Field Collection Home Credit : Tugas, Gaji, dan Jam Kerja

Debitur telat melakukan pembayaran angsuran kredit dan sulit untuk dihubungi? Setiap perusahaan pendanaan pasti memiliki kendala yang seperti ini. Untuk mengatasi hal seperti ini, perusahaan pendanaan memiliki karyawan yang bertugas untuk melakukan penagihan secara langsung ke kediaman debitur atau yang biasa dikenal dengan Field Collection.

Home Credit sebagai salah satu perusahaan pendanaan sudah pasti memiliki Field Collection. Field Collection Home Credit memiliki tugas melakukan kunjungan kepada debitur yang telat membayar angsuran. Sebenarnya, tidak hanya itu tugas dari seorang Field Collector. Info selengkapnya mengenai Field Collection bisa Anda baca di artikel ini.

Apa itu Field Collection?

Field Collection Home Credit

Sebelumnya, apakah Anda mengetahui apa itu Field Collection? Field Collection adalah orang yang melakukan kunjungan kepada debitur. Apakah semua debitur akan mendapat kunjungan dari Field Collection? Tidak. Debitur yang mendapat kunjungan dari Field Collection adalah debitur yang masih memiliki tunggakan atau telat membayar dalam waktu yang lama.

Keberadaan dan tugas Field Collection cukup penting ada di sebuah perusahaan pendanaan agar para debitur bisa melunasi hutangnya. Tidak hanya mengingatkan atau melakukan penagihan pada debitur, Field Collector juga memberikan bukti pembayaran resmi pada debitur sesuai dengan prosedur dari perusahaan.

Gaji Field Collection Home Credit

Untuk gaji Field Collection Home Credit berbeda di setiap daerahnya. Namun, untuk kisaran gaji Field Collection Home Credit ada di angka Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000. Kisaran ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung setiap daerahnya.

Baca juga: Cara Mencairkan Limit Home Credit Bayar Nanti

Tugas Field Collection Home Credit

Field Collection Home Credit

Tugas Field Collection secara umum sama dengan Desk Collection. Kedua posisi ini sama-sama mengingatkan debitur untuk membayar tunggakannya. Akan tetapi, Desk Collection melakukan penagihan pada debitur melalui balik meja dengan cara menghubungi atau menelpon debitur yang telat membayar.

Baca juga:  9 Cara Cek Angsuran Home Credit secara Online & Offline

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pembayaran dan peminjaman, Home Credit memiliki karyawan yang berposisi sebagai Field Collection. Biasanya posisi ini dilakukan oleh pihak ketiga. Secara garis besar, tugas Field Collection Home Credit adalah melakukan penagihan pada debitur yang gagal atau telat bayar dengan mengunjungi rumah atau tempat domisilinya.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat tugas Field Collection di bawah ini.

1. Memantau Debitur yang Memiliki Kendala dalam Angsuran

Pada tahap pertama, Field Collector akan monitoring debitur yang memiliki kendala dalam proses pembayaran angsuran. Dalam hal ini, kendalanya adalah debitur tidak tepat waktu membayar angsuran sesuai kesepakatan awal peminjaman.

2. Mengirim Surat Peringatan

Setelah tahap pertama, tidak serta-merta pihak Field Collector langsung melakukan penagihan. Karena setiap perusahaan memiliki prosedur yang harus dilakukan ketika melakukan penagihan.

Tahap kedua adalah mengirim Surat Peringatan pada debitur dalam masa tunggakan lebih dari 20 hari. Isinya adalah untuk melakukan validasi kondisi, analisis, dan juga penagihan. Untuk prosedur dan tenggat waktunya, setiap perusahaan memiliki standar yang berbeda, seperti prosedur dari Field Collection Home Credit yang bisa jadi berbeda dengan prosedur perusahaan lain.

3. Negosiasi Opsi Pembayaran

Field Collection memiliki tugas bernegosiasi dengan debitur mengenai opsi pembayaran. Field Collector memiliki tugas untuk melakukan perjanjian mengenai batas waktu pembayaran angsuran sehingga debitur menepati perjanjian tersebut.

4. Memantau Janji Debitur

Setelah melakukan tahap perjanjian pelunasan tunggakan, selanjutnya Field Collector memiliki tugas untuk memantau janji debitur yang bersangkutan. Ketika sudah sampai pada batas waktu yang ditentukan, Field Collector mendatangi debitur dan menagih janji pembayaran yang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

5. Mencari Keberadaan Debitur yang Sulit Ditemui

Bukan hal asing lagi ketika debitur sulit untuk ditemui ketika tanggal pembayaran. Jika hal itu terjadi, maka Field Collector memiliki tugas untuk mencari nasabah yang bersangkutan. Jika Anda tertarik untuk menjadi Field Collection Home Credit, Anda harus bersiap menghadapi hal ini.

Baca juga:  Pengalaman Kerja di Kedutaan Myanmar Sebagai Data Entry

6. Memastikan Semua Data Debitur Benar

Untuk bisa mengunjungi debitur, Field Collector harus memastikan kembali semua data mengenai debitur seperti alamat, nomor telepon, dan data pribadi lainnya sudah benar. Kesesuaian data juga sangat penting untuk menemukan debitur yang sulit ditemui.

7. Melaporkan dan Mendiskusikannya dengan Atasan

Setelah melakukan kunjungan ke kediaman debitur, Field Collector memiliki tugas untuk melaporkan hasil kunjungan pada atasan. Diskusi lebih lanjut akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada.

8. Membuat Catatan Penagihan

Semua aktivitas penagihan yang dilakukan oleh Field Collector harus dilakukan pencatatan yang biasanya dicatat melalui collection system yang dimiliki setiap perusahaan. Semisal Field Collection Home Credit ingin melakukan pencatatan aktivitas, maka mereka melakukan pencatatan dengan collection system yang telah ditetapkan di Home Credit.

9. Berkoordinasi tentang Penanganan Debitur

Untuk melakukan penanganan terhadap debitur yang bermasalah, Field Collector butuh berkoordinasi dengan divisi terkait untuk mencari solusi yang bagus.

Itulah beberapa tugas Field Collection secara umum. Tanggung jawab dan tugas Field Collection Home Credit, secara khusus, yang dilansir dari lowongan kerja mengenai Field Collection Home Credit di jobs.id antara lain adalah:

  • Melakukan penagihan secara langsung dengan berkunjung ke rumah debitur yang terlambat membayar angsuran kredit.
  • Mencapai target penagihan bulanan.
  • Mencapai target kunjungan harian.
  • Menjalankan proses penagihan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Setelah mengetahui beberapa tugas dari Field Collection Home Credit, apakah Anda tertarik untuk mendaftar jadi Field Collection Home Credit?

Baca juga: Tabel Angsuran Home Credit

Pengalaman Kerja Field Collector Home Credit

Setelah Anda mengetahui tugas Field Collection Home Credit dan tertarik untuk mengajukan lamaran pekerjaan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa ulasan mengenai pengalaman kerja Field Collector Home Credit.

Baca juga:  9 Cara Melamar Kerja di JobStreet agar Dipanggil HR

Dilansir dari id.indeed.com, sebuah website yang menyediakan layanan gratis bagi para pencari kerja untuk mendapatkan info lowongan pekerjaan, mengunggah CV, membuat email info lowongan, dan membaca ulasan mengenai suatu pekerjaan, ada beberapa ulasan mengenai pengalaman kerja Field Collector Home Credit.

Ada ulasan yang mengatakan bahwa Home Credit merupakan tempat terbaik untuk berkarir. Karena menurutnya, banyak pengalaman dan wawasan baru yang bisa didapatnya. Selain itu, dia juga menyebutkan bahwa rekan kerja di Home Credit memiliki jiwa yang solid.

Ada juga yang menyebutkan kelebihan Home Credit ada di jenjang karir yang pasti dan ketersediaan asuransi kesehatan. Namun, ada yang menilai bahwa sistem manajemen yang terdapat pada Home Credit kurang terbuka dan kurangnya koordinasi antara atasan dan bawahan. Serta terkadang target yang ditentukan tiba-tiba naik.

Baca juga: DC Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah

Jam Kerja Field Collection Home Credit

Sementara, untuk jam kerja, umumnya sama dengan karyawan di posisi lain. Hanya saja, seorang Field Collector Home Credit ada target untuk melakukan pekerjaan lapangan berkunjung ke rumah customer setidaknya 15 kunjungan per hari. Bisa saja jumlah ini lebih ketika dibutuhkan. 

Nah, itu dia penjelasan seputar Field Collection Home Credit. Setelah mengetahui tugas, gaji, serta ulasan pengalaman kerja Field Collection Home Credit, apakah Anda tertarik untuk bekerja di situ? Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar