15 Template Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Referensi, Lengkap!

Definisi dan pengertian Surat Lamaran Kerja? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia),  Surat lamaran kerja adalah surat resmi yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi tertentu.

Sementara definisi surat ada tiga pengertian:

  1. Kata benda kertas dan sebagainya yang bertulis (berbagai-bagai isi maksudnya);
  2. Kata benda secarik kertas dan sebagainya sebagai tanda atau keterangan; kartu;
  3. Kata benda sesuatu yang ditulis; yang tertulis; tulisan.

 Sebagai kata kerja surat adalah pesan tertentu  yang memiliki maksud khusus dan spesifik. Dalam hal ini surat lamaran kerja (thesaurus kbbi), mengandung pengertian meminta kerja, melamar kerja, memohon pekerjaan, mengajukan lamaran kerja, merekes.

 Surat Lamaran Kerja adalah surat resmi yang dibuat seseorang dan ditujukan kepada suatu instansi, institusi, perusahaan atau perorangan dengan maksud untuk meminta kerja, melamar kerja, memohon pekerjaan, mengajukan lamaran kerja, merekes kerja.

surat lamaran kerja

Jadi Bagaimana Surat Lamaran Kerja itu?

Dari definisi dan pengertian inilah seorang pencari kerja diharapkan memahami beberapa hal saat menyusun dan kemudian mengirimkannya.

Pertama, Surat bersifat kepentingan langsung pribadi dan bukan perwakilan.

Karena surat lamaran kerja adalah kepentingan langsung pribadi kepada lembaga. Maka seharusnyalah surat bukan dibuatkan oleh orang lain. Semua isi mencerminkan kadar diri pembuat surat lamaran. Penjelasan berikutnya, surat adalah permohonan individu kepada lembaga bebadan hukum. Maka isi surat seharusnya juga ditulis dengan seluruh konsekuensi hukumnya karena dibuat secara sadar. Jadi setelah surat di respon oleh lembaga, maka menjadi kewajiban pengirim untuk menindaklanjuti dengan bertanggung jawab.

Tidak dianjurkan seseorang menulis surat lamaran kerja sebanyak-banyaknya, kemudian setelah diterima disebuah perusahaan, respons ke perusahaan lainnya diabaikan. Seseorang harus memberitahukan dan mencabut lamaran di perusahaan lainnya. Misalnya seseorang pada saat sama melamar pekerjaan dengan mengirim surat lamaran kerja ke empat lembaga. Dikemudian hari ia diterima di salah satunya, maka ia wajib memberi kabar dan informasi kepada tiga lembaga lainnya. Selain alasan etika, hal tersebut akan menjadi catatan baik seseorang pelamar kerja tersebut dimanapun. Dan hal tersebut akan membantu penilaian dari masing masing lembaga jika suatu hari seseorang tersebut harus berurusan dengan lembaga yang pernah ia lamar.

Kedua, Surat bersifat resmi dan formal.

Surat lamaran kerja dibuat individu ditujukan kepada lembaga formal. Lembaga yang akan menerima atau menolak lamaran tersebut. Maka bahasa, sapaan,penyebutan diri dan penggunaan seluruh isi surat adalah bahasa baku, bahasa formal dan memenuhi standard bahasa yang dimaksud. Jika menggunakan Bahasa Indonesia maka surat lamaran kerja harus memenuhi standard resmi kaidah Bahasa Indonesia. Demikian juga jika surat lamaran kerja disyaratkan berbahasa Inggris atau bahasa asing, maka isi surat lamaran kerja tersebut juga harus memenuhi kaidah resmi bahasa asing yang sesuai.

Ketiga, Surat memiliki maksud melamar, memohon dan mengajukan kerja.

Maksud dari penulisan dan penyusunan surat lamaran kerja adalah untuk memohon kerja, meminta bekerja sebagaimana pengertian yang telah dijelaskan sebelumnya. Maka surat lamaran kerja harus menjelaskan maksud, permohonan dan pengajuan kerja dengan jelas dan terang. Bahasa yang digunakan lugas dan jelas. Seberapa panjang surat lamaran kerja?.

Surat lamaran kerja dibuat ringkas, padat dan substansial. Jadi tidak bertele-tele panjang dan dipenuhi kalimat-kalimat yang tidak penting.

Keempat, Surat adalah tulisan berisi dokumen.

Setiap surat lamaran kerja akan dilampiri dokumen penting. Baik berupa salinan maupun dokumen penting yang asli. Oleh karenanya, harus senantiasa berhati-hati menyusun, mengirim dan menyampaikan surat lamaran kerja. Seorang pelamar harus memastikan bahwa ia telah mengirimkan dan menyerahkan kepada yang benar benar berwenang menerimanya.

Dalam penulisan surat lamaran kerja, dokumen terlampir harus dicantumkan untuk memudahkan penerima surat lamaran di institusi maupun di lembaga tujuan memahami lebih akurat.

Struktur Surat Lamaran Kerja

surat lamaran kerja

Bahasa surat lamaran kerja adalah Bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan yang kita kenal dengan EYD. Bahasa Indonesia yang sesuai EYD inilah yang disebut bahasa baku atau formal. Dan jangan sekali-kali mempergunakan bahasa prokem, bahasa istilah atau ejaan singkatan yang tidak ada dalam kaidah EYD.

1. Kepala Surat

Berisi tempat(kota) penulisan surat, Tanggal-bulan-tahun penulisan, Tujuan surat lamaran kerja, Nama lembaga, Alamat lengkap, kemudian sapaan(greeting) penerima surat.

CONTOH:

Jakarta, April 21, 2018

Manager HRD
PT. Mega Buana Raya Tbk
Jl. Menteng Raya 28, Sunter
Jakarta 16542

Dear Sir or Madam,

2. Body (Badan) Surat

Berisi latar belakang dibuatnya surat lamaran, sumber informasi, tanggal publikasi, lokasi dan jenis publikasi yang dibaca, menyatakan minat, harapan dan tujuan.

CONTOH:

With information I had about your company, Herewith I would send my application that I could meet the requirement for your company.I was educated at University of Lampung, East Lampung Regency majoring study of development Economic Faculty, with cumulative achievement index predicate excellent.

As evaluation for sir or madam, I have through knowledge of administration and experience as staff/outsourcing in well-known Public sector. In additional to the above qualification, I have successfully on intensive 3 months Export Import at CGI course Bandung and familiar with Microsoft Office, Microsoft PowerPoint and Internet Explorer.

I hope I be granted an interview at which I could be pleased to provide further information you may need.

3. Kaki Surat

Berisi identitas dan signature(penanda khusus) pembuat surat lamaran kerja. Dengan bubuhan tanda tangan basah(dengan pena) lengkap.

CONTOH:

Yours Faithfully,

(Tanda tangan asli, basah tinta)

Pradipta Cahya.

4. Lampiran

Berisi data dan lampiran dokumen. Akan lebih baik jika ada daftar lampiran yang cukup banyak.

CONTOH:

LAMPIRAN:

Lampiran 1 : CV (Daftar Riwayat Hidup)

Lampiran 2 : Fc Dokumen Pendidikan Formal

Lampiran 2 : Fc Dokumen Pendidikan Profesi

Lampiran 3 : Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Lampiran 4 : SKCK

Lampiran 5 : Data Kependudukan dan Keterangan Domisili

Penjelasan Tambahan Pelengkap Surat Lamaran Kerja

  1. Lampiran Daftar Riwayat Hidup. Hal yang dianjurkan adalah menuliskan yang bersesuaian dengan bidang dan kebutuhan perusahan, instansi maupun institusi tujuan.
  1. Lampiran Portofolio Profesi. Cantumkan dan lampirkan yang sesuai dan menunjukkan kondite yang baik.
  1. Lampiran Surat Keterangan Pengalaman Kerja. Untuk memperoleh surat ini perlu waktu, namun surat ini memiliki bobot tersendiri. Apalagi bidang pengalaman yang dilampirkan linier dan bersesuaian dengan lowongan yang dibuka, juga persyaratan dalam publikasi lowongan pekerjaan.
  1. Lampiran Akademik Pendidikan Formal. Lampirkan selengkapnya. Dan dukung dengan dokumen akademik yang ada.
  1. Lampiran Akademik Pendidikan Nonformal. Lampirkan hanya pendidikan yang bersesuaian dengan prasyarat pembukaan lowongan kerja yang dipublikasikan. Semakin banyak akan cukup berpengaruh dan mendukung penilaian. Catatan berikutnya, pastikan lembaga penyelenggaranya memiliki kredibilitas yang telah dikenal perusahaan yang dilamar.
  1. Lampiran Administrasi Kependudukan. Selain KTP, KK dan SKCK. Ada dokumen penting jika pelamar tidak tinggal di alamat sesuai KTP. Diperlukan surat keterangan domisili resmi dari pemerintah desa setempat. Biasanya diberi pengantar oleh RT dan RW dimana pelamar tinggal. Surat keterangan domisili biasanya menjelaskan keperluan dituliskannya surat lamaran kerja tersebut.
  1. Lampiran SKCK. Pekerjaan yang menyangkut aset dan obyek vital perusahaan pasti mensyaratkan surat yang dikeluarkan oleh kepolisian ini. Dan hampir 99% mensyaratkannya. Kecuali pelamar memiliki jalur referensi khusus ke HRD.
  1. Lampiran Sertifikasi Profesi. Beberapa pekerjaan dengan skill tinggi memerlukan sertifikasi profesi yang sesuai. Bahkan ada yang menjadikannya persyaratan wajib untuk posisi pekerjaan tertentu.
  1. Lampiran Salinan Buku Rekening dan NPWP. Biasanya salinan ini diminta jika ada hubungannya dengan keuangan dan mekanisme pembayaran gaji atau upah pekerja. Dan dibanyak instansi, data ini biasanya disusulkan. Namun jika disyaratkan maka sudah seharusnya ada.

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru dan Lengkap

surat lamaran kerja

Berikut ini adalah bagian-bagian dalam sebuah surat yang umum ditulis.

  1. Tempat, dan tanggal penulisan surat
  2. Perihal (memuat kalimat atau frasa tentang tujuan pengiriman surat)
  3. Nama Penerima
  4. Salam pembuka
  5. Isi Surat
  6. Salam Penutup
  7. Nama Pengirim
  8. Lampiran (bila diperlukan)

Silahkan amati dan perhatikan beberapa contoh surat lamaran di bawah ini.

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Perusahaan (BUMN)PT. Krakatau Steel

Semarang, 9 Januari  2020

Hal                : Surat Lamaran Pekerjaan
Lampiran     : Satu Jilid.

 

Yth. Direktur HRD PT. Krakatau Steel

Jl. Gunung Sahari No.121B, Pejaten

di Tempat

 

Salam Sejahtera,

Membaca publikasi tentang pembukaan formasi baru pegawai dan karyawan di lingkungan PT. Krakatau Steel di website official, 5 Januari 2020. Saya bermaksud turut dalam seleksi penerimaan pegawai baru pada posisi staf administrasi sesuai publikasi. Berikut saya sertakan.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                                             : Nur Rahman,  MM

Tempat, Tanggal Lahir              : Semarang, 1 November 1994

Jenis Kelamin                             : Laki-laki

Status                                            : Menikah

Agama                                           : Islam

Pendidikan/Jurusan                  : S -2 Magister Management

Alamat                                          : Jln KH Wachid Hasyim No.7 4,Pedurungan, Semarang

Nomor Telepon/Hp                   : 0878675342544  (Telf/SMS/WA)

 

Melalui surat ini bermaksud untuk mengikuti serangkaian proses seleksi pegawai untuk menempati posisi sebagai staf administrasi sebagaimana dimaksud dalam publikasi. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini terlampir:

  1. CV dan Summary.
  2. Fc Ijazah terakhir beserta transkrip nilai yang telah dilegalisir masing-masing satu lembar.
  3. Fc Sertifikasi Profesi Keahlian Akuntan.
  4. Fc Sertifikasi Pelatihan Pajak
  5. Fc Sertifikasi TOEFL dan IELTS.
  6. Pas photo terbaru berukuran 3×4 cm sebanyak empat lembar.
  7. Surat keterangan pengalaman kerja.
  8. Surat keterangan kesehatan.
  9. Surat keterangan kelakuan baik.

Demikian permohonan ini saya sampaikan, besar harapan Saya kiranya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Nur Rahman

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Guru

Makassar, 12 September 2018

Perihal: Lamaran Guru IPA

Kepada Yth:
Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMP Nurul Ihsan

Bogor
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                         : Agustiani S.Pd

Tempat/Tanggal Lahir       : Magelang/20 Maret 1996

Agama                                        : Islam

Pendidikan Terakhir            : S-1 Jurusan Pendidikan Biologi

Alamat                                       : Jl. Manggis No.456 Kota Magelang

Telp/WA                                   : 0878776545312

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Guru Ilmu Pengetahuan Alam di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Curriculum Vitae (CV) 1 Lembar
  2. Foto Copy Transkrip Nilai 1 Lembar
  3. Foto Copy Ijazah Terakhir 1 Lembar
  4. Foto Copy Akta Mengajar 1 Lembar
  5. Pas Foto ukuran 3 x 4 6 Lembar
  6. Foto Copy SKCK 1 Lembar
  7. Foto Copy KTP 1 Lembar

Demikian Surat lamaran ini saya susun. Besar harapan saya untuk diterima dan bekerja mengajar di sekolah yang Bapak/Ibu Pimpin.  Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Agustiani, S.Pd

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Pramuniaga Alfamart

Tangerang, 01 Oktober 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

 

Kepada Yth.,

HRD PT Sumber Alfaria Trijaya. Tbk

Jln. Nusa Dwidharma No. 23

Kota Tangerang

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan kerja untuk bergabung di PT Sumber Alfaria Trijaya yang Bapak pimpin sebagai Pramuniaga.

Maka sehubungan dengan hal tersebut, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                               :               Agustin Tri Rahayu

Tempat/ Tanggal Lahir            :               Serang/ 10 Maret 1999

Jenis Kelamin                              :               Perempuan

Pendidikan Terakhir                  :               SMK

Alamat                                             :               Jl. Mauk Pandeglang No. 12 Serang, Banten

Email                                               :               agustin.tr@gmail.com

No HP                                              :               0879 9996 7764

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy Ijazah SMK
  3. Foto copy SKHUN
  4. Foto copy SKCK
  5. Foto copy KTP
  6. Foto copy sertifikat keahlian komputer
  7. Pas Photo 3×4 4 Lembar

Demikian permohonan ini saya susun dan ajukan, besar harapan saya supaya Bapak dapat mempertimbangkan saya untuk mengikuti seleksi dan diterima di perusahaan sesuai publikasi. Atas perhatian dan kebijaksaannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Agustin Tri Rahayu

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Alfamart (Umum)

Tangerang, 01 Januari 2020

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,

HRD PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk

Jln. Nusa Dwidharma No. 23

Kota Tangerang

di Tempat

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                                     :         Nur Rohman

Tempat/ Tanggal Lahir                  :         Serang/ 10 Agustus 1996

Jenis Kelamin                                    :         Laki-laki

Pendidikan Terakhir                        :         DIII

Alamat                                                   :         Jl. S. Parman No. 31 Serang, Banten

Email                                                     :         noorrahman@gmail.com

No HP                                                    :         0896 7777 4545

Melalui surat ini saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tangerang. Saya memiliki skill komunikasi dan skill akademik yang baik dan juga dapat megoperasikan komputer ms. word, excell, dan power point.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy Ijazah
  3. Foto copy SKCK
  4. Foto copy KTP
  5. Sertifikat keahlian komputer
  6. Pas Photo 3×4 4 Lembar

Demikian permohonan ini saya ajukan, besar harapan saya supaya Bapak dapat mempertimbangkan saya untuk diterima di perusahaan yang Bapak pimpin. Atas perhatian dan kebijaksaannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Nur Rohman

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbuka Umum (berbagai posisi)

Depok, 14 September 2019

Kepada Yth.,

HRD PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Jl. Sawangan No. 312B, Sawangan, Depok

Kota Depok

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan dibukanya lowongan pekerjaan di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk di beberapa posisi. Maka saya mencantumkan data diri sebagai berikut,

Nama                                         : Nur Rohman

Jenis Kelamin                        : Laki-Laki

Tempat, Tanggal Lahir       : Serang, 11 Maret 1994

Alamat                                       : Jl. Kadung Kunir No. 23, Serang

Pendidikan Terakhir           : SMK

Nomor Telepon / HP           : 081271375645

Email                                          nurohman@gmail.com

Mengajukan permohonan pekerjaan di berbagai posisi yang sesuai dengan pengalaman dan kriteria perusahaan. Saya bersedia mengikuti seleksi untuk kemudian ditempatkan di berbagai posisi apapun di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Sebagai bahan pertimbangan sekaligus persyaratan untuk bekerja di perusahaan, saya lampirkan beberapa berkas seperti berikut.

– Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir : 1 Lembar

– Fotokopi Transkip Nilai atau SKHUN : 1 Lembar

– Pasfoto 4 x 6 (latar belakang merah) : 2 Lembar

– Curriculum Vitae (CV) : 1 Lembar

– Kartu Identitas Penduduk (KTP) : 1 Lembar

– Surat Pengalaman Kerja : 1 Lembar

– Sertifikat Keahlian Komputer : 1 Lembar

Dengan demikian permohonan ini saya sampaikan kepada Bapak/Ibu HRD di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Besar harapan saya untuk dapat diterima dan bergabung dengan perusahaan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Untuk selebihnya saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf atas kekurangannya.

Hormat Saya,

 

Nur Rohman

 

 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum di Indomaret Group

Kepada Yth,

Kepala Manager HRD PT. Indomarco Pristama Tbk

Kota Malang

di Tempat,

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan adanya lowongan pekerjaan yang dibuka di PT. Indomarco Pristama di beberapa posisi, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                                      : Eka Saidiyah Artati

Jenis Kelamin                     : Perempuan

Tempat, Tanggal Lahir    : Kediri, 11 Juli 1995

Alamat                                    : Jl. Mojoroto No. 04, Kecamatan Mojoroto, Kediri

Pendidikan Terakhir        : S1 Teknik Informatika

Nomor Telepon / HP        : 0812657567

Email                                      : saidiyahartati@gmail.com

Dengan ini mengajukan permohonan pekerjaan di PT. Indomarco Pristama sesuai dengan kemampuan dan pengalaman. Saya bersedia untuk mengikuti seleksi bergabung dan ditempatkan di berbagai posisi sesuai yang dibutuhkan perusahaan. Sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan beberapa dokumen tambahan sesuai dengan syarat dan ketentuan.

– Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir : 1 Lembar

– Fotokopi Transkip Nilai Pendidikan Terakhir : 1 Lembar

– Pasfoto 4 x 6 (berlatar merah) : 2 Lembar

– Curriculum Vitae Terbaru (CV) : 1 Lembar

– Fotokopi Kartu Identitas Penduduk (KTP) : 1 Lembar

– Surat Pengalaman Kerja : 1 Lembar

– Sertifikat TOEFL (skor minimal 450) : 1 Lembar

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan kepada Bapak/Ibu Manager HRD PT. Indomarco Pristama Malang. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dan diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut. Terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangan yang ada.

Kediri, 21 November 2019

 Hormat Saya,

 

Eka Saidiyah Artati

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Surveyor Indomaret Group

Malang, 12 Juni 2019

Kepada Yth.

Manager HRD PT. Indomarco Prismatama

Jl. Sawojajar NO.61 Kota Malang

di Tempat

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan lewat koran harian Jawa Pos Edisi 7 Juni 2019, Saya bermaksud mengajukan lamaran kerja sebagai Surveyor. Adapun data pribadi saya adalah sebagai berikut:

Nama                                            :              Nur Aulia Rahman

Tempat/ Tanggal Lahir             :              Kediri/ 10 Maret 1992

Alamat                                          :              Jl. Brawijaya No 121 Kediri

Pendidikan Terakhir                  :              SMK

No HP                                            :              0853 9999 1212

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini saya lampirkan beberapa berkas sekaligus persyaratann yang saya miliki:

  1. Curriculum Vitae (CV).
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir
  3. Fotocopy Transkrip Nilai.
  4. Fotocopy SKCK.
  5. Fotocopy KTP.
  6. Surat Keterangan Sehat dari Dokter.
  7. Pas Foto 4×6 2 lembar.
  8. Surat keterangan pengalaman kerja

Demikian surat permohonan ini saya ajukan, besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kebijaksanaanya saya ucapkan terima kasih.

 Hormat saya,

 

Nur Aulia Rahman

 

 Contoh Surat Lamaran Kerja di BUMN PT PLN Regional

Kediri, 08 Desember 2019

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Manajer HRD

PLN (PERSERO) DIVRE JAWA TIMUR

Jl. Raya Brawijaya V NO 21 Surabaya

di Tempat

 

Dengan hormat,

Sesuai dengan kabar yang saya dapatkan dari website resmi PLN terkait lowongan kerja di PT PLN (PERSERO) DIVRE Jawa Timur, maka dengan ini saya mengajukan diri untuk diseleksi dan bergabung dengan PT. PLN (PERSERO) untuk mengisi posisi yang sesuai. Berikut ini adalah data singkat pribadi saya:

Nama                                    : Lathifah Chandra

Tempat & Tgl. Akhir        : Kediri, 26 Januari 1992

Pendidikan Akhir              : SI Akuntansi

Alamat                                 : Jalan Semampir No.413 Semampir Kediri

Telepon, HP, email           : 08523465477/lathifahmc@gmail.com

Status Perkawinan            : Belum menikah

Kondisi kesehatan yang saya miliki sangat baik, mampu berbahasa inggris baik secera tulisan maupun lisan, mampu mengoperasikan komputer (Microsoft world, Microsoft excel, Microsoft Acces, outlook, dan powerpoint), latar pendidikan yang memuaskan. Bisa bekerja secara individu maupun tim. Siap untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia khususnya Jawa Timur.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

– Daftar Riwayat Hidup.

– Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.

– Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.

– Pas foto terbaru.

Untuk itu saya berharap Ibu/Bapak bersedia bisa kesempatan untuk mengikuti serangkaian seleksi, sehingga saya memiliki kesempatan untuk menunjukkan juga menjelaskan potensi yang saya miliki dengan cara yang terperinci.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

 

Lathifah Chandra

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Perusahaan (BUMN) Bank Mandiri

Bekasi, 21 Januari 2020

Kepada Yth,

HRD PT. BANK MANDIRI

Cabang Jakarta Pusat

Jln. Cakung Permai No. 107

Jakarta

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                 : Malahayati Rahma Suri

Tempat/Tgl Lahir           : Bekasi/11/06/1995

Jenis Kelamin                  : Perempuan

Pendidikan                       : S-1 Perbankan

Telp                                    : 081765432111

Sehubungan dengan informasi recruitment yang saya baca di website Bank Mandiri dengan dibukanya lowongan pekerjaan di PT. BANK MANDIRI cabang Jakarta Pusat untuk ditempatkan dibagian teller, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja guna dapat menempati posisi tersebut.

Bersama dengan surat ini, berikut saya lampirkan :

  1. Foto copy ijazah (terlegalisir),
  2. 1 lembar Foto copy nilai akademi (terlegalisir),
  3. 1 lembar Foto copy daftar riwayat hidup,
  4. 1 lembar Pass Fhoto 4×6

Untuk itu saya berharap Ibu/Bapak bersedia bisa kesempatan untuk mengikuti serangkaian seleksi, sehingga saya memiliki kesempatan untuk menunjukkan juga menjelaskan potensi yang saya miliki dengan cara yang terperinci.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

 Hormat Saya,

 

Malahayati Rahma Suri

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Perusahaan (BUMN)PT. Pertamina

Jember, 14 Februari 2020

Hal                       : Surat Lamaran Pekerjaan

Lampiran          : Satu Jilid.

  

Kepada Yth,

Pimpinan PT Pertamina (DivReg) Jawa Timur

Di Jl. Muara Timur No 232, Gresik, Jawa Timur

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                      : Lucy Arshinta Puri

Jenis kelamin                        : Perempuan

Pendidikan terakhir            : S1 Pertambangan

Alamat                                    : Perum Arjasa No.112, Arjasa, Jember

Agama                                     : Islam

Sehubungan dengan informasi yang saya baca di Jawa Pos terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan di PT. Pertamina Kantor Div Reg Jawa Timur, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja guna dapat menempati posisi yang di buka.

Bersama dengan surat ini, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu berikut saya lampirkan foto:

– Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir : 1 Lembar

– Fotokopi Transkip Nilai atau SKHUN : 1 Lembar

– Pasfoto 4 x 6 (latar belakang merah) : 2 Lembar

– Curriculum Vitae (CV) : 1 Lembar

– Kartu Identitas Penduduk (KTP) : 1 Lembar

– Surat Pengalaman Kerja : 1 Lembar

– Sertifikat Keahlian Komputer : 1 Lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan kondisi saya yang sebenarnya. Apabila dikemudian hari terdapat perbedaan, maka saya sepenuhnya siap bertanggung jawab. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terimakasih.

Jember, 14 Februari 2020

Hormat saya,

 

Lucy Arshinta Puri

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Operator Admin  SPBU Pertamina

Karanganyar, 14 November 2019

Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Manager personalia

SPBU Pertamina Karanganyar 0127

Jl. Tawangmangu Km 7.5 Karangpandan Karanganyar

Di Tempat

Dengan hormat,

Membaca iklan lowongan harian Suara Merdeka edisi 11 November  2019 tentang lowongan kerja bagian Admin di SPBU 0127 Karanganyar, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                      : Aisyah Adinda Ayu

Tempat/Tgl. lahir     : Klaten, 17 Agustus 2001

Pendidikan akhir     : SMK Jur. Akuntansi

Alamat                     : Sajen, 03/23, Trucuk, Klaten

No HP                     : 08575435411

Email                       : adindaaisyah@gmail.com

Status perkawinan  : Belum Kawin

Bermaksud mengajukan diri untuk mengikuti seleksi dan mengisi posisi tersebut. Saya senang dapat belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim. sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar riwayat hidup.
  2. Foto copy ijazah SMA.
  3. Foto copy SKHU.
  4. Foto copy KTP.
  5. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  6. Surat keterangan sehat.
  7. Pas foto terbaru ukuran 3×4 (2 lembar)

Demikian permohonan ini saya ajukan, saya berharap permohonan ini dapat terkabul hendaknya. Atas perhatian dan pertimbangan dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 Hormat saya,

 

Aisyah Adinda Ayu

 

Contoh Surat Lamaran PNS Provinsi DKI Jakarta

Kepada

Yth. Gubernur DKI Jakarta

c.q. Kepala Badan Kepegawaian Daerah

 

Dengan hormat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                                                 : Abdurrahman Ali, S.Kep

Tempat, Tanggal Lahir                               : Tangerang, 4 September 1995

Jenis Kelamin                                                : Laki-Laki

NIK                                                                    : 35.0000.9692.00005

Pendidikan                                                      : S-1 Keperawatan

Jenis Formasi                                                : Cumloude

Jabatan Yang Dilamar                                : Perawat

Agama                                                               :Islam

Alamat Sesuai KTP                                      : Perum Tamara G 7, Mekarsari, Rajeg, Kab.Tangerang

Alamat Email yang Aktif                            : abdurrahmanali12@gmail.com

Nomor HP                                                       : 07564352423111

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dalam mengikuti Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (menyesuaikan instansi) Tahun Anggaran 2019. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan dokumen yang diunggah pada laman https://sscasn.bkn.go.id sebagai berikut:

  1. Surat Lamaran asli
  2. Surat Pernyataan asli
  3. Kartu tanda penduduk (KTP)
  4. Pas foto terbaru dengan latar belakang berwarna merah
  5. Ijazah asli dan transkrip nilai asli
  6. Bukti Akreditasi Perguruan tinggi saat lulus
  7. Bukti Akreditasi Program Studi
  8. Surat Tanda Registrasi (STR)
  9. Sertifikasi Profesi
  10. Surat Keterangan dokter
  11. Dokumen lain pelengkap dan penguat

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar dan telah sesuai dengan persyaratan. Apabila di kemudian hari diketahui bahwa saya memberikan keterangan/data/dokumen yang tidak benar atau tidak sesuai dengan persyaratan dan/atau berlawanan dengan surat pernyataan, Pemerintah Provinsi DKI (menyesuaikan instansi) berhak menggugurkan dan membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya baik pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan/atau Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dan/atau Pemberkasan CPNS maupun memberhentikan saya dari Calon Pegawai Negeri Sipil/Pengawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (menyesuaikan instansi) .

Tangerang, 12 Juli 2019

Hormat saya

 

Abdurahman Ali, S.Kep

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat di Rumah Sakit Pusat (RSUP)

Surakarta, 20 Februari 2020

Perihal : Lamaran Pekerjaan

 

Kepada Yth,

HR Rumah Sakit Pusat (RSUP) Pertamina

Jl. Rasuna Said Kav.II No.43

Jakarta

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan publikasi di situs resmi Rumah Sakit Pusat Pertamina tanggal 5 Februari 2020 tentang adanya lowongan pekerjaan sebagai Tenaga Perawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina.

 

Maka saya yang bertandatangan di bawah ini :

 

Nama                                : Adhimas Wahyu Ariadi, S.Kep, Nes

Tempat, Tgl. Lahir       : Wonogiri, 10 Juni 1996

Pendidikan                     : S-1 Keperawatan

Status Perkawinan      : Belum Menikah

Telp.                                  : 0877 4312 4321

 

Bermaksud mengajukan permohonan kerja pada posisi Tenaga Perawat tersebut. Saya memiliki pengalaman bekerja pada posisi yang sama di salah satu klinik di Jakarta Selatan.

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data penunjang berikut ini:

Fotokopi Ijazah S1 Keperawatan (Legalisir)

Fotokopi Transkrip Nilai (Legalisir)

Daftar Riwayat Hidup

Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR)

Fotokopi Surat Keterangan Kerja (Paklaring)

Fotokopi SKCK (Legalisir)

Fotokopi KTP

Fotokopi Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Pas Foto Terbaru 4×6 1 lembar

Demikian surat permohonan kerja ini saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Adhimas Wahyu Ariadi

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Tenaga Giri di Rumah Sakit (RS) Swasta

 

Banten, 12 Februari 2020

Kepada Yth,

HR Rumah Sakit Pertamedika Medika Karya

 

Dengan Hormat,

Sehubung dengan adanya lowongan pekerjaan di Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati yang dimuat di Website official RSP Medika Karya, Saya bermaksud ingin mengajukan lamaran pekerjaan Tenaga Gizi, sebagai bahan pertimbangan Saya lampirkan:

 

Nama                                   : Arini Larasati

Tempat/Tgl. Lahir          : Serang, 22 Juni 1994

Jenis Kelamin                  : Perempuan

Agama                                  : Islam

No. HP                                 : 081127652777

Alamat                                 : Jl. Fatahilah II NO.11, Serang

Pendidikan                        : D3 Gizi

IPK                                       : 3,45

Pekerjaan yang dilamar : Tenaga Gizi

 

Bersama ini Saya mengajukan permohonan untuk dapatnya dianggkat menjadi Tenaga Gizi. Berkaitan dengan hal tersebut, bersama ini Saya sertakan kelengkapan berkas sebagai berikut

Fotokopi Ijazah (Legalisir)

Fotokopi Transkrip Nilai (Legalisir)

Daftar Riwayat Hidup

Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR)

Fotokopi Surat Kuning (Legalisir)

Fotokopi SKCK (Legalisir)

Fotokopi KTP

Fotokopi Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Pas Foto Terbaru

 

Demikian permohonan ini Saya buat, selanjutnya besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja sebagai Tenaga Gizi di Rumah Sakit Pertamedika Medika Karya. Bila dibutuhkan informasi lebih lanjut, saya bersedia dipanggil untuk wawancara maupun melakukan tes. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

Arini Larasati

 

Contoh Surat Lamaran Kerja RS Swasta

 

Kepada Yth,

HRD RS Rahma Bunda Karanganyar

Jl. Purwodadi Km 2, Karanganyar

Jawa Tengah

 

Dengan Hormat,

 

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                         : Savitri Arsya

Tempat, Tanggal Lahir       : Karanganyar, 25 November 1994

Jenis Kelamin                        : Perempuan

Agama                                       : Islam

No. HP                                       : 0811767622

Pendidikan                              : D3 Apoteker

Alamat                                       : Mundu, Selokaton, Karanganyar.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Harian Solo Pos, hari Senin 9 Februari 2020 bahwasanya RS Rahma Bunda Karanganyar sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai apoteker. Dengan surat ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan untuk menempati posisi tersebut. Saya mempunyai motivasi tinggi untuk bekerja keras, menyukai interaksi, kemauan belajar serta bertanggung jawab atas semua pekerjaan. Mampu untuk bekerja individu maupun sebagai tim. Saya juga telah mempunyai pengalaman kerja sebagai apoteker sebelumnya.

 

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya telah melampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

 

Curriculum Vitae (CV)

Foto Copy Ijazah (Legalisir)

Foto Copy Transkrip Nilai (Legalisir)

Foto Copy Surat Kuning (Legalisir)

Foto Copy SKCK (Legalisir)

Foto Copy KTP

Foto Copy Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Foto Copy Surat Kompetensi

Pas Foto Terbaru

 

Besar harapan saya untuk dapat mengikuti tes selanjutnya agar saya lebih dapat menjelaskan kompetensi serta kemampuan saya secara langsung dan detail. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Savitri Arsya

Tinggalkan komentar