5 Tips Channel YouTube Ramai Pengunjung Untuk Pemula, Wajib Dicoba!

By | Agustus 30, 2020

Dalam membuat suatu channel YouTube, hal yang diinginkan hampir setiap YouTuber adalah memiliki channel yang ramai pengunjung. Nah, untuk Anda para pemula yang juga tertarik untuk memiliki suatu channel YouTube yang ramai pengunjung tentu Anda harus tahu apa saja tips dan triknya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan ulasan selengkapnya untuk Anda tentang tips channel YouTube ramai pengunjung untuk pemula yang Anda harus tahu dan pahami. Simak terus informasinya melalui ulasan berikut ini!

Tips Channel YouTube Ramai Pengunjung Untuk Pemula

1. Tentukan dulu siapa audience Anda

Tentukan dulu siapa audience Anda

Sebagai tips channel YouTube ramai pengunjung untuk pemula yang Anda harus pahami pertama kali adalah menentukan dulu siapa audience Anda. Biasanya dalam menonton suatu channel YouTube, orang – orang nonton channel YouTube karena berbagai alasan.

Namun secara mendasar, ada dua tujuan orang – orang nonton channel YouTube yaitu :

  • Entertainment atau mencari hiburan
  • Edukasi atau mencari pembelajaran

Nah, Anda dapat membangun channel YouTube sesuai dengan tujuan tersebut walau tidak menutup kemungkinan dua – duanya bisa Anda jalankan bersamaan (entertainment + edukasi). Dengan demikian Anda akan lebih mengerti siapa target market Anda dan apa yang mereka inginkan.

Anda juga bisa menyajikan suatu video edukasi yang didalamnya diselingi dengan lelucon atau guyonan sehingga penonton Anda tidak merasa terlalu monoton dalam menyimak apa yang Anda sajikan.

Dalam marketing SEO video YouTube, hal menarik yang Anda harus tahu adalah bahwa suatu channel YouTube sama dengan SEO artikel pada suatu blog. Anggap saja Anda sedang menentukan niche pada sebuah blog, maka kemudian Anda dapat aplikasikan hal yang sama ke dalam SEO video youTube Anda.

2. Bangun subscriber channel Anda senatural mungkin

Anda harus tahu bahwa sistem YouTube seperti campuran antara mesin pencari dan sosial media. Asumsinya :

  • Kolom pencarian sebagai search engine
  • Subscriber sebagai friends atau follower sosial media

Untuk mengisi channel Anda dengan video, hal pertama yang Anda harus fokuskan adalah membangun audience atau subscriber. Anda harus tahu bahwa subscriber inilah yang dapat membuat Anda bisa tumbuh setiap harinya.

Lantas seperti apa cara mendapatkan subscriber secara cepat?

Untuk mendapat subscriber secara cepat, yang Anda harus perhatikan sebagai SEO video Anda sebagai berikut :

  • Buat video yang berkualitas
  • Buat sesuatu yang relevan untuk ditonton oleh penonton
  • Optimasikan judul dan gambar thumbnail video sebaik mungkin
  • Balas komentar pada video Anda dan berikan komentar pada video youtuber lain

3. Pahami algoritma YouTube dengan baik dan mainkan sesuai aturannya

Pahami algoritma YouTube dengan baik dan mainkan sesuai aturannya

Sebagaimana yang kita sudah mengerti bahwa sekarang adalah zamannya engagement. Entah Anda bermain melalui search engine, sosial media, atau di lini manapun yang menang adalah mereka yang kontennya menarik dibandingkan yang lain.

Karena itu misleading title, thumbnail, spam keyword dan klik sudah tak banyak pengaruhnya jika konten Anda kurang menarik. Anda harus ingat bahwa YouTube adalah bisnis. Mereka ingin agar user menghabiskan banyak waktu pada platform mereka. Karena itu mereka secara rajin mempromosikan channel yang dapat membuat penonton menghabiskan banyak waktu kunjungan di channel tersebut.

4. Konsisten dan teratur membuat video yang berkualitas

Seperti pada bidang usaha yang lain, setiap harinya banyak video baru yang muncul dan menambah tingkat persaingan di YouTube. Nah, agar Anda bisa menang dalam persaingan ada baiknya untuk Anda pelihara jumlah view dan pertahankan subscriber Anda sebaik mungkin.

Pastikan agar Anda terus menerus berkarya dengan konten original berkualitas agar subscriber lama Anda tetap dalam kondisi aktif dan view dari non subscriber Anda mengalami peningkatan yang pesat. Dengan banyaknya konten video yang dimiliki juga sangat diharapkan agar setelah pengunjung menonton suatu video maka ia akan menonton video Anda yang lainnya.

Nantinya semakin banyak video berkualitas yang Anda miliki, maka algoritma YouTube Anda akan semakin sering menampilkan video Anda sebagai featured video yang recommended untuk visitor lain yang wira – wiri di kanal YouTube.

5. Pastikan Anda share ke sosial media dan forum komunitas secara selektif tanpa spam

Pastikan Anda share ke sosial media dan forum komunitas secara selektif tanpa spam

Dalam rangka meningkatkan jumlah pengunjung atau viewer video, maka Anda perlu memanfaatkan sumber traffic dari sosial media dan forum komunitas. Nah, pada era digital sekarang ini Anda harus paham bahwa potensi traffic dari media sosial dan juga forum komunitas sangatlah besar impactnya.

Nah, Anda dapat memanfaatkan potensinya secara aktif di Google+, Facebook, instagram, WhatsApp, twitter dan sebagainya. Masukkan link ke channel YouTube yang ada di profil sosial media Anda.

Pastikan juga bahwa Anda memposting link video tersebut ke kanal atau platform sosial media yang relevan, seperti pada instagram.

Demikian tips channel YouTube ramai pengunjung untuk pemula yang penting Anda tahu dan pahami. Semoga ulasan yang kami bagikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan inspiratif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *