3 Cara Melamar Kerja di Starbucks Indonesia

Bisnis Starbucks cukup bergengsi di Indonesia. Tidak heran, bekerja di Starbucks memberikan daya tarik tersendiri bagi banyak pencari kerja. Akan tetapi, masih banyak calon pelamar kerja yang belum mengetahui cara melamar kerja di Starbucks Indonesia. Bahkan informasi mengenai seluk beluk perusahaan pun mungkin juga masih banyak yang belum mengetahuinya.

Bagi Anda yang saat ini tengah mencari informasi tersebut, simak artikel ini hingga tuntas ya? Anda akan mendapat informasi mengenai cara melamar kerja di perusahaan Starbucks yang saat ini bisa dilakukan secara online dan offline. Juga aka mengetahui gambaran umum mengenai perusahaan yang bersangkutan.

Cara Melamar Kerja di Starbucks Indonesia

Cara Melamar Kerja di Starbucks Indonesia
Barista Starbucks (businessinsider.com)

Banyak informasi mengenai lowongan kerja di Starbucks Indonesia yang bisa Anda temukan di website resminya dan official account media sosialnya (Facebook : @KarirStarbucks dan Instagram: @KarirStarbucksIndonesia). Namun, tidak banyak banyak informasi mengenai langkah-langkah cara melamar kerja di Starbucks Indonesia ini. Sehingga, bagi Anda yang masih awam dengan hal tersebut, tentu akan merasa kebingungan.

Berikut cara melamar kerja di Starbucks Indonesia:

Cara Melamar Kerja di Starbucks Melalui Website Resmi

  1. Buka website resmi starbucks melalui browser perangkat HP atau laptop Anda.
  2. Setelah halamannya terbuka, scroll ke bawah hingga menemukan tulisan Career Center dan klik tulisan tersebut.
  3. Akan ada dua pilihan posisi yang bisa Anda lamar, yaitu bagian Retail Careers yang biasanya untuk Barista dan Store Management Careers yang biasanya untuk Distric Managers (DMW) serta Store Managers (SMW). Pelajari terlebih dahulu tanggung jawab dan kualifikasi khusus untuk posisi-posisi tersebut.
  4. Setelah itu klik How to Apply. Muncul Application for Employment yang berisi beberapa kolom atau form biodata. Isi lah biodata tersebut secara lengkap dan benar.
  5. Centang kotak Terms & Condition Agreement jika biodata tersebut telah Anda isi.
  6. Masukkan captcha pada kolom yang telah disediakan.
  7. Klik Submit.

Cara Melamar Kerja di Starbucks Melalui LinkedIn

  1. Buka akun LinkedIn resmi Starbucks Indoenesia (PT. Sari Coffee Indonesia)
  2. Cek terlebih dahulu apakah disana ada lowongan kerja yang tersedia atau tidak.
  3. Jika ada lowongan kerja yang tersedia, Anda bisa Lihat Pekerjaan secara detail.
  4. Cari posisi pekerjaan yang Anda inginkan dan klik posisi tersebut.
  5. Klik terapkan dengan mudah di sebelah atas.
  6. Lengkapi informasi yang dibutuhkan dan ikuti setiap arahannya.
  7. Tinjau terlebih dahulu sebelum Anda klik kirim.

Cara Melamar Kerja di Starbucks Offline

Anda bisa juga langsung datang ke alamat Starbucks dengan membawa berkas-berkas lengkap ke alamat berikut:

PT Sari Coffe Indonesia

Human Resources

Wisma 46-Kota BNI 7th Floor

Jl Jendral Sudirman Kav 1

Jakarta 10220

Indonesia

Berkas-Berkas yang Harus Anda Siapkan

  1. Curriculum Vitae (CV)
  2. Surat lamaran pekerjaan
  3. Sertifikat TOEFL (tidak wajib)
  4. Fotocopy KTP
  5. Ijazah terakhir
  6. Kartu Rencana Studi (KRS)
  7. Reference letter (tidak wajib) dari perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya

Kualifikasi Umum

  1. Berusia 18 hingga 24 tahun
  2. Memiliki keterampilan interpersonal yang baik
  3. Bisa melayani konsumen
  4. Memilikii kepribadian yang ramah
  5. Semangat juang tinggi
  6. Mampu bekerja shift dan saat liburan
  7. Bekerja secara fleksibel, pagi, sore, dan akhir pekan
  8. Mahasiswa dan non mahasiswa dipersilakan mendaftar
  9. Untuk mahasiswa, minimal sudah menempuh tahun kedua studi dan diutamakan jurusan ilmu sosial, perhotelan, dan pariwisata
  10. Untuk non mahasiswa, usahakan sudah memiliki pengalaman kerja

Itulah cara melamar kerja di Starbucks yang bisa Anda pilih. Setelah lamaran Anda kirimkan, tunggu informasi lanjutan dari Starbucks sekitar dua minggu “apakah berkas lamaran Anda ditolak atau diterima”.

Indikasi lamaran ditolak biasanya tidak akan ada informasi dari Starbucks selama dua minggu. Jangan terlalu berkecil hati, karena Anda masih bisa mendaftar di lain kesempatan atau pekerjaan lain.

Sementara, jika lamaran diterima, Anda akan mendapat telepon dari pihak management Starbucks untuk mendapat jadwal Walk-in Interview. Jadi pastikan nomor atau kontak yang Anda lampirkan tetap aktif selama menunggu informasi lanjutan tersebut ya?

Akan banyak pesaing datang saat proses Walk-in Interview. Sehingga, diharapkan sebisa mungkin Anda berangkat lebih awal agar tidak terlalu mengantri.

Karena kedai Starbucks banyak berdatangan konsumen asing, sehingga di tahap Walk-in Interview ini juga Anda akan di tes untuk melayani konsumen menggunaan bahasa Inggris. Itulah kenapa walaupun sertifikat TOEFL tidak wajib, namun akan lebih baik Anda menyertakannya dan minimal fasih menggunakan bahasa Inggirs untuk melayani konsumen.

Setelah lolos Wak-in Interview, biasanya akan ada tes lanjutan, yaitu Medical Check-Up, seperti cek rontgent, darah, dan lain-lain. Anda harus check up ke klinik yang memang sudah ditunjuk oleh Starbucks. Jangan khawatir check-up ini free, sebab langsung dibayar oleh Starbucks.

Sistem Kerja di Starbucks

Starbucks membuka kesempatan bekerja bagi siapa saja yang memang sesuai dengan kualifikasi. Ada dua sistem kerja di Starbucks, yaitu sistem part time dan full time.

Untuk sistem part time, ini sering kali para karyawannya adalah anak kuliahan maupun fresh graduate. Biasanya bekerja selama 2,5 jam/ hari (20 jam kerja/ minggu).

Sementara untuk sistem full time, ini sering kali para karyawannya adalah orang yang sudah memiliki pengalaman kerja. Biasanya bekerja minimal 5 hari dalam seminggu.

Kontrak Kerja di Starbucks

Bekerja di Starbucks umumnya terikat kontrak selama 1,5 tahun dengan penahanan ijazah selama satu tahun. Informasi kontrak kerja ini akan disampaikan dengan lebih jelas sebelum Anda tanda tangan dan menyerahkan ijazah ke Starbucks.

Starbucks juga menerapkan pinalti bagi para karyawannya. Jika Anda mengajukan resign sebelum satu tahun, maka Anda akan dikenai pinalti. Jika tidak salah, part timer akan dikenai pinalty sebesar Rp 5.000.000  dan full timer akan dikenai pinalti sebesar Rp 8.000.000.

Sekilas Tentang Starbucks

Starbucks Corporation adalah perusahaan kopi dan jaringan warung kopi modern yang berasal dari Amerika dengan kantor pusatnya ada di Seattle, Washington. Hingga saat ini, Starbucks sudah memiliki lebih dari 20.000 kedai di 61 negara, seperti Kanada, Amerika Serikat, Britania Raya, Jepang, Korea Selatan, Cina, Taiwan, Meksiko, Thailand, Filipina, dan Indonesia.

Di Indonesia, Starbucks dijalankan oleh PT. Sari Coffee Indonesia, dengan kantor pusatnya di DKI Jakarta. Starbucks Indonesia sudah berdiri sejak 2002. Berdsar data terakhir, sudah ada 1001-5000 karyawan Starbucks yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Seperti kedai kopi pada umumnya, Starbucks menjual minuman dingin dan panas, biji kopi, sandwich dingin dan panas, salad, camilan, kue kering manis, dan barang-barang seperti tumbler dan gelas. Melalui divisi Starbucks Entertainment dan merk Hear Music, Starbucks juga memasarkan film, musik, dan buku.

Itulah cara melamar kerja di Starbucks yang perlu Anda tahu, lengkap dengan gamabran umum mengenai perusahaan Starbucks. Penting bagi Anda untuk mengetahui seluk beluk perusahaan, sebab bukan tidak mungkin HRD bisa menerima Anda sebagai karyawannya karena Anda mengerti tentang Starbucks, bahkan tanggung jawab setiap posisi yang Anda lamar, walaupun itu hanya sedikit pengetahuan. Good luck ya!

Tinggalkan komentar