Lowongan Kerja di Jepang untuk Wanita 2024, Ini Syaratnya!

Susahnya mencari kerja di negara sendiri karena keterbatasan lowongan pekerjaan dan lain sebagainya, menjadikan banyak masyarakat Indonesia baik pria maupun wanita memilih bekerja sebagai TKI.

Gaji TKI di Jepang terbilang sangat tinggi, oleh karena itu Jepang menjadi salah satu negara yang sering dituju oleh TKI. Bahkan pemerintah melakukan kerjasama dengan pemerintah Jepang untuk penyediaan lowongan kerja di Jepang.

Jika Anda seorang wanita dan ingin menjadi TKI terutama di Jepang, artikel ini bisa membantu Anda memberi informasi mengenai lowongan kerja di Jepang untuk wanita.

Artikel ini juga akan memberi informasi mengenai situs lowongan kerja Jepang dan agen tenaga kerja ke Jepang yang terpercaya. Selamat menyimak!

Syarat Umum Kerja di Jepang untuk Wanita

Lowongan Kerja di Jepang untuk Wanita

Sebelum membahas lowongan kerja di Jepang untuk wanita, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui apa saja syarat kerja di Jepang untuk wanita agar bisa mempersiapkan persyaratan dengan baik. Berikut ini syarat kerja di Jepang untuk wanita secara umum.

Kemampuan Bahasa Jepang

Karena bekerja di Jepang, sudah pasti Anda harus memiliki kemampuan Bahasa Jepang yang baik agar tidak terdapat hambatan saat bekerja. Minimal Anda harus lulus Japanese Language Proficiency Test (JLPT) tingkat N4.

Jika Anda bekerja di Jepang melalui LPK atau agen tenaga kerja luar negeri, biasanya Anda akan mendapat pelatihan terlebih dahulu sebelum keberangkatan. Anda juga bisa mengikuti kursus atau menonton video pembelajaran Bahasa Jepang untuk berlatih.

Tingkat Pendidikan

Biasanya, syarat tingkat pendidikan untuk bisa bekerja di Jepang adalah minimal SMA/SMK. Namun hal ini tidak bersifat pasti.

Syarat tingkat pendidikan juga dipengaruhi dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar, karena lowongan kerja di Jepang lulusan SMK/sederajat akan berbeda dengan lowongan kerja lulusan S1 atau tenaga ahli.

Baca juga:  Ketika Introvert Menjadi HRD Fresh Graduate, Ini Rasanya!

Medical Check Up

Sebelum berangkat kerja ke Jepang, Anda juga disyaratkan untuk melakukan medical check up. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa Anda dalam keadaan sehat dan benar-benar siap untuk bekerja di Jepang. Karena Jepang cukup selektif mengenai kesehatan fisik dan mental calon karyawan.

Itulah beberapa persyaratan umum untuk bisa kerja di Jepang. Persyaratan umum lain seperti KTP, VISA, surat persetujuan keluarga, dan lain sebagainya juga harus Anda persiapkan.

Untuk syarat kerja di Jepang untuk wanita lulusan SMK/sederajat seperti minimal dan maksimal umur, tinggi badan, serta keahlian khusus menyesuaikan lowongan yang ingin dilamar.

Contohnya, dilansir dari gapai.id, lowongan kerja di Jepang untuk wanita minimal lulusan SMA/SMK/sederajat di bidang peternakan, menambahkan syarat minimal tinggi badan 150 cm.

Baca juga: Perbandingan Gaji Kerja di Jepang dan Korea Selatan

Lowongan Kerja di Jepang untuk Wanita

lowongan kerja di Jepang untuk wanita

Setelah mengetahui syarat kerja di Jepang untuk wanita, selanjutnya adalah informasi seputar lowongan kerja di Jepang untuk wanita 2024.

Caregiver (Perawat Lansia)

Lowongan kerja di Jepang untuk wanita yang pertama adalah caregiver atau perawat lansia. Kualifikasi yang dibutuhkan antara lain adalah:

  • Wanita (belum menikah)
  • Usia 18 – 32 tahun
  • Minimal lulusan SMA/SMK
  • Belum berpengalaman dan tidak perlu bisa Bahasa Jepang
  • Bersedia mengikuti pendidikan sampai pra keberangkatan.

Pekerjaan perawat lansia di Jepang termasuk salah satu pekerjaan gaji tinggi untuk wanita. Gaji perawat lansia di Jepang, berkisar antara 200.000 yen hingga 600.000 yen sebulan atau jika dirupiahkan sebesar Rp 21,7 juta hingga Rp 63,6 juta sebulan.

Perhotelan atau Restoran

Lowongan kerja di Jepang untuk wanita selanjutnya ada di bidang perhotelan atau restoran di daerah Hokkaido. Kualifikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah:

  • Pria atau wanita
  • Memiliki sertifikat bahasa Jepang berupa JFT (Japan Foundation Test of Basic Japanese)
  • Memiliki SSW (status visa/ijin tinggal bagi warga negara asing di Jepang) bidang perhotelan atau restoran
  • Diutamakan berpengalaman.
Baca juga:  Contoh Foto Full Body untuk Melamar Kerja

Gaji karyawan Hotel di Jepang yang bisa Anda dapatkan sekitar 186.230 yen atau setara dengan 21 juta rupiah. jika Anda bekerja lembur, Anda juga akan mendapatkan gaji tambahan.

Peternakan

Masih di kawasan Hokkaido, lowongan kerja di Jepang untuk wanita selanjutnya di bidang peternakan. Tugas utamanya adalah menjaga kebersihan dan membersihkan kandang kuda pacu. Kualifikasi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Pria atau wanita
  • Bersedia ditempatkan di peternakan kuda pacu
  • Memiliki sertifikat JFT
  • Memiliki sertifikat SSW di bidang peternakan.

Di bidang ini Anda bisa mendapatkan gaji sekitar 194.000 yen atau setara dengan 22,5 juta rupiah.

Bidang Lainnya

Itulah 3 lowongan kerja di Jepang untuk wanita yang bisa Anda ketahui. Selain 3 bidang pekerjaan itu, ada bidang pekerjaan lain yang bisa Anda lamar.

Menurut undang-undang dan MOU antara Jepang, lowongan kerja di Jepang untuk orang Indonesia selain 3 bidang di atas antara lain adalah:

  • Pembersih bangunan/cleaning service
  • Perikanan
  • Industri pengolahan makanan dan minuman
  • Konstruksi
  • Industri material
  • Industri permesinan
  • Industri perlengkapan elektronik
  • Perbaikan mobil
  • Industri perkapalan
  • Pertanian/perkebunan.

Nah, itulah beberapa lowongan kerja di Jepang untuk orang Indonesia baik pria maupun wanita.

Baca juga: Pekerjaan di Korea untuk Wanita

Situs Lowongan Kerja Jepang yang Terpercaya

Informasi lain seputar lowongan kerja di Jepang bisa Anda dapatkan melalui situs lowongan kerja Jepang yang terpercaya seperti:

  • Gapai by academic (gapai.id)
  • Jobsinjapan.com
  • Jobs.gaijinpot.com
  • Jobs.bfftokyo.com
  • tbs-recruitment.com
  • Situs agen kerja luar negeri resmi seperti www.kalipsukses.com dan www.abul.co.id
  • Situs perusahaan, beberapa perusahaan mempublikasikan lowongan melalui situs resmi mereka.

Anda bisa mendapatkan informasi seputar lowongan kerja di Jepang melalui situs-situs tersebut. Tetap waspada mengenai situs lowongan kerja Jepang yang ilegal.

Jalur Kerja di Jepang untuk Wanita

Apakah Anda tertarik untuk bekerja di Jepang? Anda bisa bekerja di Jepang melalui beberapa cara.

Anda bisa kerja di Jepang melalui Depnaker (Kemnaker) dan melalui agen penyalur tenaga kerja luar negeri. Berikut ini informasi selengkapnya mengenai cara kerja di Jepang.

Baca juga:  8 Perbedaan Magang dan Kerja di Jepang dari Segala Aspek

Kerja di Jepang Melalui Kemnaker

Cara pertama untuk bisa kerja di Jepang ialah dengan mengikuti program G to G Jepang yang dimiliki oleh Kemnaker.

Indonesia telah bekerja sama dengan International Manpower Development Organization Japan (IM-Japan) untuk menyediakan pekerjaan bagi orang Indonesia.

Melalui program ini ada banyak lowongan kerja di Jepang untuk orang Indonesia seperti yang telah dijelaskan di atas. Meski proses seleksi yang ketat, tapi Anda bisa bekerja di Jepang dengan masa kerja selama 5 tahun.

Kerja di Jepang Melalui Agen Tenaga Kerja

Selain cara kerja di Jepang melalui Depnaker (Kemnaker), Anda juga bisa bekerja di Jepang melalui agen tenaga kerja. Ada banyak agen yang menyalurkan tenaga kerja ke luar negeri termasuk Jepang.

Salah satu agen tenaga kerja ke Jepang yaitu PT Kalip Sukses Berjaya. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kerja ke Jepang melalui agen ini di situs resminya yaitu www.kalipsukses.com.

Selain PT Kalip Sukses Berjaya, Anda juga bisa kerja ke ke Jepang melalui PT Abul Pratamajaya, PT Bangun Gunungsari, dan PT Las Olas Indonesia.

Informasi mengenai daftar agen kerja ke luar negeri yang resmi dan terpercaya bisa Anda dapatkan melalui website resmi BP2MI di www.bp2mi.go.id.

Baca juga: Gaji Magang di Jepang

Nah, itulah informasi seputar lowongan kerja di Jepang untuk wanita beserta jalur kerja di Jepang. Jika Anda ingin menggunakan agen tenaga kerja, pastikan agen tersebut resmi dan terpercaya. Selalu waspada terhadap agen ilegal dan segala macam bentuk penipuan!

Bagikan:

Tinggalkan komentar