Cara Melamar Kerja Part Time Indomaret 2020, Plus Tips Kerja

Bagi kamu yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan atau bagi mahasiswa yang ingin belajar mandiri dan mencari pengalaman di dunia kerja, kerja part time memang bisa menjadi sebuah pilihan. Kerja part time sendiri memang memberikan beberapa keuntungan, salah satunya adalah fleksibilitas waktu.

Banyak jenis kerja part time yang bisa kamu lakukan, seperti penulis lepas, desainer, waiter, barista, guru les, dan masih banyak lagi. Berbagai posisi ini biasanya ditawarkan perusahaan-perusahaan tertentu yang memang menerima lowongan karyawan dengan sistem part time.

Salah satu perusahaan toko ritel yang terkenal memberikan lowongan kerja part time adalah Indomaret. Perusahaan ritel toko terbesar di Indonesia ini biasanya membuka lowongan kerja part time sebagai pramuniaga toko, food and beverages staff, dan distribution center.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan posisi ini di Indomaret, berikut kami ulaskan cara melamar kerja part time di Indomaret.

Jangan lupa baca: Besar Gaji Karyawan Indomaret dan Tugasnya!

Cara Melamar Jadi Karyawan Part Time Indomaret 2020

Kerja part time Indomaret

Kami akan ulaskan satu per satu posisi part time yang ditawarkan oleh Indomaret Group.

1. Pramuniaga Toko

Syarat yang diperlukan kalau memang kamu berminat untuk menjadi part timer pramuniaga toko di Indomaret adalah sebagai berikut. Persyaratan ini didapatkan langsung dari website resmi Indomaret Group.

  1. Pria/Wanita (Diutamakan Pria)
  2. Umur 18-30 tahun
  3. Berpenampilan menarik, sehat jasmani rohani, tidak bertato, dan khusus pria tidak bertindik
  4. Jujur dan cekatan
  5. Minimal SMA/SMK atau mahasiswa aktif
  6. Domisili di sekitar toko yang dipilih untuk part time
  7. Bersedia bekerja sesuai hari dan jam kebutuhan toko
  8. Bersedia menerima uang jajan melalui aplikasi i-Saku, yang dapat didownload melalui link berikut i-Saku PlayStore Android / i-Saku AppStore iOS
  9. Bersedia mendaftar i-Saku Full Service yang dapat dilakukan melalui aplikasi i-Saku dengan panduan sebagai berikut: Petunjuk Pendaftaran Full Servis i-Saku
  10. Mengunggah video berdurasi maksimal 30 detik, berisi: perkenalan diri, mengucapkan salam kepada konsumen, berjalan tampak full body (tampak depan, belakang, samping kiri, samping kanan), suara terdengar jelas
  11. Mengisi CV digital di link berikut ini https://career.indomaretgroup.com/apply/part-timer/pramuniaga-indomaret

Selain itu, kamu juga perlu melengkap berkas-berkas lamaran yang diperlukan. Nah, berikut ini berkas-berkas lamaran yang menjadi syarat bagi kamu yang berminat mendaftar menjadi pramuniaga part time di Indomaret.

  1. SKCK
  2. Surat pengantar domisili dan berkelakuan baik dari RT/RW atau kampus
  3. Surat pernyataan orang tua
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir (SMA/SMK atau Diploma/Sarjana)

Namun, berkas-berkas itu hanya akan diperlukan jika kamu dipanggil untuk menindaklanjuti lamaran yang kamu kirimkan.

Baca juga: Ketahui Tugas Pramuniaga Indomaret Sebelum Melamar Kerja!

2. Food and Beverages Staff

Syarat yang diperlukan kalau memang kamu berminat untuk menjadi part timer food and beverages di Indomaret adalah sebagai berikut. Persyaratan ini didapatkan langsung dari website resmi Indomaret Group.

  1. Pria/Wanita
  2. Umur 18-25 tahun
  3. Berpenampilan menarik, sehat jasmani rohani, tidak bertato, dan khusus pria tidak bertindik
  4. Jujur dan cekatan
  5. Mahasiswa/i aktif
  6. Bersedia bekerja sesuai hari dan jam kebutuhan store
  7. Bersedia menerima uang jajan melalui aplikasi i-Saku, yang dapat didownload melalui link berikut i-Saku PlayStore Android / i-Saku AppStore iOS
  8. Bersedia mendaftar i-Saku Full Service yang dapat dilakukan melalui aplikasi i-Saku dengan panduan sebagai berikut: Petunjuk Pendaftaran Full Servis i-Saku
  9. Mengunggah video berdurasi maksimal 30 detik, berisi: perkenalan diri, mengucapkan salam kepada konsumen, berjalan tampak full body (tampak depan, belakang, samping kiri, samping kanan), suara terdengar jelas

Sayangnya, lowongan ini hanya diperuntukkan untuk kamu yang berdomisili atau berkuliah di kampus yang dekat dengan lokasi food and beverages milik Indomaret berikut. Jadi, untuk kamu yang berdomisili atau berkuliah di luar wilayah ini tidak bisa melamar ya.

  1. Barista Point Coffe: Point Coffee Indomaret Kantor Pusat Kemayoran Jl. Terusan Angkasa Blok B2 Kav. 1, Gunung Sahari, Kemayoran
  2. Kru Washoku Sato: Washoku Sato Eat&Go Tomang, Jaga, Jl. Tomang Raya No 40A, RT1/RW3 Jati Pulo, Palmerah, Jakarta Barat
  3. Kru Mister Donut: Mister Donut – PIK Avenue Mall, Lantai 2, Foodtown Dotonburi, Jl. Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Indonesia / Mister Donut Mall of Indonesia – Jl. Boulevard Bar. Raya Blok B3 No.64, RT.18/RW.8, Klp. Gading Bar., Kec. Kelapa Gading, Jakarta, Indonesia

3. Distribution Center

Syarat yang diperlukan kalau memang kamu berminat untuk menjadi part timer distribution center di Indomaret adalah sebagai berikut. Persyaratan ini didapatkan langsung dari website resmi Indomaret Group.

  1. Pria
  2. Umur 18-30 tahun
  3. Minimal lulusan SMA / sederajat
  4. Sehat jasmani (kuat fisiknya) dan sehat rohani
  5. Tidak bertato dan tidak bertindik
  6. Domisili (tempat tinggal/ tempat aktivitas) di sekitar lingkungan Distribution Center
  7. Jujur dan cekatan
  8. Bersedia bekerja sesuai jam kebutuhan Distribution Center
  9. Bersedia menerima uang jajan melalui aplikasi i-Saku, yang dapat didownload melalui link berikut i-Saku PlayStore Android / i-Saku AppStore iOS
  10. Bersedia mendaftar i-Saku Full Service yang dapat dilakukan melalui aplikasi i-Saku dengan panduan sebagai berikut: Petunjuk Pendaftaran Full Servis i-Saku
  11. Mengunggah video berdurasi maksimal 30 detik (Opsional), berisi: melakukan push up 20 kali dalam waktu 30 detik, mengucapkan ‘Saya siap menjadi part timer DC Indomaret’ (contoh terlampir pada form pendaftaran)
  12. Mengisi CV digital di link berikut ini https://career.indomaretgroup.com/apply/part-timer/part-time-distribution-center

Selain itu, kamu juga perlu melengkap berkas-berkas lamaran yang diperlukan. Nah, berikut ini berkas-berkas lamaran yang menjadi syarat bagi kamu yang berminat mendaftar menjadi pramuniaga part time di Indomaret.

  1. SKCK
  2. Surat pengantar domisili dan berkelakuan baik dari RT/RW atau kampus
  3. Surat pernyataan orang tua
  4. Fotokopi KTP
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir (SMA/SMK atau Diploma/Sarjana)

Namun, berkas-berkas itu hanya akan diperlukan jika kamu dipanggil untuk menindaklanjuti lamaran yang kamu kirimkan.

Nah, itu dia sekilas tentang beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin dan berminat menjadi part timer di Indomaret.

Baca juga: Perbandingan Gaji Karyawan Alfamart vs Indomaret, Besar Mana?

Tips Bagi Part-Timer Indomaret

tips part time indomaret

Untuk kamu yang ingin menjadi part-timer di Indomaret, masalah klasik yang paling sering dihadapi adalah tips membagi waktu sebaik mungkin dengan pekerjaan utama atau dengan kuliah.

Nah, berikut ini kami sisipkan sedikit mengenai tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatur waktu part-timemu dengan kerja utama ataupun kuliah.

1. Buat Jadwal Kamu

Kamu bisa mengatur jam kerja dengan mengatur jadwal kamu terlebih. Salah satu kelebihan kerja part time di Indomaret adalah adanya shift, sehingga kamu bisa menata jadwalmu secara pasti.

Hanya saja, hal ini akan menjadi masalah jika pekerjaan utama atau kuliahmu yang berbenturan dengan kerja part time-mu di Indomaret. Tentu kamu harus memilih mana yang lebih prioritas.

2. Atur Skala Prioritas Dalam Kegiatanmu

Cara kedua ini digunakan untuk menentukan mana yang akan kamu dahulukan jika memang banyak pekerjaan datang secara bersamaan.

Semisal, jam kerja part time di Indomaret berbenturan dengan kepentingan pekerjaan utama atau kuliahmu. Kamu harus bisa memilih mana yang kamu prioritaskan terlebih dahulu, sehingga kamu tidak akan merasa bersalah dan keteteran.

3. Hindari Menghabiskan Waktu Sia-sia

Sangat haram bagi kamu menghabiskan waktu secara sia-sia. Sebisa mungkin kurangi waktu nongkrong dan bermain bersama teman-teman.

Manfaatkan waktu luang yang ada untuk mengerjakan pekerjaan utamamu atau tugas kuliah yang diberikan oleh dosenmu. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih tenang dan tidak panik.

4. Manfaatkan Perkembangan Teknologi Saat Ini

Adanya perkembangan teknologi saat ini sebenarnya membantu kamu dalam menyelesaikan berbagai tugas dengan sangat cepat. Termasuk di dalamnya adalah menyelesaikan pekerjaan maupun tugas kuliah.

Kamu bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk membantu kamu memahami materi kuliah, menyelesaikan tugas kuliah, hingga menyelesaikan kerjaan dari pekerjaan utama kamu.

Itu tadi sekilas tentang kerja part time di Indomaret. Semoga artikel ini membantu dan sampai ketemu di artikel berikutnya ya.

Tinggalkan komentar