17 Ide Video YouTube yang Wajib Dicoba YouTuber Pemula, Jangan Asal!

By | Agustus 29, 2020

Jika Anda merupakan seorang YouTuber pemula atau masih baru ada keinginan untuk mulai terjun ke dunia YouTube, Anda harus menelaah terlebih dahulu tentang video YouTube apa yang akan Anda upload ke channel YouTube Anda.

Terlebih mengcreate suatu channel YouTube baru bukan hal yang mudah. Anda harus punya cara untuk menggaet visitor datang ke channel YouTube Anda. Lantas, apa sajakah ide – ide video YouTube yang recommended untuk dijadikan ide video YouTube seorang YouTuber pemula? Disini kami akan bagikan ulasan selengkapnya untuk Anda. So, lets check these out!

ide konten buat youtuber pemula

ide konten buat youtuber pemula

17 Ide Video YouTube Untuk YouTuber Pemula

1. Review video

Bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk mereview suatu produk baik itu produk brand baru atau bahkan produk dari usaha artis, Anda bisa membuat video review atas produk tersebut. Sekarang ini banyak video review yang ditampilkan di YouTube dengan mereview produk – produk seperti halnya produk makanan, produk kecantikan, produk fashion, dan yang lainnya.

Nah, jika Anda berjalan di kategori YouTube review video, maka sangat dianjurkan untuk Anda menyiapkan produknya dulu untuk Anda review.

Nantinya kalau Anda sudah bekerjasama dengan banyak brand atau vendor, tentu hal yang menarik adalah Anda tidak perlu keluar dana untuk produk yang akan direview karena vendor atau brand tersebut yang akan menyiapkan produknya langsung. Anda juga berpotensi untuk mendapatkan imbalan atas review yang tampil di YouTube Anda.

Sangat menarik bukan? Tertarik untuk create video YouTube tentang review video? Anda bisa mulai create sekarang juga!

2. Video DIY atau hacks

Jika Anda merupakan orang yang kreatif, Anda bisa membuat video – video yang memperlihatkan kreativitas Anda. Anda bisa memperlihatkan kemampuan Anda untuk membuat sesuatu yang Anda kuasai di channel YouTube Anda.

Anda bisa membuat video tentang video hacks atau video DIY (Do It Yourself). Melalui video tersebut, Anda dapat mengedukasi subscriber Anda tentang bagaimana cara untuk membuat sesuatu. Nah, video – video edukasi semacam ini sangat banyak dicari visitor YouTube karena menawarkan value yang besar dan memberikan berbagai macam manfaat bagi penontonnya.

3. Video tutorial

Hampir sama dengan video hacks atau DIY, video tutorial adalah video yang mengedukasi penonton atau subscriber untuk membuat sesuatu atau memakai sesuatu. Anda yang memiliki keahlian untuk make up bisa membuat video make up tutorial, Anda yang memiliki keahlian untuk mengenakan berbagai macam ide hijab bisa membuat video tutorial hijab dan sebagainya. Anda bisa membuat video tutorial yang sesuai dengan keahlian Anda.

4. Video resep dan cara memasak

Jika Anda punya keahlian atau skill memasak, Anda bisa buat suatu video yang menjelaskan tentang suatu resep yang Anda kuasai dan cara memasaknya. Kebanyakan anak muda yang baru saja menikah atau ibu – ibu muda akan menonton tayangan video YouTube Anda.

Video semacam ini mudah ter-up di kanal YouTube karena memberikan manfaat bagi orang yang menontonnya. Anda yang punya keahlian memasak yang nggak kaleng – kaleng wajib banget nih membuat suatu video YouTube yang menjelaskan tentang resep dan cara memasaknya sekaligus.

5. Video webinar atau presentation

Jika Anda memiliki kemampuan untuk membahas suatu materi, Anda dapat membuat video webinar atau video presentasi. Anda dapat mengedukasi subscriber Anda tentang kemampuan yang Anda miliki dari channel YouTube Anda.

Namun untuk membuat video semacam ini Anda benar – benar harus memiliki keahlian atau kemampuan yang benar – benar mumpuni. Kemudian Anda merekam kemampuan Anda dalam video tersebut.

Akan tetapi yang Anda harus perhatikan adalah pastikan semua persiapan bahannya sebaik mungkin karena Anda akan mengedukasi banyak orang tentang kemampuan yang Anda punya. Jadi pastikan untuk Anda mengusahakan jangan sampai ada kesalahan.

6. Parody videos

Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat suatu drama parody, Anda bisa banget membuat suatu konten parody videos. Anda dapat menyelipkan berbagai macam lelucon didalam video yang Anda buat. Anda pun dapat berkreasi dan membuat video sesuai dengan versi Anda.

Untuk membuat sebuah video parodi memang butuh persiapan yang cukup rumit. Akan tetapi dengan segala macam persiapan yang dilakukan jika Anda berhasil membuat video parodi yang lucu, unik, dan berbeda dari yang lain maka video yang Anda tonton bisa dipastikan akan mudah diterima visitor atau subscriber Anda.

7. Video review film atau sinetron

Jika Anda memiliki hobi untuk nonton film atau sinetron baik itu film atau sinetron bergenre drama atau romance, film atau sinetron bergenre horror, film atau sinetron bergenre komedi atau bahkan film atau sinetron Korea bisa banget Anda review film atau sinetron yang sudah Anda tonton tersebut.

Pecinta film atau sinetron pasti akan nonton. Apalagi film – film yang langka dan sudah sulit didapat, atau mungkin film yang akan tayang dan Anda sudah punya bocorannya lebih dulu bisa banget nih untuk Anda buat reviewnya.

Anda bisa buat video review semenarik mungkin dan tampilkan adegan – adegan menarik yang dilakukan pemeran didalam film atau sinetron yang Anda review. Pastikan juga untuk Anda berikan opini atau pendapat tentang film atau sinetron yang Anda tonton beserta kesimpulannya.

8. Video house tour, working tour, atau video sejenis

Nah, jika Anda memang merasa memiliki rumah yang kece banget dan bisa menjadi rumah yang inspiratif, Anda bisa banget nih membuat video tentang house tour. Anda bisa eksplorasi keseluruhan rumah Anda dari part ke part.

9. Video tour traveling

Untuk Anda yang hobi liburan nih, bisa banget liburan sambil membuat suatu konten youtube. Anda dapat membuat video tour traveling. Anda bisa pertontonkan sebuah tempat liburan. Anda bisa menunjukkan sebuah  lokasi liburan yang Anda sedang kunjungi dari suatu objek ke objek, tempat ke tempat, dan part ke part.

Melalui video tour traveling ini Anda juga bisa menjelaskan tentang semua hal yang berkaitan dengan tempat wisata yang sedang Anda tuju. Tidak harus Anda upload video liburan setiap hari, Anda bisa upload dua minggu atau satu bulan sekali dan manjakan visitor Anda dengan review tempat – tempat liburan yang Anda kunjungi.

10. Challenge video

Ada berbagai macam challenge video yang bisa Anda buat di channel YouTube Anda. Untuk mendapatkan inspirasi, Anda pun dapat secara langsung mencari sebuah video yang menantang.

Video mukbang, video make up under 100k atau bahkan try not to laugh challenge video yang mudah dilakukan dapat menjadi pilihan yang paling tepat bagi seorang youTuber untuk diupload. Berbagai challenge yang viral juga bisa banget Anda create.

11. Video opini atau podcast

Jika Anda merupakan orang yang berwawasan luas bisa banget membuat video opini atau podcast. Anda dapat menyuarakan semua pendapat Anda di video opini atau video podcast yang Anda sedang pertontonkan tersebut.

Pastikan untuk Anda jangan lupa menyuarakan pendapat Anda tentang sesuatu. Anda dapat mulai mengkritisi berbagai hal yang saat ini sedang trend. Jangan lupa juga untuk Anda masukkan sumber – sumber yang relevan agar apa yang Anda suarakan atau pendapat Anda jauh lebih kuat.

12. Cover video

Punya kemampuan untuk menyanyi? Untuk Anda yang punya kemampuan untuk menyanyi bisa banget  nih membuat video YouTube yang mempertontonkan kemampuan atau keahlian Anda dalam menyanyi.

Anda bisa mengcover berbagai macam lagu hits dan populer, lagu zaman dulu, lagu Indonesia, lagu barat, lagu dangdut, lagu pop atau lain – lainnya. Lagu yang awalnya nggak terkenal juga bisa banget nih untuk Anda cover dan kemudian Anda upload di channel YouTube milik Anda. Anda bisa terkenal lho dengan membuat video cover kalau suara Anda memang merdu dan disukai masyarakat atau visitor Anda.

13. Video hoax atau fakta

Video hoax atau fakta sedang laku banget nih. Visitornya mudah banget untuk naik. Nah, untuk Anda yang baru memulai terjun ke dunia peryoutubean bisa banget nih mencoba ranah bisnis yang satu ini.

Berbekal fitur pencairan Google bahkan Anda bisa menjadi seorang jurnalis amatiran yang membahas suatu isu dan membuktikan bahwa isu tersebut adalah hoaks atau fakta. Isu – isu tentang dunia artis atau selebgram terkenal laku banget untuk dibahas.

Namun jika Anda ingin mencoba ranah ini harus berhati – hati karena isu – isu semacam itu terkadang membuat Anda diserang haters atau lovers sang artis yang sedang dibahas isunya. Jadi siapkan juga mental Anda untuk dipuji jika yang Anda sajikan benar atau dibully jika yang Anda sajikan tidak sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh netizen atau visitor Anda.

14. Video berita atau informasi

Hampir sama dengan video hoaks atau fakta tentang artis, video yang satu ini juga video yang ada kaitannya dengan kehidupan seseorang. Anda bisa sajikan berita tentang artis.

Namun jika Anda malas dengan resikonya, Anda bisa sajikan informasi atau berita tentang sesuatu yang viral atau mungkin menyajikan informasi atau berita tentang hal – hal unik yang ada di dunia ini yang langka dan jarang dibahas.

Tipe berita atau informasi tentang hal – hal unik dan langka resikonya sangat kecil jika dibandingkan menyajikan berita artis.

15. Video haul

Buat Anda yang hobi belanja nih, bisa banget buat video haul. Anda bisa membuat video haul dengan memperlihatkan berbagai barang yang sudah Anda beli dan sertakan pengalaman – pengalaman menarik yang Anda dapatkan selama berbelanja.

16. Video film pendek

Bagi Anda yang memiliki keahlian membuat film dan tertarik mencoba dunia cinematography, bisa banget nih untuk Anda membuat sebuah video film pendek. Akan tetapi tentu yang harus Anda tahu bahwa membuat sebuah film pendek butuh konsep yang matang, script yang jelas dan pastikan Anda punya pemain yang jago acting.

Bagi pemula, Anda bisa banget bekerjasama dengan teman – teman Anda untuk membuat video film pendek. Bicarakan juga tentang bagaimana Anda dan teman – teman akan membangun channel tersebut dan pembagian keuntungan jika nantinya channel Anda sukses.

17. Video tentang fakta unik

Video tentang fakta unik isi videonya adalah memberi tahu kepada penonton tentang berbagai macam fakta unik di dunia ini kemudian Anda unggah ke channel YouTube. Seperti misalnya channel KokBisa yang membuat konten edukasi dengan animasi. Anda bisa menyajikan fakta unik sejenisnya.

18. Video Pembelajaran

Ada banyak video pembelajaran/ edukasi yang beredar di youtube dan terkait dengan mata pelajaran yang diajarkan baik di bangku sekolah maupun di bangku kuliah. Jika Anda termasuk orang yang mendalami dan memahami suatu mata pelajaran, maka tidak ada salahnya untuk membuat channel fokus ke pembalajran tersebut.

19. Video Unboxing

Tidak beda jauh dengan video review produk, hanya saja unboxing lebih seperti membuka kardus / mengeluarkan barang alias produk dari box nya (masih baru). Kalau review, anda tidak perlu memperlihatkan proses unboxingnya, sedangkan di video unboxing wajib diperlihatkan proses ketika barang tersebut dikeluarkan dari kardus.

Itulah berbagai macam ide video YouTube yang wajib banget untuk dicoba YouTuber pemula. Anda yang ingin menjadi YouTuber bisa mencobanya juga. Selamat berkreasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *