Gaji Petik Buah di Australia: Berapakah Upah Pekerja Sebenarnya? Ini Jawabannya!

Gaji Petik Buah di Australia – Pekerjaan memetik buah di Australia terbilang populer. Selain pekerjaan ini fleksibel dan terbuka untuk hampir semua orang, seorang traveler pun bisa mengambil job ini untuk membiayai perjalanannya. Jadi dia bisa terus jalan jalan di Aussie menikmati pemandangan sambil menghasilkan uang. Tidak sedikit juga yang menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan utama. Dengan gaji yang terbilang lumayan, pekerjaan ini berhasil menarik perhatian banyak orang, terutama para pencari kerja.

gaji petik buah di Australia

Postingan ini tidak akan mencampur adukkan perkara visa dan gaji, jadi hanya fokus pada gaji pekerja buah di Australia dan bagaimana kehidupan di sana.

Istilah Umum Pekerjaan Petik Buah di Australia

Memetik buah atau biasa dikenal dengan Fruit Picking sangat populer di kalangan backpacker. Mudah sekali menemukan pekerjaan ini apalagi sedang musim panen. Pekerjaan ini dapat dengan mudah ditemukan di internet seperti pada papan pengumuman lowongan pekerjaan. Dapat juga dari mulut ke mulut.

Ada dua istilah umum dasar dalam pekerjaan pemetik buah untuk tenaga dari luar negara Australia. Istilah yang pertama adalah farmer yaitu tuan tanah atau pemilik ladang yang berperan sebagai bos besar dan menentukan aturan, gaji, tempat tinggal dan sebagainya. Yang kedua adalah kontraktor yang menjadi penanggung jawab segala urusan pekerja.

Tiap Buah Ada Musimnya

Perlu diketahui, kalau panen/petik buah ini ada musimnya dan tergantung daerahnya, misal daerah Queensland untuk panen apel itu sekitar bulan Februari hingga Maret, Kalau di New South Wales pemetikan apel adanya di bulan Februari sampai April dan seterusnya.

Musim terbaik untuk mendapatkan pekerjaan sebagai fruit picking biasanya tergantung dengan wilayahnya. Di Australia sendiri terbagi menjadi dua bagian besar yaitu Australia selatan dan Australia utara. Di bagian selatan biasanya dibutuhkan pekerjaan fruit picking paling tinggi antara bulan November dan Februari. Sedangkan untuk bagian utara, dapat ditemukan pekerjaan ini sepanjang tahun. Sebab di bagian Utara memiliki iklim tropis.

Gaji Petik Buah Di Australia dan Tipe Pembayaran

Opsi tipe pembayaran bisa saja ditentukan oleh perusahaan tempatmu bekerja atau yang anda pilih. Tipe pembayaran pertama, dimana upah minimal untuk memanen buah/sayuran di Australia adalah rata rata sekitar 21.6 dollar Australia (210 ribu rupiah) per jamnya.

Besaran gaji petik buah yang diperoleh pekerja dapat juga berdasarkan jumlah kotak dan jenis kualitas buah yang dipetik. Tentu saja dengan persetujuan pekerja dan pemilik kebun. Untuk buah anggur tanpa biji akan dihargai sekitar AUD 2.50 setara Rp. 25.000 per kotak, sedangkan anggur hijau atau anggur biasa hanya berharga AUD 2-2.30 setara  Rp. 19.000 – Rp. 22.000 per kotaknya. Selain anggur ada pula buah jeruk.  Jumlah bakul jeruk agak lebih besar dengan bakul yang dimiliki anggur sehingga dihargai sekitar AUD 25 setara Rp. 25.000 per kotak. Meski demikian, biasanya memetik jeruk akan dilakukan berpasangan agar lebih cepat dan lebih ringan.

Selain dengan ukuran kotak, ada juga ukuran ember yang lebih besar daripada kotak. Upah tiap ember yang anda isi bervariasi, dari 60 hingga 80 AUD ( sekitar 580ribu – 770 ribu rupiah) per embernya. Tapi kalau dibayar per beratnya, si petani akan menimbang hasil panen mu dan membayar sesuai dengan bayaran yang telah ditentukan. Baik menggunakan kotak atau ember, itu tergantung buah apa yang dipetik dan peraturan tempat anda bekerja.

Jika anda termasuk pekerja yang punya fisik yang kuat, pilih lah tipe pembayaran yang kedua yaitu berdasarkan jumlah kotak/ember buah yang dipetik. Dengan demikian, anda bisa memperoleh gaji yang sedikit lebih besar ketimbang memilih tipe upah per jam. Upah biasanya dibayar tiap minggu berdasarkan tipe pembayaran yang kita pilih (apakah perjam atau per buah). Pembayaran ini bisa ditransfer dan dalam bentuk cash.

Bayaran berdasarkan umur

Meski orang yang berumur 18 tahun dan 20 tahun melakukan pekerjaan yang sama, tapi gaji nya berbeda loh, ini karena faktor umur.

Berapakah Gaji Petik Buah di Australia Berdasarkan Jam Kerja?

Gaji Petik Buah di Australia

Fruit picking terbagi menjadi tiga golongan kerja berdasarkan jam kerja. Pertama karyawan fulltime dimana rata-rata jam kerja yang dimiliki adalah 38 jam per minggunya. Kedua karyawan part time dengan rata-rata jam kerja adalah kurang dari 38 jam atau sekitar 17 hingga 20 jam per minggunya. Terakhir, pekerja lepas dengan jam kerja ditentukan oleh pemilik kebun.

Per tanggal 1 juli 2019 telah ditetapkan upah minimum per jam untuk karyawan full time, part time dan pekerja lepas berdasarkan penghargaan industri anggur.

  • Karyawan full time dan karyawan part time dengan surat keamanan kerja: Upah yang diberikan pada siang hari dengan tarif per jam sebesar AUD 19,20 setara Rp. 190.000. Upah pada hari sabtu selama musim panen berlangsung  dengan tarif per jam sebesar AUD 24.00 setara Rp. 230.000. Upah pada jam kerja sore atau malam hari (18.00 – 20.00) dengan tarif per jam sebesar AUD 22.08 setara Rp. 210.000.  Upah untuk hari libur umum dengan tarif per jam sebesar  AUD 48.00 setara Rp. 470.000.
  • Karyawan full time dan karyawan part time tidak memiliki surat keamanan kerja : Upah per jam kerja terlepas dari banyaknya jam kerja atau hari AUD 24.00 setara Rp. 230.000. Upah pada hari sabtu selama musim panen berlangsung  dengan tarif per jam sebesar AUD 28.80 setara Rp. 270.000. Upah pada jam kerja sore atau malam hari (18.00 – 20.00) dengan tarif per jam sebesar AUD 26.88 setara Rp. 260.000.  Upah untuk hari libur umum dengan tarif per jam sebesar AUD 52.80 setara Rp. 510.000.

Jam Kerja

Selain itu, biasanya upah petik buah ini lebih tinggi jika bekerja di malam hari (biasanya setelah jam 6 sore). Dan juga ketika bekerja di hari libur, bayarannya bisa 2 kali lipat dari waktu biasanya loh, sampai 43 AUD (410 ribu rupiah) per jamnya.

Perhatikan: Kondisi Kehidupan Pekerja Petik Buah di Australia

Gaji Petik Buah di Australia

Gaji yang anda terima juga ditentukan oleh jenis buah atau sayur yang dipetik. Sebaiknya di awal anda bekerja, JANGAN PERNAH BERHARAP GAJI BESAR! Karena ketika anda masih pemula dan belum tahu teknik petik buah yang benar, akan sulit untuk menghasilkan uang yang banyak. Olehnya itu Anda harus terus belajar dan setelah tahu tekniknya, anda bisa memperoleh gaji yang lebih besar.

Di sini, penting ada nya perjanjian kolektif (kontrak) yang mengatur pemberian gaji. Pastikan harga satuan dan detail lainnya tertera dengan jelas di kontrak tersebut. Dalam hal ini, anda bisa memperoleh bayaran 15 – 20% lebih besar dari upah minimum yang termasuk dalam insentif kerja. Tapi anda wajib tahu cara yang benar dalam memetik buah, dan hal ini tentu akan memakan waktu.

Gaji pada umumnya akan bertambah berdasarkan pengalaman kerja. Namun perlu diketahui, kalau perjanjian kontrak dengan bos anda tidak lah memastikan kalau anda akan digaji minimal sesuai upah minimum. Andaikata anda memiliki kinerja yang sangat lambat, anda akan memperoleh gaji di bawah upah minimum tersebut dan ini tentu saja sah.

Kondisi Kerja

Ketahui bahwa biasanya ada pekerjaan berat yang akan menguras tenaga hingga batasnya. Pekerjaan tersebut membutuhkan kondisi fisik yang fit dan bagus. Jenis pekerjaan seperti ini bisa dikerjakan oleh siapa saja, tidak harus seorang yang berotot. Bahkan wanita biasanya lebih lincah daripada pria dalam mengerjakan tugas tertentu. Jadi, setiap orang punya tempatnya masing masing dalam pekerjaan seperti ini, pria wanita, orang berotot dan biasa, semua.

Gaji Petik Buah di Australia

Hak pekerja

Meskipun anda adalah seorang pekerja asing, anda tentu punya hak. Jangan sampai anda dieksploitasi dan pastikan untuk memperoleh bayaran sesuai dengan upah minimum gaji di sektor anda bekerja. Dalam hal ini, mintalah detail pembayaran seperti ABN, pajak, dan lainnya.

Jika sekiranya bos anda tidak membayar sesuai dengan gaji yang telah ditentukan, anda bisa menghubungi Fairwork, agensi pemerintah yang bertanggung jawab dalam dunia pekerjaan.

Akomodasi

Akan lebih mudah menemukan pekerjaan apabila anda punya kendaraan pribadi dan juga akomodasi. Pada umumnya, karavan, tenda atau ruangan akan disediakan buat para pekerja pemetik buah untuk disewa. Beberapa tempat kerja menyediakan peralatan masak bahkan fasilitas seperti mesin cuci untuk pekerja mereka.

Jika tempat tinggal mu agak jauh dari tempat kerjamu, maka sebaiknya anda punya kendaraan pribadi, karena transportasi umum jarang ada. Jadi, cobalah untuk berbicara dengan pekerja lainnya terkait hal ini. Beberapa tempat kerja juga menyediakan shuttle untuk pegawainya (ada yang gratis dan berbayar)

Bagi penganut agama Islam, kewajiban untuk beribadah tetap bisa dilakukan. Pekerja laki-laki biasanya akan sholat di ladang sementara yang perempuan akan pergi ke kilang untuk menunaikan sholat.

Makanan

Untuk masalah makan, tidak akan sesulit yang kita bayangkan untuk bisa mendapatkan makanan halal bagi penganut agama Islam. Hal ini dikarenakan ada banyak minimarket ataupun kedai yang menjual produk halal. Bahkan kontraktor biasanya akan membawa pekerja ke pasar seminggu sekali untuk berbelanja barang keperluan harian. Namun beda ceritanya jika Anda bekerja di daerah pedesaan.

Makanan akan menjadi tanggung jawab mu sendiri, anda bisa membeli atau memasak sendiri. Tempat pembelanjaan juga sangat jarang di daerah tertentu. Untuk itu, anda bisa bertanya kepada bos atau stafnya tentang tempat untuk membeli perlengkapan yang cocok. Jadi ingat, langsung tanyakan hal ini saat pertama kali tiba di sana karena ini krusial untuk anda bisa bertahan dan menciptakan lapangan kerja sekondusif mungkin.

Hubungan Dengan Pekerja Lain

Bekerja sebagai pemetik buah akan memberimu pengalaman unik dan baru, bertemu dengan banyak orang dari belahan dunia yang berbeda beda. Meski tidak semua pekerja akan baik kepadamu, tetap saja pengalaman yang anda dapatkan akan sangat berkesan. Pekerjaan petik buah ini ternyata bisa dengan mudah anda ganti dengan pekerjaan lainnya karena sifatnya tidak terlalu mengikat. Saya rasa pekerjaan ini memang didesain se fleksibel mungkin.

Berikut beberapa tips memperoleh bayaran besar dari memetik buah. Teknik seperti ini akan sangat berguna terutama buat perusahaan yang menggaji berdasarkan kinerja pekerja nya.

  • Petiklah buah dengan 2 tangan anda
  • Mulai lah memetik buah daru bagian atas, dan turun sedikit demi sedikit sehingga anda tidak perlu menggunakan ember yang berisi ketika naik ke pohon.
  • Jaga kualitas buah, jangan sampai lecet
  • Cobalah untuk mencari teknik petik buah yang cocok dengan mu
  • Jika anda punya teman, cobalah untuk bekerja sama, bantu satu sama lain
  • Lakukan yang terbaik pada hari pertama

Pakaian yang Tepat

Pakai sepatu karet, sarung tangan, dan pakaian yang cocok untuk melindungi mu dari serangga dan panas matahari yang menyengat pada musim tertentu.

Cara Menghindari SCAM Kerja di Australia

Sayangnya, penipuan kerap kali terjadi. Beberapa daerah di Australia yang terkenal sebagai tempat petik buah seperti Gatton, Shepparton, Bundaberg adalah yang paling sering terjadi. Karena itu, jangan pernah membayar akomodasi di muka. Dan kalau anda punya masalah dengan pembayaranmu, silahkan hubungi Fair Work Ombudsman.

2 pemikiran pada “Gaji Petik Buah di Australia: Berapakah Upah Pekerja Sebenarnya? Ini Jawabannya!”

Tinggalkan komentar