Gaji Digital Marketing di Beberapa Perusahaan Indonesia

Seiring dengan perkembangan teknologi beberapa perusahaan pun telah melakukan perubahan pada media promosinya. Saat ini dapat Anda temukan banyak perusahaan atau penjual yang melakukan pemasaran melalui media digital.

Nah, kemampuan di bidang pemasaran tersebut dikenal dengan digital marketing. Apakah Anda berminat? Sebelum Anda mencobanya, yuk simak penjelasan mengenai gaji digital marketing di bawah ini.

Sekilas Tentang Digital Marketing

Gaji digital marketing
Ilustrasi digital marketing. (Dhadigital)

Digital marketing merupakan cara memasarkan suatu produk melalui platform digital. Banyak yang menganggap pemasaran melalui digital marketing ini lebih murah dibandingkan cara konvensional. Sebab dapat menjangkau konsumen dari banyak tempat dan kalangan.

Orang yang bekerja di bidang ini sering disebut dengan digital marketer. Pekerjaan ini bertugas untuk membangun brand awareness pada konsumen yang kemudian dapat meningkatkan penjualan.

Apabila Anda ingin bekerja di bidang ini, Anda harus mampu menganalisis sasaran iklan secara tepat dan menggunakan data untuk meningkatkan penjualan.  

Gaji Digital Marketing Berdasarkan Pengalaman Kerja

Banyak orang yang mengatakan jika nominal gaji digital marketing cukup besar. Namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi gaji di tiap digital marketer berbeda, yaitu pengalaman dan kemampuan.

Secara umum gaji karyawan di bidang ini dapat dihitung berdasarkan UMP (Upah Minimum Provinsi) tiap daerah, yaitu :

  1. Gaji untuk pemula (fresh graduate) tanpa pengalaman dapat memperoleh gaji dengan perhitungan 1 – 1,5 x gaji UMP.
  2. Gaji untuk pelamar dengan pengalaman 2-3 tahun dapat memperoleh gaji dengan perhitungan 2 – 2,5 x gaji UMP.
  3. Gaji untuk pelamar dengan pengalaman 5 tahun lebih atau posisi supervisor dapat memperoleh gaji dengan perhitungan 3,5 x gaji UMP.
  4. Gaji digital marketing manager dapat memperoleh gaji dengan perhitungan 5 x gaji UMP.

Perhitungan tersebut dapat berbeda sesuai dengan kebijakan perusahaan masing-masing. Sebab besar kecilnya suatu perusahaan juga dapat mempengaruhi kebijakan gaji karyawan.

Gaji Digital Marketing Beberapa Perusahaan

Gaji digital marketing
Pegawai gojek sedang bekerja. (Tribun Solo)

Supaya Anda mendapatkan gambaran tentang berapa gaji digital marketing. Yuk simak beberapa gaji digital marketing dari beberapa perusahaan di Indonesia.

  1. Digital marketing Tokopedia mendapatkan gaji sekitar Rp. 10.000.000.
  2. Digital marketing Shopee mendapatkan gaji sekitar Rp. 10.000.000.
  3. Digital marketing Nestle mendapatkan gaji sekitar Rp. 14.000.000.
  4. Digital marketing Accenture mendapatkan gaji sekitar Rp. 12.000.000.
  5. Digital marketing L’Oreal mendapatkan gaji sekitar Rp. 15.000.000.
  6. Digital marketing Gojek sekitar Rp. 19.500.000.
  7. Digital marketing Lazada memperoleh gaji sekitar Rp. 4.000.000.
  8. Digital marketing Gramedia memperoleh gaji sekitar Rp. 5.000.000.
  9. Digital marketing Grab memperoleh gaji sekitar Rp. 6.350.000.
  10. Digital marketing Bukalapak memperoleh gaji sekitar Rp. 6.500.000.

Informasi gaji digital marketing tersebut dapat menjadi referensi bagi Anda saat ditanya oleh HRD ketika interview. Sebab biasanya sebelum melakukan kontrak ada proses negosiasi gaji terlebih dahulu.

Tugas Karyawan Digital Marketing

Seorang digital marketer memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab dalam mengelola pemasaran perusahaan, diantaranya adalah :

1. Bertanggung jawab pada branding

Branding suatu produk bertujuan untuk memperkenalkan produk keluaran perusahaan  kepada khalayak umum. Misalnya dengan memberikan informasi nama produk, kegunaan, ciri khas, dan harga produk.

2. Menyusun rencana promosi

Seseorang yang bekerja di bidang digital marketing tak hanya melakukan promosi. Akan tetapi juga merencanakan promosi tersebut. Contohnya rencana konten promosi, waktu mengunggah konten, media apa yang digunakan, dan lain sebagainya.

3. Menyusun konsep campaign

Campaign dapat berisi keunggulan produk dan nilai-nilai perusahaan. Dengan membuat konsep, maka digital marketer dapat menentukan strategi sesuai dengan produk dan pangsa pasarnya.

4. Merancang distribusi konten

Setelah  membuat konsep campaign promosi, maka seorang digital marketer perlu mendistribusikan konten campaign tersebut di platform digital yang tepat. Beberapa pertimbangan ketika mendistribusikan konten yaitu bentuk konten (video, infografis, atau tulisan), identifikasi platform, dan editing.

5. Mengelola engagement konsumen

Tak hanya berhenti pada antusiasme sesaat, digital marketer juga perlu memastikan ketertarikan dan kepercayaan masyarakat dapat bertahan lama. Caranya yaitu memberikan tanggapan seperti like, beri komentar, dan membalas pesan di platform digital.

6. Meningkatkan trafik website perusahaan

Meningkatkan brand awareness melalui search engine juga merupakan cara ampuh. Seorang karyawan di bidang ini adalah dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) agar postingan website ada di posisi pertama pencarian.

7. Memelihara aset digital

Sebuah aset digital seperti akun media sosial merupakan wajah dari sebuah perusahaan. Sehingga tugas digital marketer adalah mengelolanya dengan baik. Bagaimana caranya? Biasanya dengan rajin update dan mengisi konten yang baik dapat mempertahankan ketertarikan masyarakat agar tidak tertarik dengan produk lain.

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab karyawan digital marketing. Secara garis besar, pekerjaan di bidang ini cukup menarik karena dapat membaca preferensi orang dan menyusun strategi promosi yang tepat.

Pengetahuan dan Keahlian

Ilustrasi komunikasi (Nesaba media)
Ilustrasi komunikasi. (Nesaba media)

Sebelum Anda melamar di pekerjaan ini, Anda perlu mengetahui pengetahuan dan keahlian apa yang dibutuhkan seorang digital marketer. Berikut ini penjelasannya, yaitu :

1. Kemampuan pemasaran

Sesuai namanya yakni digital marketing maka kemampuan yang pertama kali harus dimiliki yaitu kemampuan pemasaran. Karyawan di bidang ini harus mampu menyusun, melaksanakan, dan mendistribusikan sebuah konten dengan baik agar dapat menarik perhatian konsumen.

2. Kemampuan riset pasar

Riset pasar berfungsi untuk menyusun konten apa yang tepat sesuai dengan kegunaan produk. Biasanya riset tersebut berisi tentang karakteristik konsumen dan pesaing.

3. Memahami SEO/SEM

SEO/SEM berguna untuk menempatkan posting website di halaman atas pencarian. Tujuannya untuk meningkatkan trafik pengunjung website. Sehingga dapat membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan.

4. Kemampuan analisis

Sebuah data dari riset konsumen membutuhkan sebuah analisis. Kemampuan ini berguna untuk menyusun strategi dan konsep pemasaran yang tepat. Sebab jika salah memilih strategi dapat menurunkan popularitas suatu produk bahkan perusahaan dapat mengalami kerugian finansial.  

5. Keterampilan komunikasi

Komunikasi sangat penting digunakan ketika melakukan promosi. Seorang digital marketer membutuhkan kemampuan ini untuk mendekati dan menarik hati konsumen. Komunikasi yang digunakan antar perusahaan pun berbeda sesuai dengan pasar produknya.

Itulah beberapa kemampuan yang harus Anda tingkatkan apabila tertarik dengan bidang ini. Anda bisa melatihnya dengan mengikuti pelatihan atau belajar otodidak.

Demikian pembahasan mengenai pengertian, gaji digital marketing, dan kemampuan yang diperlukan. Apabila Anda tertarik dengan pekerjaan ini mulailah untuk meningkatkan kemampuan mulai sekarang.