Profesi Yakult Lady : Gaji, Keuntungan, & Sistem Kerja

Hampir semua masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan ibu-ibu berseragam kotak-kotak merah putih yang menjajakan susu fermentasi bernama Yakult. Yap! Ibu-ibu itu adalah para Yakult Lady.

Artikel ini akan membahas seputar profesi Yakult Lady, mulai dari syarat, cara kerja, gaji, serta tips. Selamat menyimak!

Profesi Yakult Lady

yakult lady

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar nama Yakult Lady. Yakult Lady merupakan istilah yang diberikan pada seorang wanita yang bekerja sebagai karyawan dengan tugas mengantarkan produk yakult dari pintu ke pintu, dari rumah ke rumah, dari warung ke warung, di berbagai daerah.

Keberadaan Yakult Lady merupakan salah satu strategi direct sales yang dilakukan oleh produsesn minuman yakult yaitu PT Yakult Indonesia Persada.

Dengan adanya Yakult Lady juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) untuk memberdayakan perempuan.

Jadi, dengan adanya program Yakult Lady, diharapkan banyak perempuan yang awalnya tidak memiliki pekerjaan bisa mendapatkan pekerjaan dan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan. Kenapa yang dipilih adalah ibu-ibu?

Menurut Presiden Direktur PT Yakult Indonesia Persada, Hiroshi Kawaguchi, pemilihan ibu-ibu sebagai Yakult Lady karena perusahaan menilai perempuan memiliki kelebihan khusus sebagai pusat informasi berjalan.

Selain itu, ibu-ibu Yakult Lady bisa membangun kedekatan dengan pelanggan yang juga didominasi oleh ibu rumah tangga.

Hiroshi Kawaguchi juga mengatakan bahwa Yakult Lady menjadi ujung tombak pemasaran bagi perusahaan.

Kenapa? Karena sekitar 51 – 52% penjualan Yakult berasal dari Yakult Lady. Oleh karena itu, peran Yakult Lady ini sangat penting bagi perusahaan.

Baca juga:  Lowongan Kerja di Jepang untuk Wanita 2024, Ini Syaratnya!

Baca juga: Field Collection Home Credit

Cara Menjadi Yakult Lady

Apakah Anda tertarik untuk menjadi Yakult Lady? Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari menjadi Yakult Lady, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan. Apa saja itu? Berikut ini syarat menjadi Yakult Lady.

  • Wanita
  • Usia 23 – 38 tahun
  • Memiliki tanggung jawab dan disiplin
  • Memiliki keinginan untuk bekerja lebih tinggi
  • Untuk menunjang pekerjaan Yakult Lady wajib memiliki kendaraan pribadi seperti sepeda atau motor untuk mengunjungi rumah konsumen.

Selain itu, Anda juga diharuskan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Karena nantinya kemampuan ini akan sangat berguna saat Anda menjalankan tugas. Anda juga akan mendapat nilai tambahan jika Anda memiliki kendaraan sendiri.

Setelah Anda merasa telah memenuhi semua persyaratannya, Anda bisa langsung mendaftarkan diri. Untuk menjadi Yakult Lady bisa dilakukan langsung di kantor cabang Yakult terdekat atau secara online melalui website resmi Yakult. Nantinya, Anda akan menjalani serangkaian tes.

Jika Anda lolos, saat pertama kali bergabung, di pengambilan awal Anda harus mengambil Yakult dengan jumlah tertentu.

Untuk stok selanjutnya, Anda akan mendapatkan suplay langsung dari perusahaan. Kesempatan menjadi Yakult Lady akan semakin besar jika di kota Anda belum ada atau masih sedikit Yakult Lady nya.

Sistem Gaji Yakult Lady

Secara umum pendapatan gaji Yakult Lady berkisar di angka Rp2.500.000 hingga Rp3.000.000 per bulan. Sedangkan gaji untuk koordinator Yakult kurang lebih di atas Rp4.000.000 per bulan.

Sistem gaji Yakult Lady adalah gaji pokok ditambah dengan bonus dari penjualan produk. Jadi, semakin banyak produk yang berhasil Anda jual, maka bonus yang akan Anda terima juga akan semakin besar.

Untuk setiap penjualan 6 botol Yakult memperoleh keuntungan sebesar Rp2.000. Jumlah ini sepenuhnya diterima Yakult Lady tanpa ada biaya lain.

Baca juga:  Gaji Sales Mobil 2024 : Toyota, Wuling, Honda, & Mitsubishi

Selain itu, sistem gaji Yakult Lady juga akan dipengaruhi oleh UMR atau UMK wilayah tempat kerja.

Baca juga: Pekerjaan Dengan Gaji Tinggi Untuk Wanita

Sistem Kerja Yakult Lady

Sistem kerja Yakult Lady di tiap hari adalah bekerja selama 5 jam sehari. Durasi 5 jam ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama yaitu 3 jam di pagi hari.

Sedangkan untuk tahap kedua adalah 2 jam di sore hari. Untuk hari libur Yakult Lady, bisa ditentukan sendiri oleh masing-masing Yakult Lady.

Untuk tugasnya, sudah jelas sekali, Yakult Lady bertugas mengantar Yakult ke berbagai tempat seperti toko kelontong, kantor, institusi pendidikan, rumah warga, dan lain sebagainya.

Untuk target penjualan, tiap Yakult Lady memiliki targetnya sendiri. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu Yakult Lady.

Namun, biasanya target penjualan dalam satu hari dipatok pada angka 300 sampai 400 botol. Kembali lagi ke penjelasan di atas, target ini bisa berubah tergantung dengan kemampuan masing-masing Yakult Lady.

Jika Anda menjadi Yakult Lady, Anda bisa menjual produk melebihi target untuk mendapatkan bonus lebih banyak.

Untuk bisa mendapatkan bonus yang lebih besar, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Mulai berjualan lebih pagi atau lebih awal. Hal ini bisa membantu Anda menargetkan produk untuk terjual lebih banyak. Karena ibu-ibu suka berbelanja di pagi hari.
  • Menawarkan produk kepada siapapun yang ditemui. Termasuk bapak-bapak, remaja, atau bahkan anak-anak. Karena Yakult adalah minuman yang cocok untuk diminum berbagai kalangan usia.
  • Berpenampilan menarik serta bersih saat menjalankan tugas. Dengan berpenampilan menarik dan bersih, bisa membuat orang tertarik untuk membeli dagangan Anda. Selain itu, Yakult juga terkenal sebagai minuman yang sehat dan steril. Oleh karena itu, Anda harus mempresentasikannya dalam penampilan yang bersih agar calon pembeli semakin yakin.
Baca juga:  Rasanya Kerja Di Konsultan Bisnis Dan Penilai Aset? Banyak Poin Plusnya!

Nah, Anda bisa mencoba tips itu saat menjalankan tugas sebagai Yakult Lady.

Baca juga: Pekerjaan di Korea untuk Wanita

Keuntungan dan Resiko Menjadi Yakult Lady

Mungkin Anda bisa mengetahui beberapa keuntungan menjadi Yakult Lady untuk menambah keyakinan jika ingin memilih Yakult Lady sebagai profesi. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai Yakult Lady.

  • Memperoleh gaji diatas UMR
  • Mendapatkan bonus jika telah mencapai target
  • Memiliki jam kerja yang fleksibel dengan durasi 5 jam per harinya.

Nah, apakah Anda sudah semakin yakin untuk menjadi Yakult Lady? Namun, Anda juga harus mengetahui beberapa resiko menjadi Yakult Lady agar nantinya Anda bisa menyiapkan diri atau bahkan mencari cara untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa resiko menjadi Yakult Lady.

  • Target lumayan besar berkisar 300-400 botol dalam sehari
  • Anda harus berkeliling untuk menjajakan produk
  • Anda juga diharuskan memiliki kendaraan untuk berkeliling.

Itulah beberapa informasi mengenai keuntungan dan resiko yang bisa Anda dapat jika menjadi Yakult Lady. Demikianlah penjelasan mengenai Yakult Lady. Menjadi Yakult Lady bisa menjadi salah satu opsi profesi untuk mendapatkan penghasilan. Semoga beruntung!

Bagikan:

Tinggalkan komentar