5 Tips Membangun Channel YouTube Untuk Branding Bisnis, Wajib DIcoba!

Benarkah YouTube dapat menjadi tempat promosi suatu produk? Lantas, potensialkah YouTube sebagai sarana promosi suatu produk?

Nyatanya, YouTube memang menjadi salah satu platform berisi  video yang sangat cocok untuk dijadikan sarana branding suatu produk. Jadi, Anda yang punya suatu bisnis dan ingin membranding produk Anda bisa memanfaatkan channel YouTube untuk melakukannya.

Seperti apa caranya? Disini kami akan bagikan tips membangun channel YouTube untuk branding bisnis yang penting Anda tahu, pahami dan terapkan. Simak informasi selengkapnya dan jalankan tips membangun channel YouTube untuk branding bisnis berikut ini!

Tips Membangun Channel YouTube Untuk Branding Bisnis

1. Berikan sentuhan branding dalam konten video Anda

Berikan sentuhan branding dalam konten video Anda

Sudahkah Anda menggunakan sentuhan branding dalam konten video Anda?

Jika belum, segera lakukan. Jika Anda sebelumnya pernah melakukan analisa di berbagai channel khususnya yang sudah punya subscriber besar, bisa dipastikan mereka menggunakan elemen intro video bahkan tidak jarang memperkenalkan bisnis yang mereka geluti.

Coba saja Anda lihat dan analisa channel – channel YouTube sekelas Sunny Lenarduzzi, Derral Eves dan sebagainya. Hal – hal semacam ini akan Anda temukan.

2. Tunjukkan produk Anda

Tips membangun channel YouTube untuk branding bisnis yang selanjutnya juga perlu Anda perhatikan adalah membuat video tentang produk Anda. Anda bisa membuatnya dalam bentuk webinar, presentasi dan penjelasan. Intinya yang perlu Anda tahu adalah banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan produk yang Anda tawarkan sehingga lebih mudah untuk membuat customer tertarik atas produk Anda.

3. Penjelasan tentang produk dan tutorialnya

Penjelasan tentang produk dan tutorialnya

Pastikan untuk Anda menjelaskan tentang produk yang Anda review di channel YouTube Anda seperti apa karena hal ini sangat penting agar visitor dan sekaligus target market Anda tahu tentang produk Anda.

Jika memang produk Anda adalah produk yang butuh informasi tentang penggunaannya, berikan informasi tutorial penggunaan produknya juga. Hal ini akan sangat membantu bagi setiap orang yang ingin tahu lebih lanjut tentang produk Anda.

Jangan lupa juga cantumkan bagaimana cara pemesanannya dan kalau bisa berikan testimoni. Anda bisa tautkan informasinya dengan website Anda tentang hal tersebut untuk memaksimalkan branding bisnis Anda.

4. Manfaatkan deskripsi channel untuk menguatkan brand Anda

Jika nama channel memberikan kesan pertama pada viewer Anda, maka tak jauh berbeda dengan deskripsi channel yang difungsikan untuk memperkuat branding channel Anda. Jadi pastikan deskripsi channel Anda manfaatkan untuk menguatkan brand Anda.

Selain Anda dapat memasukkan kata kunci yang terkait dengan niche atau nama channel, Anda juga dapat menjelaskan lebih jauh tentang siapa Anda, apa yang menjadi bisnis Anda dan sebagainya untuk membantu Anda memperkenalkan brand atau diri Anda kepada visitor atau subscriber Anda.

5. Tautkan channel dengan akun sosial media marketing Anda

Tautkan channel dengan akun sosial media marketing Anda

Jika bicara tentang sosial media marketing, tentu saja tidak hanya terbatas pada pemanfaatan YouTube semata. Bagi Anda yang membangun channel YouTube, Anda juga perlu memaksimalkan sosial media untuk promosi channel yang Anda bangun.

Anda bisa manfaatkan Facebook, twitter, instagram bahkan Google+ untuk memperkuat brandingnya. Hal seperti ini memang merupakan hal yang sangat sederhana akan tetapi sangat membantu Anda memperkuat authority dan brand yang akan Anda bangun.

Bahkan dengan mengombinasikan antar sosial media Anda, bukan tidak mungkin Anda nantinya berpotensi mendapatkan lebih banyak lead, sales atau traffic.

Nah, bagi Anda yang ingin mulai membangun channel YouTube untuk branding bisnis dan kebetulan belum punya channel YouTube, Anda bisa buat YouTube channel dulu. Langkah – langkahnya untuk membuat channel YouTube dengan akun Google sebagai berikut :

  • Pertama – tama yang Anda harus lakukan adalah sign in pada halaman youtube.com dengan menggunakan username dan password akun Google Anda.
  • Pada bagian sudut kanan atas, Anda akan melihat foto profile. Anda klik foto tersebut untuk menampilkan menu.
  • Selanjutnya pilih tombol roda atau gear dan Anda akan segera dibawa pada halaman Overview. Klik link edit untuk mengubah identitas akun Google sesuai dengan identitas bisnis Anda. Nah, identitas ini nantinya akan menjadi informasi public tentang data YouTube channel bisnis Anda.
  • Kemudian pada bagian Additional Features, pilih Create a new channel. Selanjutnya tuliskan nama bisnis Anda diform Brand Account Name.
  • Terakhir, tambahkan channel description sesuai keterangan bisnis Anda dan channel art berupa banner gambar dengan resolusi sebesar 2560 x 1440 pixel dan ukuran maksimal sebesar 4 MB.

Nah setelah selesai Anda bisa mulai upload video bisnis pada channel Anda. Namun ada beberapa hal yang penting Anda perhatikan, salah satunya adalah pada halaman Create Studio. Perhatikan semua bagian dan atur semuanya agar maksimal.

Itulah beberapa tips membangun channel YouTube untuk branding bisnis yang Anda bisa terapkan. Selamat mencoba dan semoga ulasan yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Tinggalkan komentar