Segini Gaji Barista Starbucks 2024, Tertinggi di Indonesia

Ketika berkunjung ke Starbucks, tentu Anda sudah tak asing lagi melihat keberadaan barista-barista yang tengah bekerja di sana, bukan? Namun, pernahkah Anda menebak kira-kira berapa besaran gaji barista Starbucks?

Nah, bagi Anda yang ingin tahu atau saat ini tengah tertarik untuk melamar kerja di Starbucks sebagai barista, ada baiknya untuk membaca artikel ini terlebih dahulu yang akan membahas lebih lanjut mengenai gaji barista Starbucks.

Tak hanya membahas persoalan gaji, artikel ini juga akan membahas mengenai tugas dan persyaratan untuk bisa menjadi barista Starbucks. Jadi, yuk langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

Tugas Barista Starbucks

Tugas Barista Starbucks

Barista umumnya dikenal sebagai seseorang yang ahli dalam membuat kopi di coffee shop. Namun, tugas dari para barista yang bekerja di Starbucks ini tak hanya itu saja, loh!

Sebagai salah satu bagian terpenting dari Starbucks yang berinteraksi langsung dengan pelanggan, seorang barista juga memiliki sederet tanggung jawab yang harus dipenuhi.

Beberapa di antaranya seperti memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik pada para pelanggan yang datang, menyediakan produk minuman dan makanan yang berkualitas sesuai dengan standar kualitas yang telah ditentukan, serta menjaga lingkungan kerja agar tetap bersih dan nyaman.

Gaji Barista Starbucks

Kemudian masuk ke pembahasan utama mengenai gaji barista Starbucks. Di Starbucks sendiri, terdapat dua jenis barista yang dipekerjakan, yakni barista full time dan part time.

Besaran gaji pegawai Starbucks menyesuaikan dengan UMK dari masing-masing wilayah dan belum termasuk dengan insentif yang nominalnya tergantung pada target penjualan.

Pertama, untuk barista full time. Menurut informasi yang didapatkan dari berbagai sumber, gaji barista Starbucks full time ini sekitar Rp4.200.000 – Rp4.500.000 per bulan.

Baca juga:  Segini Gaji Kurir Deliveree 2024 untuk Semua Jenis Mobil

Sementara untuk gaji barista Starbucks part time akan dihitung berdasarkan jumlah jam kerja setiap shift dan jumlah hari masuk kerja. Barista part time bisa bekerja selama 4 jam atau 8 jam dalam setiap shift dengan minimal kerjanya 4 hari per minggu.

Shift kerja untuk setiap barista dapat berganti-ganti. Mereka bisa saja bekerja saat opening shift, middle shift, ataupun closing shift.

Barista part time yang bekerja selama 8 jam dalam satu kali shift bisa memperoleh gaji hingga mencapai Rp200.000 per hari, sedangkan untuk shift 4 jam akan memperoleh separuhnya. Jumlah ini akan semakin bertambah jika barista sering masuk kerja.

Sama seperti full time, gaji part time Starbucks ini juga belum termasuk insentif. Namun, insentif yang didapatkan oleh barista part time akan sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan barista full time.

Perbandingan gaji barista Starbucks dan Kedai Kopi Lain

Gaji barista starbucks yang digunakan sebagai perbandingan sebesar Rp4.200.000. Starbucks berada di posisi kedua dengan gaji barista tertinggi di Indonesia.

PerusahaanGaji per BulanPerbedaan
Kopi KenanganRp2.975.000-29,17%
Flash CoffeeRp2.880.000-31,43%
PT Bumi Berkah BogaRp3.150.000-25,00%
Kopi ChuseyoRp2.000.000-52,38%
PT. MITRA ADIPERKASARp5.850.00039,29%
Fore CoffeeRp3.200.000-23,81%
ChatimeRp1.950.000-53,57%
Maxx CoffeeRp3.725.440-11,30%

Baca juga: Gaji Karyawan Janji Jiwa

Persyaratan Menjadi Barista Starbucks

syarat barista starbucks

Bagi Anda yang tertarik untuk bekerja menjadi barista Starbucks, berikut terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Untuk persyaratannya terbagi menjadi dua, yakni persyaratan umum dan persyaratan khusus untuk masing-masing jenis barista.

Persyaratan Umum

Persyaratan umum untuk menjadi barista Starbucks adalah sebagai berikut.

  • Kandidat yang bersemangat dengan tingkat energi dan antusiasme yang tinggi
  • Keterampilan interpersonal yang kuat dengan kepribadian yang ramah dan sikap layanan pelanggan
  • Kemampuan untuk bekerja sebagai bagian dari tim yang positif dan dinamis
  • Bersedia bekerja dalam jam shift dan fleksibel untuk pagi, sore, akhir pekan, dan/atau waktu liburan
Baca juga:  Gaji Pramugari Super Air Jet 2024 Berserta Tunjangannya

Persyaratan Barista Full Time

Selanjutnya, persyaratan khusus untuk posisi barista full time adalah sebagai berikut.

  • Memiliki pengalaman di industri makanan & minuman, perhotelan, atau retail
  • Lebih disukai dari jurusan perhotelan, pariwisata, atau ilmu sosial
  • Lulusan baru dari Diploma dan gelar yang lebih tinggi diperbolehkan untuk melamar

Persyaratan Barista Part Time

Sementara untuk barista part time tidak harus memiliki pengalaman seperti full time karena nantinya barista akan memperoleh training sebelum mulai bekerja.

Nah, persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi barista part time adalah sebagai berikut.

  • Bersedia bekerja minimal 4 hari seminggu
  • Mahasiswa minimal berada pada tahun kedua studi, lebih disukai dari jurusan perhotelan, pariwisata, atau ilmu sosial.

Itulah tadi pembahasan mengenai gaji barista Starbucks yang juga membahas mengenai tugas dan persyaratan untuk bisa menjadi barista Starbucks. Jadi, apakah Anda tertarik untuk bekerja menjadi barista Starbucks?

Bagikan:

Tinggalkan komentar