Daftar Pekerjaan Di Australia Untuk Orang Indonesia 2024

Banyak dari warga Indonesia yang tertarik untuk bekerja di luar negeri, salah satunya di Australia. Bisa jadi karena karir yang menjanjikan di luar negeri serta nominal gaji yang tinggi.

Walaupun ada beberapa pekerjaan di Australia untuk orang Indonesia, kamu tetap bersaing dengan beberapa faktor untuk mendapat pekerjaan di sana, seperti kualifikasi, bidang pekerjaan yang dipilih, keterampilan, sampai di kota mana kamu akan bekerja dan tinggal.

Akan tetapi jika kamu berniat dan memiliki cita-cita untuk bisa berkarir di Australia, maka ada beberapa pekerjaan di Australia untuk orang Indonesia yang akan dibahas pada artikel berikut.

Daftar Pekerjaan di Australia untuk Orang Indonesia

Pekerjaan Di Australia Untuk Orang Indonesia

Berikut beberapa pilihan pekerjaan di Australia untuk orang indonesia yang sering dipilih.

1. Kerja Di Kapal

Bagi kamu yang menyukai laut, bekerja di kapal tentu menjadi hal yang menyenangkan. Salah satu pekerjaan di Australia untuk orang Indonesia yaitu kamu bisa mencoba bekerja sebagai ABK di kapal ikan Australia.

Umumnya tentu akan diprioritaskan bagi pelamar yang memiliki pengalaman bekerja di kapal ikan luar negeri. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Pekerjaan di kapal yang bisa kamu coba diantaranya sebagai nelayan, teknisi peralatan, operator peralatan tangkapan ikan, dan lainnya. Untuk nelayan sendiri, gaji yang bisa didapatkan yaitu sebesar Rp 30 juta.

2. Pelayan Restoran

Australia memiliki banyak tempat usaha dalam bidang kuliner yakni kafe dan restoran. Menjadi seorang pelayan restoran ini mungkin cocok bagi kamu yang masih belum cukup memiliki pengalaman untuk memulai berkarir di luar negeri.

Sebagai pelayan restoran, kamu bisa mendapatkan gaji sekitar USD$17 – US$20 per jam.

3. Perawat Lansia

Pekerjaan jasa tenaga seperti perawat lansia ini umumnya banyak dicari di luar negeri, salah satunya Australia.

Baca juga:  Agen Kerja ke Australia Sistem Potong Gaji yang Terpercaya

Untuk bisa bekerja sebagai seorang perawat lansia di Australia, tentu harus mengikuti pendidikan terlebih dahulu seperti kursus certificate III di bidang perawatan lansia selama kurang lebih enam bulan.

selain itu, modal utama bagi kamu yang ingin bekerja dibidang ini adalah kesabaran, pengertian, dan memperlakukan lansia di sana seperti keluarga sendiri. Untuk gaji perawat lansia di Australia yang bisa kamu terima yaitu sebesar AUD$29 sampai dengan AUD$31.

4. Pekerja Profesional

Jika kamu memiliki gelar dari universitas atau kualifikasi yang relevan, kamu bisa mendapat pekerjaan profesional di beberapa bidang seperti akuntansi, pemasaran, sumber daya manusia, IT, manajemen proyek, dan banyak lagi.

Gaji yang akan kamu dapatkan sebagai karyawan full-time di Australia adalah sekitar 37,88 AUD atau Rp 384 ribu per jam.

5. Au Pair

Au Pair memungkinkan kamu untuk bergabung dalam sebuah keluarga Australia. Sebagai Au Pair, kamu akan bertanggung jawab atas tugas-tugas seperti mengantar-jemput anak sekolah, mencuci pakaian anak, dan bermain bersama anak.

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan ini, biro kerja seperti AIFS, Smart Au Pairs dapat membantu kamu mencari pekerjaan yang cocok.

Namun perlu diketahui beberapa orang tua mewajibkan untuk memiliki sertifikat Working With Children Check. Gaji yang bisa kamu dapatkan dari pekerjaan ini adalah Rp 8 juta untuk 28 sampai 49 jam kerja per minggu.

6. Pertanian Dan Perkebunan

Peluang kerja di perkebunan Australia menjadi salah satu pekerjaan yang bisa kamu coba. Tugas utamanya biasanya membantu sebuah sektor pertanian atau perkebunan, melakukan perawatan ladang, sampai memanen hasil pertanian dan perkebunan.

Untuk itu, pekerja yang dibutuhkan tentu memiliki kriteria pekerja yang disiplin, rajin, sehat jasmani dan rohani. Gaji yang akan kamu terima jika bekerja di bidang pertanian ini adalah sekitar Rp 17,1 juta per minggu.

Baca juga:  Gaji Perawat Lansia di Australia 2024, Sangat Menjanjikan!

Baca juga: Gaji Petik Buah di Australia

7. Kurir atau Uber

Salah satu aplikasi yang terkenal di Australia adalah Uber Eats, di mana aplikasi ini menyediakan layanan antar makanan dengan cepat dan efisien.

Bekerja sebagai kurir pengantar makanan di Uber Eats merupakan sebuah peluang besar bagi warga negara Indonesia yang ingin memulai karir di Australia sebagai pekerjaan sampingan atau bahkan pekerjaan utama.

Kisaran gaji yang akan kamu dapatkan dari pekerjaan ini adalah sekitar Rp 20 juta sampai dengan Rp 30 juta per minggu.

Setelah kamu melihat beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk mencoba berkarir di Australia, namun tetap ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, diantaranya:

Syarat Bekerja Di Australia

Di bawah ini merupakan beberapa syarat yang perlu kamu ketahui untuk bisa bekerja di Australia:

Memiliki visa dan menguasai bahasa Inggris

Seperti yang sudah kamu ketahui, visa merupakan salah satu dokumen penting yang harus kamu miliki pada saat kamu ingin bekerja di luar negeri.

Selain itu, tentu saja kemampuan berbahasa inggris yang baik sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman saat bekerja.

Biasanya kamu akan diminta untuk melampirkan hasil tes IELTS. Adapun untuk jenis visa kerja yaitu sebagai berikut:

A. Visa Temporary Skill Shortage

Untuk visa jenis ini memungkinkan pemberi kerja di Australia untuk mensponsori pekerja asing dengan keterampilan yang diperlukan, di mana keterampilan tersebut tidak dapat diisi oleh tenaga kerja lokal. Terdapat 2 kategori dalam visa ini, yaitu:

  • Short-term: digunakan untuk kamu yang akan bekerja di Australia selama dua tahun dan dapat diperpanjang satu kali.
  • Medium-term: digunakan untuk kamu yang akan bekerja di Australia selama empat tahun dan dapat diperpanjang atau bahkan diubah menjadi visa residensi permanen jika memenuhi syarat yang telah ditentukan.

B. Visa Graduate Temporary

Untuk jenis visa ini digunakan bagi kamu yang lulusan perguruan tinggi di Australia yang ingin bekerja di Australia untuk sementara waktu setelah menyelesaikan studi. Jenis visa ini juga dibagi menjadi dua kategori, yakni:

  • Graduate Work: digunakan bagi lulusan perguruan tinggi untuk bekerja di Australia selama 18 bulan setelah berakhirnya masa program studi yang berkaitan dengan keterampilan yang dibutuhkan di Australia.
  • Post-study Work: digunakan bagi lulusan perguruan tinggi untuk bekerja di Australia selama dua sampai dengan empat tahun tergantung pada tingkat kualifikasi.
Baca juga:  Daftar Lowongan Kerja Australia Gratis 2024

C. Visa Skilled Regional

Jenis visa kerja Australia ini digunajan bagi para pekerja asing yang telah bekerja di Australia setidaknya dua tahun dan ingin menjadi penduduk tetap di Australia.

Memiliki sertifikat keahlian dan mengikuti training

Beberapa pekerjaan yang ada di Australia mewajibkan bagi si pelamar kerja untuk mengambil sertifikat pendukung sebelum bekerja.

Misalnya, jika kamu ingin menjadi seorang bartender kamu harus memiliki sertifikat RSA atau Responsible Service of Alcohol. Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk mengikuti pelatihan sampai kamu mendapatkan sertifikat yang diperlukan.

Memiliki Tax File Number (TFN)

Tax File Number atau yang kita kenal sebagai nomor pribadi sistem perpajakan di Australia termasuk dokumen yang wajib kamu miliki untuk melakukan pembayaran pajak.

Memiiki rekening bank Australia

Selanjutnya, pada saat kamu bekerja di Australia sudah pasti kamu harus memiliki rekening bank Australia agar proses pembayaran gaji dapat lebih mudah untuk dilakukan.

Nah, itu dia beberapa tentang pekerjaan di Australia untuk orang Indonesia. Semoga dapat membantu kamu dalam mencari informasi seputar pekerjaan di Australia.

Bagikan:

Tinggalkan komentar