Cara Live TikTok Tanpa 1000 Follower Dengan Mudah

TikTok menyediakan fitur live streaming agar pengguna bisa berinteraksi lebih dekat lagi. Melalui fitur live TikTok, pengguna bisa mendapatkan keuntungan dari gift yang diberikan penonton. Fitur ini juga digunakan oleh pemilik online shop untuk menawarkan dagangannya. Namun, tidak sedikit pengguna yang memiliki pertanyaan, “kenapa tidak bisa live di TikTok?”

TikTok memiliki beberapa ketentuan untuk bisa melakukan live streaming. Salah satunya adalah dengan memiliki followers lebih dari 1000. Namun ada beberapa cara live di TikTok pemula yang belum memiliki 1000 followers. Nah, Anda bisa mengetahui cara live TikTok tanpa 1000 follower melalui artikel ini. Selamat menyimak!

Syarat Bisa Live TikTok

Untuk bisa melakukan live streaming di TikTok, pihak TikTok menetapkan beberapa persyaratan. Berikut ini syarat live di TikTok.

  • Berusia minimal 16 tahun
  • Jika ingin menerima hadiah (gift TikTok), maka minimal berusia 18 tahun
  • 1000 follower (optional)
  • Download aplikasi Tiktok Seller Center

Syarat live di TikTok seperti di atas ditetapkan untuk mencegah adanya spam atau akun palsu yang melakukan live. Dengan begitu, TikTok dapat memastikan integritasnya terjaga.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika belum memiliki 1000 followers. Anda masih bisa live TikTok tanpa 1000 follower.

Dilansir dari suara.com, syarat live TikTok 1000 followers itu untuk mendapatkan uang. Sebab, dengan adanya 1000 followers menandakan akun Anda memiliki tingkat engagement TikTok. Jadi, Anda bisa live TikTok meski belum memiliki 1000 followers.

Baca juga: Gaji Tiktok 1k Followers

Cara Live TikTok Tanpa 1000 Follower

Total Waktu: 10 menit

  1. Unduh Aplikasi TikTok Shop Seller Center

    aplikasi tiktok seller

    Aplikasi TikTok Shop adalah pihak ketiga yang akan digunakan untuk bisa live TikTok tanpa 1000 follower. Jadi, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendownload aplikasi TikTok Shop Seller Center di PlayStore atau AppStore.

  2. Buka Aplikasi TikTok Shop Seller Center

    live tiktok tanpa 1000 follower

    Setelah aplikasi TikTok Shop Seller Center berhasil diunduh, silahkan langsung membuka aplikasi tersebut dan login atau daftar akun menggunakan nomor HP atau akun Tiktok.

  3. Selesaikan Pendaftaran Akun Tiktok Shop

    live tiktok tanpa 1000 follower

    Lakukan verifikasi dokumen yang diminta seperti KTP, nama bisnis, dan data diri pemilik bisnis. Setelah selesai, tunggu pihak Tiktok menyelesaikan verifikasi bisnis kamu hingga akun Tiktok Seller siap digunakan.

  4. Buka Menu Pengaturan

    taukan akun tiktok

    Cara live TikTok tanpa 1000 follower selanjutnya adalah menautkan akun TikTok ke aplikasi TikTok Shop Seller Center. Anda bisa memilih menu “Pengaturan” yang ada di pojok kanan bawah. Kemudian pilih “Akun TikTok Yang Ditautkan”

  5. Klik Tautkan Akun TikTok

    live tiktok tanpa 1000 follower

    Setelah berhasil masuk ke menu “Akun TikTok Yang Ditautkan”, pilih menu “Akun Pemasaran”, lalu klik “Tautkan Akun Baru”. Anda bisa menautkan 3 akun TikTok. Masukkan nama akun TikTok yang ingin Anda tautkan. Pastikan Anda menulis nama akun dengan benar agar notifikasi tautan tidak nyasar ke akun orang lain. Setelah dirasa benar, klik “Kirim Undangan”.

  6. Terima Undangan

    live tiktok tanpa 1000 follower

    Setelah undangan tautan berhasil terkirim, silahkan periksa kotak masuk akun TikTok Anda. Buka kotak masuk dari notifikasi sistem. Pilih notifikasi permintaan baru mengenai penautan akun TikTok dengan TikTok Shop Seller Center. Kemudian klik “Terima Permintaan” dan penautan pun berhasil dilakukan.

  7. Akses Live Diberikan

    live tiktok tanpa 1000 follower

    Sebagai catatan, Anda perlu menerima tautan undangan tersebut dengan segera. Karena, permintaan penautan tersebut memiliki jangka waktu maksimal 48 jam. Setelah akun TikTok berhasil ditautkan dengan TikTok Shop Seller Center, fitur live streaming akan langsung tersedia. Dengan begitu Anda bisa live TikTok tanpa 1000 follower.

Baca juga: Cara Mulung Koin di TikTok

Baca juga:  5 Cara Transfer Uang Tanpa Diketahui Nama Pengirim

Tips Agar Penonton Live TikTok Banyak

Setelah Anda mengetahui cara live TikTok tanpa 1000 follower, ada baiknya Anda juga mengetahui tips untuk menarik minat penonton agar live streaming Anda mendapat banyak viewers. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Topik atau Niche yang Menarik

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin melakukan live streaming adalah memilih topik yang menarik. Anda perlu membuat konten yang masih fresh agar pengguna lain tertarik untuk menontonnya.

Selain itu, pastikan Anda menampilkan topik yang Anda kuasai agar proses pembuatan konten live streaming mengalir lancar. Jangan lupa juga untuk riset fakta mengenai tema Anda.

2. Manfaatkan Jam Prime Time

Prime time adalah istilah yang digunakan untuk menyebut keadaan saat banyak pengguna yang aktif menggunakan aplikasi. Anda perlu mengetahui prime time TikTok untuk bisa menjangkau lebih banyak penonton. Biasanya, prime time untuk live streaming TikTok ada di pukul 18.00-19.00.

3. Berinteraksi dengan Penonton

Lakukan interaksi yang baik dengan penonton agar penonton betah untuk menonton live streaming Anda. Anda bisa menyapa penonton dan membaca atau merespon komentar-komentar penonton.

Dengan begitu penonton akan merasa lebih dekat dengan Anda dan betah untuk menonton live streaming Anda bahkan bisa memberi Anda gift.

4. Kolaborasi dengan Tiktokers Lain

Tips yang satu ini akan memberi banyak keuntungan untuk akun Anda. Anda bisa mengajak TikTokers yang memiliki tingkat engagement tinggi. Dengan begitu, akun Anda juga bisa dikenal oleh followers TikTokers tersebut.

Baca juga: 1 Koin Tiktok Berapa Rupiah

5. Mengadakan Giveaway

Salah satu hal ampuh yang akan mendatangkan banyak penonton adalah dengan mengadakan giveaway. Anda juga bisa mengubah judul live streaming menjadi judul giveaway. Dengan begitu pengguna lain akan langsung tertarik untuk melihat live Anda.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Paylater TikTok Shop, Limit Hingga 25 juta

Ketika Anda rutin memberi giveaway saat live streaming, pengguna lain akan berminat memfollow akun Anda. Karena biasanya, konten kreator menyaratkan penonton untuk memfollow akunnya terlebih dahulu agar bisa mendapat giveaway.

6. Durasi

Selain melakukan live saat prime time, Anda juga perlu memperhatikan durasi live streaming. Tidak terlalu lama dan juga tidak terlalu singkat. Durasi yang direkomendasikan oleh TikTok untuk pengguna yang ingin melakukan live adalah 30-45 menit tiap harinya.

7. Teknis

Siapa sih yang betah menonton video dengan kualitas gambar yang tidak bagus? Hal ini sangat penting untuk Anda persiapkan. Anda perlu menggunakan kamera yang bersih untuk merekam live streaming agar kualitas video yang ditangkap menjadi bagus. Anda juga bisa menggunakan microphone agar kualitas Anda jernih dan bisa terdengar jelas oleh penonton.

Jangan lupa juga untuk menggunakan tripod dan memilih angle yang tepat saat melakukan live streaming. Penonton akan betah dan selalu tertarik ketika kualitas live streaming Anda bagus.

Itulah informasi seputar cara live TikTok tanpa 1000 follower. Anda juga bisa menerapkan beberapa tips di atas untuk mendapatkan banyak penonton dan followers. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar