Wow! Gaji Management Trainee Per Bulan 2020 Sebesar Ini!

By | Maret 21, 2020

Management trainee adalah salah satu posisi yang paling banyak diburu oleh fresh graduate atau sarjana yang baru lulus kuliah. Pasalnya, karier di posisi ini memang sangat bagus dan terjamin, belum lagi gajinya yang cukup besar dan sayang untuk dilewatkan.

Berapa Gaji Management Trainee?

Berapa Gaji Management Trainee?

Seperti yang Kita ketahui, fresh graduate umumnya masih harus meniti karier dengan pekerjaan kecil dan gaji yang kecil pula. Namun, MT atau Management Trainee memungkinkan seseorang yang baru lulus kerja bisa mendapatkan gaji melimpah dengan jenjang karier yang cepat meningkat. Itulah mengapa banyak fresh graduate yang tertarik dengan posisi ini.

Baca juga: Pengalaman Kerja Sebagai Management Trainee Perusahaan Ban

Tugas dan Fungsi MT di Perusahaan

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah perusahaan tidak rugi membayar mahal untuk MT yang notabennya belum memiliki pengalaman apa-apa di dunia kerja? Jika Anda masih berpikir demikian, cobalah untuk membalikkan faktanya. Fresh graduate umumnya masih muda dan belum terkontaminasi oleh banyak hal.

Tugas dan Fungsi Management Trainee

Tugas dan Fungsi Management Trainee

Inilah yang dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mendidik mereka supaya paham tentang perusahaan tersebut. Setelah paham betul tentang perusahaan, MT akan diberi mandat untuk bisa mengembangkan perusahaan tersebut. Lalu sebenarnya apa saja sih tugas dan fungsi dari MT di sebuah perusahaan? Berikut ini beberapa hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab Management Trainee, antara lain:

1. Harus Paham Tentang Seluk Beluk Perusahaan

Tugas utama dari Management Trainee adalah belajar dan harus memahami semua hal tentang perusahaan. Ketika Anda menjadi kandidat MT, perusahaan akan memberikan materi mengenai semua hal yang berhubungan dengan perusahaan seperti sejarah, produk, pemasaran dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk membentuk MT yang andal serta dapat dipercaya dan menumbuhkan loyalitas terhadap perusahaan.

2. Harus Bisa Menjadi Leader atau Pemimpin

Seorang management Trainee dididik dan dilatih untuk bisa ditempatkan pada posisi yang strategis/penting dalam manajerial perusahaan. Itulah mengapa MT dituntut untuk paham tentang semua hal yang berhubungan dengan perusahaan.

Setelah itu, mereka akan melanjutkan training atau pendidikan dan latihan menjadi seorang pemimpin yang profesional. Seorang MT harus bisa menguasai ilmu kepemimpinan dan melalui proses latihan di lapangan, negosiasi, problem solving dan lain sebagainya.

3. Harus Bisa Mengimplementasikan Ilmunya

Dari berbagai macam training dan latihan yang lakukan, pada akhirnya seorang MT akan ditempatkan di posisi manajerial dan ditugaskan untuk memimpin. Hal ini bukanlah akhir dari perjalanan seorang MT, namun justru awal dari perjalanan karier. Di sini, seorang MT dituntut untuk bisa mengimplementasikan semua ilmu dan pengetahuan yang telah diberikan selama training/pelatihan.

4. Harus Bisa Menghandle Berbagai Posisi

Setelah berhasil di satu posisi manajerial, biasanya akan dipindahkan ke posisi lainnya karena seorang MT harus bisa menghandel semua posisi yang dimandatkan. Melalui berbagai macam posisi yang diberikan, MT harus bisa belajar dan mengambil ilmunya.

Baca juga: Cek Gaji Pegawai SPBU 2020 Beserta Syarat Daftarnya, Lumayan!

Besar Gaji Management Trainee di Indonesia Tahun 2020

Tugas dan Fungsi Management Trainee

Tugas dan Fungsi Management Trainee

Nah, setelah memiliki gambaran tentang Management Trainee dan apa saja yang dikerjakan, menurut Anda kira-kira berapa gaji Management Trainee yang pantas? Menurut data yang dihimpun melalui website indeed.com, rata-rata gaji MT yaitu 4 jutaan per bulan. Sedangkan kisaran gaji MT biasanya sekitar 5 hingga 10 jutaan ke atas. Nah, berikut ini daftar gaji MT yang tercatat dari beberapa website, antara lain:

  • Chevron Pacific Indonesia: 14,5 jutaan rupiah/ bulan. Perusahaan energi milik asing ini memiliki posisi kerja untuk MT (Management Trainee) karena itu gaji di Chevron sangat tinggi. MT di perusahan ini dipersiapkan untuk para fresh graduate dengan diberikan pelatihan dan pendidikan yang bermanfaat agar dapat berkembang dengan cepat. Karenanya MT diperusahaan ini harus bisa melakukan berbagai pekerjaan di berbagai divisi ketika on the job training. Karyawan yang memiliki performa terbaik dapat naik jabatan dengan cepat.
  • HM Sampoerna: 9,1 jutaan rupiah/ bulan. MT pada perusahaan ini dipersiapkan dengan berbagai pelatihan serta pendidikan yang baik agar memiliki karir yang baik dimasa depan. Karena itu, posisi ini memiliki tugas yang banyak seperti bekerja pada bagian divisi tertentu selama beberapa waktu sampai menguasai bidang tersebut. Karenanya, seorang MT harus memiliki wawasan yang luas, cerdas, cepat beradaptasi, memiliki kemampuan komunikasi dan presentasi yang baik, serta lugas dalam mengemukakan pendapat.
  • PT. Garuda Indonesia: 8,3 jutaan rupiah/ bulan. Posisi MT pada perusahaan penerbangan terbaik di Indonesia sangatlah menggiurkan. Karena, anda bisa berkontribusi besar bagi negeri dengan berkarir di PT ini. Sebagai seorang MT Garuda, anda akan mengerjakan banyak hal yang berkaitan dengan pengembangan serta perbaikan perusahaan Garuda secara menyeluruh. Anda akan mengikuti on the job training sesuai dengan pembagian divisi masing-masing. Namun, secara umum tugas posisi ini adalah melakukan analisa, melaksanakan peraturan, melakukan pengawasan serta evaluasi serta melakukan manajemen dengan baik.
  • Unilever Indonesia: 8,2 jutaan rupiah/ bulan. Perusahaan multinasional seperti Unilever juga memiliki posisi MT yang dibuat untuk merekrut pegawai terbaik bagi fresh graduate. Program ini disediakan agar calon pegawai yang lulus dapat ditempatkan sebagai bagian dari manajerial diberbagai divisi yang ada. Karenanya, tugas MT cukup banyak termasuk melakukan kajian, belajar seluk beluk perusahaan dan cara kerja di divisi kerjanya, input data, analisa, presentasi serta melakukan studi kelayakan. Tentu berbeda divisi akan memberikan tugas yang berbeda pula namun menjadi pegawai MT harus memiliki soft skill dan hard skill yang mumpuni.
  • Pertamina: 8 jutaan rupiah/ bulan. Tugas MT di perusahaan energi milik BUMN Indonesia ini sangat banyak dan beragam. Namun, hanya lulusan dari beberapa jurusan tertentu saja yang diterima seperti teknik perminyakan, teknik mesin, manajemen dan lainnya. Jadi, anda harus memperhatikan kualifikasi yang dibutuhkan. MT di pertamina memiliki tugas yang beragam bergantung pada divisi masing-masing. Namun, secara umum tugasnya adalah melaksanakan aturan kerja dengan baik, memberikan pengarahan, pengawasan, evaluasi serta analisa ketika dibutuhan. Terkadang anda harus melakukan analisa data dan melakukan penafsiran dan presentasi dengan baik ketika dibutuhkan.
  • PT. Solid Indonesia: 7,8 jutaan rupiah/ bulan. Perusahaan pialang terkemuka di Indonesia juga membuka program MT untuk memenuhi kebutuhan pegawai dijajaran manajerial di masa depan. Anda yang masuk dalam program MT ini akan dibekali dengan berbagai ilmu dan pelatihan yang sangat berguna tentang pialang dan berbagai produk keuangan lainnya. Tugas posisi ini cukup beragam seperti melakukan pemeriksaan akun nasabah, melakukan negoisasi serta memberikan edukasi tentang pialang, menerima komplain dan menyelesaikannya dan lainnya. Jika telah melewati tahap ini, maka anda akan menjadi pegawai tetap dengan posisi yang sangat menguntungkan.
  • PT. Badak NGL: 7,8 jutaan rupiah/ bulan. Perusahaan pengolahan gas alam satu ini juga memiliki program MT. Program ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan karyawan berkualitas dijajaran manajerial dimasa depan. Tugas pokok MT di Badak NGL sangat beragam bergantung pada pembagian divisi yang diberikan. Namun, tugasnya secara umum adalah melakukan pengawasan proses produksi, ikut serta mengerjakan proses pengolahan gas alam dengan memakai peralatan yang disediakan dengan baik. Selain itu, posisi ini akan ikut melakukan manajemen baik SDM dan SDA yang ada agar dapat berjalan dengan maksimal.
  • PT. Provident Agro Tbk.: 7,5 jutaan rupiah/ bulan. Gaji management trainee pada perusahaan cukup tinggi sehingga banyak diminati oleh para fresh graduate. PT ini bergerak dibidang agroindusti yang mencakup pertanian, perdagangan dan manufaktur. Oleh karena itu, posisi MT pada perusahaan terbuka untuk hampir segala jurusan. Tugas MT pada PT ini tidak hanya diberikan pendidikan serta pelatihan yang komprehensif tapi juga harus bisa melakukan berbaga pekerjaan penting seperti manajemen perusahaan, analisa data, menarik kesimpulan, presentasi, studi kelayakan bisnis, membuat perencanaan usaha dan lainnya. Banyaknya tugas ini merupakan keharusan agar lulusan MT dapat menjadi anggota manajerial yang berkualitas.
  • PT. SG Indonesia: 5,5 jutaan rupiah/ bulan. Perusahaan berjangka lainnya yaitu SG Indonesia ini memiliki gaji management trainee yang lumayan menggiurkan. Karenanya, PT SG Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang banyak diminati oleh para lulusan sarjana dan pascasarjana. Tugas pada MT di perusahaan ini cukup banyak dan beberapa diantaranya adalah melakukan negoisasi, menerima keluhan dan menyelesaikan masalah yang ada sesuai dengan peraturan yang ada. Namun, sebelum turun langsung seorang MT akan banyak dibekali dengan pelatihan dan pendidikan tentang keuangan dan pialang sehingga siap sedia ketika menjadi full pledge karyawan dimasa depan.
  • PT. Holcim Indonesia Tbk.: 5 jutaan rupiah/ bulan. Posisi MT pada perusahaan semen ini dibuka untuk beberapa jurusan saja seperti teknik, kimia, manajemen dan beberapa jurusan lainnya. Karena itu, anda harus memeriksa ketentuan yang diberikan ketika posisi MT dibuka. Adapun tugas MT pada perusahaan Holcim cukup beragam bergantung pada pembagian divisi yang diberikan. Selain memperoleh pendidikan dan pelatihan, anda juga harus mampu menjadi quality checker, menguji produk dengan baik dengan menggunakan berbagai peralatan yang ada, memberikan analisa serta mampu menjelaskan hasil tersebut dengan baik ketika presentasi, dll.

Namun, daftar kisaran gaji MT di beberapa perusahaan di atas hanyalah perkiraan gaji pokoknya saja. Jika Anda diterima kerja sebagai MT, ada banyak jenis tunjangan lainnya yang dijanjikan oleh perusahaan.

Baca juga: Gaji Pegawai Alfamart Terbaru 2020 Lengkap, Mulai 2 Jutaan!

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi MT

Nah, selanjutnya akan dibahas tentang kelebihan dan kekurangan menjadi seorang management Trainee. Poin-poin di bawah ini bisa dijadikan sebagai gambaran jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai Management Trainee.

1. Kelebihan Bekerja Sebagai MT

Kelebihan Menjadi Management Trainee

Berikut ini beberapa hal yang menjadi kelebihan seorang Management Trainee, antara lain:

  • Karier di posisi manajerial lebih terjamin karena biasanya lebih cepat naik jabatan daripada sebagai karyawan biasa yang mulai dari bawah
  • Mendapatkan banyak ilmu tentang bisnis secara gratis dan dibayar
  • Mendapatkan gaji yang lumayan besar untuk pekerjaan pertama Anda setelah fresh graduate
  • Mendapat lebih banyak toleransi dari pihak perusahaan daripada posisi sebagai karyawan, namun tetap harus bekerja lebih giat memberikan yang terbaik

2. Kekurangan Bekerja Sebagai MT

Kelebihan Menjadi Management Trainee

Sedangkan kekurangan menjadi Management Trainee bisa dijelaskan pada poin-poin berikut ini, antara lain:

  • Tuntutan kerja cukup tinggi karena harus belajar dan mengimplementasikan ilmu tersebut langsung pada permasalahan yang nyata
  • Persyaratannya juga sangat ketat dan saingannya banyak, tak sedikit pula yang gugur di tengah jalan karena kalah saing dengan peserta lain
  • Terikat dengan kontrak kerja dan harus memenuhi tuntutan kerja selama kontrak berlaku, jika mengajukan resign maka dikenakan denda cukup besar
  • Menjadi MT di sebuah perusahaan artinya Anda belum jadi karyawan mereka dan harus siap diberhentikan kapan saja jika tidak mampu memenuhi tuntutan kerja

Itulah berbagai macam informasi tentang gaji management trainee dan beragam info lainnya. Yang paling penting, apapun pekerjaan Anda harus dilakukan dengan jujur dan berusaha memberikan yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *