8 Tips Mencari Ide Nama Channel YouTube, Pemula Harus Baca!

By | Agustus 30, 2020

Bagi seorang YouTuber pemula, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam mengcreate suatu channel YouTube. Hal pertama yang penting untuk diperhatikan dalam mengcreate suatu channel YouTube adalah mencari ide nama channel YouTube.

Pastikan nama channel YouTube Anda mudah diingat agar bagi orang – orang yang malas subscribe channel YouTube Anda, mereka tetap dapat mencari channel YouTube Anda di pencarian dengan mudah.

Tips Mencari Ide Nama Channel YouTube, Pemula Harus Baca!

Hal ini penting sebagai cara optimasi channel YouTube Anda karena kasusnya banyak orang yang masih malas subscribe di dunia perYouTubean. Untuk itu mencari ide nama channel YouTube yang mudah dicari dan mudah diingat sangat penting. Sebagai informasi menarik untuk Anda, berikut tips mencari ide nama channel YouTube yang harus Anda tahu!

Tips Cara Mencari Ide Nama Channel YouTube Untuk Pemula

1. Tetapkan kategori nama saluran lebih dulu

Langkah pertama sebagai tips mencari ide nama channel YouTube untuk pemula yang perlu Anda pahami dan perhatikan adalah tentukan kategori nama saluran yang akan Anda buat. Nama saluran secara umum terdiri atas 4 kategori berikut :

  • Nama pemilik kanal YouTube sendiri
  • Nama merk suatu brand
  • Kategori
  • Deskripsi

Idealnya, visitor akan langsung memahami jenis saluran Anda ketika mereka melihat nama saluran yang dipilih. Karena itu Anda tidak perlu menjelaskan topic saluran secara harfiah, cukup Anda cari frasa yang unik dan menarik saja.

Sebagai contohnya adalah ketika Anda ingin membuat saluran yang berfokus pada analisa film dengan genre yang lucu, maka Anda dapat memberi nama saluran dengan nama “Nonton komedi”, “Film kocak” atau sebagainya.

Tetapkan kategori nama saluran lebih dulu

Nah, demikian halnya jika channel Anda merupakan channel yang nantinya akan membahas tentang bahasan berat, maka Anda perlu hindari menempatkan frasa lucu pada nama saluran. Misalkan jika Anda ingin memiliki channel tentang edukasi bisnis maka Anda bisa memberi nama saluran dengan nama “belajar bisnis”, “bincang bisnis” atau yang lainnya.

2. Pastikan nama yang Anda pilih unik

Unik dan otentik wajib dimiliki nama saluran pilihan Anda agar menonjol, berbeda dari yang lain dan tidak ada kesamaan. Jika kemudian Anda melihat nama saluran yang memiliki nama mirip atau hampir sama, lebih baik Anda cari alternatif yang lainnya.

Supaya kesan unik dan otentik nampak pada nama saluran pilihan Anda, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan permainan kata atas nama Anda. Misalnya dengan menempatkan rima pada akhir suku kata atau mengulang huruf pertama yang sama.

3. Pastikan nama mudah diingat

Anda harus ingat bahwa semakin unik nama saluran YouTube Anda, maka akan semakin banyak kemungkinan nama tersebut diingat orang. Selain itu, Anda bisa memilih nama saluran yang dapat mengundang rasa penasaran viewer. Intinya adalah bagaimana Anda membuat nama saluran tersebut mudah ditemukan oleh visitor dan calon visitor Anda.

4. Hindari menggunakan angka

Hindari menggunakan angka

Dalam membuat nama channel YouTube, pastikan Anda menghindari penggunaan angka. Mengapa? Sebab angka mudah dilupakan dan akan sangat beresiko membuat nama Anda sulit dicari. Jadi, hindari penggunaan angka.

5. Pilih nama yang sederhana dan mudah untuk dieja

Lebih baik jika Anda menggunakan 2 sampai dengan 3 frasa untuk nama saluran Anda. Namun tetap pastikan nama tersebut akrab di telinga dan mudah untuk dieja. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat channel tentang resep, yang Anda bisa lakukan adalah memberi nama seperti Masak Asyik dan sebagainya.

6. Nama yang dipilih ada baiknya memiliki ikatan dengan Anda

Bagaimana pun juga, nama saluran YouTube Anda harus punya hubungan secara pribadi dengan Anda. Sebenarnya sah – sah saja jika Anda menggunakan nama asli Anda atau mungkin beberapa variasinya seperti nama julukan.

Akan tetapi jika kurang nyaman menggunakan nama asli, maka pikirkan tentang apa hobi Anda serta kata – kata apa yang paling melekat dan pas untuk menggambarkan diri Anda. Cara memulainya juga cukup sederhana. Anda bisa menuliskan daftar sifat pribadi atau sesuatu yang Anda ingin tonjolkan didalam saluran tersebut.

7. Sesuaikan dengan viewer yang menjadi target sasaran Anda

Selain Anda dapat mempertimbangkan nama pribadi, sangat penting juga untuk Anda mencari nama yang relevan dengan calon viewer Anda. Sebagai contoh, jika channel Anda tentang kecantikan maka mereka tidak akan melirik channel bisnis atau matematik. Karena itu memberi nama channel harus sesuai dengan niche video atau konten yang akan Anda upload dan target market Anda.

8. Pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan mesin

Pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan mesin

Jika Anda sudah merasa buntu, maka ini adalah waktu yang tepat untuk Anda menggunakan jasa mesin atau alat pencari. Yang Anda perlu lakukan adalah masukkan kata atau frasa yang Anda ingin sisipkan pada nama saluran dan mesin akan mengeluarkan banyak ide nama dengan istilah yang Anda masukkan tersebut.

Itulah tips mencari ide nama channel youTube yang harus pemula tahu. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan channel yang Anda ingin bangun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *