Besaran Gaji SEO Specialist di Beberapa Perusahaan

Salah satu strategi marketing yang banyak digunakan saat ini adalah internet marketing. Untuk melakukan marketing jenis ini dibutuhkan pekerjaan seperti SEO specialist, digital marketing, social media specialist, dan masih banyak lagi.

SEO specialist memiliki banyak potensi di dunia kerja karena banyak pemilik usaha yang membutuhkan keahlian ini. Tujuannya untuk mengoptimasi postingan website pemilik usaha di mesin pencarian. Lalu, bagaimana dengan gaji SEO specialist? Tentu cukup menggiurkan. Penasaran bukan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.  

Apa itu SEO Specialist?

Gaji SEO specialist
Ilustrasi SEO specialist. (Renovasi Otak)

SEO specialist adalah seorang ahli yang memastikan halaman situs berada di peringkat atas pada mesin pencarian. Dengan adanya profesi ini, sebuah postingan website akan mengalami peningkatan trafik yang dapat meningkatkan penjualan produk.

Karena tugasnya tersebut, SEO specialist tidak hanya dituntut menguasai keahlian program komputer saja. Akan tetapi, harus memiliki pemahaman terkait strategi marketing yang tepat.

Apalagi sebuah website merupakan salah satu branding dari suatu perusahaan. Jadi profesi ini perlu memperhatikan user experience dan tampilan user interface agar website mudah ditemukan dan menarik.

Gaji SEO Specialist Berdasarkan Jabatan

Gaji SEO specialist
Seseorang yang bekerja sebagai SEO specialist. (Freshgigs)

SEO specialist memiliki beberapa bagian atau divisi, bagian tersebut tentunya juga mendapatkan gaji yang berbeda-beda. Berikut ini rincian gajinya, yaitu :

1. Director

Bagian ini bertugas untuk mengarahkan beberapa team SEO dengan cara melakukan pengawasan, menyusun strategi, dan memberikan pelatihan. Gajinya berkisar antara Rp. 15.000.000- Rp. 40.000.000.

2. Manager

Profesi ini bertugas untuk melaporkan hasil pekerjaan tim pada SEO director. Biasanya laporan terdiri dari hasil konten, keyword, link building, dan jumlah trafik. SEO manager menerima gaji sekitar Rp. 12.000.000-Rp. 35.000.000.

3. Konten

Bagian ini bertugas untuk mengelola dan memantau hasil kerja tim, namun di kondisi tertentu juga terlibat langsung dalam proses optimasi website. Gaji yang diperoleh sebesar Rp. 8.700.000 – Rp. 25.000.000 per bulan di wilayah DKI Jakarta.

4. Analis

Divisi ini bertugas untuk melakukan research keyword, meneliti keyword, mengoptimalkan konten, membuat strategi link building, dan masih banyak lagi. Gajinya berkisar antara Rp. 6.500.000 – Rp. 17.000.000 per bulan.

5. Copywriter

Tugas dari SEO copywriter adalah menulis konten yang SEO friendly. Perkiraan gajinya sekitar Rp. 3.500.000 – Rp. 12.000.000.

6. Link builder

Profesi ini bertugas untuk membuat link dengan strategi analisis teknik optimasi. Gaji yang diperoleh sekitar Rp. 3.000.000 – Rp. 7.000.000 per bulan.

Gaji SEO Specialist Beberapa Perusahaan

Orang yang sedang bekerja di bidang SEO (Redzone Map)
Orang yang sedang bekerja di bidang SEO. (Redzone Map)

Meskipun gaji SEO specialist telah ditentukan berdasarkan bagian atau divisinya, namun kebijakan perusahaan dalam memberikan gaji jelas berbeda. Oleh karena itu, berikut ini gaji SEO specialist dari beberapa perusahaan di Jakarta, yaitu :

  1. Gaji SEO associate di IDN Media sekitar Rp. 5.000.000.
  2. Gaji SEO specialist di Hashmicro sekitar Rp. 6.000.000 – Rp. 7.000.000.
  3. Gaji SEO specialist Tokopedia sekitar Rp. 8.000.000 – Rp. 9.000.000.
  4. Gaji SEO executive Traveloka sekitar Rp. 10.000.000.
  5. Gaji SEO content specialist sekitar Rp. 7.000.000 – Rp. 8.000.000.
  6. SEO strategist di Digitel mendapatkan gaji sebesar Rp. 7.000.000.
  7. SEO specialist di iProspect mendapatkan gaji sebesar Rp. 6.000.000.
  8. SEO content writer di Sinteki Digital Solusi mendapatkan gaji sebesar Rp. 5.000.000 – Rp. 6.000.000.
  9. SEO specialist di Astra Internasional mendapatkan gaji sebesar Rp. 9.000.000 – Rp. 10.000.000.
  10. SEO content writer di Bukalapak mendapatkan gaji sebesar Rp. 8.000.000 – Rp. 9.000.000.

Perkiraan gaji tersebut berdasarkan beberapa perusahaan di DKI Jakarta. Sedangkan untuk daerah lainnya, biasanya ditentukan berdasarkan biaya hidup di daerah tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab SEO Specialist

Ilustrasi keyword research (Wpblog)
Ilustrasi keyword research. (Wpblog)

Apabila dilihat dari gaji SEO specialist, nominal tersebut juga sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Secara umum, ada beberapa tugas dan tanggung jawab seorang SEO specialist diantaranya adalah :

1. Melakukan riset keyword dan content strategist

Tugas SEO specialist tidak hanya mengoptimasi website, namun juga merencanakan konten yang tepat dan berpotensi mendapatkan trafik yang tinggi. Oleh karena itu, profesi ini juga harus melakukan riset keyword yang sesuai dengan minat dan target pasar.

2. Mengidentifikasi trafik kompetitor

Tak hanya berfokus pada website internal perusahaan, profesi ini juga harus memahami aktivitas pengembangan trafik dari kompetitor. Tujuannnya untuk mengatur strategi agar lebih unggul dari kompetitor.

3. Melakukan optimasi SEO On Page dan Off Page

Penerapan SEO On Page meliputi custom title, tittle image, meta description, internal link, keyword density, dan tag heading optimization.  Sedangkan SEO Of Page meliputi memberi link building, share ke media sosial, dan natural link building.

4. Menulis dan mengedit artikel

Supaya menghasilkan konten yang baik dan dapat mudah ditemukan oleh pembaca. Seseorang yang bekerja di bidang ini perlu menulis dan mengedit artikel sesuai dengan teknik SEO, misalnya menggunakan bahasa SEO friendly atau menambah Call to action (CTA) di dalam konten.

5. Melalukan site audit

Site audit pada pekerjaan ini contohnya adalah memeriksa beberapa hal yang kurang tepat, seperti tag heading belum tepat konten dupilkat, adanya broken link, tidak adan Alt pada gambar, dan lain sebagainya. Setelah menemukan beberapa kekurangan tersebut, maka SEO specialist harus memperbaikinya.

6. Meningkatkan kecepatan website

Kecepatan website juga dapat mempengaruhi kenyamanan pembaca saat membuka website. Oleh karena itu, profesi ini bertugas untuk mengoptimasi kecepatan website. Ada beberapa tools yang bisa dimanfaatkan, misalnya pagespeed insights, lighthouse, dan GT matrix.

7. Kolaborasi dengan tim web developer

Tentunya SEO specialist tidak dapat berjalan sendiri ketika ingin mengoptimasi website perusahaan. Maka dari itu, perlu berkolaborasi dengan tim web developer untuk memastikan optimasi website berjalan dengan baik.

8. Analisis dan laporan

Setelah melakukan beberapa tugas, hal yang perlu dilakukan adalah melakukan analisis apakah proses optimasi telah berjalan dengan baik atau membutuhkan perbaikan. Selanjutnya, hasil analisis tersebut digambarkan melalui sebuah laporan yang dapat menjadi evaluasi.

Demikian penjelasan mengenai gaji SEO specialist yang bisa Anda jadikan referensi saat melamar pekerjaan di bidang ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar