11 Cara Mendapatkan Gaji dari Youtube yang Perlu Diketahui

Saat ini banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan dari Youtube. Hal ini karena penghasilan yang diperoleh sangat menggiurkan. Apalagi bukan hanya uang yang diterima tapi juga kepopuleran.

Akan tetapi, masih banyak yang belum memahami bagaimana cara mendapatkan gaji dari Youtube padahal caranya cukup mudah. Anda ingin memperoleh penghasilan yang menggiurkan dari Youtube? Yuk, simak penjelasan cara mendapatkan gaji dari Youtube di bawah ini. 

Alasan Memilih Youtube untuk Mendapatkan Penghasilan

Cara mendapatkan gaji dari youtube
Seseorang menonton Youtube. (Cari Jawaban)

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara mendapatkan gaji dari Youtube, mari pahami terlebih dahulu beberapa alasan mengapa Youtube dapat menjadi media untuk mendapatkan banyak penghasilan, diantaranya adalah :

1. Indonesia memiliki banyak penduduk

Indonesia memiliki jumlah penduduk yang tinggi dan banyak yang sudah menggunakan internet. Oleh karena itu, Anda memiliki peluang untuk menjangkau lebih banyak audiens.

2. Platform video terbaik

Youtube merupakan media yang banyak digunakan masyarakat untuk menonton video. Hingga saat ini jumlah yang mengunduh aplikasinya mencapai 10 Miliar pengguna. Bahkan Youtube mampu menyaingi popularitas televisi.

3. Digunakan oleh semua kalangan

Alasan memilih Youtube lainnya adalah aplikasi ini bebas digunakan oleh semua kalangan dan mudah diakses. Sehingga video Anda bisa memperoleh trafik yang tinggi asalkan terus melakukan inovasi dan promosi.

4. Tidak membutuhkan casting

Berbeda dengan televisi, Anda tidak perlu dicasting atau melalui audisi untuk tampil di Youtube. Anda hanya perlu membuat konten video, jadi aplikasi ini lebih ramah terhadap content creator.

Cara Mendapatkan Gaji dari Youtube

Cara mendapatkan gaji dari youtube
Ilustrasi sponsorship. (Northstar Meetings Group)

Supaya bisa mendapatkan penghasilan, Anda harus melakukan beberapa cara mendapatkan gaji dari Youtube di bawah ini.

1. Memanfaatkan Google AdSense

Ketika Anda membuka video dari Youtube biasanya akan muncul iklan, bukan? Nah, Anda bisa memasukkan iklan di video Youtube. Tentu ada ketentuannya yaitu harus memiliki 1000 subscriber, dalam waktu 1 tahun berhasil mendapatkan 4000 jam tonton, dan harus mendapatkan verifikasi dari Google AdSense.

2. Berafiliasi dengan marketplace

Anda dapat memberikan link belanja dari marketplace di konten. Biasanya dalam bentuk review atau edukasi tentang penggunaan barang. Kemudian Anda bisa menyertakan  alamat toko online tersebut.

3. Mendapatkan sponsorship

Apabila Anda memiliki konten khusus, cobalah untuk menawarkan kepada pemilik usaha yang relevan dengan konten tersebut. Cara ini bisa membantu mendapatkan banyak viewers dibandingkan iklan acak.

4. Membuat event

Cara mendapatkan gaji dari Youtube lainnya adalah dengan mengadakan event tertentu. Misalnya Anda mengadakan event musik, lalu menyiarkannya secara live. Maka Anda bisa mendapatkan uang dari sponsor atau donatur. Selain itu, cara ini juga cukup menarik viewers.

5. Program Youtube premium

Langkah ini bisa Anda lakukan apabila sudah memiliki penggemar setia. Jadi penggemar harus mendaftar sebagai member premium agar bisa menonton konten yang Anda buat. Upayakan untuk membuat konten yang lebih baik dari pada Youtube regular.

6. Menjadi konsultan online

Apabila Anda membuat konten Youtube berupa sharing pengalaman atau pengetahuan, seperti pengelolaan manajemen atau mengelola keuangan. Berawal dari konten tersebut, Anda bisa membuka konsultasi khusus bagi subscriber yang ingin menjalankan bisnis.

7. Jasa penulisan script

Konten di Youtube yang bagus biasanya memiliki penulisan script yang bagus. Apabila memiliki kemampuan di bidang ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube tanpa harus membuat konten.

8. Menjual barang sendiri

Apabila Anda mempunya produk yang ingin dijual, tak ada salahnya jika mempromosikan di konten Youtube. Namun jangan langsung membuat konten menjual barang, berikan terlebih dahulu konten informasi seperti review.

9. Jasa pembuatan video editing

Dalam membuat konten Youtube banyak yang menggunakan editor agar mendapatkan konten yang baik dan menarik. Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan kesempatan melamar dan bekerja sebagai editor video Youtube.

10. Menawarkan konten kursus

Tak hanya produk, Anda juga bisa membuat konten kursus eksklusif. Konten semacam ini akan membantu Anda mendaatkan lebih banyak uang. Caranya cantumkan link di bawah konten ke blog atau website kursus.

11. Super stickers dan super chat

Youtube memiliki fitur Super Chat & Super Stickers yang dapat digunakan ketika Anda melakukan siaran langsung. Fitur ini akan aktif ketika siaran berlangsung melalui kolom komentar. Anda akan mendapatkan penghasilan apabila ada penonton yang menggunakannya.

Itulah beberapa cara mendapatkan gaji dari Youtube yang bisa Anda terapkan dengan berbagai strategi.

5 Tips untuk Youtuber pemula

Simak beberapa tips yang tipkerja sudah siapkan untuk Anda yang baru mau memulai menjadi seorang Youtuber.

Syarat Monetisasi Youtube 2021

Logo Google AdSense (Tribun News)
Logo Google AdSense. (Tribun News)

Salah satu cara mendapatkan gaji dari Youtube adalah dengan mengaktifkan fitur iklan di konten. Namun tidak semua akun Youtube dapat melakukan monetisasi ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya adalah :

  1. Dilarang mengunggah konten kekerasan, pornografi, dan konten yang melanggar hak cipta.
  2. Berdomisili di negara Youtube partner, untungnya Indonesia termasuk dalam wilayah ini.
  3. Memiliki lebih dari 1000 subscriber.
  4. Memiliki waktu tayang lebih dari 4.000 jam selama setahun.
  5. Terhubung dengan akun Google AdSense.

Apabila syarat di atas telah terpenuhi, Anda harus mengaktifkan Google AdSense terlebih dahulu. Berikut ini cara mengaktifkannya, yaitu :

  1. Klik menu di pojok kanan atas.
  2. Pilih Creator Studio.
  3. Pilih Channel yang berada di bagian kiri menu.
  4. Klik Status and Features.
  5. Pada menu Monetization, pilih enable.
  6. Kemudian ikuti instruksi pada halaman tersebut.

Meskipun syarat sudah memenuhi dan Anda sudah mengaktifkan Google AdSense, namun tidak bukan berarti permintaan monetisasi dapat diterima. Oleh karena itu, Anda perlu meyakinkan pihak Youtube dengan mengunggah konten secara rutin. Apabila monetisasi ditolak, Anda bisa mengajukannya 30 hari kemudian.

Nah, demikian pembahasan mengenai cara mendapatkan gaji dari Youtube. Supaya Anda bisa mendapatkan lebih banyak uang, jangan lupa untuk mengunggah konten-konten yang menarik dan sering membagikannya.