Rekomendasi Agen Kerja Luar Negeri yang Aman & Terpercaya

Mau jadi TKI daftar kemana? Jika Anda tertarik untuk bekerja di luar negeri, Anda bisa mendatangi agen kerja luar negeri di daerah Anda. Saat ini sudah sangat banyak perusahaan atau agen penyalur tenaga kerja luar negeri. Namun Anda harus selalu waspada dengan agen bodong.

Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi seputar agen kerja luar negeri yang resmi dan terpercaya. Selamat menyimak!

Apa itu Agency TKI?

Secara garis besar, agency TKI adalah perusahaan atau agen penyalur tenaga kerja ke luar negeri. Yang mana para agen ini akan membantu dan memfasilitasi keberangkatan WNI yang bertujuan untuk bekerja di luar negeri. Di Indonesia, perusahaan atau agen kerja luar negeri ini memiliki nama resmi yaitu Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS).

Sudah sangat banyak agen penyalur tenaga kerja ke luar negeri yang membuka jasa membantu keberangkatan calon TKI. Bahkan ada beberapa agen kerja luar negeri yang memiliki program pelatihan bagi calon TKI, seperti pelatihan bahasa.

Cara Memilih Agen Kerja Luar Negeri yang Aman dan Terpercaya

agen kerja luar negeri

Di antara banyaknya agen kerja luar negeri, Anda harus bisa memilih dan memilah mana  agen kerja luar negeri terpercaya dan mana agen kerja luar negeri tipuan. Anda bisa memperhatikan beberapa indikator berikut ketika memilih agen kerja luar negeri.

1. SIUP

Indikator pertama adalah adanya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang sudah terdaftar. SIUP adalah surat izin untuk perusahaan di bidang perdagangan barang ataupun jasa yang dikeluarkan oleh Kepala Kantor Perindustrian dan Perdagangan Tingkat 2 atas nama menteri.

Jika perusahaan tersebut mencantumkan alamat dengan jelas dan terbukti kebenarannya, maka bisa dipastikan perusahaan tersebut sudah mengantongi SIUP.

2. Penanggung Jawab Perusahaan

Pastikan penanggung jawab perusahaan sudah jelas. Anda dapat memeriksanya melalui website resmi pemerintah tentang penyaluran tenaga kerja Indonesia, seperti sipermit.id (website resmi Perwakilan RI di Malaysia berisi informasi mengenai Pekerja Migran Indonesia di Malaysia) atau website resmi Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia di www.bp2mi.go.id.

Baca juga:  Pangkat, Golongan dan Jabatan PNS Terbaru, Makin Mantap!

3. Perhatikan Identitas Petugas Agen

Jika Anda mendatangi atau didatangi oleh petugas agen kerja luar negeri, pastikan Anda mengetahui identitasnya. Identitas penting yang harus Anda ketahui adalah nama, surat tugas dari perusahaan, serta nomor telepon kantor pusatnya.

4. Pahami dan Cermati Proses Seleksi

Pastikan tidak ada proses yang ganjil dan aneh saat seleksi. Biasanya, proses seleksi terdiri dari pendaftaran, tes kemampuan, tes wawancara, medical check up, pembuatan visa dan dokumen penting lainnya, pelatihan bahasa, serta beberapa pelatihan lain yang disesuaikan dengan negara tujuan.

Untuk informasi lanjutan mengenai pekerjaan di luar negeri bisa Anda dapatkan melalui website resmi Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau langsung mendatangi kantor terdekat.

Baca juga: Gaji Petik Buah di Australia

Agen Penyalur Tenaga Kerja ke Luar Negeri

Ada banyak agen penyalur tenaga kerja ke luar negeri yang telah tersedia untuk membantu keinginan Anda menjadi TKI. Berikut ini beberapa profil agen kerja luar negeri terpercaya.

1. PT. Abul Pratamajaya

Salah satu agen kerja ke luar negeri di Jakarta adalah PT. Abul Pratamajaya. Berdiri sejak tahun 1989, PT. Abul Pratamajaya berlokasi di Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 149, Tebet, Kel. Tebet Timur, Kec. Tebet, Kota Adm. Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

PT. Abul Pratamajaya merupakan salah satu PPTKIS yang telah berlisensi dan disetujui oleh pemerintah dengan nomor lisensi No. 328 Tahun 2016. Menyediakan pekerjaan di berbagai negara seperti Arab Saudi, Singapura, Malaysia, Taiwan, Korea, dan lainnya. Agen ini juga telah bekerjasama dengan banyak perusahaan dan agen kerja luar negeri untuk menyediakan berbagai bidang usaha.

Beberapa bidang pekerjaan yang dilayani oleh PT. Abul Pratamajaya antara lain:

  • Teknik Sipil & Konstruksi
  • Pertambangan, Minyak Bumi dan Gas
  • Hotel, Restoran dan Bakery
  • Perawat dan Perhotelan
  • Elektronik dan Industri Garmen
  • Pembangkit Listrik
  • Pengemudi Terampil
  • Informasi dan Teknologi
  • Department Store dan Petugas Satpam
  • Kebutuhan tenaga kerja individu dan bidang lainnya
Baca juga:  10 Lowongan Kerja Tanpa Ijazah Gaji Besar yang Harus Dicoba!

Jenis pekerjaannya seperti barista coffee shop, waiter, hotel housekeeping, tukang kayu, penjaga toko, dan masih banyak lagi. Pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak terbatas untuk laki-laki saja. Perempuan juga bisa mendaftar. Anda bisa mencocokkan jenis pekerjaan yang sedang dibutuhkan dengan kemampuan yang Anda miliki.

Info lebih lanjut mengenai PT. Abul Pratamajaya bisa Anda temukan di website resminya melalui www.abul.co.id.

2. PT. Kalip Sukses Berjaya

Perusahaan atau agen kerja luar negeri selanjutnya adalah PT. Kalip Sukses Berjaya. Berlokasi di Jl. Yayasan Nurul Huda No.26a, Kel. Bantargebang, Kec. Bantargebang, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat ini telah mengantongi keputusan resmi dari Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia nomor 144 tahun 2017 sebagai Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI).

Negara tujuan penyaluran tenaga kerja yang tercover di PT. Kalip Sukses Berjaya antara lain adalah Taiwan, Jepang, Hongkong, Singapura, dan Malaysia. TKI yang mendaftar melalui PT. Kalip Sukses Berjaya akan ditempatkan di berbagai sektor pekerjaan. Sektor pekerjaan tersebut antara lain:

  • Pekerja Pabrik
  • Pekerja Konstruksi
  • Nelayan/pelaut
  • Perawat
  • Penata laksana rumah tangga

Bagi Anda yang berada di daerah Bekasi dan tertarik untuk mendaftar melalui PT. Kalip Sukses Berjaya bisa langsung mendatangi kantornya. Anda juga bisa menghubungi PT. Kalip Sukses Berjaya melalui nomor telepon 02182607110 atau LINE: kalipsuksesbersama. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan di website resminya yaitu www.kalipsukses.com.

3. PT. Las Olas Indonesia

Agen kerja luar negeri di Bali salah satunya adalah PT. Las Olas Indonesia. Telah memiliki ijin resmi Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang memiliki jaringan luas untuk penempatan tenaga kerja di dalam dan luar negeri, seperti pariwisata dan lainnya. Las Olas juga telah bersertifikasi Maritime Labour Convention (MLC) 2006 oleh Llyod’s Register Asia (LR).

Anda bisa mengunjungi PT. Las Olas Indonesia yang berlokasi di Jalan Hayam Wuruk No. 274, Desa/Kelurahan Sumerta Kelod, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Atau menghubungi melalui:

  • Email : agungwidnyana@lasolas.id
  • Telepon : +623614783865
  • Whatsapp : +6281999988900
  • Website : www.lasolas.id

4. PT. Bangun Gunungsari

PT. Bangun Gunungsari merupakan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang telah beroperasi mulai tahun 1988. PT. Bangun Gunungsari telah bekerjasama dengan banyak perusahaan di berbagai negara tujuan.

Baca juga:  Lowongan Kerja di Jepang untuk Wanita 2024, Ini Syaratnya!

Untuk penempatan pekerja di sektor informal (pembantu rumah tangga) menyasar negara seperti Hongkong, Taiwan, Singapura, dan Malaysia saja. Sedangkan untuk sektor formal (pekerja terampil seperti pengasuh, perawat, pekerja umum untuk industri manufaktur, perkebunan, pertanian, jasa kebersihan, dan lain-lain) tersebar ke berbagai negara.

PT. Bangun Gunungsari juga menyediakan pelatihan seperti pelatihan Bahasa Inggris, Mandarin, Arab, Korea, Jepang, pelatihan menjadi perawat, pembersih, mekanik, terapis spa, tukang las, dan lain sebagainya. Hal ini ditujukan untuk memberikan keterampilan kerja pada calon pekerja.

Anda bisa mengunjungi kantor pusat PT. Bangun Gunung Sari di Jl. Raya Legok (Bunderan Tol), Kel. Legok, Kec. Gempol, Kab. Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Atau Anda bisa menghubungi melalui:

  • Telepon : +62343655518
  • Email : info@ptbgs.co.id
  • Instagram : @bangungunungsari
  • Website : www.ptbgs.co.id

Baca juga: Gaji Magang di Jepang

Tutorial Melihat Daftar Lengkap Penyalur Tenaga Kerja Resmi

Untuk melihat daftar lengkap penyalur tenaga kerja resmi yang terdaftar di bawah naungan KBRI, Anda bisa langsung saja mengakses web sipermit.id. Berikut detailnya:

  • Langsung saja akses website sipermit.id melalui HP atau laptop atau komputer. 
  • Di bagian kiri bawah ada “Indonesia Placement Agency”.
  • Tekan saja pilihan menu “Indonesia Placement Agency” tersebut. Akan muncul semua agensi resmi yang berada di naungan KBRI Kuala Lumpur. Tinggal cari berdasarkan alamat terdekat dari domisili Anda.

Ada banyak sektor yang bisa Anda pilih nantinya, baik di sektor pabrik, konstruksi, perkebunan, dan lainnya. Dengan memilih agen kerja luar negeri resmi, Anda bisa mendapatkan kesejahteraan yang lebih terjamin, masuk berdasarkan MoU, dan mendapat gaji sesuai MoU. 

Harap selalu waspada terhadap agen kerja luar negeri yang tidak mengantongi izin resmi dari pemerintah. Jangan mudah percaya dengan bujukan penghasilan yang sangat tinggi.

Bagikan:

Tinggalkan komentar