Gaji Barista Kopi Kenangan 2024 dan Tunjangannya

Apakah Anda penikmat kopi yang suka mampir ke kedai-kedai kopi atau tertarik untuk menjadi Barista?

Kopi Kengangan adalah salah satu kedai kopi yang pada tahun 2024 telah memiliki 868 outlet cabang dan tersebar di 64 kota Indonesia.

Peluang menjadi barista cukup besar, baik secara full time maupun part time, mengingat kedai kopi sudah banyak tersedia di Indonesia.

Lalu, berapa gaji barista Kopi Kenangan? Apakah sama dengan gaji barista Starbucks atau sama dengan gaji barista Janji Jiwa. Anda bisa mengetahui nominal gaji barista Kopi Kenangan dan tunjangannya melalui artikel ini.

Gaji Barista Kopi Kenangan

Gaji Barista Kopi Kenangan

Berapa gaji barista Kopi Kenangan? Berbicara mengenai gaji, pastinya tidak bisa terlepas dari ketentuan UMK/UMR di setiap lokasi.

Setiap daerah memiliki kebijakannya tersendiri mengenai upah minimum yang harus diberikan kepada pekerja.

Lalu, berapa standar gaji barista Kopi Kenangan? Di Kopi Kenangan posisi barista terbagi menjadi dua, yaitu full time dan part time. Berikut ini informasi gajinya:

Gaji Barista Part Time

Kisaran gaji barista Kopi Kenangan dengan status part time bisa mencapai angka Rp1.500.000 – Rp2.200.000 per bulan.

Hal ini tergantung dengan jadwal jam kerja barista tersebut. Dilansir dari kompasiana.com, jam kerja barista Kopi Kenangan untuk status part time minimal 4 jam per hari dan maksimal 8 jam per hari, dengan gaji per jam sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000.

Gaji Barista Full Time

Untu barista full time, memiliki besaran gaji yang lebih besar daripada barista part time. Hal ini sesuai dengan jam kerja barista full time yang lebih banyak daripada barista part time. Rata-rata gaji barista full time di Kopi Kenangan ialah sekitar Rp2.200.000 hingga Rp3.500.000 per bulan.

Baca juga:  Gaji Kurir Lalamove 2023 : Insentif, Syarat, dan Cara Daftar

Namun, seperti yang telah dijelaskan di atas, tiap outlet Kopi Kenangan memiliki ketetapan yang berbeda mengenai besaran gaji barista Kopi Kenangan.

Ada outlet yang bisa memberikan gaji mencapai angka Rp4.000.000 hingga Rp5.200.000 juta rupiah per bulan jika berdasarkan dengan UMK/UMR.

Pada umumnya, gaji barista Starbucks cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan Kopi Kenangan. Starbucks, sebagai perusahaan internasional yang lebih besar, seringkali menawarkan gaji yang lebih kompetitif dan peluang karier yang lebih baik.

Perlu diingat pula, besaran gaji barista Kopi Kenangan ini belum termasuk dengan insentif ketika Anda melakukan lembur. Anda juga bisa mendapatkan tunjangan dan fasilitas, seperti:

  • Tunjangan Hari Raya
  • Sarapan dan makan siang gratis
  • BPJS Ketenagakerjaan
  • Dan fasilitas tertentu sesuai dengan ketentuan di setiap outlet.

Syarat Menjadi Barista Kopi Kenangan

Kualifikasi Diri

Jika Anda tertarik unutk menjadi barista di Kopi Kenangan, ada baiknya Anda mengetahui persyaratan yang telah ditetapkan agar bisa mempersiapkannya terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa persyaratan umum jika ingin bekerja sebagai barista.

  • Pria/Wanita
  • Maksimal berusia 24 tahun
  • Tinggi minimum pria 165 cm dan wanita 155 cm
  • Pendidikan terakhir minimal SMA/SMK (diutamakan diploma manajemen layanan makanan dan minuman, perhotelan/pariwisata/manajemen hotel atau setara)
  • Berpenampilan dan berkepribadian menarik
  • Tertarik dengan dunia kopi
  • Disiplin, berkomitmen, dan tanggung jawab
  • Mampu bekerjasama dengan tim
  • Berpengalaman dalam kontrol inventaris
  • Memiliki pengalaman kurang lebih 1 tahun sebagai barista di sektor jasa makanan, minuman, ataupun restoran.

Untuk pelamar full time, disyaratkan untuk siap bekerja shift di pagi hari, sore hari, akhir pekan, dan di hari libur. Syarat tambahan untuk mahasiswa yang melamar menjadi barista part time adalah diutamakan telah menyelesaikan semester 3 ke atas.

Baca juga:  Gaji Karyawan PT Freeport, dari Magang hingga Komisaris

Dokumen Pendukung

Sedangkan untuk dokumen persyaratannya antara lain:

  • Surat lamaran kerja atau CV
  • Fotocopy KTP dan KK
  • Fotocopy buku tabungan
  • Fotocopy transkip nilai terakhir
  • Pas foto 3×4.

Jika semua persyaratannya sudah lengkap, Anda bisa melamar kerja jadi Barista secara online melalui email PT Bumi Berkah Boga (Kopi Kenangan), yaitu di halaman rekrutmen@kopikenangan.com.

lowongan kerja barista kopi kenangan

Selain itu, juga bisa langsung pergi ke outlet Kopi Kenangan yang menawarkan lowongan pekerjaan tersebut. Sesuaikan saja dengan syarat dan ketentuan saat ingin mendaftar menjadi barista di Kopi Kenangan sesuai dengan info yang tertera.

Faktor yang Mempengaruhi Gaji Barista Kopi Kenangan

Selain posisi, UMK/UMR, dan juga jam kerja, ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi perbedaan nominal gaji barista. Berikut ini beberapa faktor yang bisa mempengaruhi gaji barista Kopi Kenangan.

Pengalaman Kerja

Biasanya, karyawan yang memiliki pengalaman kerja lebih banyak dan lebih bagus akan mendapatkan gaji yang lebih besar daripada karyawan yang belum memiliki pengalaman kerja.

Jadi, semakin banyak pengalaman kerja yang dimiliki seorang barista bisa menjadikan nominal gajinya semakin tinggi.

Lokasi Kerja

Salah satu faktor utama perbedaan nominal gaji barista Kopi Kenangan adalah lokasi kerja. Dilansir dari website resminya, Kopi Kenangan telah memiliki 868 outlet yang tersebar di 64 kota.

Dengan begitu sudah bisa dipastikan gaji barista Kopi Kenangan di tiap daerah akan berbeda. Biasanya, karyawan di kota besar seperti Jakarta akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada karyawan di daerah.

Kualifikasi dan Sertifikasi

Dengan adanya kualifikasi atau sertifikasi tertentu mengenai dunia barista atau kopi, seperti sertifikat dari Specialty Coffe Association (SCA) menunjukkan bahwa sang barista memiliki keahlian yang lebih baik dalam membuat dan menyajikan kopi. Tentu ini bisa membuka peluang untuk meningkatkan gaji yang didapat.

Baca juga:  5 Pekerjaan dengan Gaji Kerja Part Time Tertinggi

Kemampuan Bahasa Inggris

Sebagai kedai kopi terkenal yang memiliki banyak outlet dan pelanggan, tidak menutup kemungkinan akan didatangi oleh pelanggan manca negara.

Kedai kopi yang melayani pelanggan manca negara biasanya membutuhkan barista yang memiliki kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan baik.

Jadi, barista yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik bisa mendapat peluang untuk menerima gaji yang lebih tinggi.

Demikianlah ulasan mengenai gaji barista Kopi Kenangan. Apakah Anda tertarik untuk menjadi barista di Kopi Kenangan? Persiapkan syarat yang telah ditetapkan agar mendapat peluang lolos lebih besar. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar