Kerja di Kapal Ikan Australia : Lowongan, Gaji, & Syaratnya

Ingin menginjakkan kaki di benua Kanguru dengan menjadi pekerja di kapal ikan Australia? Cita-cita tersebut tidak mustahil untuk Anda wujudkan.

Terlebih Australia menjadi salah satu zona penangkapan ikan terbesar di dunia, pasti peluang karirnya masih cukup besar dan bagus. Namun, perlu Anda ingat, bahwa bekerja di kapal tidak selalu mudah. Ini bukan pekerjaan biasa.

Disana banyak tantangan yang akan Anda hadapi, mulai dari adaptasi dengan budaya, cara kerja di kapal Australia, tantangan fisik, dan aspek lainnya. Berikut info lebih lengkap terkait bagaimana Anda bisa kerja di kapal ikan Australia!

Sekilas Tentang Industri Perikanan di Australia

Meskipun Australia termasuk ke dalam zona penangkapan ikan terbesar di dunia, namun dilansir dari salah satu penelitian yang dilakukan oleh R. Bain dkk.

Hasil perikanan Australia saat penelitian tersebut dipublikasi adalah sekitar 15.000 ton senilai A$390 Juta, mewakili kurang dari 0,2% total produksi dunia. 

Rendahnya produksi di Australia dikarenakan rendahnya produktivitas biologis perairan disana dan relatif kecilnya pasar domestik untuk ikan segar. Nelayan menghadapi persaingan asing di semua pasar utama.

Sebagian hasilnya diekspor ke Eropa, Jepang, dan Amerika Utara untuk bersaing dengan negara lain. Sementara di pasar domestik pun, industri perikanan Australia juga menghadapi persaingan dengan ikan impor. 

Alasan Bekerja di Industri Perikanan Australia

Kerja di Kapal Ikan Australia

Namun jangan patah arang, cita-cita bekerja di industri perikanan Australia masih sangat bagus untuk Anda wujudkan. Beberapa hal di bawah ini bisa Anda jadikan alasan sebagai langkah menuju penghidupan yang lebih baik.

Gaji kompetitif

Gaji kerja di Australia yang ditawarkan untuk posisi ABK memang kompetitif, terutama jika posisi Anda sebagai kapten. Dilansir dari YT Channel Mr. Hey Channel dengan narasumber M Dina Lar S, nelayan tahun pertama bisa mendapat gaji 30 Juta.

Sementara untuk kapten sendiri, gaji per 2 minggunya minimal setara dengan gaji 1 bulan nelayan. Namun, potongan pajaknya juga besar. 

Baca juga:  11 Ide Usaha Modal Kecil Dari Rumah Terbaru, Bisa Cepet Dapat Duit!

Jika Anda mendapat tangkapan ikan yang besar-besar, Anda bisa mendapatkan bonus 10 Juta. Seiring bertambah lamanya Anda bekerja, gaji Anda bisa semakin meningkat.

Per tahunnya Anda bisa mendapat kenaikan gaji A$1000 atau setara dengan 10 Juta. Gaji ini bisa dibayarkan 2x sebulan, setiap tanggal 8 dan 22. Bisa kali ya untuk membeli Alphard?

Kehidupan pelaut perikanan di Australia lebih baik daripada di Asia

Anda pasti juga sering membaca bagaimana pengalaman pelaut di Asia, seperti China. Pasalnya seringkali ABK yang bekerja di kapal China meninggal dunia.

Mereka mendapat perlakuan yang tidak manusiawi, per trip membutuhkan waktu 6 hingga 7 bulan, gaji minim, dan kalau meninggal mayatnya dilarung di laut. Ya meskipun tidak semuanya seperti itu. 

Sementara di Australia, tidak pernah terdengar berita-berita negatif seperti itu. Sistem kerja pelaut perikanan di Australia rata-rata jika bekerja di kapal trawl itu bisa 2 minggu di laut dan 1 malam di darat untuk bongkar muatan di pelabuhan, berulang demikian.

Setelah menyimpan perbekalan, akan kembali ke laut. Total membutuhkan waktu 3 bulan di laut dan setelah itu mendapat cuti 2 minggu di darat. 

Catatan: Kapal ‘trawl’ adalah kapal penangkap ikan dengan menggunakan jaring.  

Operasi membuang jaring dilakukan sekitar pukul 6 pagi dan jaring akan ditarik oleh kapal selama tiga jam. Jika banyak ikan yang Anda tangkap, kerjanya juga harus cepat.

Jika ikannya sedikit, Anda bisa bersantai. Manfaatkanlah waktu luang untuk beristirahat karena selama kerja rata-rata awak kapal akan membuang jaring sebanyak 7x. 

Ikan-ikan yang sudah terjaring selanjutnya akan disortir. Dipilih mana saja jenis ikan yang diinginkan dan tidak.

Ikan yang terpilih akan dimasukkan ke wadah untuk disimpan di ruangan bersuhu 2-3 derajat dan ikan yang tidak dipilih akan dilepas kembali ke laut. 

Pengalaman terhubung dengan kehidupan laut 

Bagi Anda yang mencintai alam dan kehidupan laut, bekerja sebagai ABK kapal ikan Australia pasti menyenangkan. Anda bisa sering menjadikan kerjaan Anda sebagai sarana ‘healing’ saat lelah. 

Peluang karir yang menjanjikan

Bermula dari nelayan, Anda pun bisa naik pangkat menjadi kapten kapal. Meskipun prosesnya harus melibatkan sejumlah langkah dan pengalaman di bidang industri pelayaran. 

Baca juga:  7 Usaha yang Cocok untuk Mahasiswa 2023, Dijamin Untung Banyak!

Pengalaman luar negeri

Bekerja sebagai ABK di kapal ikan Australia ini tidak sembarangan orang bisa. Umumnya akan lebih diprioritaskan bagi pelamar yang telah memiliki pengalaman kerja di kapal perikanan luar negeri.

Tetapi tidak ada salahnya saat tanpa pengalaman Anda mendaftar, asalkan faktor lain seperti nilai yang disyaratkan tinggi. 

Lowongan Kerja di Kapal Ikan Australia

Jika Anda tertarik untuk kerja di kapal ikan Australia, beberapa portal lowongan pekerjaan ini bisa Anda pantau: https://www.seek.com.au/fishing-jobs dan https://au.indeed.com/q-deckhand,-fishing-vessel-jobs.html.

Di portal tersebut, Anda bisa mendapatkan lowongan kerja di kapal ikan Australia dari berbagai macam posisi yang dibutuhkan. Seperti diantaranya:

  • Nelayan
  • Teknisi Peralatan
  • Operator Peralatan Tangkapan Ikan
  • Dan lainnya.

Atau bisa juga Anda mencari lowongan kerja lewat agen kerja Australia terpercaya di Indonesia. Ingat, telusuri secara detail dan pastikan bahwa agen tersebut terpercaya.

Jangan mudah termakan iming-iming yang ditawarkan. Pastikan agensi tersebut memiliki izin dan SIUPAK agar bisa memberikan Anda jaminan kesehatan dan keselamatan. Hati-hati saat baca kontrak sebelum menyetujuinya. 

Baca juga: Pengalaman Kerja di Australia dengan Visa WHV

Persyaratan Kerja di Kapal Ikan Australia

Sempat kami singgung bahwa tidak sembarang orang bisa bekerja di kapal ikan Australia. Persyaratan yang diajukan cukup ketat dan lebih sulit daripada bekerja di kapal perikanan wilayah Asia. 

IELTS (International English Language Testing System)

Ini penting banget. Anda harus memiliki sertifikat IELTS dengan nilai tinggi. Biasanya minimal nilai yang disyaratkan adalah 4.5.

Memiliki pengalaman kerja di laut internasional

Tidak hanya pengalaman kerja di laut domestik, setidaknya Anda harus memiliki pengalaman kerja di laut internasional.

Bisa jadi, jika nilai IELTS Anda 4.5 tapi memiliki pengalaman internasional, peluang diterima Anda akan lebih besar daripada nilai IELTS 5.0 tapi tidak memiliki pengalaman internasional. 

Sertifikat pelaut

Australia mensyaratkan sertifikat pelaut, yang itu tidak sama dengan syarat saat melamar di laut negara lain, seperti kerja di Korea sebagai ABK. Australia memiliki standar tersendiri.

Baca juga:  Whatsapp Center Lowongan Kerja: Solusi Cepat Mendapatkan Kerja, Dijamin Update!

Anda harus memiliki sertifikat ANKAPIN (Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan) dan ATKAPIN (Ahli Teknika Kapal Penangkap Ikan) untuk melengkapi syarat dan pengakuan kompetensi untuk mengoperasikan kapal perikanan. 

Cek kesehatan

Tujuan dari cek kesehatan ini tentu untuk memastikan bahwa sebagai pekerja Anda memiliki kondisi kesehatan yang bagus untuk menjalankan tugas-tugas di laut dan dapat menjaga keselamatan diri beserta kru kapal lainnya.

Aspek yang dicek, seperti kesehatan fisik, pemeriksaan mata dan pendengaran, tes narkoba dan alkohol, riwayat kesehatan, hingga vaksinasi. 

Untuk detail persyaratannya, Anda bisa cek loker yang tersedia. 

Tantangan

Dibalik besarnya gaji yang ditawarkan, jangan lupa juga dengan tantangan yang ada. Bekerja di kapal ikan Australia mengharuskan Anda untuk banyak belajar, mulai dari persiapan melamar pekerjaan hingga masa kerja. 

Contohnya, jika mendaftar di kapal perikanan Taiwan bisa saja Anda tidak harus memiliki sertifikat IELTS, tapi di Australia Anda harus memilikinya. Ini modal yang membutuhkan persiapan lumayan lama, setidaknya 6 bulan persiapan bahasa Inggris untuk IELTS. 

Selain itu, Anda juga harus belajar menjahit jaring, cara menata ikan dalam wadah dan menyusun wadah di palka, cek jaringnya, cek tali kawat penarik jaring, hingga belajar persiapan ketika bongkar muat di pelabuhan, bagaimana Anda membongkar puluhan ton ikan nantinya. 

Apalagi jika rindu dengan keluarga di rumah. Ini tantangan besar juga sih. Tapi tenang, dalam setiap kapal biasanya ada fasilitas WiFi untuk Anda berkabar kepada keluarga setiap hati. 

Nah, bagaimana apakah Anda tertarik untuk kerja di kapal ikan Australia? Jika ada risiko atau tantangan, itu bukan bermaksud menakut-nakuti, tetapi memang faktanya demikian.

Namun, beberapa orang merasa bahwa kerja di kapal ikan Australia lebih baik daripada kerja di kapal ikan negara lain, khususnya yang di wilayah Asia. Pahami selalu risiko dan tanggung jawab Anda ya!

Bagikan:

Tinggalkan komentar