yang sama.

Karena trend baju itu dinamis, Anda harus meriset model terbaru jika ingin jualan laku. Serta menawarkan baju ‘family package’ sebagai strategi penjualan yang semakin banyak.

10. Perlengkapan Ibadah

Membuka usaha rumahan di Bulan Ramadhan yang satu ini bisa menjadi investasi amal jariyah Anda, loh. Kenapa? Karena yang Anda jual adalah perlengkapan ibadah. Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, bulan dilipatgandakan pahala. Jika si pelanggan membeli dagangan Anda untuk ibadah, Anda sebagai perantara akan kecipratan pahalanya juga. Menarik kan? Untungnya bukan hanya cuan, tapi juga pahala.

11. Jualan Masker

Karena di masa pandemi masyarakat harus selalu menggunakan masker, maka memiliki usaha rumahan di momen Ramadhan dengan menjual masker tidak ada salahnya Anda coba. Buatlah masker-masker menarik, nyaman dan tetap sesuai dengan anjuran pemerintah. Dijamin, laku abis.

12. Jual Produk Kecantikan

Kebayang tidak jika kami menawarkan usaha rumahan di Bulan Ramadhan dengan berjualan produk kecantikan? Mungkin kebayang, mungkin tidak.

Anda bisa menjual produk kecantikan untuk membantu perempuan-perempuan yang kurang perhatian dengan kesehatan kulit wajah. Walau di rumah saja, merawat kulit wajah harus dilakukan. Apalagi jika ingin tampil cantik di hari lebaran.

Sebaiknya, pilihlah produk kecantikan yang tidak hanya terjangkau harganya, tetapi juga halal dan thoyyib saat digunakan. Karena, banyak produk kecantikan yang bahkan tidak memiliki logo halal di pasaran.

13. Jual Produk Kesehatan

Meskipun modalnya bisa dibilang lebih mahal daripada jualan 12 ide usaha di atas, produk kesehatan ini mengalami lonjakan yang lumayan tinggi. Musim pandemi, banyak orang mencari produk kesehatan untuk tetap prima. Ditambah dengan pandemi yang bersamaan dengan bulan puasa. Orang-orang pasti akan lebih perhatian dengan kondisi kesehatan. Salah satunya dengan tetap mengkonsumsi produk kesehatan.

Dari 13 ide usaha rumahan di Bulan Ramadhan di atas, kami coba membuat perbandingan usaha yang paling banyak dibutuhkan masyarakat. Kami masukkan satu per satu dan mengeliminasi yang grafiknya rendah. Berdasar trends.google.co.id, hasilnya ada 5 jenis usaha yang bisa Anda prioritaskan untuk dijalankan, tergantung modal dan kesanggupan.

usaha rumahan di bulan ramadhan

 Proses Pemasaran Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan

Menindaklanjuti eksekusi usaha rumahan, Anda juga harus memikirkan proses pemasaran. Anda bisa memasarkan secara offline dan online.

Secara offline, cobalah untuk memanfaatkan emperan atau depan rumah yang tidak dipakai. Sulap lah area tersebut menjadi tempat berjualan Anda.

Secara online, Anda bisa memasarkan melalui marketplace, memanfaatkan media sosial (WA, IG, FB), atau memanfaatkan iklan Google.

Semua cara bisa Anda maksimalkan dengan praktis. Cukup dari rumah, cuan bisa masuk kantong dengan mudah. Ramadhan pun insya Allah semakin berkah, karena banyaknya cuan bisa meningkatkan banyaknya amalan sedekah.

Itulah 13 ide usaha rumahan di Bulan Ramadhan yang bisa Anda jalankan. Meskipun Anda tidak memiliki modal, tidaklah mengapa. Asal Anda serius, melalui dropship, reseller, atau sistem yang bermodal Rp 0 pun bisa untung banyak. Namun, memang biasanya keseriusan usaha juga dinilai dari seriusnya Anda mengeluarkan modal. Siap eksekusi ide kreatif di Bulan Ramadhan untuk mencetak cuan dari hunian?

Tinggalkan komentar