2 Syarat Bekerja di Kapal Pesiar yang Perlu Anda Tahu

Dari sekian banyak jenis pekerjaan, bekerja di Kapal Pesiar atau Cruise Line atau Cruise Ship menjadi dambaan banyak orang. Selain pendapatannya yang menggiurkan, para pekerja pun bisa sekaligus menjelajah beberapa negara dengan senang. Bekerja dan berwisata, kapan lagi coba?

Perlu diketahui, untuk bisa bekerja di Cruise Line tidaklah mudah. Selain memiliki kemauan, Anda harus memiliki kemampuan dan persiapan. Berikut beberapa syarat bekerja di Kapal Pesiar yang harus Anda penuhi. Mulai dari syarat umum hingga syarat khusus.

Syarat Bekerja di Kapal Pesiar / Cruise Ship (Umum)

syarat bekerja di kapal pesiar

Secara umum, ada beberapa syarat bekerja di Cruise Line yang harus Anda penuhi. Berikut diantaranya:

  1. Laki-Laki atau Perempuan

Syarat bekerja di Kapal Pesiar tidak ada pengecualian gender. Baik Anda perempuan maupun laki-laki, bisa bekerja di Cruise Line. Bedanya hanya ada pada jumlah kru dan tupoksi pekerjaannya saja.

Kru laki-laki biasanya memang lebih banyak daripada kru perempuan. Pun dalam hal tupoksi pekerjaan, kru perempuan lebih ditempatkan pada sektor House Keeping Dept dan sektor F&B yang tidak seberat pekerjaan laki-laki.

Baca Juga : Pengalaman Kerja Di Kapal Pesiar, Enak? Ini Rasanya!

  1. Pendidikan Minimal SMA/ Sederajat dan Cakap Berbahasa Inggris

Dalam memenuhi syarat latar belakang pendidikan, Anda tidak harus memiliki latar belakang pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Minimal SMA/Sederajat, sudah termasuk memenuhi syarat latar belakang pendidikan, asalkan cakap dalam berbahasa Inggris.

Begitupun ketika Anda melanjutkan pendidikan dengan kursus atau sekolah lagi setelah SMA di lembaga atau sekolah Cruise Line tidak ada salahnya Anda coba. Contohnya di NCL Madiun atau World Cruise Academy atau sekolah Cruise Line lainnya.

Karena, di sekolah tersebut Anda akan mendapat pelatihan dan materi khusus. Yang memang semuanya disesuaikan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar nantinya. Jadi, sudah selini baik ketika pendidikan maupun di lapangan nanti. Sudah kompeten lah.

 

  1. Berusia di Atas 20 Tahun

Bisa dibilang minimal umur yang disyaratkan perusahaan Cruise Line termasuk standar seperti melamar di perusahaan lain. Ada perusahaan yang memberikan syarat bekerja di Kapal Pesiar harus berusia minimal 20 tahun. Ada juga yang minimal 21 tahun.

Yang jelas, usia tersebut merupakan usia yang sudah pantas untuk menerima tanggung jawab pekerjaan. Pikirannya sudah matang dan bisa diarahkan. Bukan seperti anak yang masih pupuk bawang.

Disamping minimal usia, ternyata perusahaan juga mensyaratkan kualifikasi maksimal usia. Jika baru pertama kali melamar kerja di Cruise Line, biasanya usia maksimal yang bisa diterima adalah 35 tahun. Sementara untuk repeater, maksimal 45 tahun.

Kabar baiknya, selama Anda memiliki pengalaman kerja menjadi kru Cruise Line (sebagai repeater), semakin lama peluang untuk bekerja. Karena kontraknya pun juga tidak lama. Ada yang hanya 8 bulan, 10 bulan, seperti itu. Jadi selesai kontrak, ya daftar lagi.

 

  1. Memiliki Pengalaman Kerja Minimal 6 Bulan

Itulah kenapa, mengandalkan kemauan saja tidaklah cukup. Anda juga harus memiliki kemampuan dan persiapan. Minimal sudah pernah bekerja selama 6 bulan lamanya di hotel berbintang sebelum mendaftarkan diri menjadi kru di Cruise Ship.

Kenapa harus memiliki pengalaman kerja di hotel? Karena fasilitas yang ada di Cruise Ship itu sudah seperti fasilitas yang ada di hotel bintang 3, 4, atau 5. Jadi sudah terbiasa dan  pengalaman ini bisa didapat apabila mengikuti kursus atau sekolah di sekolah Kapal Pesiar.

 

  1. Sehat Jasmani Maupun dan Rohani

Banyak calon kru yang gagal pada saat tes medical check up. Padahal sebelum-sebelumnya lolos. Misalnya, karena faktor buta warna, ada masalah dengan paru-parunya, dan mengidap penyakit hepatitis.

Jika serius ingin menjadi kru disini, mulai sekarang cobalah untuk menjaga kesehatan sebaik mungkin sebelum terlambat. Menerapkan pola hidup sehat, baik dari kualitas makanan, minuman, dan bahkan olahraga secara teratur agar terhindar dari penyakit.

 

  1. Melengkapi Dokumen Penting

Dokumen ini menjadi syarat penting yang harus dipunya oleh semua pelamar. Misalnya:

  • Paspor
  • SAT
  • BST (Basic Safety Training)
  • Buku Pelaut
  • Visa
  • CCM (Costa, AIDA, Virgin Viyages, Princess)
  • Dan lainnya

Untuk paspor biasanya dibuat saat interview RCCL. Sementara, perlengkapan dokumen lainnya biasanya dibuat setelah dinyatakan diterima interview user.

Oiya, jangan lupakan dokumen lainnya, ya! Misalnya curriculum vitae dan resume.

  1. Cukup Biaya

Berbeda dengan syarat mendaftar di perusahaan lain yang tidak memerlukan biaya apapun, syarat bekerja di Kapal Pesiar harus memerlukan biaya. Biaya yang cukup untuk membayar joining ticket dan biaya untuk membuat dokumen-dokumen penting di atas.

Sayang sekali bukan jika memenuhi kualifikasi, lolos tes sejak tahap awal sampai akhir, tapi harus terhenti karena ketiadaan biaya. Ya, itu resikonya. Oleh sebab itu, harus berani modal jika optimis diterima, ya!

Syarat Bekerja di Kapal Pesiar (Khusus)

Untuk syarat khusus ini lebih kepada syarat yang diajukan masing-masing perusahaan Cruise Line. Karena, syarat perusahaan Cruise Line satu dengan lainnya berbeda. Ada 3 contoh syarat khusus bekerja di Cruise Line yang perlu Anda tahu.

  1. Syarat Bekerja di Kapal Pesiar Star Cruise
  • Laki-laki dan perempuan
  • Berusia 21 hingga 35 tahun
  • Fasih berbahasa Inggris, baik lisan dan tulisan
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 6 bulan di hotel dengan standar internasional (dibuktikan dengan sertifikat) atau memiliki pengalaman bekerja di Cruise Line
  • Melengkapi dokumen (paspor 48 halaman, sertifikat SCRB, buku pelaut, BST, sertifikat AFF, surat pernyataan bahwa telah melakukan test vaksinasi yellow fever, sertifikat CCM, bayar administrasi, wawancara, mengurus dokumen, legalisir dokumen, bayar keberangkatan

 

  1. Syarat Bekerja di Kapal Pesiar Holland Amerika
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 32 tahun (pendaftar baru)
  • Seperti syarat lainnya, namun lebih diutamakan lulusan D1 ke atas

 

  1. Syarat Bekerja di Kapal Pesiar Eropa
  • Seperti syarat lainnya, namun lebih diutamakan lulusan sekolah pariwisata
  • Bisa bekerja selama 8 bulan, per minggu 7 hari kerja dengan jam kerja 12 jam/hari

 

Nah, terlihat kan syarat khusus masing-masing perusahaan Cruise Line? Semakin bisa bekerja di Cruise Line terbesar, semakin besar pula penghasilan bulanan yang didapat. Namun, persaingannya juga semakin ketat.

Jangan khawatir, kejarlah karir semaksimal mungkin. Karena, orang Indonesia itu memiliki keunggulan, yakni ramah. Banyak kru yang suka dengan keramahan orang Indonesia dan ini bisa menjadi poin plus ketika bekerja.

Walau selama ini kru dari Indonesia banyak yang menempati posisi sederhana, tetapi gaji awal posisi sederhana tersebut bisa mencapai 10 hingga 20 juta per bulan, loh!

Dan bekerja di Cruise Line memiliki peluang bagus di 2021. Pasalnya, di Kota Gudeg saja, antara ISS dan LPJ Emerald akan menjadikan kota Yogyakarta sebagai pusatnya informasi tenaga kerja Cruise Line dan diperkirakan akan merekrut 1500 pekerja pada 2021 ini.

Nah, kesempatan emas jangan sampai disia-siakan, ya! Segera siapkan syarat bekerja di Kapal Pesiar sebaik mungkin. Mulai dari kondisi kesehatan diri sendiri, dokumen penting, hingga biaya apabila lolos seleksi. Intinya, jangan hanya mengandalkan kemauan, tetapi juga kemampuan dan persiapan.

Tinggalkan komentar