Segini Gaji Host Live TikTok Shop 2024, Mencapai 3 kali UMR

Host live streaming TikTok menjadi salah satu penentu suatu akun mendapat banyak pelanggan. Banyak perusahaan besar atau bahkan orang yang baru merintis usaha siap memberikan gaji host live TikTok Shop agar bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Gaji host live TikTok Shop bisa dibilang menggiurkan, terlebih bagi Anda yang sudah berpengalaman di bidang ini. Berprofesi sebagai host live streaming TikTok bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan.

Sebab, ada banyak perusahaan yang saat ini mulai mencantumkan posisi host live streaming TikTok di kolom lowongan pekerjaan. Informasi selengkapnya mengenai host live TikTok serta gaji host live streaming TikTok bisa Anda dapatkan pada artikel ini. Selamat menyimak!

Faktor yang Mempengaruhi Gaji Host Live Tiktok

Dilansir dari beberapa sumber, gaji host live Tiktok cukup bervariasi. Hal itu bisa dipengaruhi oleh beberapa poin ini:

Domisili kerja

Bekerja sebagai host live streaming Tiktok di daerah dengan UMR rendah, bisa berpengaruh terhadap gaji host live streaming Tiktok yang rendah pula. Begitupun sebaliknya.

Host live streaming tidak bisa bekerja secara remote atau dari rumah, host live harus mengunjungi studio atau set yang sudah disiapkan.

Perusahaan atau Agensi

Gaji host live Tiktok Shop juga dipengaruhi oleh perusahaan (agensi) maupun brand yang mempekerjakan.

Perusahaan besar atau brand terkenal, bisa saja membayar host streaming dengan fee besar, karena anggarannya lebih besar. Dibanding dengan agensi yang lebih kecil atau perusahaan yang baru berkembang.

Baca juga:  2 Cara Kredit di TikTok Shop Tanpa Kartu Kredit

Selain itu, beberapa agensi atau brand mungkin juga menawarkan paket tambahan, seperti bonus berdasarkan pencapaian target penjualan atau insentif kerja.

Sistem Gaji

Faktor lain dari besaran gaji host live streaming TikTok juga dipengaruhi oleh sistem gajinya. Ada gaji host live TikTok Shop yang dipatok per jam/per sesi live, kontrak per bulan, atau tergantung dari seberapa banyak produk yang terjual.

Gender

Tidak dapat dipungkiri bahwa pekerjaan ini didominasi oleh wanita. Hal ini disebabkan karena kebanyakan wanita lebih menarik secara visual untuk menarik minat penonton untuk membeli barang yang dijual.

Selain itu, wanita memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kepekaan terhadap kebutuhan pelanggan, dan kemampuan untuk membangun hubungan kepada pelanggan. Oleh karena itu gaji host Tiktok wanita lebih tinggi dibandingkan pria.

Baca juga: Gaji Tiktok 1k Followers

Gaji Host Live Streaming TikTok Shop

gaji host live tiktok

Dilansir dari situs lowongan kerja, banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan sebagai host live Tiktok Shop dengan gaji berkisar antara Rp6.000.000 – Rp12.000.000 per bulan. Namun kebanyakan host live dibayar per jam sebagai freelance tanpa kontrak kerja.

Di Indonesia sendiri, range gaji host live streaming TikTok  yang bisa Anda ketahui antara lain sebagai berikut:

TingkatGaji per JamGaji per Bulan
Host Tiktok PemulaRp 35 ribu – Rp 50 ribu
Host Tanpa FollowerRp 100 ribu
Host Dengan FollowerRp 150 ribu – Rp 300 ribu
Kontrak PerusahaanRp 4 juta – Rp 10 juta
AgensiRp 6 juta – Rp 12 juta

Tidak menutup kemungkinan, Anda bisa mendapat gaji tambahan sesuai kesepakatan dengan rekruter. Misalnya, jika berhasil mencapai target penjualan, Anda bisa mendapatkan bonus atau tambahan bagi hasil.

Baca juga:  10 Prospek Kerja Lulusan SMK dengan Gaji Besar

Baca juga: Gaji BIGO Live Sebagai Host

Cara Meningkatkan Penjualan

Tidak ingin penjualan stagnan, sebagai host live streamer, Anda harus tahu bagaimana cara meningkatkan penjualan. Berikut diantara caranya:

Buat konten berkualitas

Kualitas konten berpengaruh dalam meningkatkan penjualan. Konten yang menarik bisa mendatangkan penonton dan followers, yang mana itu berpotensi untuk mengubah penonton/followers menjadi pembeli.

Interaksi dengan penonton

Tiktok mendorong interaksi aktif antara host dan penonton. Jika Anda mampu untuk membangun keterlibatan dengan penonton, peluang penghasilan besar bisa didapat, seperti merespons komentar, memberikan hadiah virtual, atau menjawab pertanyaan.

Waktu siaran dan konsistensi

Memilih waktu yang tepat untuk siaran bisa mempengaruhi jumlah penonton dan interaksi. Jadi, sebagai host Anda harus membuat jadwal siaran yang tepat dan konsisten live agar penghasilan juga stabil.

Syarat Menjadi Host Live Streaming TikTok

Jika setelah mengetahui kisaran gaji host live streaming TikTok dan Anda tertarik untuk terjun di bidang tersebut.

Berikut ini beberapa kriteria untuk host live streaming TikTok yang umum dipatok oleh perusahaan atau yang membutuhkan:

  • Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat
  • Memiliki sikap aktif, supel, dan tidak pemalu
  • Memiliki kemampuan public speaking dan penampilan yang baik
  • Dapat bekerja secara tim
  • Memiliki followe sebagai nilai tambah
  • Memiliki pengalaman kerja sebagai host live.

Tidak semua rekruter mensyaratkan pengalaman kerja sebagai host live. Namun, jika Anda memiliki pengalaman tersebut dan mahir dalam melakukannya bisa menjadi nilai plus yang dapat meningkatkan nominal gaji host live streaming TikTok yang akan diperoleh.

Lowongan Kerja Host Live Streaming TikTok

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada banyak perusahaan yang menggunakan fitur live streaming TikTok sebagai media pemasarannya. Jadi, Anda bisa menemukan lowongan kerja host live streaming TikTok dengan mudah.

Baca juga:  Gaji Karyawan Lazada 2023 dari Magang hingga Manajer

Lowongan kerja host live streaming TikTok baik freelance atau fulltime bisa Anda temukan di portal lowongan kerja seperti id.indeed.com, jobstreet, jakarta.com, dan lain sebagainya.

Contohnya beberapa minggu yang lalu ada unggahan lowongan pekerjaan sebagai host live TikTok freelance dari CV Putra Farma Yogyakarta, host live streaming TikTok dari Lin’s Collection Bandung, host live TikTok dari PT Distributor Indonesia Unggul Jakarta, dan masih banyak lainnya.

Ada banyak pilihan jenis kontrak kerja host live streaming TikTok di Indeed, Jobstreet, Jakarta.com, LinkedIn, atau bahkan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Anda hanya perlu mencocokkan dengan yang sesuai dengan keinginan.

Itulah informasi seputar gaji host live streaming TikTok yang bisa Anda ketahui. Ada banyak variabel yang menyebabkan gaji host live Tiktok Shop berbeda.

Mulailah dari bawah tidak masalah, lalu upgrade selalu ilmunya agar Anda bisa menjadi host yang piawai menarik calon pembeli menjadi pembeli.

Karena, yang sangat mempengaruhi gaji host live Tiktok Shop adalah skill, seberapa mahir host tersebut memasarkan produk.

Pernah ada studi kasus pemilik akun Tiktok @kikyrd_,hasil penjualan di akun yang sama, dengan jumlah followers yang sama, promo yang sama, produk yang sama, di range waktu yang juga sama, hasilnya bisa beda karena beda hostnya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar