7 Bisnis Usaha Rumahan yang Lagi Trend di Tahun 2020, Buka Usaha Yuk!

By | Mei 22, 2020

Saat ini, ada banyak sekali usaha rumahan yang lagi trend di kalangan masyarakat. Jenis usaha ini biasanya banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang sekaligus menambah penghasilan mereka. Namun, banyak pula anak muda yang terjun ke dunia bisnis kecil seperti usaha rumahan daripada melamar pekerjaan di perusahaan.

usaha rumahan

Memulai bisnis memang dirasa lebih menjanjikan daripada melamar pekerjaan karena seperti yang Kita ketahui bahwa saat ini ada banyak sekali pelamar kerja. Sedangkan tenaga pekerja yang akan diterima oleh perusahaan hanya sedikit, sehingga banyak orang yang lebih memilih membuka usaha. Selain itu, di kalangan para pekerja pun juga banyak yang membuka start up atau usaha sejenis untuk menambah penghasilan bulanan mereka.

#1 Usaha Katering

usaha rumahan

Memiliki bisnis atau usaha rumahan sendiri adalah sebuah aset yang harus dipertahankan untuk bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Salah satu usaha rumahan yang lagi trend yaitu usaha katering untuk anak sekolah, kantor maupun katering sehat yang menyajikan makanan khusus diet. Jenis usaha ini banyak diminati karena di zaman serba modern ini banyak ibu-ibu yang bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk memasak.

Biasanya, mereka lebih memilih untuk membeli makanan di luar untuk keluarga mereka. Namun, hal itu tentu saja tidak bisa dilakukan setiap hari serta ditakutkan makanannya tidak sehat dan higienis. Nah, adanya bisnis atau usaha katering ini menjadi salah satu alternatif yang cukup dipercaya untuk menyediakan makanan untuk anak sekolah, pekerja kantor dan lain sebagainya. Katering rumahan dirasa lebih ekonomis dan sehat karena masakan rumah dan dimasak sendiri alias bukan fabrikasi.

#2 Cafe Kopi Kekinian

usaha rumahan

Salah satu usaha rumahan yang lagi trend di kalangan anak muda adalah cafe kopi kekinian. Budaya nongkrong sambil minum kopi memang bnayak dilakukan belakangan ini. Populernya budaya ini juga turut meramaikan dunia bisnis dengan banyaknya pelaku usaha cafe kopi kekinian. Ada banyak sekali jenis cafe kopi yang muncul di setia sudut kota baik cafe kecil maupun yang besar dan mewah.

Cafe-cafe tersebut juga pasti ramai pengunjung tergantung kalangan masing-masing, untuk anak muda kalangan menengah ke bawah bisa menikmati cafe kopi yang murah. Jika tidak memiliki modal untuk membangun cafe, Anda bisa bermitra dengan layanan ojek online sehingga metode jualannya juga secara online. Anda bisa membuat pesanan pelanggan di rumah dan menunggu ojek online menjemput pesanan tersebut. Usaha kopi kekinian ini cukup menjanjikan dan menghasilkan keuntungan yang besar

#3 Bisnis PPOB

usaha rumahan

Nah, untuk bisnis atau usaha rumahan yang lagi trend selanjutnya adalah bisnis PPOB (Payment Point Online Blank). Usaha yang satu ini memang sedang ramai dilakukan di kalangan masyarakat perkotaan maupun pedesaan karena cukup membantu masyarakat di sekitarnya. Bisnis PPOB menyediakan layanan pembayaran listrik, air, pajak, cicilan kendaraan, pulsa, paket internet dan lain sebagainya.

Selain dapat membantu proses transaksi pembayaran untuk masyarakat di sekitarnya, bisnis ini juga cukup mudah dilakukan. Dengan modal kecil pun Anda sudah bisa memulai bisnis PPOB ini, lalu dengan seiring waktu bisa mengembangkan bisnis lebih besar lagi dan menambah modal untuk jualan barang lainnya. Biasanya, mereka yang melayani PPOB juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok seperti tabung gas, air galon, gula, beras, makanan ringan dan lain-lain.

#4 Jasa Laundry

usaha rumahan

Usaha yang satu ini emang tak bisa diragukan lagi, hampir di setiap kompleks perumahan bahkan di pedesaan pun pasti ada yang menyediakan jasa laundry. Itulah mengapa jasa laundry masuk dalam daftar usaha rumahan yang lagi trend saat ini. Membuka usaha laundry memang cukup menjanjikan dan bisa meraup keuntungan yang besar dengan modal yang tidak terlalu besar.

Seperti yang Kita ketahui, zaman sekarang semua orang sudah menerapkan gaya hidup praktis. Mulai dari makanan yang beli atau pesan ke katering hingga cucian baju kotor yang juga diserahkan kepada jasa laundry untuk mengurangi pekerjaan rumah. Meski terbilang cukup murah untuk satu kilogram baju yang masuk ke jasa laundry, keuntungan yang dihasilkan bisa berkali-kali lipat. Hal ini karena ada banyak sekali pelanggan laundry yang datang setiap harinya.

#5 Jual Kerajinan Tangan

usaha rumahan

Sebagai kalangan rumahan yang tidak bekerja di sebuah perusahaan, Anda pun bisa menghasilkan uang dengan memulai usaha rumahan yang lagi trend saat ini. Salah satunya adalah berjualan secara online dengan menawarkan ke media sosial atau marketplace. Ada banyak sekali jenis barang atau jasa yang bisa Anda jual, contohnya kerajinan tangan yang dibuat sendiri. Sebagai kalangan rumahan, Anda pasti punya banyak waktu untuk membuat kerajinan tangan.

Produk kerajinan tangan rumahan biasanya lebih unik dan eksklusif, sehingga banyak yang dijual mahal di pasaran karena keunikan nya. Contoh kerajinan yang bisa Anda buat antara lain produk rajutan tangan, furnitur dari kayu atau bambu, kerajinan dari flanel dan lain sebagainya.

#6 Jual Mainan Anak Edukatif

usaha rumahan

Jika Anda suka dengan dunia anak-anak, maka membuka usaha jualan mainan anak bisa jadi pilihan yang tepat. Mainan anak edukatif saat ini cukup berpeluang menjadi usaha rumahan yang lagi trend di masyarakat. Hal ini karena tingginya kesadaran para orang tua untuk mulai memilih dan mengganti mainan bagi anak-anak mereka menjadi mainan edukatif. Nilai edukasi dari momen bermain akan melekat pada daya ingat anak, sehingga secara tidak sadar mereka akan belajar sambil bermain.

Dengan menyuguhkan mainan edukasi, anak-anak akan belajar melatih kemampuan otak maupun fisik mereka. Contoh mainan yang bisa dijual antara lain puzzle, bongkar pasang, buku menggambar dan lain-lain. Cobalah untuk menjual mainan edukatif ini melalui media sosial atau daftar ke marketplace. Saat ini, marketplace adalah salah satu toko online yang banyak dikunjungi oleh konsumen.

#7 Jual Barang Preloved

usaha rumahan

Saat ini, ada banyak sekali akun jualan di Instagram dengan nama preloved yang artinya mereka menjual barang yang sudah pernah dipakai. Trend barang preloved ini cukup populer di kalangan anak muda yang suka dengan barang-barang merek atau brand mahal. Karena harganya cukup mahal, akan sayang sekali jika barang yang tidak mereka pakai lagi langsung dibuang atau diberikan kepada orang lain. Jadi, muncullah para penjual barang merek/brand mahal dengan harga yang lebih rendah.

Harga rendah tersebut dikarenakan barang tersebut sudah pernah dipakai, namun kondisinya masih bagus dan layak jual. Anda pun bisa mencoba usaha rumahan yang lagi trend ini, terutama jika Anda punya banyak koleksi barang branded. Selain itu, Anda juga bisa menjual barang milik saudara atau teman-teman Anda yang juga punya koleksi barang branded dan tidak dipakai lagi. Metode jualan barang preloved ini biasanya dilakukan secara online melalui marketplace atau media sosial.

Ada banyak sekali jenis usaha rumahan yang lagi trend saat ini dan cukup menjanjikan sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah. Hal ini karena daya hidup masyarakat yang lebih suka dengan hal-hal praktis dimana semua kebutuhan mereka bisa terpenuh dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *