Gaji Polisi Tertinggi di Dunia, Indonesia Bagaimana? Simak!

Gaji Polisi Tertinggi di Dunia – Berapa sih gaji polisi di Indonesia dan bagaimana perbandingannya dengan gaji polisi di negara-negara lain? Seperti yang Kita ketahui, polisi adalah salah satu pekerjaan paling banyak dicari di Indonesia, ternyata di negara-negara lain juga begitu. Bekerja sebagai polisi memang merupakan suatu kehormatan untuk mengemban tugas sebagai penegak hukum dan pengayom masyarakat.

Gaji Polisi Tertinggi di Dunia
Gaji Polisi Tertinggi di Dunia

Namun, dibalik itu semua ternyata nominal gaji juga membuat banyak orang tergiur untuk menjadi seorang anggota polisi. Polisi adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki gaji pokok, tunjangan dan tambahan penghasilan lainnya. Bisa dibilang menjadi polisi adalah pintu menuju sukses dan aman dari segi finansial, meski tak menjadi kaya seperti konglomerat.

Update Gaji Polisi Tertinggi di Dunia 2020

Melihat gaji polisi di Indonesia saja rasanya sudah cukup tergiur dan ingin mencoba mengikuti seleksi sekolah kepolisian. Lalu bagaimana dengan gaji polisi di negara-negara maju lainnya? yuk, simak penjelasan di bawah ini.

  • Amerika Serikat : gaji polisi rata-rata sekitar 52 jutaan rupiah/ bulan.
  • Australia : gaji polisi di Australia rata-rata sekitar 46 jutaan rupiah/ bulan.
  • Republik Irlandia : memberi gaji polisinya rata-rata sekitar 38 jutaan rupiah/ bulan.
  • Selandia Baru : gaji polisi rata-rata sekitar 36 jutaan rupiah/ bulan.
  • Canada : gaji polisinya sekitar 36 jutaan rupiah/ bulan.
  • Britania Raya : polisinya digaji sekitar 34 jutaan rupiah per bulan.
  • Malaysia : berani memberi gaji polisinya sampai 30 juta rupiah per bulan.
  • Singapura : polisi junior sekitar gaji 3,5 jutaan rupiah/ bulan dan pangkat tertinggi 8,6 juta/bulan
  • Thailand : gaji polisi di Thailand minimal sekitar 5 juta rupiah per bulannya.
  • Papua Nugini : polisi di sana digaji sekitar 5 jutaan rupiah per bulan.
  • Filipina : gaji polisi rata-rata yaitu sekitar 4 jutaan rupiah/ bulannya.

Gaji Polisi di Indonesia Naik Loh!

Di tahun 2019 ini, Presiden Republik Indonesia, Jokowi, menyatakan adanya kenaikan gaji bagi para pegawai polisi. Pernyataan tersebut dituangkan pada Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2019 tentang perubahan ke-12 atas peraturan sebelumnya. Keputusan ini diharapkan bisa meningkatkan daya guna dan kesejahteraan anggota Polri.

Namun, pangkat pegawai Polri juga berbeda-beda dan memiliki beberapa tingkatan, hal ini juga mempengaruhi jumlah gaji yang mereka terima. Kisaran gaji yang diterima oleh anggota Kepolisian adalah antara 1,6 hingga 5,9 juta. Nah, di bawah ini akan dijelaskan lebih rinci dari pangkat paling rendah hingga yang paling tinggi, antara lain:

1. Golongan I (Tamtama)

gaji polisi tertinggi di dunia

Golongan I merupakan pangkat paling rendah dalam jajaran anggota Kepolisian Republik Indonesia, atau disebut juga dengan pangkat Tamtama. Karena merupakan tingkatan paling rendah, untuk masuk dan menjadi anggota Tamtama juga cukup mudah, yaitu hanya perlu masuk seleksi dan sekolah selama 6 bulan. Mengenai gaji, berikut ini besaran gaji polisi Golongan I terbaru sesuai tingkatannya, antara lain:

  • Bayangkara Dua (masa jabatan 0-28 tahun): 1.643.500-2.538.100 rupiah/ bulan. Jabatan ini diperoleh setelah menyelesaikan pendidikan kepolisian baik untuk Brimob ataupun POLAIR. Tugas jabatan ini adalah menjadi tombak utama dalam melaksanakan tugas teknis dilapangan. Karena POLAIR bertugas menjaga keamanan perairan Indonesia sedangkan Brimob sebagai satuan khusus yang menangani huru-hara, menjinakkan bom dan granat, serta bertugas dalam menangani situasi darurat.
  • Bayangkara Satu (masa jabatan 0-28 tahun): 1.694.900-2.699.400 rupiah/ bulan. Jabatan ini memiliki tugas yang sama dengan Bayangkara Dua yaitu menjadi ujung tombak utama dalam menangani berbagai situasi darurat di dalam negeri. Namun, jabatan ini lebih tinggi karena memang anggotanya lebih berpengalaman.
  • Bayangkara Kepala (masa jabatan 0-28 tahun): 1.747.900-2.699.400 rupiah/ bulan. Jabatan ini memiliki tugas yang sama dengan dua jabatan sebelumnya yaitu menjadi ujung tombak utama dalam menangani berbagai situasi darurat ataupun huru-hara yang terjadi di dalam negeri. Namun, jabatan ini memiliki posisi yang lebih tinggi dalam sistem komando sehingga dua jabatan sebelumnya harus mematuhi aturan dan perintah dari Bayangkara Kepala.
  • Ajun Brigadir Dua (masa jabatan 0-28 tahun): 1.802.600-2.783.900 rupiah/ bulan. Tugas jabatan ini tidak jauh berbeda dengan tiga jabatan sebelumnya dalam mengatasi berbagai kejadian genting seperti huru-hara, menjinakkan bom, menjaga keamanan dari aksi teroris dan sebagainya. Namun, posisi ini cukup tinggi pada jajaran Tamtama sehingga Ajun Brigadir Dua bisa menjadi orang ketiga atau kedua dalam satu kelompok kesatuan kecil ketika beraksi di lapangan.
  • Ajun Brigadir Satu (masa jabatan 0-28 tahun): 1.858.900-2.870.900 rupiah/ bulan. Tugas jabatan ini sama dengan jabatan-jabatan sebelumnya dalam mengatasi berbagai kejadian genting seperti huru-hara, serta menjaga keamanan dari aksi teroris dan lainnya. Tetapi, ajun brigadir satu memiliki posisi yang tinggi dalam rantai komando khususnya ketika beraktifitas dilapangan.Karenanya, perintah dari ajun brigadir satu wajib dipatuhi oleh bawahannya.
  • Ajun Brigadir Polisi (masa jabatan 0-28 tahun): 1.917.100-2.960.700 rupiah/ bulan. Tugas jabatan sama dengan jabatan sebelumnya yaitu mengatasi berbagai kejadian berbahaya seperti huru-hara,  aksi teroris dan lainnya. Namun, posisi ini memiliki posisi yang tinggi dalam rantai komando sehingga sering menjadi ketua atau wakil ketua regu ketika beraksi dilapangan.

Posisi dan golongan pangkat untuk Tamtama biasanya berlaku untuk Brigadir Mobil (Brimob) dan POLAIR dan tidak ada pada kesatuan polisi biasa. Jadi, hanya orang tertentu dengan kualifikasi khusus yang ditempatkan pada dua kesatuan tersebut. Namun, dua kesatuan ini tetap berada dibawah naungan Kepolisian Republik Indonesia.

Baca juga artikel seputar besar gaji:

Update Gaji Satpol PP 2020 Tiap Provinsi dan Cara Daftarnya!

 

2. Golongan II (Bintara)

gaji polisi tertinggi di dunia

Jika tidak ada halangan, karier Anda di Kepolisian akan dilanjutkan ke Golongan II atau disebut juga pangkat Bintara. Bagi Anda lulusan SMA juga bisa langsung mendaftar sebagai Bintara dan nanti harus menjalani sekolah 7 bulan. Berikut ini rincian kenaikan gaji untuk pangkat II atau Bintara, antara lain:

  • Brigadir Dua (masa jabatan 0-32 tahun): 2.103.700-3.457.100 rupiah/ bulan. Posisi ini dapat diperoleh setelah melewati Sekolah Polisi Negara (SPN). Tugas jabatan ini adalah menjadi pelaksana tugas kepolisian bergantung pada pembagian tugas dan kesatuan yang diberikan seperti menjaga lalu lintas, mengamankan kerusuhan, menjamin ketertiban dan ketentraman warga di area wilayah kerjanya.
  • Brigadir Satu (masa jabatan 0-32 tahun): 2.169.500-3.565.200 rupiah/ bulan. Posisi ini bisa diperoleh setelah melewati masa tugas selama 4 tahun sebagai Bripda. Tugas pada jabatan ini sebagai pelaksana tugas kepolisian sehari-hari bergantung pada pembagian tugas dan kesatuan yang diberikan seperti menjaga lalu lintas, mengamankan kerusuhan, menjamin ketertiban dan ketentraman warga di area wilayah kerjanya, mengurus administrasi dll.
  • Brigadir Polisi (masa jabatan 0-32 tahun): 2.237.400-3.676.700 rupiah/ bulan. Posisi ini bisa diperoleh setelah melewati masa tugas selama 4 tahun sebagai Briptu. Tugas pada jabatan ini sebagai pelaksana tugas kepolisian sehari-hari bergantung pada pembagian tugas dan kesatuan yang diberikan. Namun, posisi ini bisa juga menjabat pada bagian tertentu di Polsek daerah seperti bagian administrasi, pengurusan SKCK dll.
  • Brigadir Kepala (masa jabatan 0-32 tahun): 2.307.400-3.791.100 rupiah/ bulan. Posisi ini bisa diperoleh setelah melewati masa tugas selama 4 tahun sebagai Brigadir. Tugas yaitu sebagai pelaksana tugas kepolisian sehari-hari namun disesuaikan dengan pembagian tugas yang diserahkan atasan. Namun, posisi dapat menjabat sebagai kepala bagian pada Polsek tempat kesatuannya bekerja.
  • Ajun Inspektur Polisi Dua (masa jabatan 0-32 tahun): 2.379.500-3.910.300 rupiah/ bulan. Posisi ini bisa diperoleh setelah melewati masa tugas selama 5 tahun sebagai Bripka. Tugas pada jabatan ini sebagai pelaksana tugas kepolisian sehari-hari bergantung pembagian tugas yang diberikan.
  • Ajun Inspektur Polisi Satu (masa jabatan 0-32 tahun): 2.454.000-4.032.600 rupiah/ bulan. Posisi ini bisa diperoleh setelah melewati masa tugas selama 2 tahun sebagai Aipda. Jabatan ini memiliki tugas sebagai pelaksana tugas kepolisian sehari-hari bergantung pada pembagian tugas yang diberikan. Namun, posisi ini bisa ditempatkan pada jabatan strategis di Polsek ataupun menjadi kaki tangan kepala Polsek.

Cek Gaji Pegawai SPBU Terbaru 2020 Seluruh Daerah, Lumayan!

3. Golongan III (Perwira Pertama)

gaji polisi tertinggi di dunia

Golongan II hanya memiliki 3 jenjang karier dan untuk masuk ke pangkat ini Anda bisa ikut seleksi Akpol atau Akademi Kepolisian. Namun, tentu saja banyak saingan yang harus Anda hadapi karena hampir semua lulusan SMA di seluruh Indonesia mengikuti seleksi ini. Sedangkan masa studi atau sekolahnya selama 4 tahun, berikut ini rincian kenaikan gaji pangkat perwira pertama, antara lain:

  • Inspektur Polisi Dua (masa jabatan 0-32 tahun): 2.735.300-4.425.200 rupiah/ bulan. Jabatan ini biasanya belum menempati posisi strategis di kesatuan wilayah kepolisian. Namun, untuk beberapa daerah seperti Papua menjadi pengecualian, sehingga perwira Ipda dapat menjadi Kepala Polsek di daerah tersebut. Tugasnya adalah memimpin polsek satuan wilayahnya dengan baik sehingga keamanan, ketertiban dan ketentraman arenya terjaga dengan baik dengan mengalokasikan anggotanya dengan baik diberbagai tempat di daerah Polsek tersebut.
  • Inspektur Polisi Satu (masa jabatan 0-32 tahun): 2.820.800-4.635.600 rupiah/ bulan. Jabatan ini bisa ditempatkan sebagai Kapolsek diberbagai daerah di Indonesia. Tugasnya adalah memimpin area tugasnya dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan baik dipusat atau
  • Ajun Komisaris Polisi (masa jabatan 0-32 tahun): 2.909.100-4.780.600 rupiah/ bulan. Jabatan ini biasanya ditempatkan pada posisi kepala Polsek ataupun Polsekta yang bertipe rural. Jadi, tugas seorang AKP adalah memimpin Polsek kesatuan beserta dengan anggota polisi lainnya dalam menjaga keamanan dan ketentraman wilayah kesatuannya. Selain itu, seorang AKP juga bertanggung jawab dalam mengawasi, membuat peraturan bersama pemerintah dan melakukan evaluasi terhadap implementasi peraturan yang dilakukan baik itu yang ditetapkan oleh pusat ataupun daerah.

Intip Gaji Karyawan Jasa Raharja Tahun 2020 serta Tugas Mereka, Lumayan!

4. Golongan IV (Perwira Menengah)

gaji polisi tertinggi di dunia

Golongan IV merupakan pangkat yang cukup tinggi di jajaran Kepolisian dan biasanya sudah memegang posisi penting seperti Kapolsek atau Kapolri. Sedangkan jenjang karier dan gaji yang diperoleh adalah sebagai berikut, antara lain:

  • Komisaris Polisi (masa jabatan 0-32 tahun): 3.000.100-4.930.100 rupiah/ bulan. Jabatan ini biasanya memimpin polsek ataupun polsekta yang memiliki tipe urban. Tugasnya adalah memimpin polsek atau polsekta yang menjadi tanggung jawabnya dengan baik. Hal ini termasuk pengawasan kepada anggota polisi, melakukan penertiban, pengaturan, implementasi peraturan dan kebijakan yang berlaku sekaligus membuat berbagai peraturan yang sesuai diwilayah kerjanya.
  • Ajun Komisaris Besar Polisi (masa jabatan 0-32 tahun): 3.09.900-5.084.300 rupiah/ bulan. Jabatan ini biasa memimpin Polsek atau Polsekta yang berada disekitar Polda Metro Jaya. Namun, untuk daerah lainnya seorang AKBP akan memimpin Polres yang memantau per sektor wilayah kota madya atau kabupaten. Tugasnya adalah memimpin Polres serta anggotanya dengan baik dalam mengawasi keamanan wilayahnya, membuat peraturan, pengawasan dan bekerjasama atau koordinasi dengan instansi ataupun militer lainnya.
  • Komisaris Besar (masa jabatan 0-32 tahun): 3.190.700-5.243.400 rupiah/ bulan. Jabatan ini biasanya ditempatkan pada Polres yang ada dikota ataupun kota besar diseluruh wilayah Indonesia. Tugas seorang kombes adalah memimpin Polresta ataupun Polrestabes beserta anggotanya dengan baik dalam menjaga keamanan, ketertiban serta ketentraman wilayah satuan kerjanya.

5. Golongan IV (Perwira Tinggi)

gaji polisi tertinggi di dunia

Nah, pangkat perwira tinggi ini merupakan yang paling tinggi di antara semua pangkat di atas dan tentu saja nilai gaji yang diberikan juga paling besar. Berikut ini rincian kenaikan gaji untuk golongan IV atau pangkat perwira tinggi, antara lain:

  • Brigadir Jenderal (masa jabatan 0-32 tahun): 3.290.500-5.407.400 rupiah/ bulan. Jabatan ini biasanya ditempatkan sebagai kepala Polda Tipe B. Tugas posisi ini adalah memimpin Polda serta anggotanya dengan baik dalam mengawasi keamanan wilayahnya, bekerjasama dan koordinasi dengan instansi biasa ataupun militer lainnya ketika dibutuhkan, membuat peraturan serta memberikan keputusan ketika dibutuhkan.
  • Inspektur Jenderal (masa jabatan 0-32 tahun): 3.290.500-5.576.500 rupiah/ bulan. Seorang inspektur jenderal dapat ditempatkan sebagai kepala Polda Tipe A-K atau A yang ada dikota-kota besar. Tugas utama jabatan ini adalah memimpin dan mengawasi Polda serta anggotanya dengan baik dalam menjalankan berbagai tugas masing-masing kesatuan diwilayahnya, bekerjasama dan koordinasi dengan instansi biasa ataupun militer lainnya ketika dibutuhkan serta membuat peraturan ketika diperlukan.
  • Komisaris Jenderal (masa jabatan 24-32 tahun): 5.079.300-5.930.800 rupiah/ bulan. Pangkat sebagai sorang komisaris jenderal biasanya memiliki kedudukan sebagai Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri). Tugasnya adalah membantu Kapolri dalam melaksanakan berbagai tugasnya dengan mengendalikan pelaksanaan kegiatan dan tugas sehari-hari diseluruh kesatuan staf Mabes Polri dan jajarannya sekaligus mewakili Kapolri ketika Kapolri berhalangan hadir.
  • Jenderal (masa jabatan 24-32 tahun): 5.238.200-5.930.800 rupiah/ bulan. Pangkat ini biasanya ditunjuk menjadi Kapolri di Mabes Polri Republik Indonesia. Tugasnya adalah memimpin Mabes Polri pusat yang berada di Jakarta, selain itu membuat peraturan dan melakukan pengawasan serta evaluasi terhadap peraturan yang ada. Selain itu Kapolri mengikuti rapat pimpinan negara bersama Presiden dalam membuat peraturan yang diterapkan diseluruh Indonesia.

Bagaimana menurut Anda, apakah sudah cukup memuaskan? Jangan salah sangka dulu, gaji yang disebutkan di atas hanyalah gaji pokoknya saja. Selain itu, masih ada tambahan lainnya seperti tunjangan, uang lauk pauk dan juga tunjangan pensiun. Berikut ini informasinya, antara lain:

  • Setiap hari kerjanya, seorang polisi mendapatkan jatah uang lauk pauk sekitar 60 ribu per harinya
  • Tunjangan kinerja juga tak kalah besar jumlahnya dari gaji pokok yaitu sekitar 70 hingga 100 persen dari total gaji yang didapatkan
  • Masih ada lagi tambahan penghasilan yang diberikan yaitu tunjangan pensiun yang besarannya disesuaikan dengan jabatan/pangkat polisi, kisarannya antara 1 hingga 4 jutaan

Itulah rincian gaji polisi di Indonesia sesuai pangkat dan golongannya, serta perbandingan dengan gaji polisi di negara lain di dunia.

Tinggalkan komentar