Contoh Soal Psikotes BRI Life 2024 dan Jawabannya

Bagi Anda yang pernah mengikuti seleksi kerja di perusahaan asuransi milik Bank BRI, pasti sudah tidak asing lagi dengan tahapan psikotes BRI Life.

Hampir semua posisi atau jabatan yang dibutuhkan oleh BRI Life dalam proses recruitment akan melalui tes psikotes hingga interview user.

Tahapan ini masuk dalam BOP atau Basic Orientation Program dimana seluruh rangkaian seleksi penerimaan karyawan di BRI Life harus melalui tes psikotes, tes kesehatan, hingga wawancara.

Dalam tes BOP dan psikotes BRI Life, tahapannya sendiri tidak terlalu rumit dan umumnya dilakukan secara online.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui penjelasan lebih detail, berikut pembahasan lengkap mengenai psikotes BRI Life yang meliputi tahapan BOP dan contoh soal psikotes.

Tahapan BOP BRI Life

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, BOP atau Basic Orientation Program menjadi rangkaian terakhir dalam proses seleksi penerimaan karyawan, termasuk di BRI Life.

Sebagai perusahaan asuransi nasional yang 99% sahamnya dimiliki Bank BRI, rangkaian tes BOP BRI Life dilaksanakan secara serempak melalui media online Zoom Meeting.

Tes BOP online kemudian dilanjutkan dengan tahapan psikotes online BRI Life dalam beberapa jenis psikotes umum untuk calon karyawan perbankan.

Biasanya, calon karyawan yang telah memasukkan lamaran kerja dan sesuai dengan kualifikasi akan mendapatkan email untuk mengikuti tes BOP dan psikotes BRI Life.

Pesan dalam email tersebut akan menyertakan posisi atau jabatan yang dilamar, seperti Bancassurance Financial Advisor (BFA). Selain itu, tanggal dan waktu tes serta link Zoom Meeting juga dikirimkan dalam email tersebut.

Berikut tahapan BOP BRI Life yang dilakukan secara online melalui Zoom Meeting.

1. Join Zoom Meeting

Pesan dalam email terkait undangan BOP dan psikotes BRI Life online berisi tautan link Zoom yang harus Anda ikuti sesuai tanggal dan waktu yang tertera.

Jangan membayangkan meeting online untuk tahapan tes BOP dilakukan secara personal, sebab tes ini dilakukan serempak dengan jumlah 500 peserta skala nasional.

2. Informasi jabatan BFA

Setelah join Zoom, Anda akan menonton video company profile dan dilanjutkan dengan sesi arahan serta penjelasan dari tim rekrutmen terkait jabatan BFA. 

Baca juga:  Cara Melamar Kerja Jadi Barista Profesional

Bukan hanya jobdesk, ada juga penjelasan terkait kompensasi dan benefit bekerja di BRI Life, jenjang karir, hingga tahapan seleksi berikutnya yang akan dijalani oleh semua peserta.

3. Sesi tanya jawab

Anda juga akan diberi kesempatan mengikuti sesi tanya jawab andai memiliki pertanyaan yang ingin diajukan kepada tim rekrutmen.

4. Pembagian link

Setelah sesi meeting online selesai, peserta akan dibagikan tiga link, yaitu link biodata untuk memverifikasi data diri dan dua link psikotes yang akan dikerjakan. 

5. Pengisian link biodata

Link pertama berupa form biodata untuk diisi secara lengkap, yaitu sebagai berikut.

  • Biodata, mulai dari nama, tempat lahir, tanggal lahir, usia, hingga jenis kelamin dan status
  • Bukti identitas, berupa No. KTP, upload foto KTP, foto diri (boleh selfie)
  • Alamat dan domisili, yaitu alamat sesuai KTP, alamat domisili, kota/kabupaten
  • Pendidikan, seperti tingkatan pendidikan, jurusan, dan Universitas
  • Contact person, data berupa email aktif dan no. WA
  • Informasi jabatan dan pengalaman kerja, berupa posisi yang dilamar, informasi lowongan, lama kerja non sales, riwayat kerja non sales, lama kerja sales
  • Lokasi kerja, berupa pemilihan wilayah penempatan yang diinginkan
  • Approve.

6. Pembagian link psikotes

Selanjutnya, Anda akan mendapat dua link untuk mengerjakan psikotes online BRI Life. Jika rangkaian tes BOP dan psikotes BRI Life berhasil dilalui, nantinya Anda akan menjalani proses wawancara akhir.

Baca juga: Gaji Financial Consultant BRI Life

Contoh Soal Psikotes BRI Life

Psikotes seringkali menjadi momok bagi sebagian besar calon karyawan yang melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, termasuk di perbankan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan tes psikotes BRI Life dan perusahaan lain yang sebenarnya memiliki tujuan untuk menggali potensi dalam diri seseorang.

Berbagai contoh soal psikotes BRI Life pun sudah banyak beredar untuk dijadikan referensi dan pembanding untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti rangkaian tes BOP BRI Life.

Umumnya, soal psikotes BRI Life meliputi tes Wartegg, Pauli, Nalar Aritmatika, EPPS, hingga tes analogi verbal.

Berikut penjelasan detail masing-masing soal psikotes BRI Life lengkap dengan contoh soalnya yang bisa dijadikan materi pembelajaran.

Tes Wartegg

Tes Wartegg bri life

Tes Wartegg merupakan salah satu jenis tes psikologi yang banyak ditemui dalam sesi psikotes, termasuk untuk psikotes di BRI Life.

Baca juga:  3 Cara Cek Nomor Referensi BRI dengan Mudah

Dibuat oleh seorang psikolog asal Jerman, Ehrig Wartegg, format tes ini berupa lembaran kertas dengan 8 kotak yang memiliki pola berbeda

Pola-pola dalam kotak di tes Wartegg ini di antaranya sebagai berikut:

  • Spot
  • Garis Melengkung
  • Garis Lurus Berderet
  • Kotak Hitam Kecil
  • Dua Buah Garis Tegak Lurus
  • Dua Garis Tidak Beraturan
  • Spot-Spot yang Melingkar
  • Garis Lengkung

Nantinya Anda akan diminta untuk menggambar dengan melanjutkan pola yang sudah ada di masing-masing kotak, boleh urut atau acak. Anda juga diwajibkan untuk menuliskan nomor di kotak tersebut sesuai urutan menggambar.

Jangan lupa untuk memberi nama pada masing-masing gambar yang sudah Anda buat di kolom keterangan tepat di bawah kotak. Anda juga akan diminta untuk menuliskan gambar mana yang paling disukai, tidak disukai, paling mudah, dan paling sulit digambar.

Tes Pauli

Tes Pauli

Tes Pauli atau sering disebut juga dengan istilah Tes Koran merupakan psikotes dengan format lembaran kertas koran berisi angka 0 sampai 9. 

Deretan angka tersebut disusun secara vertikal berbentuk lajur dan dikerjakan dengan cara menjumlahkan dua angka dari bawah ke atas yang dimulai dari lajur paling kiri.

Jika hasil penjumlahan angka bernilai dua digit, maka angka yang ditulis hanya digit terakhir. Waktu pengerjaan sekitar 60 menit dan Anda harus berhenti mengerjakan saat waktunya telah habis.

Contoh:

  1. Deret angka 3 dan 4 jika dijumlahkan menjadi 7, maka jawaban yang ditulis adalah 7
  2. Deret angka 9 dan 7 jika dijumlahkan menjadi 16, maka jawaban yang ditulis adalah 6.

Tes ini memang cukup rumit dan menguras tenaga mengingat deret angka yang disediakan dalam lembar soal terbilang banyak. Hal ini dikarenakan tujuan Tes Pauli memang untuk menilai ketelitian, kecepatan, ketekunan, dan daya tahan kerja calon karyawan. 

Tes Nalar Aritmatika

tes nalar aritmatika

Soal psikotes BRI Life selanjutnya adalah tes nalar aritmatika yang bertujuan untuk menilai kemampuan analisa dan pemahaman terhadap pola dan kesamaan. Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi jawaban berupa prediksi dan kelanjutan pola dari soal-soal yang ada.

Contoh:

1. 3, 11, 19, 27, ?

  1. 33
  2. 35
  3. 37
  4. 39
  5. 41

Jawaban: B. Pola angka ditambah 8

2. 3, 6, 11, 18, ?

  1. 24
  2. 25
  3. 26
  4. 27
  5. 28
Baca juga:  Cara Login BRImo Tapi Nomor Sudah Tidak Aktif Lewat ATM

Jawaban: D. Polanya ditambah bilangan ganjil mulai +3, +5, +7, +9

Setiap pola tidak selalu urut dan besar kemungkinan bisa melompat hingga kompleksitasnya semakin tinggi. Tips pengerjaan untuk tes ini sendiri bisa diterapkan dengan mengerjakan soal yang paling mudah lebih dulu.

Tes EPPS

Tes EPPS atau Edwards Personal Preference Schedule menjadi soal psikotes BRI Life berikutnya berupa 225 pertanyaan dengan dua pilihan jawaban yang paling menggambarkan diri Anda.

Waktu pengerjaan tes berkisar antara 40 menit sampai 60 menit. Lembar kerjanya sendiri diisi dengan melingkari jawaban yang paling sesuai, apakah pernyataan A atau B.

Contoh soal:

1.
A. Saya suka menolong teman-teman saya jika mereka berada dalam kesulitan
B. Saya ingin melakukan pekerjaan apa saja sebaik mungkin.

2.
A. Saya suka menceritakan cerita lucu dan lelucon saat pesta
B. Saya ingin menulis roman dan sandiwara hebat.

Jangan takut salah sebab jawaban dari pernyataan dalam tes ini tidak ada penilaian benar atau salah dan bertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang kepribadian Anda.

Tes Analogi Verbal

tes analogi verbal

Berikutnya, ada soal psikotes BRI Life berupa tes analogi verbal sejumlah 40 soal yang bertujuan untuk menilai pengetahuan tentang kosakata, baik sinonim, antonim maupun analoginya.

Psikotes ini dibuat untuk mengetahui kemampuan logika terhadap sebuah permasalahan atau kondisi tertentu.

Contoh:

1. Nuri : Burung = Sepat : ……

  1. Mangkuk
  2. Ikan
  3. Aquarium
  4. Marah

Jawaban: b. Nuri adalah jenis burung, seperti sepat yang merupakan jenis ikan.

2. Panas : Dingin = Suka : ……

  1. Bekerja
  2. Tertawa
  3. Duka
  4. Getir

Jawaban: C. Panas lawan katanya dingin, maka suka lawan katanya duka.

Demikianlah pembahasan mengenai psikotes BRI Life yang meliputi tahapan BOP dan contoh soal psikotes. Melalui informasi di atas, Anda akan lebih mudah memahami apa saja yang akan dihadapi dalam sesi psikotes BRI Life dan bisa mengerjakannya dengan mudah serta penuh persiapan yang matang.

Bagikan:

Tinggalkan komentar