Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia Resi Otomatis

Marketplace telah menjadi layanan favorit untuk berbelanja. Tidak mengherankan, hanya dengan duduk santai dan bermodalkan ponsel, pesanan bisa langsung tiba di tangan Anda.

Fenomena ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk memulai bisnis online shop baju tanpa harus menyetok barang, yaitu dengan sistem dropship.

Mengingat potensi keuntungan yang besar, tidak heran jika banyak toko di Tokopedia yang menggunakan sistem dropship dari marketplace lain. Berikut ini adalah cara dropship dari Shopee ke Tokopedia.

Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia

Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya mengenal apa itu dropship. Istilah dropship merupakan pengertian dari metode jual beli yang tidak menyediakan stok barang. Cara kerja dropship yakni menjadi jembatan antara pembeli dengan penyedia barang. 

Penjual, yang mendapat sebutan dropshipper, menjual barang yang didapat dari pihak ketiga dan mengirimkan langsung ke pembeli.

Perbedaan reseller dan dropship terdapat pada sistem kerja. Jika reseller harus membeli produk terlebih dahulu, dropship hanya sebagai penyalur. 

Pihak ketiga sebagai penyedia barang bisa dari produsen maupun pemasok besar. Hal paling dibutuhkan dropshipper agar dapat menjual barang adalah foto produk yang menarik.

Pun satu-satunya langkah transaksi yang perlu dilakukan dropshipper adalah melakukan promosi. 

Kok bisa demikian? Ya, karena proses produksi, pengemasan, hingga pengiriman barang dilakukan oleh pihak ketiga yang menjadi supplier dropship.

Bisnis ini termasuk bisnis yang menjanjikan keuntungan yang cukup besar dengan modal minimal. Pun risiko yang muncul bisa sangat kecil mengingat tidak mengandalkan produksi dan stok.

Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia

Shopee dan Tokopedia menjadi dua marketplace andalan masyarakat Indonesia untuk berbelanja. Menjadi dropship antar kedua e-commers bisa sangat menguntungkan. Skema sederhananya yakni Anda memilih barang di Shopee untuk dijual di Tokopedia. 

Baca juga:  Gaji Karyawan Shopee 2024 untuk Semua Jabatan

Sebelum mengikuti cara dropship dari Shopee ke Tokopedia, pastikan telah memiliki akun di kedua marketplace, ya! 

1. Masuk ke akun Shopee dan masukkan kata kunci barang yang diinginkan

cara dropship dari Shopee ke Tokopedia

Begitu membuka aplikasi Shopee, masukkan keyword barang yang ingin dijual di akun Toko Tokopedia Anda. Misalnya, tas pria atau baju atasan wanita.

2. Pilih barang yang mau dijual

cara dropship dari Shopee ke Tokopedia

Tentukan toko yang menyediakan barang sebagai supplier. Lihat review dan ratings yang pembeli sebelumnya berikan. Ini merupakan salah satu langkah memastikan pemasok barang dapat dipercaya.

3. Hubungi penjual atau calon supplier

Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia

Sebagai dropship, beberapa toko memberikan tarif berbeda pada produk-produknya. Untuk memastikan, hubungi penjual calon supplier tangan pertama Shopee melalui fitur pesan. Anda bisa menanyakan apakah ada diskon khusus dropshipper, bagaimana ketentuannya. 

Catatan : langkah cara dropship dari Shopee ke Tokopedia yang satu ini bisa Anda lewatkan jika merasa sudah cocok atau pernah bertanya sebelumnya.

4. Simpan gambar produk dari toko supplier Shopee

Cara Dropship dari Shopee ke Tokopedia

Karena dropship tidak menyediakan stok barang, maka kecil kemungkinan memiliki foto sebagai contoh produk.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengunduhnya dari toko supplier. Akan lebih baik jika Anda meminta langsung pada penjual agar mendapatkan kualitas foto terbaik.

5. Buka toko di akun Tokopedia

cara dropship dari Shopee ke Tokopedia

Langkah selanjutnya, buka aplikasi Tokopedia. Lakukan pendaftaran sebagai merchant atau penjual di marketplace tersebut.

Penuhi persyaratan, berikan deskripsi toko, gunakan foto profil agar memberikan kesan ‘terpercaya’ meski toko baru berdiri. 

6. Unggah foto produk dari Shopee di Tokopedia

cara dropship dari Shopee ke Tokopedia

Bila persiapan toko telah selesai, upload foto produk yang sudah Anda dapatkan dari supplier. Sebelumnya, Anda dapat memberikan watermark atau tanda khusus yang mengidentifikasikan toko milik Anda. Dengan demikian, pembeli dapat mengingat dan kembali ke toko Anda kapan saja.

Baca juga:  Cara Mencairkan Shopee Paylater ke Rekening atau DANA

Anda juga bisa melengkapi deskripsi produk sedetail mungkin. Masukkan beberapa keyword terkait yang dapat mengarahkan calon pembeli pada produk Anda.

Langkah ini berguna meningkatkan rasa percaya pembeli sebagai cara dropship dari Shopee ke Tokopedia.

7. Proses pemesanan produk di Tokopedia 

Jika telah mendapatkan pembeli, lakukan transaksi pada umumnya. Pembeli dapat menyelesaikan pembelian setelah menentukan ukuran, warna, atau fitur lainnya dan melakukan pembayaran. Pastikan pembeli melakukan pembayaran sebelum Anda memesan ke supplier

8. Kembali ke Shopee untuk membuat pesanan

cara dropship dari Shopee ke Tokopedia

Buka kembali produk dan toko yang sudah Anda ‘tembak’ sebagai supplier barang. Lakukan transaksi seperti konsumen biasa.

Perlu diperhatikan, gunakan alamat pembeli di Tokopedia sebagai tujuan pengiriman. Pun pilih menu dropship di bagian bawah.

Anda dapat memberikan catatan pada supplier sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Pastikan meminta resi otomatis pada supplier untuk diberikan pada pembeli di Tokopedia. 

Transaksi cara dropship dari Shopee ke Tokopedia ini bisa Anda lakukan dengan mudah. Bahkan mulai pemilihan produk hingga mengunggah foto ke Tokopedia bisa memakan waktu hanya satu jam. Sangat mudah, bukan?

Tips Menjadi Dropshipper Shopee ke Tokopedia

Ada beberapa hal penting yang harus dikerjakan sebelum melakukan dropship dari Shopee ke Tokopedia, yaitu:

  • lakukan riset kebutuhan pasar di masing-masing marketplace. Dengan demikian, toko Anda dapat terus bersaing memenuhi kebutuhan pelanggan. Jika masih bingung, Anda bisa cek ide jualan online yang pasti laku.
  • Tips lain yang bisa Anda ikuti saat melakukan penjualan adalah memaksimalkan konten guna keperluan marketing.
  • Jangan ragu memberikan deskripsi sejelas mungkin terhadap barang yang Anda jual. Selain memudahkan saat memilih, deskripsi lengkap juga membantu Anda mengurangi pertanyaan pembeli.
  • Jangan lupa untuk menjaga performa toko. Balas pesan pertanyaan konsumen secara responsif dan ramah. Berikan pengalaman belanja terbaik bagi pembeli dengan cara tingkatkan intensitas membalas pesan.
Baca juga:  Apa itu Rekber Shopee? Biaya, Cara Kerja, dan Keuntungan

Hasilnya, performa toko akan ikut meroket dan bisa mendapatkan badge toko pro merchant dari Tokopedia. 

Anda dapat mencoba cara dropship dari Shopee ke Tokopedia sebagai alternatif menjual barang. Mudah dilakukan, pun memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan di era digital. 

Bagikan:

Tinggalkan komentar