7 Cara Melamar Kerja Jadi Barista Profesional

Tingginya animo masyarakat untuk menjadi barista profesional patut diacungi jempol. Selain memang barista menjadi profesi yang cukup menjanjikan di masa depan, juga peluang untuk menjadi barista terbuka lebar. Pesatnya pertumbuhan jumlah kedai atau kafe kopi beberapa tahun terakhir ini menjadi faktor utamanya. Akan tetapi, sudah tahukah Anda bagaimana cara melamar kerja jadi barista profesional?

Pada artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai cara melamar kerja jadi barista profesional. Sebab, barista bukanlah profesi yang semua orang bisa melakukannya. Barista profesional perlu menguasai dasar-dasar pengetahuan tentang kopi (sejarah, jenis kopi, hingga peluang usahanya), teknik meracik kopi, dan teknik menyeduh kopi (manual brew, cupping, espresso based, latte art, cappuccino).

Cara Melamar Kerja Jadi Barista Profesional

barista
Barista sumber: gaya.tempo.co

Sebelum masuk ke cara melamar kerja jadi barista profesional, akan lebih baik jika Anda juga telah menjadi penikmat kopi sejak jauh-jauh hari. Menjadi barista profesional tidak hanya akan menerima bayaran, tetapi Anda juga harus memiliki rasa cinta pada dunia kopi. Nah, berikut cara melamar kerja jadi barista yang bisa Anda perhatikan:

1. Mencari informasi lowongan kerja barista

Sama seperti saat Anda melamar kerja menjadi pelayan toko, pramusaji, dan lain-lain. Cara melamar kerja jadi barista pertama kali adalah mencari dan mendapatkan informasi lowongan kerja barista yang Anda tuju. Carilah informasi di situs penyedia lowongan kerja, di official account kedai atau kafe kopi yang Anda tuju dan media lain.

2. Siapkan segala persyaratannya dengan lengkap

Jika sudah mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja, lengkapi segala persyaratannya. Biasanya ada kualifikasi khusus yang kedai atau kafe kopi butuhkan dalam merekrut calon barista profesional, seperti

  • Pendidikan minimal SMU/ SMK
  • Memiliki pengalaman minimal 1 tahun (Fresh Graduate dipertimbangkan)
  • Usia antara 18 hingga 30 tahun
  • Background Fun terhadap Pelayanan Coffe, dan lain-lain
  • Mampu bekerja sama dalam team

Tidak lupa juga siapkan berkas-berkas pendukung seperti CV, surat lamaran kerja, dan lainnya. Untuk pembuatan CV maupun surat lamaran, Anda bisa melihat contohnya di halaman berikut: tutorial membuat CV, contoh surat lamaran kerja. Sesuaikan isinya dengan kebutuhan.

3. Mengenal seluk beluk kopi

Sembari menunggu informasi lebih lanjut dari kedai atau kafe kopi yang Anda tuju, wajib bagi Anda untuk mulai mempelajari seluk beluk kopi. Mengingat kopi adalah titik poin yang wajib Anda kuasai untuk  memberikan sajian ternikmat kepada para konsumen. Bagaimana setiap konsumen bisa merasakan nikmatnya sajian cappuccino atau kopi tanpa gula, dengan cita rasa kopi yang sebenarnya, dan lain-lain.

4. Berlatih menjadi barista secara otodidak

Sajian kopi berkualitas tidak akan hadir dengan sendirinya. Dibutuhkan kesabaran ekstra dan komitmen tinggi guna menumbuhkan rasa cinta saat meracik kopi. Anda bisa mempelajari ilmu menjadi barista secara otodidak melalui internet, buku, bahkan berdiskusi dengan rekan barista atau penikmat kopi lainnya. Belajar satu hari, berlatih berhari-hari, kurang lebih seperti itu rumusnya.

5. Mengikuti kelas barista

Cara melamar kerja jadi barista selanjutnya adalah mengikuti kelas barista. Dengan mengikuti kelas barista, Anda bisa belajar kepada ahlinya. Sama seperti yang dilakukan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Banda Aceh saat memberikan pengetahuan dan bekal dasar menjadi barista profesional guna memperluas kesempatan kerja baru.

Biasanya, ada dua macam kelas barista yang bisa Anda ikuti. Pertama, kelas basic. Di kelas ini Anda akan belajar mengenai teori dasar kopi, seperti jenis-jenis kopi, proses penyeduhan kopi, hingga menghasilkan sajian kopi espresso.

Kedua, kelas latte art. Di kelas ini Anda akan belajar secara lebih mendalam, yakni belajar dari kedai atau kafe kopi ternama. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mempelajari seluk beluk kebaristaan sampai ke akarnya.

6. Terjun lapangan di kedai atau kafe kopi

Praktik atau terjun lapangan menjadi keharusan yang tidak boleh Anda lewatkan. Akan sedikit sia-sia ilmu yang Anda dapat jika tidak langsung Anda implementasikan. Anda bisa mengikuti program latihan atau magang di kedai atau kafe kopi.

Namun, saat proses ini berlangsung, Anda jangan langsung mengharap mendapat gaji bulanan ya? Carilah pengalaman sebanyak-banyaknya terlebih dahulu. Pelajari bagaimana menghadapi konsumen dari berbagai macam karakter dan bagaimana cara menciptakan berbagai menu kopi yang bisa dinikmati oleh para penikmat kopi.

7. Bergabung dengan komunitas pecinta kopi

Layaknya komunitas pecinta kopi nasional yang bernama KPKN (Komunitas Pencinta Kopi Nusantara), hampir setiap daerah pasti juga memiliki komunitas pecinta kopi. Tugas Anda saat ingin menerapkan cara melamar kerja jadi barista adalah menemukan dan bergabung di dalamnya. Sebab, biasanya Anda akan mendapat banyak insight baru yang tidak bisa ditemukan melalui internet maupun buku.

Itulah tujuh cara melamar kerja jadi barista yang perlu Anda tahu. Langkah panjang untuk menggapai cita-cita menjadi barista profesional perlu Anda mulai sekarang juga. Ini karena, proses menjadi barista profesional tidaklah mudah. Perlu keterampilan dan hal-hal lain yang harus Anda siapkan, termasuk membentuk karakter menjadi barista profesional.

Kriteria Karakter Barista Profesional Dambaan Manager Kedai Kopi

Berbicara mengenai karakter, manajer kedai kopi tentu mendambakan para pelamar barista memiliki karakter-karakter tertentu. Walaupun banyak pelamar kerja yang belum berpengalaman, tetapi penting bagi Anda untuk mulai membentuk karakter diri yang memang sesuai dengan karakter barista berpengalaman. Berikut beberapa karakter yang bisa Anda bentuk:

1. Memperhatikan detail dan cita rasa sajian

Banyak manajer kedai kopi yang memang ingin para pelamar kerja memperhatikan detail kopi sajiannya. Namun, cita rasa tidak boleh dilewatkan begitu saja. Melalui ilmu, bekal pelatihan, dan komunitas yang Anda ikuti sebelum menjadi barista di sebuah kedai atau kafe kopi, Anda bisa membentuk karakter ini sebaik mungkin.

2. Ceria dan ramah

Barista profesional dengan karakter ceria dan ramah tentu menjadi dambaan manager kedai atau kafe kopi. Ini karena karakter seperti ini bisa mempengaruhi citra kedai atau kafe kopi itu sendiri. Jadi, pastikan Anda selalu ceria dan ramah saat melayani konsumen ya?

3. Mampu bekerja sama dalam tim

Selain bekerja secara mandiri, setiap barista harus mampu untuk bekerja dalam tim. Pastikan komunikasi Anda dengan barista maupun karyawan lain tetap terjalin dengan baik.

4. Telaten dan sabar

Untuk memberikan sajian yang tidak hanya nikmat, tetapi juga estetik, Anda perlu telaten dan sabar dalam prosesnya. Sebab, kopi dengan kesan artistik tidak bisa dibuat dengan gegabah dan asal-asalan.

5. Siap meluangkan banyak waktu

Terkadang, seorang barista harus bekerja di akhir pekan. Ini berarti Anda harus meluangkan banyak waktu untuk bekerja. Bahkan di hari kerja pun (senin-jumat), saat kedai atau kafe kopi ramai, bisa saja Anda harus siap-siap untuk lembur melayani konsumen yang datang dari berbagai daerah.

6. Mengikuti tren

Menjadi barista berarti Anda sudah menjadi bagian kedai atau kafe kopi tempat Anda bekerja. Anda sudah memiliki andil untuk turut memajukan kedai atau kafe kopi tersebut. Maka, sebagai barista profesional, Anda dituntut untuk selalu up to date, mengikuti tren terkini. Apa inovasi yang bisa Anda ciptakan agar bisnis yang dijalankan bisa selalu jaya, hingga jangka panjang.

7. Serba bisa dan multi tasking

Terkadang ada konsumen yang meminta sajian kopi sesuai selera. Ada kopi yang disajikan dalam bentuk dingin, ada juga yang disajikan dalam bentuk panas. Anda harus bisa memberikan sajian tersebut sesuai permintaan konsumen. Oleh karena itu, Anda harus cakap, serba bisa, dan multi tasking.

Itulah tujuh karakter yang bisa menunjang Anda menjadi barista profesional. Bagi Anda yang memang tertarik dengan dunia kebaristaan, Anda bisa segera mencari informasi lowongan kerja yang tersedia dan mengikuti tujuh cara melamar kerja jadi barista seperti uraian di atas. Jika berkenan, ada cara melamar kerja jadi barista yang lebih simple untuk Anda, yakni dengan berkenalan dan langsung melamar kepada manajer kedai atau kafe kopi tersebut.

Tinggalkan komentar