Mau Kerja di Bukalapak, Ini Kisaran Gaji yang Kamu Dapatkan!

Kemajuan teknologi yang seolah tidak bisa dibendung telah membuat banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Salah satu buktinya adalah pergeseran budaya belanja dari yang sebelumnya konvensional menjadi serba online. Bahkan saat ini sudah ada istilah harbolnas alias hari belanja online nasional.

Hal tersebut membuktikan bahwa potensi transaksi jual-beli online memang sangat menggiurkan. Tak heran pemerintah terus memberi dukungan bagi start-up seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya untuk terus berkembang menggerakan ekonomi masyarakat.

Banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sangat terbantu dengan adanya platform toko online tersebut. Tak perlu sewa toko apalagi bikin warung. Cukup bermodal akses internet Kamu sudah bisa jualan apapun bahkan hingga ke luar negeri sekalipun.

bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu start-up buatan anak bangsa yang cukup digemari oleh masyarakat

Salah satu start-up yang bergerak di bidang marketplace dan sangat disukai oleh masyarakat ialah Bukalapak. Bukalapak sendiri didirikan pada awal 2010 oleh Ahmad Zacky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid. Hingga saat ini Bukalapak masuk dalam 3 besar marketplace dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di Indonesia.

Kerja di Bukalapak, Berapa Gajinya?

Bukalapak tidak hanya jadi primadona bagi para penjual yang hendak memasarkan produknya. Belakangan ini muncul trend di kalangan millennial untuk bekerja di start-up seperti Bukalapak. Tak heran banyak di antara mereka yang menjadikan Bukalapak dan start-up lainnya sebagai tempat kerja idaman.

Suasana kerja yang jauh dari nuansa formalitas menjadi daya pikat utama. Selain itu, kabarnya gaji yang didapatkan kalau bekerja di start-up besar seperti Bukalapak ini juga sangat amat menggiurkan. Hal ini cukup masuk akal karena banyak investor yang berbondong-bondong memberikan suntikan dana kepada start-up yang ada di Indonesia.

Bahkan sejak pertama berdiri Bukalapak sudah sering diberi suntikan dana segar oleh para investor. Teranyar mereka dapat suntikan dana dari perusahaan Korea sehingga valuasi perusahaan bisa meningkat menjadi lebih dari 2,5 milliar dolar Amerika atau setara dengan 35 triliun rupiah.

Daftar Posisi dan Gaji Karyawan di Bukalapak 2020

Dilansir dari berbagai sumber terpercaya berikut adalah daftar posisi dan gaji karyawan Bukalapak.

  • Account Manager (Rp 10-15 juta/bulan). Tugas seorang Account Manager antara lain: memantau target dan pencapaian bulanan, mencari klien baru, membangun hubungan yang baik dengan klien yang sudah ada, menganalisa dan merekomendasikan peluang baru untuk peningkatan laba perusahaan, serta membuat rencana kerja dan laporan penjualan harian, mingguan, dan bulanan.
  • Digital Marketing Executive (Rp 10-20 juta/bulan). Seorang Digital Marketing Excecutive bertanggung jawab untuk mengatur, menerapkan, dan mengelola pemasaran digital perusahaan. Gaji besar yang menanti berbanding lurus dengan tanggung jawab yang menyertai. Pasalnya Bukalapak merupakan perusahaan yang bergerak dalam dunia digital. Dan ada banyak marketplace lain yang siap bersaing dengan Bukalapak.
  • ITĀ OperationĀ Manager (Rp 40-60 juta/bulan). Tak perlu heran dengan nominal besar di posisi ini. Pasalnya tanggung jawab yang diemban pun tak kalah besar. Seorang IT Operation Manager bertanggung jawab dalam mengawasi dan mengarahkan kinerja departemen teknologi informasi Bukalapak. Apalagi Bukalapak adalah marketplace berbasis aplikasi. Seorang karyawan yang menduduki posisi ini harus memastikan bahwa semua layanan, sistem, dan infrastruktur pendukung lainnya bekerja dengan baik. Oh, iya, salah satu faktor yang membuat Bukalapak cukup digemari adalah karena aplikasinya dianggap ringan jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Nah IT Operation Manager inilah yang bertanggung jawab akan hal tersebut.
  • Network Engineer (Rp 11-12,5 juta/bulan). Tugas dan fungsi seorang network engineer sejatinya masih berkaitan dengan IT Operation Manager. Hanya saja seorang network engineer lebih bertanggungjawab untuk mengawasi serta melakukan instalasi, konfigurasi, dan pemeliharaan sistem informasi dan jaringan perusahaan
  • QA Automation Supervisor (Rp 12-15 juta/bulan). Seorang Quality Assurance (QA) Automation Supervisor secara umum bertanggung jawab dalam memastikan suatu produk atau jasa memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Bukalapak bukanlah marketplace murni sehingga fitur yang disediakan tidak hanya untuk transaksi jual-beli. Mereka terus melakukan diversifikasi untuk tetap bersaing dengan para competitor lainnya. Nah, kualitas dari produk yang ditawarkan inilah yang menjadi tanggung jawab seorang QA Supervisor.
  • Sales Executive (Rp 8-12 juta/bulan). Ada beberapa tugas utama seorang sales executive, diantaranya: mengakuisisi merchant-merchant baru guna meingkatkan dan mencapai target Gross Merchant Value (GMV). GMV merupakan keseluruhan total penjualan dan serta frekuensi transaksi yang dilakukan melalui platform yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, dalam hal ini Bukalapak. Selain itu ia juga bertugas untuk menciptakan hubungan yang baik dengan merchant lama serta meningkatkan nilai transaksi pada merchant tersebut . Seorang sales executive juga bertugas untuk menganalisa strategi penjualan serta memastikan ekseksuinya berjalan dengan baik.
  • Sales Manager (Rp 22-23 juta/bulan). Gaji seorang sales manager cukup tinggi karena dialah yang bertanggungjawab terhadap target penjualan. Ia menjadi pemimpin di tim penjualan dan harus bisa menempatkan karyawan pada posisi yang tepat agar penjualan yang dilakukan perusahaan dapat berjalan dengan efektif. Posisi ini cukup penting di tubuh suatu perusahaan, tak terkecuali Bukalapak. Pasalnya penjualan adalah nyawa utama hidup matinya suatu perusahaan.
  • Software Engineer (Rp 10-18 juta/bulan). Seorang software engineer bertanggung jawab membangun sebuah software dari arsiktetur, basis data, dan pemakaian teknologi/bahasa pemrograman. Tak heran gaji yang diperoleh setiap bulannya cukup besar karena memang tanggung jawab yang dibebankan juga tidak kalah besar.

Kelebihan Bekerja di Bukalapak

Ada beberapa keunggulan bekerja di Bukalapak yang rasanya sulit ditemukan di perusahaan lain, apalagi korporasi konvensional pada umumnya. Keunggulan tersebut sangat cocok dengan karakteristik anak muda saat ini yang tidak suka formalitas dan suasana kantor yang kaku.

1. Jam kerja fleksibel

Dikutip dari berbagai sumber banyak start-up yang memberikan kebebasan kepada karyawannya untuk memilih jam kerja, tak terkecuali Bukalapak. Yang penting si karyawan bekerja dengan baik dan target yang diberikan perusahaan bisa tercapai. Bahkan pekerjaan bisa dilakukan secara remote yang penting beres. Enak banget, kan?

2. Gratis Makan Siang

Yang ini ngga kalah bikin senang. Bukalapak menyediakan makan siang gratis bagi karyawan-karyawannya. Sehingga ketika jam makan siang mereka ngga perlu keluar cari makanan. Cukup datang ke kantin Bukalapak dan nikmati hidangan yang tersedia. Lumayan buat penghematan!

3. Kantor yang Nyaman

Definsi kantor yang nyaman bagi millennial bukan hanya sekadar ruangan ber-AC. Lebih dari itu, nyaman dalam artian bisa membuat karyawan betah di kantor sekaligus produktivitas kerja meningkat. Bukalapak menyediakan fasilitas tersebut.

kantor bukalapak

salah satu potret kantor bukalapak, udah kayak kafe ngga sih?

Bahkan di kantor Bukalapak disediakan kamar khusus jika ada karyawan yang ingin beristirahat. Pun sudut-sudut ala kafe yang bisa digunakan sebagai tempat bekerja kalau sudah bosan kelamaan di balik kubikel. Pokoknya idaman anak muda banget deh kerja di Bukalapak!

Demikian ulasan terkait posisi dan estimasi gaji yang bisa didapatkan oleh karyawan Bukalapak. Tentu masih terdapat beberapa posisi yang belum tercantum dalam daftar di atas. Akan tetapi daftar gaji dan posisi karyawan Bukalapak tersebut tetap bisa dijadikan gambaran bagi Kamu yang ingin mencoba peruntung bekerja di start-up milik anak bangsa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *